Tempat wisata di Sidoarjo memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang tidak bisa dipungkiri keindahannya. Anda yang baru saja menginjakkan kaki di Sidoarjo pasti tidak akan asing dengan keindahan destinasi wisatanya.

Mulai dari pantai, air terjun hingga waterpark, semua bisa Anda jelajahi ketika datang ke Sidoarjo. Kota yang berada di provinsi Jawa Timur ini menawarkan beragam destinasi dengan pemandangan indah yang hampir tiada duanya. Penasaran ada wisata apa saja sih yang bisa dijelajahi ketika pergi ke Sidoarjo?

Berikut adalah daftar tempat wisata di Sidoarjo yang populer untuk Anda jelajahi bersama keluarga maupun pasangan saat liburan telah tiba:

1. Alas Prambon

tempat wisata di sidoarjo
Foto : https://www.instagram.com/ilyas_coy/

Wisata di Sidoarjo bernama Alas Prambon merupakan sebuah destinasi yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Di Alas Prambon, ada beragam wahana permainan anak yang bisa dinikmati.

Alas Prambon sendiri sebenarnya merupakan wisata edukasi untuk anak-anak yang melatih kemampuan intelegensi mereka. Tidak hanya intelegensinya saja, mental dan fisik anak juga akan terlatih.

Di Alas Prambon, anak-anak akan diajak beraktivitas untuk mengenal banyak hal yang berhubungan dengan berkebun, bertani, memancing, beternak dan lain-lain. Tentunya semua aktivitas ini tidak bisa ditemukan oleh anak-anak selama di sekolah.

Kalau Anda memang mencari obyek wisata di Sidoarjo untuk mengedukasi anak-anak, maka Alas Prambon adalah pilihan tepat. Selain itu, ada juga permainan outbond yang mengasyikkan seperti jaring merayam, ayunan berantai hingga spider web dan flying fox.

2. Jembatan Kali Porong

wisata sidoarjo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/arif_hidayaturochman/

Kali Porong merupakan sebuah tempat instagramable di Sidoarjo yang layak untuk Anda coba. Kali Porong sendiri merupakan sebuah jembatan yang menyangga perairan masyarakat sekitar.

Namun ternyata jembatan Kali Porong juga dijadikan sebagai destinasi wisata yang instagramable. Jembatan ini menyediakan pemandangan sungai yang begitu indah. Anda bisa puas berfoto-foto dengan suguhan pemandangannya yang sangat estetik.

Kalau bosan hunting foto, maka Anda bisa lho menyewa perahu dan menyusuri sungainya. Sungai Kali Porong sangat jernih dan alirannya juga bermuara di sebuah pulau namanya Sarinah.

3. Citra Garden Waterpark

wisata Sidoarjo
Foto : https://www.instagram.com/citragardensidoarjo.id/

Citra Garden Waterpark bisa dibilang merupakan tempat wisata anak di Sidoarjo yang sangat direkomendasikan. Di kawasan wisata ini, Anda bisa bermain air sepuasnya bersama anak-anak karena memang wisata ini direkomendasikan untuk keluarga.

Di Citra Garden Waterpark, Anda tidak hanya berenang saja, ada banyak sekali wahana permainan yang seru untuk dicoba seperti :

  • Multi Structure Slide
  • Family Slide
  • Under Water Adventure
  • Racer Slide
  • Tube Slide Dry Pool

Nah, menariknya disini adalah, pengelola juga menyediakan paket outbond yang memiliki tarif murah dengan petualangan yang sangat menyenangkan. Citra Garden Waterpark sendiri lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Sidoarjo.

Destinasi wisata ini bisa diakses menggunakan transportasi umum, ada banyak fasilitas yang memuaskan Anda. Seperti lahan parkir yang luas, gazebo, aneka macam wahana permainan, gazebo, kamar ganti, dan sebagainya.

