Tempat wisata di Gresik saat ini sudah berkembang perlahan. Banyak kawasan wisata yang sudah berdiri seperti Gerbang kertosusilo. Atau mengunjungi dua makam wali songo. Serta masih banyak lagi tempat menarik dan bisa dijadikan alternatif liburan bersama keluarga saat long weekend.

Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Pundak ini juga punya tradisi bernama Pasar Bandeng. Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner khas Gresik yang dijual murah. Terutama, berbagai macam jenis ikan seperti Bandeng, Tambak, Udang, Nila, dan Mujair.

Tradisi ini biasa diselenggarakan setiap tanggal 29 Ramadhan. Selain menarik dari sisi tradisi, kota ini masih punya berbagai wahana yang sayang untuk dilewatkan. Di bawah ini, beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat musim libur datang.

1. Situs Giri Kedaton

wisata gresik
foto: https://www.instagram.com/shofyan_giant/

Wisata di Gresik ini dulu adalah sebuah pesantren yang didirikan oleh Sunan Giri pada tahun 1487. Mempunyai lima teras atau undakan yang bentuknya seperti kaki dan tubuh candi.. Letak situs ini kurang lebih 200 meter dari Makam Sunan Giri. Berada di atas bukit yang mempunyai ketinggian 77 Mdpl.

Dalam babad gresik diceritakan bahwa bangunan ini terdiri dari 7 tingkat. Digunakan sebagai pusat pemerintahan dan penyebaran agama islam. Saat ini hanya tersisa bangunannya dan beberapa peninggalan seperti batu pelinggihan, dinding pagar kuno, dan kolam Wudhu.

Masjid megah yang dulu pernah dibangun dan menjadi masjid pertama di kawasan ini hanya tinggal bangunannya saja. di belakangnya anda bisa mengunjungi makam Raden Supeno. Salah satu Putra Sunan Giri yang meninggal saat masih muda.

2. Masjid KH. Ahmad Dahlan

wisata di gresik
foto: https://www.instagram.com/isrizqi/

Tidak salah bila Gresik disebut dengan Kota Santri. Ada banyak Masjid megah berdiri dan bisa dijadikan sebagai kunjungan wisata. Seperti halnya, KH. Ahmad Dahlan yang mempunyai bangunan nan megah dengan arsitektur Andalusia. Didirikan pada tahun 1926 menjadi tempat yang tidak pernah sepi dikunjungi para musafir.

Wisata Gresik ini mempunyai luas 1200 meter persegi. Dengan kapasitas mampu menampung 3000 jamaah. Memiliki satu menara dengan ketinggian 35 meter. Terletak di Banjarsari, Cerme, Kabupaten Gresik, Tidak jauh dari Terminal Bunder Gresik.

Untuk fasilitas yang diberikan cukup lengkap, ada toilet, tempat wudhu, AC. Tempat ini menjadi kawasan favorit para jamaah saat bulan Ramadhan. Apalagi, waktu menjelang berbuka. Masyarakat sekitar berbondong-bondong datang ke masjid, menikmati sejuknya udara dan beberapa menu berbuka yang sudah disiapkan.

3. Pulau Gili Noko

objek wisata di gresik
foto: https://www.instagram.com/pulau.bawean/

Objek wisata Gresik ini menjadi pesona yang tak tertahankan untuk dikunjungi. Keindahan air laut yang biru dan pasir putihnya memang menawan. Tempat ini jadi, sekian pulau yang tak berpenghuni. Terdapat beberapa pohon di sekitar pantai yang bisa anda jadikan sebagai lokasi foto.

Disini, anda bisa bermain air dengan leluasa. Karena, ombaknya tidak terlalu besar. Pesona lain yang tidak boleh anda lewatkan adalah berkeliling dengan menggunakan Jukung atau perahu nelayan. Perlu diketahui bahwa, Pulau Noko sendiri mempunyai dua kawasan.

Ada Noko Selayar tanpa penghuni, dan Noko yang dihuni oleh masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Anda juga bisa merasakan aktivitas lain seperti snorkeling seharga 100 ribu rupiah. Atau Diving. Terumbu karang disini sangat bagus dan terawat dengan baik.

Menuju ke dua Pulau Noko ini membutuhkan biaya cukup besar. Terletak di Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura. Anda harus sewa perahu terlebih dahulu kurang lebih 200 ribu. Perjalanan akan ditempuh dalam waktu 4 jam sampai 5 jam lamanya. Anda juga bisa menyewa kapal nelayan dengan harga 500 ribu rupiah bila tidak ingin lama menunggu.

