Tempat wisata di Sampang selalu banyak diburu oleh para wisatawan karena keindahannya yang begitu menakjubkan. Mulai dari pantai, perbukitan, waduk hingga hutan, semua bisa ditemukan dengan mudah di kawasan Sampang, Madura, Jawa Timur.

Sampang sendiri menyimpan banyak tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, baik bersama pasangan, teman sepermainan sampai keluarga besar. Mau cari destinasi wisata apapun, semuanya ada di kabupaten satu ini. Mau tahu seperti apa keseruan destinasinya?

Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata di Sampang yang populer untuk Anda kunjungi bersama orang tercinta ketika sudah waktunya liburan :

1. Pantai Camplong

tempat wisata di sampang
Foto : https://www.instagram.com/nophie_ta/

Pantai Camplong merupakan tempat wisata keluarga di Sampang yang harus ada di daftar destinasi yang perlu dikunjungi. Terletak di di Jalan Raya Camplong, Sorogan, pantai ini menawarkan beragam aktivitas liburan keluarga yang dijamin tidak akan membosankan.

Kawasan wisata Camplong sendiri memiliki lokasi yang amat luas, pantai Camplong mempunyai dataran pasir halus. Yang bisa dijadikan sebagai tempat bermain voli, sepak bola, istana pasir dan masih banyak lagi.

Mau berenangpun juga bisa karena ombak di pantai Camplong terbilang masih aman. Hanya saja, Anda perlu waspada dan tidak begitu jauh berenang dari bibir pantai supaya tidak mudah terseret ombak.

Kalau Anda bosan, Anda juga bisa sewa perahu dan menelusuri keindahan laut di pantai ini. Apalagi pemandangan matahari tenggelam di pantai ini sangatlah indah. Anda bisa menyaksikannya dari atas perahu.

Selain menyewa perahu, Anda juga bisa kok sewa kuda untuk mengelilingi kawasan pantai Camplong yang sangat luas. Ada banyak sekali aktivitas wisata yang tentunya bisa Anda nikmati ketika datang ke pantai Camplong.

2. Makam Ratu Ibu

wisata sampang
Foto : https://www.instagram.com/cahaya_light/

Kalau Anda suka dengan bangunan sejarah yang unik, sepertinya Anda perlu datang ke Makam Ratu Ibu. Di tempat wisata ini, Anda akan menemukan beragam keunikan di depan mata. Jika dilihat, situs Makam Ratu Ibu memang hanyalah sebuah ornamen biasa.

Namun, jika Anda menyaksikan secara cermat, ornamen satu ini memilliki seni luhur yang tinggi dan kaya akan budaya masa lalu. Makam Ratu Ibu menjadi tempat tersembunyinya berbagai ornamen penting.

Wisatawan yang datang tidak hanya melihat ornamen yang ada, namun juga bisa mempelajari cerita yang tersirat dari setiap ornamennya. Menurut seorang sejarawan, Makam Ratu Ibu merupakan peninggalan karya seni yang sangat klasik.

Ornamen di Makam Ratu Ibu sudah ada sejak Islam pertama kali berkembang di pulau Madura. Makam Ratu Ibu adalah bangunan yang mencerminkan nilai estetik yang kaya akan sejarah. Jika Anda adalah pecinta wisata budaya dan sejarah, tempat wisata Makam Ratu Ibu harus Anda kunjungi nantinya.

3. Pulau Mandangin Sampang

wisata di sampang
Foto : https://www.instagram.com/wedi.agus/

Tempat wisata alam di Sampang yang sangat terkenal dan banyak sekali dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari manapun. Ini tidak boleh Anda lewati, nama wisata ini adalah Pulau Mandangin.

Mandangin sendiri mempunyai lokasi yang secara geografis terpisah dari kawasan Madura. Untuk bisa menikmati suasana eksotis di pulau Mandangin, maka Anda harus menyeberang terlebih dahulu dengan menggunakan kapal-kapal nelayan.

Ada nelayan yang menyewakan kapalnya untuk Anda sewa dan menyeberang ke Pulau Mandangin yang indah. Ketika memasuki pulau Mandangin, Anda akan terpesona menyaksikan melihat betapa indah dan bersihnya kawasan ini.

Bisa dibilang pulau Mandangin adalah tempat yang masih ‘perawan’ dan sangat terjaga kebersihannya. Anda tidak akan menemukan satupun sampah di kawasan wisata ini.