4. Pazkul Kahuripan Nirwana

wisata sidoarjo malam hari
Foto : https://www.instagram.com/pazkul/

Anda mencari sebuah tempat untuk berwisata kuliner? Tempat wisata di Sidoarjo satu ini sepertinya tepat untuk Anda jelajahi. Pazkul Kahuripan Nirwana merupakan pusat mencari aneka macam kuliner di Sidoarjo.

Di kawasan ini, Anda bisa bebas menemukan aneka macam hidangan, mulai dari masakan tradisional sampai makanan dengan tema modern. Tentunya, semua makanan yang ada di Pazkul Kahuripan Nirwana dijual dengan murah meriah.

Destinasi wisata kuliner berkonsep foodcourt ini buka hanya di malam malam saja dan setiap malamnya selalu penuh dengan masyarakat lokal. Pazkul Kahuripan Nirwana bisa dibilang adalah wisata Sidoarjo malam hari yang populer. Bahkan setiap malamnya tempat ini juga menyediakan live music sebagai hiburan untuk orang yang datang berkunjung.

5. Pura Jala Siddhi Amertha

wisata di Sidoarjo
Foto : https://www.instagram.com/yuli_satriawan/

Objek wisata di Sidoarjo yang sayang sekali untuk Anda lewatkan adalah sebuah pura bernama Jala Siddhi Amerta. Pura ini merupakan sebuah wisata religi yang tidak begitu kalah menariknya dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Sidoarjo.

Kunjungilah pura estetik ini bersama dengan teman-teman atau pasangan. Rumah ibadah masyarakat Hindu Sidoarjo ini berlokasi di Jalan Juanda, Semambung dengan bangunan yang sangat luas.

Jika Anda ingin menyaksikan sebuah pura megah dan indah, tidak harus pergi ke Bali. Sebab Jala Siddhi Amertha sudah bisa mewakili bangunan pura yang bagus di Jawa.

Bagi pemeluk keyakinan Hindu yang ingin bersembahyang di pura. Sangat disarankan untuk menggunakan sebuah selendang kuning jika ingin memasuki kawasan pura.

6. Makam Dewi Sekardadu

objek wisata di Sidoarjo
Foto : https://www.instagram.com/fajarhw/

Wisata religi selain Jala Siddhi Amertha yang bisa dikunjungi adalah Makam Dewi Sekardadu. Jika Jala Siddhi Amertha adalah sebuah rumah ibadah untuk masyarakat Hindu di Sidoarjo, maka lain halnya dengan Makam Dewi Sekardadu.

Makam satu ini terbilang istimewa bagi masyarakat muslim, khususnya yang ada di Jawa Timur. Dewi Sekar Dadu merupakan putri dari Raja Blambangan. Beliau juga ibu kandung dari Sunan Giri, tokoh penting yang menyebarkan agam Islam di Jawa.

Ketika musim nyadran, makam Dewi Sekardadu sendiri akan selalu dibanjiri oleh para peziarah. Mereka yang datang ke makam tidak hanya dari Sidoarjo saja, melainkan juga ada yang datang dari luar kota.

7. Museum Mpu Tantular

museum mpu tantular
Foto : https://www.instagram.com/indonesiahiddenheritage/

Museum Mpu Tantular merupakan wisata Sidoarjo yang penuh dengan edukasi dan sejarah. Di museum ini, Anda bisa belajar banyak hal yang sangat bagus untuk ilmu pengetahuan.

Museum ini memiliki luas hingga 3,3 hektar dan berisi dengan aneka macam benda yang bersejarah mulai peninggalan kerajaan hingga numismatika. Museum Mpu Tantular sendiri sebenarnya sudah beberapa kali dipindahkan sampai akhirnya ada di Jl. Buduran, Kota Sidoarjo.

Dari kota Sidoarjo, museum ini hanya hanya memiliki jarak 3,5 km saja atau bisa Anda tempuh selama 5-10 menit saja. Kalau Anda mencari sebuah destinasi wisata edukasi, maka cobalah untuk datang ke Museum Mpu Tantular.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Ponorogo dengan beragam destinasi hits terbaru yang bagus dan juga instagramable.

