Air Terjun Kali Pancur – Jangan mengira kalau semarang hanya punya wisata kota yang mengesankan saja. Tetapi, anda juga bisa menikmati keindahan alamnya berupa air terjun atau juga pegunungan yang mempesona bila anda berkunjung ke wilayah kabupaten Semarang. Atau biasa yang disebut dengan Semarang atas.

Salah satu objek wisata yang tidak boleh anda lewatkan adalah Air Terjun Kali Pancur. Dimana, air terjun ini tersembunyi di salah satu gunung yang cukup mempesona yaitu Gunung Telomoyo.

Walaupun, tergolong mungil. Namun, lereng-lerengnya mempunyai pesona bagaikan di surga apalagi, bagi anda yang sedang terlilit beban berat. Curug-curugnya benar-benar membuat anda sayang untuk melewatkannya.

Harga Tiket Masuk

harga tiket masuk Air Terjun Kali Pancur
foto: https://www.instagram.com/bkhry_/

Untuk menikmati objek wisata ini anda akan dikenakan harga tiket masuk Air Terjun Kali Pancur sebesar 5 ribu rupiah.

Selain itu, anda juga diwajibkan untuk membayar biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil dan 3 ribu rupiah bagi anda yang membawa kendaraan bermotor.

Harga tiket masuk tersebut sangat murah sekali bukan, meskipun sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan. Karena seiringin berjalannya waktu, pada umumnya tempat wisata menerapkan biaya tiket masuk yang disesuaikan, bisa naik atau malah turun.

Namun satu yang pasti, liburan ke Air Terjun Kali Pancur tak akan membuat dompet anda jebol. Rasakan ke alamian air terjun dan kawasan yang serba hijau ini untuk memberikan ketenangan sesungguhnya.

Dengan sedikit biaya, mengisi waktu libur di wisata Semarang satu ini bakal teraha bahagia. Angin sepoi-sepoi turut menambah kenyamanan para wisatawan kala berkunjung kesini.

Datang juga ke –> Water Blaster Graha Candi Golf Semarang.

Alamat dan Rute Lokasi

 alamat Air Terjun Kali Pancur
foto: https://www.instagram.com/andiprayitno55/

Alamat Air Terjun Kali Pancur terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, 50774. Bagi anda yang ingin pergi ke objek wisata ini.

Anda bisa menggunakan alat transportasi berupa bus dan turun di Terminal Jaka Tingkir Salatiga. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 14,5 km dengan estimasi waktu 27 menit.

Rute menuju Air Terjun Kali Pancur anda bisa ikuti JL. Lingkar selatan Salatiga. Kemudian, masuk ke jalan Raya Kopeng hingga ke Jalan Magelang  – Salatiga. Selanjutnya, Jalan menuju Air Terjun Kali Pancur.

Anda bisa masuk ke Jalan Raya Banyubiru – Kopeng hingga anda akan tiba di daerah Gejayan. Setelah itu, anda bisa bertanya kepada para penduduk dimana letak objek wisatanya.

Bagi anda yang ingin melanjutkan menggunakan transportasi umum. Anda bisa naik bus dari salatiga menuju ke kopeng. Selanjutnya, turun di  Desa Wates.

Untuk mencapai objek wisata ini anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek sejauh 3 km. Total biaya yang harus anda bayar adalah 20 ribu rupiah.

Setelah memakirkan motor, jangan berharap anda bisa langsung menikmati keindahannya. Karena, anda harus berjalan terlebih dahulu menuruni anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 900 buah.

Jadi, benar-benar siapkan hati, fisik dan juga jiwa anda ya. Agar bisa sampai di titik lokasi.

Anda pun harus berhati-hati karena, sudut kemiringan yang ada disini mencapai 90 derajat. Ada juga yang mempunyai sudut kemiringan 70 derajat.

Bagi anda yang ingin menikmati objek wisata ini anda wajib datang pukul 8 pagi dan pulanglah sebelum pukul 5 sore. Karena, kawasan ini akan sangat gelap bila anda pulang lebih dari pukul 5 sore

Kunjungi juga –> Candi Gedong Songo Semarang.