4. Danau Kastoba

obyek wisata di gresik
foto: https://www.instagram.com/abang_ghiast/

Bila anda pergi ke Pulau Bawean, tidak ada salahnya berkunjung ke objek wisata di Gresik ini. Menjadi ikon yang tak akan tergantikan. Terletak di Dusun Candi, Desa Paromaan, Kecamatan Tambak. Sebelum anda berkunjung, kami sarankan untuk mempersiapkan fisik terlebih dahulu.

Anda harus berjalan dengan waktu tempuh kurang lebih 25 menit ke puncak bukit. Untuk jalannya sendiri sudah cukup ramah dengan hadirnya anak tangga. Udara sejuk pasti terasa karena, tempat ini mempunyai ketinggian kurang lebih 400 Mdpl. Ada banyak mitos yang akan anda temui saat berkunjung ke tempat ini.

Luas kawasannya sendiri mencapai 725 hektar, dikelilingi pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi. Tidak heran bila banyak wisatawan betah berlama-lama di tempat ini. Aktivitas utama yang bisa anda nikmati adalah berenang. Ada mitos yang dipercaya oleh warga sekitar bila, mandi disini akan awet muda.

Tetapi, bagi perempuan yang sedang datang bulan tidak diperkenankan untuk mandi disini. Disini sudah disediakan pondok kecil bagi anda yang ingin beristirahat karena, lelah berjalan. Ada banyak satwa di Danau yang bisa anda nikmati, seperti kepiting, ikan, biawak serta masih banyak lagi yang bisa anda lihat.

Kunjungi juga >> Rekomendasi 23 Tempat Wisata Di Banyuwangi Jawa Timur

5. Pulau Mengare

tempat wisata di gresik jawa timur
foto: https://www.instagram.com/fey_backdrop_gresik/

Tempat wisata di Gresik Jawa Timur ini memang belum terekspos dengan baik. Pamornya masih kalah dengan Pulau Bawean.Padahal keindahan yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Mempunyai 3 desa yang siap memberikan anda pesonanya.Seperti, hutan mangrove yang bisa anda jelajahi menggunakan jukung atau perahu.

Ada banyak spot-spot menarik yang disebut dengan Exoctic Mengare, anda bisa melihat mengambil beberapa gambar yang instagramable. Untuk objek lainnya ada beberapa pantai seperti ayang-ayang yang menawarkan, pasir putih dengan pecahan karang yang terlihat.

Banyak pepohonan yang menjulang tinggi, sejuk, teduh, dan rindang. Ada juga kursi rotan yang bisa anda gunakan untuk santai. di hutan mangrove ini anda bisa melihat berbagai macam burung-burung yang menghinggap. Ada juga reruntuhan benteng fort lodewijk yang pernah dibangun pada tahun 1808.

Struktur bangunannya pun sangat canggih dengan pondasi cakar ayam. Anda juga bisa menikmati Pantai Benteng yang terletak di dekat Fort Lodewijk. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti memancing ikan Kerapu. Serta, masih banyak ikan yang lain.

6. Banyu Urip Mangrove Center

tempat wisata di gresik
foto: https://www.instagram.com/beny.faza/

Wisata di Surabaya ini terletak di Dusun Banyulegi, Desa Banyulegi, Ujungpangkah. Disini anda bisa melihat berbagai macam tanaman mangrove yang memulai pembibitan. Banyak peneliti pula yang datang untuk melakukan observasi serta riset. Ada banyak habitat burung yang bisa anda nikmati.

Sebelum sampai di kawasan ini anda harus berjalan terlebih dahulu, menyeberang jembatan kayu sepanjang 250 meter. Dengan tingginya kurang lebih 1 meter. Anda juga bisa melihat berbagai gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk duduk-duduk santai.

Pemandangan ini juga semakin mengesankan dengan pohon cemara di kanan dan kiri. Dengan luas kurang lebih 5 hektar kawasan mangrove ini dilengkapi dengan area jogging track dengan panjang 250 meter. Daya tarik lain adalah hadirnya pesona perahu yang berjajar kesana kemari. Ada juga pasar ikan yang bisa anda manfaatkan untuk membeli ikan segar dengan harga yang murah.