8. Delta Fishing

delta fishing
Foto : https://www.instagram.com/deltafishingsidoarjo/

Apakah Anda suka sekali dengan kegiatan memancing? Coba deh pergi ke Delta Fishing! Aktivitas memancing Anda menjadi lebih seru di kawasan pemancingan ini. Di Delta Fishing ini, Anda bisa bebas memancing di area manapun yang tersedia.

Delta Fishing menyediakan beberapa kolam khusus pemancing dengan aneka macam ikan berbeda. Beberapa jenis ikan yang tersedia di tempat pemancingan ini adalah bawal, patin, tombro hingga gurami.

Anda hanya perlu menyesuaikan selera untuk memancing di kolam yang diinginkan. Kalau Anda tidak memiliki alat pancing, tenang saja! Di sini juga menyediakan beberapa persewaan alat untuk memancing.

Selain memancing, ada juga beberapa wahana permainan seperti flying fox, seberang pulau, sampai playground. Untuk bisa menikmati wahana di Delta Fishing, maka Anda harus membayar tiket terusan.

9. Kt Jungle Waterpark

obyek wisata di Sidoarjo
Foto : https://www.instagram.com/ktg_jungle_waterpark/

Tempat wisata keluarga di Sidoarjo yang tidak boleh dilewatkan begitu saja adalah Jungle Waterpark. Berlokasi di Desa Ketegan, Tangulangin, objek wisata satu ini menyediakan sebuah kolam renang untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Biasanya destinasi wisata keluarga satu ini selalu ramai dengan para pengunjung ketika akhir pekan. Di sini, Anda bisa menyaksikan aneka macam wahana permainan seperti ember raksasa, seluncur air hingga ombak air.

Berwisata ke Jungle Waterpark dijamin akan membuat Anda sekeluarga puas. Apalagi semua wahana yang ada di kawasan wisata ini juga terbilang amat lengkap.

10. Monumen Jayandaru

Monumen Jayandaru
Foto : https://www.instagram.com/sofanprasetia/

Monumen Jayandaru merupakan tempat wisata di Sidoarjo, Jawa Timur yang lokasinya tidak begitu jauh dari alun-alun kota Sidoarjo. Destinasi wisata satu ini sangat cocok dijelajahi kalau Anda memang menyukai wisata sejarah.

Monumen Jayandaru sendiri adalah sebuah bangunan yang amat dibanggakan oleh masyarakat Sidoarjo karena menyimpan sejarah perjuangan. Sebagaimana Tugu Pahlawan bagi masyarakat Surabaya, maka Monumen Jayandaru juga menjadi kebangaan para masyarakat Sidoarjo.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke monumen melihat-lihat indahnya kota Sidoarjo, apalagi saat sore hari. Kalau Anda ke Sidoarjo, jangan lupa untuk hunting foto dengan background monumen Jayandaru sebagai kenang-kenangan.

11. Permata Waterpark Tanggulangin

tempat wisata di Sidoarjo terbaru
Foto : https://www.instagram.com/waterparkpermatasda/

Wisata sidoarjo terbaru yang layak untuk Anda kunjungi jika ke kota ini adalah Permata Waterpark.

Di destinasi ini, Anda dan keluarga bisa bermain air dengan puas karena pengelola menyediakan banyak wahana di sini. Saat akhir pekan, kawasan Waterpark Tanggulangin hampir selalu ramai dikunjungi.

Anda bisa mencoba aneka macam wahana permainan di Waterpark Tanggulangin seperti family slide, ember tumpah, flying fox hingga racing slide. Semua wahana yang ada di permainan ini akan membuat Anda dan keluarga betah untuk berlama-lama.

