Tempat Wisata di Madiun saat ini sudah berkembang pesat, di mana ada banyak bangunan bersejarah berpadu dengan kawasan kekinian. Jadi, saat berkunjung ke Kota Gadis ini, Anda tidak perlu bingung mau pergi setelah ini. Tidak hanya kawasan menarik saja, Wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai menu makanan lezat.

Dari segi penginapan, Kota yang mempunyai oleh-oleh khas Brem ini cukup banyak dan bisa pilih sesuai dengan anggaran. Ada home stay, vila, hotel dari bintang satu hingga lima, fasilitasnya memberikan jaminan kenyamanan ekstra.

Berikut rekomendasi terbaik  tempat wisata di madiun terbaru yang bisa dikunjungi:

1. Waduk Kedungbrubus

wisata madiun
foto: @harisochiz

Wisata di Madiun ini terletak di Desa Kedungbrubus. Fungsinya untuk membendung Sungai Kedungbrubus, pada saat musim penghujan alirannya sangat melimpah. Sebelum masuk area waduk, Anda bisa melihat pohon jati sepanjang 4 km.

Biasanya, wisatawan sering memanfaatkannya sebagai tempat selfie. Menurut penelitian, kawasan ini banyak ditemukan fosil purba.

Area dula ini merupakan sungai purba yang sering dimanfaatkan oleh semua manusia. Banyak wisatawan datang menghabiskan waktu mereka di sini. Tidak hanya digunakan untuk santai saja, tetapi dapat digunakan sebagai kawasan memancing.

Banyak ikan bisa ditemukan di sini. Banyak dari warga memanfaatkan sebagai lauk. Bahkan, Ada warung yang langsung dibuat seperti Karamba.

2. Sun City dan Taman Hiburan

wisata di madiun
foto: https://www.instagram.com/suncity_madiun/

Sun city and theme park cukup terkenal di Madiun memberikan berbagai pengalaman menarik dan seru. Banyak wahana sudah disediakan di sini.

Anda hanya perlu memilih mana yang disukai. Ada boom boom car, Ocean walk, Pirate Ship, Pendulum, Flying Chair, Trampolin dan masih banyak lagi.

Untuk harga tiketnya, Anda akan dikenakan sebesar Ro25 ribu saja. Tetapi, untuk hari libur nasional maka tarfinya naik menjadi Rp50 ribu. Segala fasilitas seperti gazebo serta tube juga dikenakan biaya mulai dari Rp10 ribu.

Fasilitas tambahan yang bisa dinikmati adalah restoran dengan berbagai menu makanan dan minuman, tempat ibadah, kamar bilas hingga toilet.

3. Monumen Kresek

objek wisata di madiun
foto: https://www.instagram.com/fitriameirukmaladewi/

Wisata di Madiun selanjutnya adalah Monumen Kresek. Tidak hanya digunakan untuk foto. Anda bisa belajar sejarah, menyaksikan bagaimana kekejaman PKI pada waktu itu. Moumen ini di bangun pada tahun 1987.

Selanjutnya, oleh Gubernur Jawa Timur Bapak Soelarso akhirnya diresmikan pada tanggal 10 Januari 1991.

Luasnya kurang lebih 2 hektar, biasa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti upacara hingga berkemah. Tersedia banyak fasilitas seperti, pendopo, area parkir dan area untuk bermain. Jarak dari pusat Kota Madiun kurang lebih 8 kilometer.

Atau membutuhkan waktu 1 jam saja. Untuk masuk ke dalam Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp3 ribu.

4. Masjid Kuno Kuncen

obyek wisata di madiun
foto: https://www.instagram.com/radityaditto/

Pada tahun 1754 Kyai Ageng Misbach atau disebut juga dengan Kyai Donopuro. Didirikan di atas tanah bebas pajak Kerajaan Mataram yang diberikan oleh Raden Rongga Prawiradirja. Nama lain dari Masjid Kuno Kuncen ini adalah Donopuro ditetapkan sebagai Cagar budaya pada tahun 1991.

Daya tarik dari wisata di Madiun ini dapat dilihat dari bangunan serta arsitekturnya. Menggunakan kayu jati yang berukuran cukup besar. Semnetara, bangunan ini menggunakan tajug sebagai pintu utamanya.

Menariknya sampai detik ini, Masjid Kuno Kuncen ini belum pernah direnovasi sama sekali. Hanya saja, ada penambahan kanopi saat jamaah membludak.

Anda juga bisa berziarah ke beberapa makam mantan bupati hingga penerusnya. Di tempat ini berbagai macam tradisi masih diselenggarakan.