Nah, di Pulau Mandangin sendiri, Anda bisa melakukan banyak sekali aktivitas air mulai dari berenang, snorkling. Bersantai sambil menikmati pemandangan sekeliling, berjemur, atau hanya sekedar berjalan-jalan.

Kalau Anda memiliki hobi memancing, pulau ini juga cocok sekali lho sebagai tempat untuk berburu ikan. Ada banyak ikan kecil-kecil yang bisa dipancing di Pulau Mandangin. Berwisata ke pulau ini dijamin tidak akan pernah merasa bosan saking banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan.

4. Hutan Kera Nepa

objek wisata di sampang
Foto : https://www.instagram.com/pariwisatasampang/

Hutan Kera Nepa bisa dibilang adalah tempat wisata anak di Sampang yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Berlokasi di Batioh, Banyuates, Anda bisa menyaksikan banyak sekali monyet-monyet lucu yang dilindungi di hutan ini.

Anak-anak dijamin akan menyukai wisata satu ini karena keindahanya dan keunikannya untuk bisa menyaksikan monyet hidup secara langsung. Nah, jika Anda ingin datang menjelajahi hutan Nepa, maka Anda harus terlebih dahulu menyebrangi perairan dengan perahu.

Ada banyak nelayan yang menyewakan perahunya. Setelah sampai di hutan, maka bisa mencoba berinteraksi dengan monyet sambil menyaksikan bagaimana mereka hidup bebas.

Konon, hutan Kera Nepa ini adalah tempat pertama manusia berpijak di Madura. Jadi, jika Anda memiliki banyak waktu luang, cobalah untuk menjelajahi kawasan hutan ini. Apalagi di sini juga ada kawasan hutan bakau yang tidak kalah menariknya untuk dilihat.

5. Waduk Klampis

obyek wisata di sampang
Foto : https://www.instagram.com/sufyan_mulyana/

Waduk Klampis merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat populer di Sampang karena mempunyai udaranya yang begitu menyejukkan. Wisata ini awalnya dibangun untuk memasok kebutuhan air masyarakat setempat.

Awalnya, waduk Klampis digunakan untuk mengirigasi semua lahan sawah yang ada di sekitar. Nah, karena waduk ini memiliki lokasi yang begitu indah, maka masyarakat lokalpun mulai mengunjungi waduk Klampis sebagai destinasi wisata baru.

Waduk Klampis memang sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai dan menikmati indahnya air yang mengalir dari bendungan. Pemandangan yang ada di Waduk Klampis benar-benar bisa menghilangkan rasa jenuh.

Apalagi ada banyak sekali lahan-lahan sawah di sekitar waduk yang dijamin bisa menambahkan keindahan pemandangan destinasi ini. Belum lagi ada banyak pepohonan hijau rindang yang saling berjejer, menambahkan keindahan panorama dari Waduk Klempis.

6. Gua Lebar Sampang

tempat wisata di sampang terbaru
Foto : https://www.instagram.com/ariehardiyanto/

Wisata Sampang Jatim selanjutnya yang bisa Anda jelajahi adala Gua Lebar. Destinasi wisata satu ini bisa dibilang merupakan obyek wisata yang terbilang unik. Gua Lebar bahkan telah ada semenjak puluhan bahkan ratusan tahun lalu.

Wisata Sampang ini terbentuk disebabkan oleh tanah yang saat itu amblas. Tempat wisata unik ini bisa Anda akses dengan sangat mudah, lho! Tidak heran jika setiap harinya akan ada banyak sekali wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata ini.

Keunikan dari gua ini juga dikarenakan ukurannya. Jika pada umumnya destinasi gua terkenal dengan lokasinya yang gelap dan sempit, maka lain halnya lho dengan Gua Lebar. Sesuai dengan namanya, gua ini mempunyai kondisi yang lebar.

Saking luasnya, gua ini bisa memiliki panjang hingga 200 meter. Sementara untuk kedalamannya, gua ini mencapai 300 meter.

Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda akses di Gua Lebar mulai dari kamar mandi, mushola hingga gazebo. Untuk tempat rileks dan bersantai sambil menikmati bagaimana suasana di sekitar wisata gua.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Pasuruan dengan sajian wahana ramah untuk segala usia cocok untuk tempat liburan bersama orang tercinta.