12. Legok Asri Sidoarjo

tempat wisata di sidoarjo
Foto : https://www.legokasrioutbound.com/

Legok Asri merupakan tempat wisata alam di Sidoarjo yang sangat terjangkau dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Daya tarik wisata satu ini sendiri hampir selalu ramai dikunjungi jika akhir pekan.

Banyak wisatawan lokal dan luar kota yang datang ke kawasan wisata ini karena pemandangan alamnya yang begitu indah. Legok Asri memiliki luas sekitar 3 hektar dan ada bermacam-macam wahana yang bisa dinikmati.

Mulai dari kolam renang, tempang pancing, playground untuk anak-anak, tempat makan, sampai gazebo. Kalau Anda mencari sebuah tempat wisata yang murah dan dekat kota, maka Anda bisa mengunjungi Legok Asri.

13. Alun-Alun Sidoarjo

tempat wisata alam di Sidoarjo
Foto : https://www.sidoarjokab.go.id/

Belum lengkap deh rasanya kalau ke sebuah kota baru tapi tidak menjelajahi alun-alunnya. Bagi Anda yang mencari sebuah tempat di kawasan kota untuk melepaskan rasa penat selepas bekerja, maka datanglah ke alun-alun Sidoarjo.

Cobalah mengajak keluarga atau teman-teman menjelajahi wisata ini karena Alun-alun Sidoarjo lebih cocok dikunjungi jika datang ramai-ramai. Menjelang sore, kawasan Alun-alun Sidoarjo ini sangat ramai oleh masyarakat asli Sidoarjo sendiri.

Entah untuk berburu makanan, entah hanya untuk menghabiskan waktu untuk bersantai menyaksikan kota Sidoarjo. Anda juga bisa kok bersepeda atau jogging di kawasan Alun-alun ini.

Kalau lapar, tenang saja! Banyak sekali pedagang kaki lima untuk mengganjal perut Anda yang lapar. Nah, Alun-alun Sidoarjo sendiri terletak di kawasan Jalan Ahmad Yani Sidokumpul, Magersari.

14. Kampoeng Batik Jetis

kampoeng batik jetis
Foto : https://www.instagram.com/kainusa.id/

Berlokasi di Jl. Pangeran Diponegoro Lemahputro, Jetis, Anda bisa berburu batik khas Sidoarjo. Kawasan ini merupakan pusat berkumpulnya para pengrajin batik. Bahkan, Kampoeng Batik Jetis sudah ada semenjak tahun 1675.

Di kampung inilah, Anda bisa melihat banyak sekali pengrajin yang menuliskan batiknya sendiri dengan tangan, tanpa bantuan mesin. Kawasan ini sangat dekat sekali dengan alun-alun Sidoarjo, atau bisa diakses sekitar 10 menitan menggunakan mobil atau motor.

Di sana Kampoeng Batik ini, Anda bisa menemukan aneka produk batik, mulai dari yang standar sampai premium. Ya, mulai dari Rp 150.000 sampai jutaan rupiah, semua ada di sini. Selain bisa berbelanja batik, Kampoeng Batik juga menyediakan kursus batik bagi wisatawan yang tertarik dengan seni membatik.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur yang baru dengan wahana dan juga spot kekinian yang hits banget.

15. Pantai Kepetingan Sidoarjo

tempat wisata keluarga di Sidoarjo
Foto : https://www.instagram.com/sofiajuandahotel/

Tempat wisata di Sidoarjo terbaru yang sepertinya harus ada di list destinasi Anda adalah Pantai Kepetingan. Pantai yang berlokasi di Desa Sawohan, Buduran ini tidak kalah menarik dari destinasi Sidoarjo lainnya dan wajib untuk dikunjungi.

Di pantai ini, Anda akan mendapat sebuah suguhan pemandangan pantai yang begitu indah. Apalagi pasir di kawasan Pantai Kepetingan juga amat lembut, belum lagi deburan ombaknya juga tidak begitu ganas.