Seperti, perayaan 1 muharram dengan membaca Al-Quran menyiapkan berbagai macam aneka makanan seperti, jenang, sayur bening, nasi liwet hingga tahu dan tempe.

5. Waduk Bening Widas

tempat wisata di madiun jawa timur
foto: https://www.instagram.com/ryanferryhandoko/

Objek wisata di Madiun ini menjadi salah satu alternatif tempat liburan di Kota Gadis ini. Tersedia berbagai macam fasilitas seperti olahraga luar ruangan seperti, fun run, bike, serta trail.

Pada waktu tertentu, pihak pengelola sering menyediakan panggung hiburan harga tiket masuknya hanya Rp8 ribu.

Datang juga ke –> 17 Tempat Wisata di Gresik Terbaru yang rekomended untuk dikunjungi.

6. Wahana Bermain Sekar Arum

Sekar Arum Kare
Foto : pesonadesakare.blogspot.com

Sekar Arum Madiun menjadi alternatif selanjutnya sebagai tempat liburan terletak di Desa Kare mempunyai banyak kegiatan seperti, flying fox, tubing, hingga tracking.

Deretan pepohonan Pinus menjadi salah satu tempat terbaik untuk melakukan selfie. Anda juga bisa menikmati tempat camping area.

7. Wana Wisata Grape

Wana Wisata Grape
Foto : https://www.instagram.com/antariages/

Jarak tempuh wisata di Madiun ini berjarak kurang lebih 1,3 kilometer dari pusat Kota Madiun ke Arah Tenggara.

Suasananya sangat sejuk, asri, cocok digunakan sebagai tempat untuk liburan akhir pekan bersama dengan keluarga. Terletak di KPH Madiun mempunyai luas kurang lebih 5 hektar.

Daya tarik dari tempat ini adalah aliran sungainya yang jernih di antara pegunungan Dungus. Di sini juga sudah disediakan berbagai macam permainan seperti, outbond, arung jeram, hingga sewa sepeda dan berkeliling ke seluruh area.

Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin, tidak ada salahnya menyusuri terowongan sepanjang 100 meter.

Fasilitas lain yang sudah disediakan adalah Jogging trek, taman bermain, serta beberapa warung makan yang terletak di pinggir sungai.

Rasakan makan ditengah alam yang luas. Bagi Anda yang datang dari luar kota tidak perlu khawatir. Karena, sudah tersedia banyak penginapan mulai dari homestay sampai hotel dengan fasilitas lengkap.

8. Kali Krangkeng

wisata madiun terbaru
Foto : https://www.instagram.com/ngetrip.madiun/

Objek wisata di Madiun ini terletak di Jl. Lawu. Bila dilihat lokasi ini sebenarnya adalah air terjun. Mirip seperti niagara, tetapi tidak terlalu besar. Disebut dengan kali karena, alirannya sangat deras.

Anda bisa melihatnya dari atas tebing dan melihat aliran tersebut terjun langsung ke bawah membentuk kembali sebuah sungai.

Suasana di tempat ini memang berbeda dengan kawasan wisata lainnya. Sangat sejuk, teduh dan sulit diungkapkan dengan kata.

Saat datang ke tempat ini harus hati-hati. Jangan terlalu dekat melihat ke bawah takut jatuh. Pepohonan tinggi berdiri menjulang salah satu jenisnya adalah Bambu.

9. Situs Nglambangan

wisata keluarga di madiun
Foto : https://www.instagram.com/ryanferryhandoko/

Situs Nglambangan menjadi salah satu destinasi sejarah di Madiun yang bisa Anda kunjungi berikutnya. Lokasinya berada di Desa Nglambangan, jarak dari pusat kota kurang lebih 8 kilometer.

Semua peninggalan yang bisa ditemui disini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Di sini Anda bisa menemukan berbagai tempat yang dikeramatkan.

Seperti, Pura Lambangsari dan pesiraman. Tidak heran bila memasuki kawasan ini ada sejumlah aturan harus Anda patuhi, Di sini pula terdapat sebuah makan Nyai Lambang Kuning.

Salah satu korban dari Calon Arang. Hingga melarikan diri dari Kerajaan Kediri. Pada saat bulan Suro. Tempat ini sering digunakan sebagai upacara ritual.

10. Alun-Alun Kota Madiun

wisata anak di madiun
Foto : https://www.instagram.com/aldykusuma48/

Tempat berkumpulnya warga Madiun adalah di Alun-Alun. Banyak hal yang bisa Anda temukan seperti bazzar, stand kuliner, hingga panggung hiburan. Terletak di Jalan Kolonel Marhadi.