7. Air Terjun Toroan

tempat wisata alam di sampang
Foto : https://www.instagram.com/novian_altelucav/

Tempat wisata di Sampang terbaru yang jangan sampai Anda lewatkan adalah Air Terjun Toroan. Destinasi air terjun di kabupaten Sampang ini memiliki pemandangan yang terbilang sangat memukau dan unik.

Nah, yang membuat kawasan wisata ini terbilang unik adalah karena air terjunnya yang berlokasi di sebuah tepi pantai. Wah, kapan lagi Anda bisa menyaksikan ada air terjun ditepi pantai kalau bukan di Air Terjun Toroan, Sampang.

Jadi, semua aliran air Toroan otomatis akan bermuara ke pantai. Namun, laut yang ada di pantai Toroan tidak terlalu tinggi, jadi cukup aman.

Selain itu, aliran air di kawasan wisata ini amatlah jernih. Banyak wisatawan yang sengaja datang ke air terjun Toroan hanya untuk menikmati kesejukan dan kesegaran dari airnya secara langsung.

Apalagi, suasana di sekitar wisata juga sangat hening dan damai, cocok sekali untuk healing dan melepaskan kepenatan. Jika Anda datang ke Air Terjun Toroan, jangan lupa untuk membawa sebuah kamera supaya bisa hunting foto sepuasnya!

8. Goa Macan Sampang

wisata terbaru di sampang
Foto : https://www.instagram.com/kaaffa.09/

Wisata di Sampang yang tidak kalah bagusnya untuk dijelajahi adalah Goa Macan. Walaupun nama destinasi wisata ini adalah Goa Macan, bukan berarti isinya ada hewan buas macan atau harimau, ya!

Dinamakan dengan “Goa Macan” karena konon dahulu masyarakat sering mendengar adanya auman hewan buas satu ini. Namun, jika ditelusuri, destinasi unik ini tidak ada hewan menyeramkan tersebut, kok!

Goa satu ini menarik sekali untuk dikunjungi kalau Anda ke Sampang. Objek wisata di Sampang ini selalu ramai para wisatawan yang sengaja ingin menikmati pemandangan alam berserta heningnya suasana di gua.

Nantinya, ketika Anda memasuki Goa Macan, aka nada stalaktit dan stalakmit bagus yang menghiasi dinding-dinding gua. Selain menyaksikan keindahan goa, Anda juga bisa lho bermain susur gua dan menikmati asyiknya liburan di Goa Macan.

9. Reruntuhan Pababaran

tempat wisata di sampang
Foto : https://cagarbudayajatim.com/

Mau mencoba wisata sejarah di Sampang? Coba saja kunjungi Reruntuhan Pababaran. Destinasi wisata ini bagus sekali untuk dikunjungi oleh pecinta wisata sejarah karena akan ada banyak ilmu baru yang bisa diketahui.

Tempat wisata satu ini sebenarnya merupakan lokasi yang menjadi kelahiran dan pemakaman dari Raden Trunojoyo. Pada umumnya, masyarakat berdatangan ke Reruntuhan Pababaran karena sengaja ingin berziarah ke Raden Trunojoyo.

Raden Trunojoyo sendiri merupakan tokoh yang sangat disegani dan berpengaruh di kabupaten Sampang. Anda yang mungkin tertarik dengan wisata sejarah, datanglah ke tempat ini kapan saja.

Reruntuhan Pababaran bebas dikunjungi tanpa terpatok waktu dan biaya. Namun, sekalipun Reruntuhan Pababaran ini gratis, Anda tetaplah harus menjaga kebersihan dari tempat wisata ini. Jangan sampai Anda membuang benda sekecil apapun.

10. Pantai Nepa

tempat wisata keluarga di sampang
Foto : https://www.instagram.com/gotravelly/

Pantai Nepa merupakan obyek wisata di Sampang yang sepertinya sayang sekali untuk dilewatkan. Destinasi yang berlokasi di Batioh, Banyuates ini mempunyai panorama yang terbilang begitu eksotis.

Destinasi Nepa memiliki hamparan pasirnya yang berwarna putih indah dengan ombak yang tidak terlalu tinggi. Tempat wisata di Sampang satu ini sangat aman bagi para wisatawan yang mungkin berkunjung bersama anak-anak.

Selain hamparan pasirnya yang indah dan ombaknya yang kecil, destinasi wisata ini juga dikenal memiliki kondisi yang begitu bersih. Dengan keberasihannya yang sangat terjaga, maka ketika Anda berwisata ke Pantai, sebaiknya jaga dengan baik kebersihan wisata ini!

