Air Terjun Toroan merupakan destinasi menarik yang ada di Sampang Madura dengan keunikan tiada batas. Wisata Sampang satu ini menawarkan pemandangan air terjun yang langsung jatuh menuju ke laut.

Khususnya di Indonesia tak banyak air terjun seperti itu, yang langsung turun deras menuju arah lautan. Yang paling terkenal adalah wisata Air Terjun Mursala dan letaknya berada di Sumatera Utara.

Bisa dibilang bahwa Air Terjun Toroan Sampang ini adalah satu-satunya wisata alam anti mainstream di Jawa Timur yang menakjubkan. Namun sebelum anda explore indahnya Air Terjun Toroan Jawa Timur, yuk simak terlebih dahulu informasi menarik berikut ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Toroan

harga tiket masuk Air Terjun Toroan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103497856799915520559

Mungkin jika mendengar nama Kota Sampang, tak banyak orang yang tahu bahwa ada destinasi-destinsi eksotis di dalamnya. Dan Air Terjun Toroan adalah salah satunya, yang selalu menjadi tujuan berlibur para pelancong dari berbagai daerah.

Lihat lebih dekat keunikan yang ada disini, yaitu berupa air terjun setinggi 20 meter dengan mengalirkan airnya menuju laut. Tidak hanya cantik tetapi juga unik, serta memiliki panorama alam memukau yang memanjakan mata.

Siapapun yang datang kesini pasti akan dibuat takjub oleh pemandangan tak biasa ini. Untuk bisa mengisi waktu senggang disini pun anda tak harus keluar banyak biaya.

Ketika tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Air Terjun Toroan hanya berkisar antara 5.000 hingga 10.000 rupiah per orangnya. Disamping itu setiap pengunjung yang datang juga harus membayar retribusi parkir kendaraan.

Perkirakan waktu terbaik anda untuk berwisata ke Air Terjun Toroan Sampang Jawa Timur. Sore dan juga pagi hari merupakan waktu yang cukup di favoritkan oleh banyak wisatawan untuk datang kesini.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat air terjun toroan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108579651720781776099

Lokasi Air Terjun Toroan berada di tepi Pantai Nepa, wisata Sampang hits yang selalu ramai dikunjungi. Karena berada di tepian pantai itulah mengapa Air Terjun Toroan Sampang langsung menuju lautan.

Alamat Air Terjun Toroan terletak di Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Provinsi Jawa Timur. Keberadaan air terjun eksotis ini jika anda menjangkaunya dari Masjid Agung Sampang atau pusat kota kurang lebih sejauh 44 km.

Akses jalan menuju sini sudah cukup memadai dan layak untuk dilintasi berbagai jenis kendaraan. Setibanya di area parkir, anda musti berjalan kaki terlebih dahulu menuju spot utama Air Terjun Toroan.

Setibanya di spot utama, anda akan langsung disuguhkan oleh air terjun setinggi 20 meter dengan dinding tebing berwarna kuning keemasan. Saat surut, anda bisa melihat secara langsung bebatuan karang di bawah air terjunnya.

Apabila anda belum tau jalannya, bisa dengan menggunakan maps dibawah ini untuk memudahkan perjalanan ke wisata Toroan.

Fasilitas

fasilitas air terjun toroan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110507663238950748261

Termasuk dalam list wisata populer di Sampang, menjadikan Air Terjun Toroan selalu jadi incaran banyak pengunjung. Terlebih ketika hari libur maupun akhir pekan, maka tak sedikit wisatawan yang berada disini.

Meski seakan tak pernah sepi, namun sayangnya segi sarana prasarana disini belum memadai. Sehingga fasilitas Air Terjun Toroan belum terlalu lengkap, hanya meliputi area parkir, kamar mandi dan spot foto saja.

Warung pun masih terbatas, sehingga ada baiknya anda membawa bekal sendiri untuk kebutuhan disaat haus dan juga lapar. Namun tak perlu khawatir, minimnya dukungan sarana prasarana, tak akan mengurangi keseruan adan selama liburan disini.

Dapatkan pengalaman berkesan yang sulit terlupakan dengan menikmati berbagai sajian panorama memanjakan mata di Toroan. Duduk santai, melihat pemandangan sembari bercengkrama bersama orang tercinta, mampu membuat diri menjadi lebih rileks.

Spot Terbaik di Air Terjun Toroan

spot terbaik di air terjun toroan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104871067987142991807

Berbicara mengenai spot, air terjun setinggi 20 meter dengan langsung mengalir deras menuju laut adalah yang terbaik. Dengan dinding tebing air terjun yang berwarna kuning keemasan ini berpadu dengan bebatuan eksotis dibawahnya.

Deburan ombak Pantai Nepa yang berkolaborasi dengan suara air terjun Toroan, begitu riuh bersahutan sangat enak di dengar. Pemandangan mempesona dengan backsound utama suara air yang luar biasa akan membuat momen berwisata kali ini tak ada duanya.

Maka dari itu, momen bahaga kali ini tentu saja wajib diabadikan ke dalam foto maupun video. Memanfaatkan spot terbaik Air Terjun Toroan yang mengagumkan dan sayang sekali bila anda lewatkan.

Ketika berlibur mengunjungi destinasi wisata maka akan kurang lengkap kalo anda tidak berfoto-foto ria. Selfie, foto bersama, dan rekam video pada latar belakang pemandangan alam di Air Terjun Toroan yang mempesona.

Tips Berkunjung

tips berkunjung air terjun toroan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109003106478871304690

Ada beberapa tips berkunjung ke Air Terjun Toroan yang bisa anda simak untuk menambah informasi dan juga referensi.

  • Pastikan anda berencana untuk datang ke Air Terjun Toroan pada saat hari cerah dan cuaca mendukung.
  • Jangan sekali-kali datang ke Pantai Nepa untuk melihat air terjun unik ini ketika sedang turun hujan.
  • Pengunjung dilarang untuk berenang atau bermain tepat dibawah air terjunnya, karena palung dibawahnya sangat dalam.
  • Jika ingin bermain maka cukup di area sekitaran batu karang dan wajib untuk berhati-hati.
  • Dilarang bikin kotor atau nyampah sembarangan, guna ikut serta dalam menjaga keberlangsungan wisata Air Terjun Toroan.
  • Tak ada salahnya jika anda membawa bekal sendiri untuk kebutuhan selama pergi jalan-jalan di Air Terjun Toroan.

Itu tadi salah satu wisata Sampang hits yang bisa anda telusuri keindahannya ketika hari libur sudah didepan mata. Demikian ulasan singkat dari Air Terjun Toroan yang menyajikan landscape alam memikat memanjakan mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 9 =