Mau berenang juga tidak begitu membahayakan. Pantai Kepetingan bukan hanya menawarkan tempat untuk berenang, namun ada juga kawasan hutan bakau untuk Anda jelajahi juga. Selain itu, kawasan pantai ini juga selalu menjadi lokasi ritual Nyadran.

Nyadran sendiri merupakan sebuah ritual tahunan masyarakat Jawa Timur sebagai manifestasi rasa syukur atas diberikannya rejeki yang melimpah kepada masyarakat.

16. Pasar Malam Gading Fajar

Pasar Malam Gading Fajar
Foto : https://pojoksuramadu.com/

Apakah Anda sedang mencari sebuah wisata malam di Sidoarjo? Coba deh pergi ke Perum Sidokare, kelurahan Candi. Di sini, Anda bisa melihat sebuah Pasar Malam yang menjadi wisata populernya masyarakat Sidoarjo.

Pasar Malam yang dinamakan dengan Gading Fajar ini menjadi pusat belanja malam hari dengan tarif terjangkau. Kalau Anda tidak asing dengan Malioboro, Yogyakarta, maka Pasar Malam Gading Fajar ini memiliki vibes yang hampir sama.

Di sini, Anda bisa membeli barang apapun mulai dari baju, mainan anak, alat masak, buku, sampai aneka macam street food. Dijamin deh Anda tidak akan bosan menjelajahi pasar malam Sidoarjo satu ini.

17. Kebun Coklat Balongbendo

Kebun Coklat Balongbendo
Foto : https://radarsurabaya.jawapos.com/

Suka coklat? Coba deh pergi ke wisata terbaru di Sidoarjo bernama Kebun Coklat Balong Bendo. Berlokasi di Desa Penambangan, Balong Bendo, Anda bisa mencoba berburu coklat dengan cara berkebun.

Walau namanya adalah Kebun Coklat, namun sebenarnya destinasi wisata satu ini adalah kafe dengan konsep kebun. Jadi, kafe satu ini dimaksudkan agar bisa menarik para pengunjung untuk datang ke sini.

Selain bisa berkebun coklat, di obyek wisata ini pula, Anda bisa pesan aneka macam menu yang unik. Ya, menu-menu ini bahkan belum tentu bisa Anda temukan di cafe lain seperti mi gobyor atau mi cower.

18. Candi Pari

tempat wisata di Sidoarjo, Jawa Timur
Foto : https://www.instagram.com/caturwbo/

Berada di Kecamatan Porong, Anda bisa mengunjungi sebuah destinasi wisata sejarah bernama Candi Pari. Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan cukup mudah karena akses jalannya bisa dijangkau oleh kendaraan apapun.

Candi Pari sendiri sebenarnya adalah bagian dari Candi Khamer di Birma. Arsitektur dari Candi Pari juga menjadi bagian dari Candi Champa yang ada di Thailand. Hal ini dikarenakan Candi Pari dibangun ketika masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk yang kala itu suka berkelana.

Candi Pari sendiri hingga hari ini masih menjadi tempat beribadah masyarakat Sidoarjo yang menganut agama Hindu. Candi ini sering dikunjungi wisatawan yang suka dengan sejarah dan ingin belajar mengenai peninggalan kuno.

19. Kampung Sepatu Krian

kampung sepatu krian
Foto : https://www.kaskus.co.id/

Mau mencari sepatu yang berkualitas di Sidoarjo? Coba deh Anda pergi ke Kampung Sepatu Krian. Di sini, Anda bisa menemukan banyak sekali produk sepatu yang kualitasnya serupa dengan brand yang ada di mall besar.

Kalau di Bandung ada Desa Cibaduyut, maka di Sidoarjo ada Kampung Sepatu Krian. Yang konsepnya hampir sama dengan yang ada di Cibaduyut Bandung Jawa Barat.