Anda bisa menggunakan perahu ini untuk pergi mengelilingi kawasan mangrove. Untuk harga tiketnya kurang lebih 10 ribu rupiah saja. Tempat wisata ini akan buka pada pukul 6 pagi dan tutup pukul 5 sore. Di sekitar area hutan, anda juga bisa menikmati berbagai macam olahan ikan yang nikmatnya membuat anda pasti nagih.

7. Pulau Bawean

tempat wisata di gresik terbaru
foto: https://www.instagram.com/andrikilua/

Salah satu ikon wisata dari Kota Santri yang tidak boleh anda lewatkan adalah Pulau Bawean, Dalam bahasa Sansekerta artinya adalah ada sinar matahari. Menuju ke Tempat wisata di Gresik ini, anda harus menyeberang menggunakan Kapal. Harga tiketnya beragam, mulai dari 46 ribu rupiah sampai 163 ribu rupiah.

Menempuh perjalanan mulai dari 3 jam sampai 10 jam. Tergantung dari jenis kapal dan juga ombak di laut saat itu. Menariknya di kawasan ini adalah anda bisa memilih mau berkunjung ke mana. Ada banyak pulau kecil yang tidak kalah mengesankannya. Dengan berbagai ragam aktivitasnya. Mulai dari aktivitas snorkeling dan diving.

Ada juga pemandangan matahari terbenam sebagai sajian elok yang tak pernah terlupakan. Anda juga bisa memberi makan hewan di Penangkaran Rusa, menikmati air terjun dan makan di area hutan mangrove. Untuk berkeliling ke berbagai pulau sekitar, sudah disiapkan kapal dengan harga 300 ribu sampai 600 ribu rupiah. Tergantung dari jenisnya.

8. Pantai Delegan

wisata alam gresik
foto: https://www.instagram.com/alvaroisna/

Harga tiket masuk ke objek wisata ini hanya 10 ribu rupiah saja. Ada banyak aktivitas yang bisa anda nikmati bersama dengan keluarga. Mulai dari Menikmati sajian kuliner khas berupa ikan asap. Untuk minumannya bisa memilih es kelapa muda yang dipetik langsung dari pohonnya.

Sebagai sarana rekreasi tempat ini cukup menarik dan nyaman dikunjungi terutama anak-anak. Dimana, ombak tidak terlalu besar. Sehingga, cukup nyaman digunakan berenang. Arena permainan lain juga sudah disiapkan meliputi banana boat, donat boat, perahu bebek dan masih banyak lagi.

Untuk sewanya mulai dari 10 ribu rupiah. Bagi anda yang hobi memancing, bisa membawa peralatan pancing dan mencari ikan disini. Ada juga spot ayunan di pinggir laut yang bisa anda manfaatkan sebagai salah satu spot foto. Fasilitas lain yang sudah disediakan adalah area parkir yang luas, kamar bilas, dan mushola yang terawat dengan baik.

Bagi anda yang tertarik menuju ke tempat ini, bisa langsung pergi ke tempat lokasi di Desa Dalegan, Kecamatan Panceng. Jarak dari Kota Gresik kurang lebih 40 kilometer yang jarak tempuhnya kurang lebih 1 jam 30 menit sampai 2 jam.

Datang juga ke –> Tempat Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

9. Bukit Kapur Suci

tempat wisata keluarga di gresik
foto: https://www.instagram.com/imamqushoi/

Wisata di Surabaya ini terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah. Sebelum menjadi tempat instagramable kawasan ini adalah sebuah daerah tambang. Luas kawasannya kurang lebih 5 hektar. Untuk harga tiket masuknya mulai dari 15 ribuan saja.

Terdapat banyak lekukan dan lorong menarik seperti dalam peradaban Yunani. Anda bisa melihat keindahan kawasan ini dengan naik ke atas tebing-tebing. Waktu terbaik berkunjung ke kawasan ini adalah sore hari. Dimana, sinar matahari tidak terlalu terik. Jangan lupa bawa kamera agar bisa mengabadikan semua sudut di tempat ini.

10. Pelabuhan Rakyat Gresik

tempat wisata anak di gresik
foto: https://www.instagram.com/tikamareta/

Tempat paling instagramable lainnya adalah pelabuhan rakyat yang menarik untuk dikunjungi. Banyak kapal yang bersandar di tempat ini, waktu terbaik saat berkunjung kesini adalah sore hari. Pemandangan senja yang dihasilkan membuat anda tidak boleh melewatkannya.

Banyak aktivitas pula yang bisa menjadi inspirasi mengambil gambar human interest. Bahkan, anda juga bisa menjadikan truk yang ada disini sebagai sebuah spot tersendiri. Anda juga bisa melihat aktivitas bongkar muat yang biasa dimulai sejak senin.

