Candi Sari merupakan percandian Buddha yang menyimpan sejumlah cerita menarik serta bentuk bangunannya yang sangat unik. Candi di Jogja ini juga sebagai tempat wisata Sleman Yogyakarta yang bisa anda telusuri mengenai kisah-kisah masa lalunya.

Cagar Budaya Candi Sari diperkirakan dibangun pada abad ke 8 Masehi, yakni pada masa pemerintahan Rakai Panangkara. Terdapat 9 buah stupa dan bentuk bangunan yang sangat indah, menjadikan Candi Sari Jogja nampak berbeda dari lainnya.

Destinasi Candi Sari Yogyakarta sejatinya merupakan bangunan bertingkat dua atau bahkan tiga lantai. Dengan segi arsitektur maupun reliefnya sekilas nampak mirip dengan Candi Kalasan yang dimana keduanya diperkirakan dibangun bersamaan.

Harga Tiket Masuk Candi Sari

harga tiket masuk Candi Sari
Foto : https://www.google.com/maps/place/Candi+Sari/

Bangunan Candi Sari ditemukan kembali pada awal abad ke-20 dalam keadaan yang bisa dibilang rusak berat. Antara tahun 1929-1930 dilakukan pemugaran yang dipimpin oleh ahli arkeolog dari Belanda bernama A.J. Bernet Kempers.

Dan hari ini, Candi Sari Jogja masih berdiri dengan gagahnya dan bisa anda saksikan secara lebih dekat ketika berlibur disini. Ukiran relief pada dinding, beserta stupa-stupa menjadi salah satu daya tarik yang membuat Candi di Jogja ini patut di explore.

Apalagi, untuk bisa menyaksikan semua daya tarik di Candi Sari Jogja, maka anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Sebab harga tiket masuk Candi Sari sangat murah meriah, yaitu hanya Rp5.000 saja per orangnya.

Dengan biaya yang terjangkau ini anda bisa merasa seolah-olah berada di masa lampu. Menelusuri Candi Sari Yogyakarta yang dahulunya merupakan sebuah Vihara Buddha, dan menjadi tempat belajar dan berguru bagi para biksu.

Wisata Candi Sari terbuka untuk umum pada setiap harinya, dari Sabtu sampai dengan hari Jum’at. Pada pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat candi sari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105033852898332174494

Lokasi Candi Sari terletak di sebelah timur laut dari kota Yogyakarta, dan tidak terlalu jauh dengan Bandara Adisucipto. Selain itu keberadaannya juga tak jauh dari beberapa candi-candi di Jogja lainnya seperti Sambisari, Kalasan dan juga Prambanan.

Letak yang strategis ini membuat wisatawan akan dengan mudah menemukan Candi Sari ketika akan berkunjung. Alamat Candi Sari berada di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika dari pusat kota atau Alun-Alun Sleman, jarak untuk mencapai Candi Sari kira-kira sekitar 20,3 km. Dengan harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 33 menit lamanya.

Dari Candi Sojiwan sendiri, jaraknya hanya 3,6 km dengan waktu tempuh 10 menit. Sedangkan bila dari Candi Prambanan hanya berjarak 3,2 km dan waktu perjalanan sekitar 9 menit.

Yang dimana akses jalan utamanya sudah sangat baik dan mampu dilintasi dengan sangat mudah oleh semua kendaraan pengunjung. Adan bisa menggunakan maps dibawah ini sebagai petunjuk agar laju kendaraan menuju Candi Sari bebas hambatan.

Datang juga ke –> Blue Lagoon Jogja wisata air berupa pemandian yang segar dan mampu mengusir kepenatan.

Fasilitas

fasilitas candi sari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115891273468218114617

Berbagai sarana pendukung dalam menunjang setiap aktivitas pengunjung telah tersedia disini. Dan berikut ini fasilitas Candi Sari sebagai salah satu tempat wisata Jogja hits, antara lain adalah :

  • Area parkir kendaraan luas
  • Pusat informasi wisata
  • Local guide
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Rumah makan
  • Warung wisata
  • Kios souvenir
  • Area bersantai
  • Spot foto menarik

Nikmati serunya menghabiskan waktu libur dengan menjelajahi lebih dalam salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno dengan bentuk yang sangat indah. Setiap sudut pada Candi di Jogja ini tentu menyimpan beragam daya tarik, baik dari arca, relief, stupa dan lain-lain.

Kunjungi juga –> Lava Bantal sebuah geowisata yang menarik dengan sejumlah daya tarik.

Spot Terbaik di Candi Sari

spot terbaik di candi sari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114589377434037932533

Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang masih menyimpan sejumlah bangunan-bangunan candi pada masa kerajaan. Salah satunya adalah Candi Sari ini yang memiliki berbentuk persegi panjang dengan ukuran sekitar 17,30 x 10 meter.

Tinggi keseluruhan bangunan Candi Sari Jogja dari permukaan tanah hingga puncak stupa diperkirakan mencapai 18 m. Pada bagian dalam candinya terdapat sebuah tiga ruangan berjajar yang masing-masing memiliki ukuran sekitar 3,48 m x 5,80 .

Dari luar, bisa dilihat bahwa tubuh Candi Buddha satu ini terbagi menjadi dua tingkat. Relung-relung di sepanjang dinding luar candi, baik atas maupun bawah tadinya diperkirakan dihiasi dengan arca-arca Buddha.

Secara keseluruhan, jumlah arca di Candi Sari adalah 36 buah :

  • 8 arca di dinding depan (timur)
  • 8 arca di dinding sisi utara dan juga 8 di selatan
  • 12 di dinding barat (belakang).

Arca-arca tersebut mempunyai ukuran yang sama dengan tubuh manusia pada umumnya. Itu baru sebagian kecil saja keunikan yang bisa dijadikan spot terbaik di Candi Sari untuk anda berswafoto.

Temukan sendiri beragam peninggalan bersejarah di Candi Sari Jogja untuk anda saksikan dan manfaatkan ketika berfoto-foto ria.

Review sebelumnya –> Bhumi Merapi agrowisata yang cocok untuk anda bertamasya bersama sang buah hati.

Tips Berkunjung

tips berkunjung candi sari
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107737567326210632880
  • Anda bisa datang ketika hari sedang cerah dan juga cuaca mendukung agar selama liburan di Candi Sari berjalan tanpa gangguan.
  • Jangan datang sendiri, karena anda bisa mengajak orang-orang sekitar untuk bersama-sama berwisata sejarah di Candi Sari.
  • Ikut serta dalam menjaga kebersihan area sekitar cagar budaya Candi Sari agar tetap asri.
  • Patuhi aturan-aturan beserta tata tertib pengunjung yang sudah di tetapkan oleh pengelola wisata setempat.

Jadi itu tadi sudah anda simak informasi tentang Candi Sari, biara para Biksu pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Sekian dulu ulasan singkat Candi Sari yang bisa anda jadikan referensi ketika akan berlibur agar lebih bermakna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − eleven =