Pesona Air Terjun Kali Pancur

 wisata Air Terjun Kali Pancur
foto: https://www.instagram.com/callmeandre/

wisata Air Terjun Kali Pancur ini mempunyai tinggi kurang lebih 100 meter. Konon katanya, curug satu ini merupakan curug tertinggi yang terletak di kabupaten semarang. Saat anda menyusuri banyaknya anak tangga, anda bisa melihat keindahan pepohonan yang menggoda.

Suhu udaranya pun cukup sejuk membuat rasa lelah tidak terlalu terasa. Apalagi, suara air terjun seperti sangat dekat. Sehingga, semangat untuk segera sampai disana sangat tinggi.

Waktu yang paling tepat mengunjungi objek wisata ini adalah pada musim penghujan. Walau, pada saat musim ini jalanan sedikit licin. Tetapi, debit air yang terpancar dari atas sangat deras. Sehingga, tampak mempesona.

Bagi anda yang datang pada musim kemarau, jalanan cukup baik hanya saja, debit air yang bisa anda nikmati sangat kecil.

Jangan lupa bagi anda yang menyukai fotografi anda bisa membawa kamera yang mumpuni.

Karena, keindahan di kawasan ini akan teramat sayang bila tidak anda abadikan melalui foto dan gambar.

Ada spot jembatan yang bisa anda jadikan salah satu spot yang menawan. Disarankan bagi anda yang datang ke tempat ini untuk tidak dekat-dekat dengan air terjun saat debit air sedang deras-derasnya.

Karena, bisa saja titik-titik airnya membuat anda basah. Begitu pula dengan kamera yang anda bawa.

Review Sebelumya –> Brown Canyon Semarang.

Fasilitas Air Terjun Kali Pancur

 wisata Air Terjun Kali Pancur
foto: https://www.instagram.com/indahw__/

Lokasi wisata Air Terjun Kali Pancur ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Dimana, saat berada di area parkir anda sudah di sambut dengan beberapa warung makan yang menyediakan camilan serta air mineral. Tidak hanya disini saja, warung-warung juga bisa anda temukan di tengah perjalanan dan di area objek wisata.

Selain itu, toilet untuk umum juga tersedia dengan keadaan cukup bersih. Bagi anda warga muslim. Anda bisa menjalankan ibadah sholat di musholla yang juga sudah dikelola dengan cukup baik. Tersedia, sarung, sajadah, dan rukuh yang bisa anda manfaatkan.

Lihat juga –> daftar 21 tempat wisata di semarang yang paling indah.

Air Terjun Kali Pancur adalah keindahan yang tidak boleh anda lewatkan. Memang anda harus berjalan cukup jauh terlebih dahulu untuk dapat menikmati pesonanya. Tetapi, panorama ini tidak akan pernah membuat anda rugi mengeluarkan tenaga dan keringat. Kalau mereka sudah pernah menuju ke objek wisata ini, anda kapan?

Tips Berkunjung

tips berkunjung air terjun kali pancur
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101546198212919593641

Sebelum datang untuk liburan kesini, tak ada salahnya anda menyimak beberapa tips-tips berkunjung ke Curug Kali Pancur berikut ini.

  • Sebaiknya datang lebih awal atau sejak pagi, agar bisa leluasa explore setiap sudut indahnya.
  • Perhatikan kondisi cuaca terkini, jangan sampai anda datang kesini pada saat sedang turun hujan lebat.
  • Jangan datang terlalu sore, karena pada saat menjelang malan suasana disini lumayan gelap dan minim penerangan.
  • Anda bisa membawa bekal sendiri sebelum sampai kesini, sehingga tak bingung jika haus atau lapar.
  • Wajib menjaga kebersihan di area wisata Air Terjun Kali Pancur dengan selalu buang sampah ke tempatnya.
  • Hati-hati dan mengutamakan selalu keselamatan demi kebaikan diri sendiri maupun orang-orang sekitar kita.
  • Penting untuk mengenakan alas kaki yang mendukung berkegiatan di dalam area curug atau air terjun.

Demikian tadi ulasan singkat dari salah satu wisata alam Semarang favorit yakni Air Terjun Kali Pancur. Suasana alami yang ditawarkan dengan berbalut udara sejuk khas datarang tinggi bakal membuat anda betah selama liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven + 2 =