11. Bukit jamur

tempat wisata alam di gresik
foto: https://www.instagram.com/yudan.gabriel/

Wisata di Gresik ini terletak di Kecamatan Bungah. Kalau dilihat secara mendalam kawasan ini adalah bukit batu kapur yang terbentuk akibat pengikisan dari angin. Dahulu kawasan ini adalah tempat penambangan dan penggalian kapur yang saat ini sudah berhenti beroperasi.

Luas kawasannya sendiri sekitar 3 hektar. Tinggi tebing Jamur ini beragam. Ada yang 2 meter sampai 7 meter. Kalau dihitung jumlahnya kurang lebih ada 40 buah. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah sore hari sekitar pukul 4 sore. Terik matahari tidak terlalu panas dan senja perlahan mengeluarkan keindahannya.

Bagi anda yang datang saat siang hari. Jangan lupa bawa payung. Disini, juga sudah tersedia jasa penyewaan payung yang dipatok harga 10 ribu untuk sekali pinjam.
Sayangnya, tempat ini tidak dibuka setiap hari untuk umum. Hanya khusus hari minggu dan hari libur nasional saja. Menuju ke objek wisata ini anda harus diwajibkan naik kendaraan pribadi. karena belum ada transportasi umum yang melayani.

12. Telaga Ngipik

telaga di gresik
foto: https://www.instagram.com/tovic_10/

Wisata di Gresik ini terletak di Desa Ngipik, Kecamatan Gresik. Airnya berwarna biru dengan aktivitas tambang batu bara yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dimana, sebagian batangnya tenggelam di dalam air. Kawasan ini mempunyai luas kurang lebih 20 hektar.

Di tempat ini anda ada perahu motor yang mempunyai panjang 12 meter dan mampu menampung kurang lebih 20 orang dengan membayar uang kurang lebih 5 ribu rupiah.untuk sekali putaran. Disini, sudah banyak taman bermain dan area memancing.
Biasanya banyak komunitas mancing yang dan berbagai macam pertunjukan hiburan digelar di tempat ini. Perlu diketahui pula bahwa Telaga ini pada tahun 1999 pernah digunakan sebagai ajak ski air. Jangan lupa siapkan kamera anda. Karena, pemandangan saat sore benar-benar menawan dan mengesankan.

Lihat juga –> Tempat Menarik di Surabaya

13. Pantai Mombhul

wisata pantai di gresik
foto: https://www.instagram.com/beny.faza/

Pusat wisata di Gresik adalah Pulau Bawean yang memiliki pesona nan mengesankan. Salah satu kawasan terkenal yang tidak boleh luput dari perhatian adalah Pantai Mombhul. Kawasannya mengesankan dengan pemandangan air laut biru dan pepohonan hijau nan rindang.

Menariknya lagi, kebersihan di kawasan ini sudah terjaga dengan baik. Jadi, jangan sampai anda membuang sampah sembarangan di tempat ini ya. Memiliki pasir berwarna putih. Ombaknya cukup tenang dengan pemandangan sunset yang menggoda. Rugi bila sampai di Gresik tidak berkunjung ke tempat ini.

14. Masjid Agung Gresik

tempat wisata di gresik
foto: https://www.instagram.com/ridwanyahya98/

Objek wisata ini terletak di jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas. Memiliki luas bangunan kurang lebih 10000 meter persegi. Mampu menampung kurang lebih 5000 jamaah. Terdiri dari tiga lantai dimana, untuk dasarnya digunakan ruang serbaguna atau convention hall.

Bagi anda yang ingin mengadakan acara akad nikah dan resepsi, bisa memanfaatkan tempat ini. Suasananya sangat sakral, dan luas. Hanya untuk sekali sewa anda harus mengeluarkan uang sebesar 17 juta sampai 20 juta. Naik ke lantai satu, digunakan untuk tempat beribadah.

Ada banyak deretan pintu besar yang mencerminkan nuansa masa lalu. Anda juga bisa melihat kaligrafi yang menambah kesan religius tempat ini. Untuk lantai dua, biasa digunakan jamaah perempuan. Tetapi, saat shalat jumat juga digunakan jamaah pria, karena, di lantai satu tidak muat.