11. Bukit Masegit

wisata sampang jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/farahardhila/

Wisata alam Sampang yang sepertinya sayang sekali jika Anda lewatkan adalah Bukit Masegih. Bukit ini mempunyai sebuah pemandangan alam yang begitu indah dari atas ketinggian.

Berlokasi di Piaan, Kecamatan Omben, Anda sepertinya wajib untuk datang ke Bukit Masegit. Karena di sini ada banyak sekali batuan alami yang menjulang tinggi dan bagus untuk dijelajahi.

Tenang saja, Bukit Masegit tidak begitu terjal dan masih terbilang aman untuk Anda daki bersama teman-teman. Kalau Anda orangnya jarang berolahraga, sepertinya perlu mencoba untuk mendaki bukit Masegit.

Walau rasanya melelahkan, namun yakinlah bahwa pemandangan indah dari bukit ini akan segera terbayarkan ketika Anda ketika sampai puncak. Bukit Masegit sendiri hampir selalu diminati oleh berbagai pengunjung lokal, terlebih bagi mereka yang mencintai alam.

Para pengunjung akan rela untuk melakukan pendakian selama bisa menyaksikan keindahan bukit ini. Apalagi Bukit Masegit juga memiliki tanaman hijau yang indah menyejukkan sehingga bagus sekali untuk spot foto yang instagramable.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Ponorogo dengan beragam wahana terbaru dengan spot kekinian yang instagramable.

12. Masjid Agung Sampang

wisata sampang jatim
Foto : https://www.instagram.com/panjiravie/

Berlokasi di Jalan Pahlawan, Masjid Agung Sampang adalah salah satu destinasi wisata religi yang sayang untuk anda lewatkan. Tempat ibadah ini juga dikenal dengan nama istilah Jamik.

Masjid Agung sendiri adalah simbol betapa bangganya masyarakat Madura memiliki bangunan megah ini. Jamik sendiri memiliki kubah yang berukuran sangat besar dan letaknya tepat berada di sebelah menara masjid.

Masjid Agung Sampang menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi masyarakat Madura yang berada di kota Sampang ini. Masjid Agung juga memiliki ukuran yang sangat luas, bahkan mampu untuk memuat hingga 10.000 jamaah.

Rumah ibadah ini memiliki fasilitas cukup lengkap mulai dari kamar mandi, ruang jamaah yang besar, parkir luas hingga toko souvenir. Kalau Anda sedang berada di Sampang, sepertinya jangan melewatkan masjid yang indah dan megah ini.

13. Gunung Maddah Sampang

tempat wisata anak di sampang
Foto : https://www.instagram.com/rozyil_59/

Wisata terbaru di Sampang yang sepertinya perlu untuk dijelajahi adalah Gunung Maddah. Gunung ini juga bisa disebut dengan bukit. Destinasi wisata satu ini dahulu merupakan sebuah pertambangan mineral.

Namun, karena sudah lama tidak digunakan, maka kawasan pertambangan inipun tidak lagi beroperasi. Hal ini bisa diihat dengan jelas dari adanya bekas pertambangan di kawasan ini yang menyisakan banyak sekali lubang-lubang galian.

Nah, karena sudah tidak digunakan sebagai pertambangan, maka gunung inipun berubah menjadi sebuah destinasi yang instagramable. Di gunung ini, ada banyak sekali lho spot foto kece yang bisa diburu.

Dengan pemandangannya yang indah dan spot fotonya yang begitu instagrammable. Tidak heran jika akhirnya banyak masyarakat lokal yang mengunjungi kawasan wisata ini untuk berfoto dan bersantai.

Jika Anda ingin sekali mendapatkan foto instagenic, maka sangat disarankan jika Anda sudah berada di puncak gunung ketika sore hari. Saat sore hari inilah, Anda bisa menyaksikan senja yang indah dari atas bukit.

14. Gua Kelelawar Sampang

tempat wisata di Sampang, Madura
Foto : https://www.itrip.id/

Ternyata Sampang memang terkenal dengan wisata guanya yang banyak bertebaran. Selain goa Lebar dan Macan, ada satu lagi gua yang bisa Anda jelajahi ketika di Sampang, namanya adalah Gua Kelelawar.

Sesuai dengan namanya, maka dia gua ini Anda akan menyaksikan banyak sekali kelelawar yang bergelantungan di atas dan dinding gua. Gua Kelelawar memang merupakan habitatnya hewan noktunal ini sehingga jangan kaget jika Anda akan menyaksikan banyak kelelawar disini.