Kawasan ini seakan tidak pernah tidur, setiap pagi banyak dimanfaatkan untuk berolahraga sampai sore hari. Sementara malam hari, wisatawan datang untuk nongkrong dan menikmati berbagai jajanan kuliner khas.

11. Kolam Renang Sendang Biru

wisata terbaru di madiun
Foto : https://www.instagram.com/sendangbiru_madiun/

Kota gadis ini memang terkenal dengan berbagai macam permainan airnya yang menyenangkan. Mempunyai banyak wahana dan fasilitas yang lengkap. Salah satunya adalah gazebo dan kolam renang.

Menariknya kondisinya sangat bersih dan cukup terawat dengan baik. Tidak ada bau sedikit pun. Fasilitas musholla juga sudah tersedia terawat dengan baik.

Fasilitas lain adalah adanya berbagai macam warung makan. Pecel Madiun menjadi salah satu menu terbaik yang bisa Anda nikmati. Masih banyak makanan lain yang bisa Anda nikmati. Harga tiket masuk mulai dari Rp10 ribu saja. Lokasi kawasan ini terletak di Jalan Raya Munggut.

12. Waduk Notopuro

wisata alam di madiun
Foto : https://www.instagram.com/rakhanaufaldy_/

Waduk Notopuro merupakan salah satu wisata di Madiun yang bisa Anda kunjungi. Merupakan salah satu tampungan air yang merupakan resapan di sekitar lereng Gunung Pandan.

Menuju ke lokasi jaraknya kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Madiun. Menariknya, jalan ini jadi satu menuju ke Waduk Kedungbrubus.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Duren. Salah satu aktivitas menarik di tempat ini adalah memancing.

Banyak ikan berkeliaran dengan ukurannya pun tidak terlalu besar. Di sini, ada banyak kerajinan khas yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harganya mulai dari Rp5 ribu rupiah saja.

13. Hutan Pinus Nongko Ijo Kare

tempat wisata di madiun terbaru
Foto : https://www.instagram.com/agusitachi77/

Wisata di Madiun ini terletak di Desa kare. Waktu tempuhnya dari pusat kota kurang lebih 40 menit. Menurut sejarahnya, Pohon Pinus ini sudah ditanam kurang lebih pada tahun 1981.

Awal mula, nama Nongko Ijo ini diambil dari sekitar Pohon Pinus terdapat Pohon Nangka Ijo tumbuh hampir diseluruh area hutan.
Untuk tiket masuk ke kawasan ini kurang lebih Rp5 ribu saja.

Fasilitas lain yang bisa Anda temui adalah adanya gardu pandang, rumah pohon, ayunan, area makan, dan toilet.

Hampir semuanya sudah terawat dengan baik. Anda juga bisa melihat ada banyak kursi-kursi hingga figura foto yang tetap menarik untuk dijadikan sebagai foto latar belakang.

Kunjungi juga –> 17 Tempat Wisata di Surabaya Terbaru yang tak kalah menariknya.

14. Taman Rekreasi Umbul Square

kolam renang di madiun
Foto : https://www.instagram.com/madiunumbulsquare/

Objek Wisata di Madiun ini sudah ada sejak masa kependudukan Belanda. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Madiun dan Ponorogo. Tempat tersebut pernah mati suri.

Hal tersebut terjadi, karena Madiun pada pertengahan tahun 2000 banyak berdiri pusat perbelanjaan modern. Mereka lebih memilih pergi ke Mall daripada ke tempat ini.

Sempat sangat sepi sekitar 10 tahun akhirnya, pihak pengelola melakukan renovasi dan perombakan total. Hal pertama yang akan dilakukan adalah mengubah namanya menjadi Madiun Umbul quare.

Kemudian, penambahan berbagai macam fasilitas tambahan sehingga, kawasan ini lebih kekinian dan menarik untuk dikunjungi. Hal tersebut ternyata berhasil.

15. Air Terjun Krecekan Denu

air terjun di madiun
Foto : https://www.instagram.com/ryanferryhandoko/

Tempat wisata di Madiun Jawa Timur ini memang wajib untuk Anda kunjungi. Terletak di Desa Kepel. Jaraknya hanya 4 kilometer dari Grape.

Menuju ke sana ada tanjakan tinggi yang harus dilalui, jadi persiapkan kendaraan Anda. Tetapi, untuk petunjuk arahnya sangat mudah karena, sudah banyak papan petunjuk yang bisa Anda manfaatkan.

Menuju ke lokasi setelah dari area parkir menempuh waktu kurang lebih 15 menit. Hati-hati karena, jalanan licin terutama setelah hujan turun. Ketinggian dari Air terjun Krecekan Denu ini kurang lebih 20 meter.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan disini, selain mandi dan berenang Anda juga bisa mengambil berbagai macam spot menarik, dan banyak batu-batu yang bisa dijadikan spot.