Di sini, Anda bisa menemukan aneka macam jenis sepatu, mulai flatshoes, sneaker, pantovel dan masih banyak lagi. Hampir semua sepatu yang ada di kampung ini dijual dengan terjangkau.

20. Suncity Waterpark Sidoarjo

tempat wisata anak di Sidoarjo
Foto : https://www.instagram.com/suncitywaterparksidoarjo/

Suncity Waterpark berlokasi di Jl. Pahlawan No.1 dan menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan. Banyak masyarakat lokal maupun luar kota yang dayang mengunjungi Suncity Waterpark bersama keluarga tercinta.

Di waterpark ini, ada banyak sekali lho wahana permainan yang seru sekali untuk Anda coba bersama keluarga. Beberapa wahana tersebut adalah :

  • Lazy river
  • Dragon sliding
  • Mandi busa
  • Kolam renang anak
  • Kolam renang dewasa

Semua wahana ini di waterpark ini bisa Anda nikmati sepuasnya. Apalagi semua fasilitas di Suncity Waterpark juga terbilang sangat lengkap.

Menariknya, Suncity Waterpark juga telah menyediakan sebuah kolam khusus untuk balita sehingga aman sekali untuk digunakan bermain. Bagi Anda yang mencari destinasi wisata keluarga menyenangkan di Sidoarjo, maka Suncity Waterpark adalah pilihan yang sangat tepat.

21. Wisata Lumpur Lapindo

wisata alam Sidoarjo
Foto : https://www.instagram.com/atang_triastama/

Siapa sih yang tidak mengenal polemik lumpur Lapindo yang begitu mengenaskan? Sekian waktu berlalu, ternyata lumpur Lapindo justru menjadi sebuah destinasi wisata, lho.

Ya, berawal dari sebuah tragedi alam yang telah merugikan hingga ribuan nyawa manusia. Tempat ini lama-kelamaan justru menjadi destinasi wisata yang menarik banyak sekali pengunjung.

Proyek Lapindo yang merugikan ini tidak kunjung selesai dan justru semakin memakan tempat dan akhirnya berubah menjadi sekarang ini. Nah, seperti namanya, maka wisata Lumpur Lapindo tentunya menyajikan sebuah pemandangan berupa lumpur yang menguap-uap.

Kemudian, Anda juga bisa menyaksikan banyak sekali patung unik yang menyerupai orang. Patung-patung ini terlihat nyaris tenggelam di sebuah kubangan lumpur. Nah, patungt-patung unik inilah yang menjadi spot untuk berswa foto para wisatawan.

22. Taman Abhirama Sidoarjo

tempat wisata di sidoarjo
Foto : https://www.instagram.com/rosaliaparamita/

Taman Abhirama merupakan wisata alam Sidoarjo yang banyak dikunjungi oleh kalangan anak muda karena suasananya yang begitu asri. Di sini, menyediakan sebuah taman terbuka yang serba hijau.

Banyak masyarakat lokal yang mengunjungi tempat wisata ini karena memang taman ini sangat rapi. Saat sore hari, taman ini memiliki pemandangan yang begitu mempesona dan dijamin akan membuat tubuh lebih rileks.

Nah, jika Anda ini merupakan pecinta fotografi, coba deh buru beberapa bangunan unik yang ada si sekitar Taman Abhirama. Salah satunya adalah Rumah Kaya.

Jadi, bangunan Rumah Kaya ini memiliki arsitektur yang unik dan sering menjadi spot foto hits anak-anak muda kekinian.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Sampang yang hits dan rekomended untuk anda jadikan tempat liburan.

Masih bingung mencari tempat wisata di Sidoarjo yang sekiranya recomended untuk dikunjungi? 22 daftar destinasi wisata di atas tentu bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk liburan ke depannya.

Sekarang, siapkan rencana dengan sematang mungkin mulai dari biaya, akomodasi dan penginapan! Rencanakan wisata mana saja yang hendak Anda tuju bersama keluarga atau orang tersayang!

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here