Untuk menjelajahi Gua Kelelawar sendiri tidak sulit, kok sebab Anda tidak perlu menyeberangi sebuah pulau.

Kalau Anda takut bertemu dengan kelelawar saat menjelajahi gua, tenanglah! Jika Anda datangnya saat siang hari, maka kelelawar akan tertidur dan Anda tidak akan merasa terganggu.

Ada baiknya sih jika saat menjelajahi gua, Anda tidak begitu menyorot kelelawar menggunakan cahaya yang berlebihan. Supaya kelelawar yang ada di dalamnya tidak terusik dan tak merasa terganggu.

15. Pantai Jodoh Sampang

tempat wisata anak di sampang
Foto : https://www.instagram.com/komunitaskabarmadura/

Kalau Anda suka bermain di pantai dengan pemandangan memukau, sepertinya Anda perlu datang ke pantai Jodoh Sampang. Pantai yang dinamakan dengan Jodoh ini menurut cerita karena ada seorang toko yang sakti, namanya Jokotole.

Jokotole kemudian menjadikan lokasi pantai ini sebagai tempat untuk melamar kekasih hatinya. Itulah mengapa kawasan ini dinamakan dengan “Pantai Jodoh” karena memang membawa jodoh untuk Jokotole.

Pantai yang baru dibuka pada tahuna 2017 yang lalu ini menjadi salah satu kawasan wisata yang terkenal hingga hari ini. Hal ini dikarenakan Pantai Jodoh benar-benar menawarkan sebuah panorama yang begitu menarik.

Anda tidak akan pernah bosan menjelajahi kawasan wisata pantai ini karena daya tarik pemandangannya yang mempesona. Selain pemandangannya yang menawan, Pantai Jodoh juga menawarkan berbagai fasilitas yang terbilang lengkap.

Di kawasan pantai ini sudah terdapat aneka macam kafe dengan hidangannya yang lezat. Setiap kafenya juga menyediakan saung atau gazebo sebagai tempat untuk Anda bersantai sambil menikmati makanan.

Di pantai Jodoh, saung yang disediakan oleh pemilik warung diberi nama unik. Misal “kamar janda, kamar untuk jomblo, kamar pengantin, kamar istri muda dan nama-nama aneh lainnya.

Hingga saat ini, pengelola Pantai Jodoh masih mengupayakan pengembangan pada seluruh fasilitas di kawasan wisata agar semakin menarik pengunjung.

16. Wisata Waduk Nipah

tempat wisata di sampang jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/uukseptian/

Tempat wisata di Sampang, Jawa Timur terakhir yang bisa Anda jelajahi adalah waduk Nipah. Waduk Nipah sendiri merupakan sebuah bendungan yang letaknya ada di Banyuates. Destinasi wisata ini tidak begitu kalah ramai dibandingkan dengan obyek wisata Sampang lainnya.

Menariknya, waduk di Sampang ini dipenuhi dengan batuan cadas yang menambah keestetikan danau ini. Tidak hanya itu saja, Waduk Nipah juga dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang.

Pesona keindahan dari Waduk Nipah inilah yang kemudian menarik banyak sekali wisatawan untuk mengunjungi kawasan wisata ini, terlebih anak muda. Waduk Nipah menjadi destinasi wisata populer pilihan masyarakat dengan tiket masuk yang ramah di kantong.

Di waduk ini, Anda bisa menikmati asyiknya suasana wisata, bersantai, hunting foto dan jika beruntung, bisa menyaksikan monyet yang bergelantungan. Waduk Nipah bahkan bisa dibilang menjadi tempat nongkrong di Sampang yang menjadi favorit anak muda karena suasananya.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Probolinggo yang terbaru dan hits banget dan rekomended untuk anda kunjungi bersama keluarga.

Sudah tahu tempat wisata di Sampang yang bagus untuk dijelajahi bersama keluarga atau pasangan bukan? Ternyata ada banyak sekali tempat-tempat wisata menarik di kawasan Sampang, Madura bukan?

Apalagi hampir semua destinasi wisatanya bisa diakses dengan tarif yang ramah di kantong. Kalau Anda bingung menghabiskan liburan dimana, maka 16 rekomendasi tempat wisata di Sampang di atas bisa menjadi solusinya.

Travel Vlog Honeymoon Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here