16. Gunung Wilis

wisata madiun
Foto : https://www.instagram.com/citoadventuremadiun/

Objek wisata Madiun menjadi tempat yang selalu dikunjungi oleh para pendaki. Mempunyai ketinggian kurang lebih 2565 Mdpl. Titik pendakian dari Madiun bisa dilalui melalui Desa Kare.

Jalur pertama ditempuh melalui Pulosari menuju ke Bukit Teletubies dengan ketinggian 1590 Mdpl. Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 30 menit.

Melanjutkan perjalanan menuju ke Watu Tulis membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 30 menit. Perjalanan menuju ke sini memang tidak mudah. Karena, harus melewati ilalang yang cukup tinggi.

Persiapkan fsik Anda dengan baik agar tidak terlalu lama. Kebanyakan pendaki menempuh waktu hampir 3 jam lebih.

Menuju ke Pos Watu Garuda, Anda akan masuk ke dalam wilayah Vegetasi hutan lebat waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam. Lokasi camp yang bisa Anda nikmati terletak diketinggian 2330 Mdpl. Merupakan vegetasi rumput merupakan batas wilayah antara Nganjuk dengan Madiun.

Menuju ke puncak Anda harus berhati-hati, karena samping kanan dan kiri adalah jurang. Waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam. Di sini Anda akan melewati punggungan gunung.

Setibanya di puncak Anda bisa menikmati berbagai keindahan seperti matahari terbit yang sangat memukau.

17. Air Terjun Seweru

wisata alam terbaru di madiun
Foto : https://ihategreenjello.com/pesona-keindahan-wisata-air-terjun_46/

Wisata di Madiun ini terletak di Kecamatan Kare. Jaraknya kurang lebih 25 km dari pusat kota, waktu tempuhnya kurang lebih 1 jam 10 menit. Menggunakan kendaraan pribadi.

Menikmati semua keindahan di tempat ini kurang lebih Rp5 ribu. Pesona yang disuguhkan di sini tidak hanya seputar air terjun saja.

Tetapi, Anda bisa menyaksikan hamparan perkebunan Kopi. Bila beruntung, Anda bisa bertemu dengan petani kopi dan sedikit bertanya mengenai cita rasanya. Ketinggian air terjun ini hanya 15 meter. Banyak batuan yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk duduk atau beristirahat,

Hal paling menarik lagi, Anda bisa mendengarkan kicauan burung. Jangan lupa membawa kamera, beberapa sudut bisa dijadikan sebagai salah satu objek foto yang menarik dijadikan sebagai latar belakang.

Fasilitas di tempat ini sudah cukup bagus. Bila terpaksa bawa sampah jangan lupa membuang pada tempatnya ya.

18. Dumilah Waterpark

tempat bermain di madiun
Foto : https://www.instagram.com/ennynovitasari/

Satu lagi, wahana waterpark yang bisa Anda kunjungi saat bermain ke Madiun. Namanya adalah Dumilah Waterpark. Ada banyak wahana seru yang bisa Anda nikmati disini.

Seperti kiddy pool, kolam tanding, kolam arus. Anda juga bisa menikmati wahana seluncuran dengan kecepatan dan ketinggian tertentu.

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Dumilah waterpark juga punya area Garden yang menawan banyak pohon serta bunga bermekaran disana. Anda juga akan mendapatkan penawaran menarik karena, tersedia berbagai macam paket outbond.

Fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap. Ada ruang untuk istirahat, restoran dengan berbagai macam makanan unggulan.

Tempat sholat hingga ATM. Harga tiket masuknya akan dikenakan Rp20 ribu saja. Letak Dumilah Waterpark di jalan Slamet Riyadi Klegen. Tidak usah khawatir, karena akses jalan menuju ke lokasi sudah bagus sehingga, sangat ramah untuk berbagai jenis kendaraan.

19. Air Terjun Banyulawe

Air Terjun Banyulawe
Foto : https://www.instagram.com/hadie_alfatih/

Madiun memang memiliki banyak kawasan wisata berupa Air Terjun. Jumlahnya cukup banyak, salah satunya adalah Air Terjun Banyulawe. Terletak di Desa Gligi, menuju ke lokasi air terjun Anda harus menempuh perjalanan jalan kaki.

Tetapi, menuju ke sana tidaklah sulit karena, dari area parkir Anda sudah bisa mendengarkan suaranya.

Penduduk sekitar memanfaatkan air tersebut sebagai pembangkit Listrik tenaga air. Fasilitas yang tersedia sudah cukup banyak. Ada kamar ganti, toilet.