Di sebelah bangunan utama, anda bisa melihat menara yang digunakan untuk mengumandangkan azan. Menariknya, atap masjid berbentuk piramida atau tumpang satu. Terdapat bedug yang menjadi ciri khas sebagai masjid khas budaya jawa. Saat kegiatan Ramadhan berlangsung. Tempat ini seakan tidak akan pernah sepi. Mulai dari subuh sampai subuh lagi.

15. Bukit Larangan

tempat wisata di gresik paling indah
foto: https://www.instagram.com/timsesmieayam/

Wisata di Gresik ini terletak di Desa Prupuh, Kecamatan Panceng. Dinamakan bukit larangan karena dahulu, masyarakat sekitar kecuali raja, dilarang untuk naik ke atas bukit. Oleh Sang Nila Utama. selanjutnya pelarangan kembali dilakukan oleh pihak Belanda karena, menjadi milik militer.

Saat ini Bukit larangan sudah menjelma menjadi tempat yang menarik dan mengesankan. Banyak wisatawan baik dari Gresik maupun luar Gresik datang berkunjung dan menikmati pesona keindahannya. menuju ke atas anda diwajibkan treking dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat.

Tetapi, saat anda sudah tiba disana. View yang dihasilkan begitu menarik dan eksotis. Anda bisa melihat selat madura. dan beberapa perbukitan dengan semilir angin yang membuat anda malas untuk pergi.

Selain itu, anda juga bisa melakukan mengunjungi makam mbah syafi’i yang dikeramatkan oleh warga. Biasanya setiap kamis malam sampai jumat siang, banyak yang datang untuk berziarah dan mendoakan arwah bekuat.

16. Top View Putri Cempo Giri

daftar tempat wisata di gresik
foto: https://www.instagram.com/fajar_raka/

tempat wisata di Gresik terbaru ini masih berada di wilayah kecamatan kebomas Dimana ada sebuah cafe yang sangat instagramable. Disini, anda juga bisa melihat dan menikmati sebuah area makan yang seru dan menyenangkan. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera, agar setiap tempat bisa anda abadikan ke dalam gambar.

Salah satu aktivitas yang tidak boleh anda lewatkan adalah menikmati sensasi kopi yang enaknya tidak tertahankan. Suasananya yang sejuk dan nikmat dengan udara dingin membuat sajian kopinya begitu nikmat untuk diminum.

Waktu terbaik datang ke tempat ini adalah sore hari sampai malam hari. Anda bisa melihat pesona senja bersambung dengan hamparan lampu yang berkerlap-kerlip tampak menarik. Suasananya cukup nyaman dan santai, jangan lupa membawa jaket karena, saat malam hari udara disini akan sangat dingin.
Untuk menu makanan dan minumannya cukup lengkap. Mulai dari nusantara sampai western. Harganya juga cukup murah mulai dari 10 ribuan saja. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencicipinya. Menuju ke objek wisata ini cukup mudah, anda hanya perlu mengikuti jalur menuju ke Makam Sunan Giri.

Disarankan untuk datang ke tempat ini jangan saat weekend, karena ada banyak wisatawan yang akan berkunjung dan menikmati suasananya. Saat pagi hari, pesona kabutnya benar-benar mengesankan, anda harus menikmatinya.

17. Pantai Karang Kering

wisata pantai gresik
foto: https://www.instagram.com/gresik.sejuk/

Tujuan terakhir kami yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Pantai Karang Kering yang punya pesona nan indah. Tidak hanya menikmati deburan ombaknya saja, anda juga bisa melihat hutan mangrove yang sejuk dan membuat anda betah berlama-lama di tempat ini.

Terletak di Desa Karangkering, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Menuju ke wisata di Gresik ini begitu mudah. Anda hanya arahkan kendaraan menuju ke pusat kota. Ada banyak papan petunjuk yang akan mengarahkanmu sampai ke tujuan. Waktu terbaik berkunjung ke tempat ini adalah sore hari.

Dimana, pesona matahari terbenamnya yang luar biasa. Berkeliling hutan mangrovenya juga menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jangan lupa bawa kamera, karena setiap sudutnya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Anda wajib mengabadikannya dan pamerkan ke berbagai media sosial anda.

Review Sebelumnya –> Daftar Tempat Wisata di Blitar Paling indah dan Menarik

Tempat wisata di Gresik bisa dijadikan alternatif untuk anda yang menginginkan tempat sejuk dan memiliki cita rasa makanan yang nikmat. Terlebih lagi kota santri ini sudah seperti bali dengan beberapa Gili yang cantik dan pulau nan menawannya. Sudah siap berkunjung ke kota ini?

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here