Bahkan warung untuk memesan menu makanan dan minuman. Waktu terbaik mengunjungi wisata di Madiun ini adalah siang hari sekitar pukul 2 siang.

Tempat ini banyak ditumbuhi oleh pepohonan. Dengan kunjungan siang, mereka akan mengeluarkan oksigen. Jadi, saat Anda hirup udara disini masih sangat segar.

Bila ingin suasananya tenang, datang selain hari libur. Karena, lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat favorit untuk dikunjungi.

20. Desa Wisata Brumbun

tempat liburan di madiun
Foto : https://www.instagram.com/matskot_id/

Wisata Madiun ini hanya berjarak kurang lebih 15 menit saja dari pusat Kota. Ada banyak aktivitas menarik bisa Anda lakukan disini. Lokasi ini cukup dikenal karena, menawarkan panorama alam yang tidak jauh berbeda dengan yang lain.

Panorama Tubing hingga susur sungai menjadi salah satu andalan yang harus dicoba. Untuk menyusurinya Anda sudah disediakan sebuah ban.

Untuk harganya mulai dari Rp15 ribu saja. Bila ingin lebih menantang lagi, Anda bisa mencoba kegiatan susur sungai. Debit airnya cukup deras, sehingga tidak heran bila kegiatan ini bisa memacu adrenalin Anda.

Area outbond juga sudah disediakan disini jika, kalian takut berhubungan dengan air. Pesona terakhir Anda bisa menyaksikan kemegahan Air Terjun Cinta.

21. Air Terjun Kucur

wisata hits di madiun
Foto : https://www.instagram.com/bocahblitar_com/

Jangan lupa pula berkunjung ke Air Terjun Kucur, terletak di Dusun Pucang sawit. Kawasan ini memang masih asri. Airnya langsung dari Pegunungan Wilis. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan menarik berupa Gunung Wilis.

Terdapat pula sungai hingga sawah. Jadi, tidak salah datang dan berkunjung ke tempat ini.

22. Gunung Kendil

wisata alam terbaru di madiun
Foto : https://www.instagram.com/rikamarheni2/

Tempat wisata di Madiun terbaru ini pernah jadi heboh di media sosial karena, lokasi ini disamakan dengan salah satu tempat terbaik di Amerika Serikat.

Santa Monica , Los Angeles. Sebelum digunakan sebagai salah satu objek wisata unggulan. Gunung Kendil merupakan satu di antara kawasan untuk latihan militer.

Saat ini panoramanya sudah berubah. Banyak wisatawan datang berkunjung, mereka mengabadikan setiap momen yang terasa sangat menarik. Bahkan, beberapa lagi ada yang datang dan mengabadikan pesona matahari terbenam.

Bila beruntung Anda bisa menyaksikan keindahannya. Datanglah berkunjung pada bulan Desember. Maka, panorama dari sunset akan muncul dan tampak meyakinkan.

Beberapa fasilitas sudah disediakan disini, mulai dari toilet, gazebo untuk beristirahat. Sampai warung sudah tersedia lengkap di tempat ini. Kawasan ini buka setiap hari pukul 7 pagi hingga 6 sore.

Waktu terbaik berkunjung ke objek wisata ini adalah sore hari. Saat matahari tidak terlalu terik dan panas. Anda bisa berjalan ke atas dan menikmati lekukan hamparannya.

23. Taman Bantaran Kali Madiun

Wisata di Madiun terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Bantaran Kali Madiun. Kawasan ini awalnya adalah bantaran kali yang tidak terawat, Kemudian, pemerintah kabupaten setempat mempunyai inisiatif membuatnya jadi lebih terawat, Jadi, masyarakat sekitar bisa memanfaatkannya untuk berbagai macam kegiatan.

Tempat ini di renovasi dengan penambahan fasilitas seperti gazebo, kemudian, beberapa area ditambahkan cat. Tersedia pula pedagang kaki lima yang menjajakan beberapa jajanan kecil hingga makanan berat.

Banyak wisatawan datang berkunjung untuk menikmati area ini. Lokasinya memang sangat sejuk. Tetapi, jangan sampai buang sampah sembarangan ya.

Artikel Sebelumnya –> 18 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru

Tidak hanya destinasinya saja yang menyenangkan. Anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam menu kuliner dijamin enak dan bikin nagih, Keindahan Alam Madiun memang tidak diragukan lagi. Menjadi salah satu tempat wajib yang harus Anda kunjungi saat liburan. Kalau Anda mau pilih yang mana tempat Wisata di Madiun?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + three =