Stonehenge Jogja merupakan salah satu daya tarik menakjubkan yang ada di sekitaran Gunung Berapi aktif ini. Stonehenge sendiri adalah kumpulan batu tak beraturan membentuk lingkaran yang sangat terkenal di Negara Inggris.

Dan Stonehenge Merapi Jogja ini merupakan buatan atau replika yang sengaja dibuat bukan dari batu alam asli. Meski begitu, kehadiran Stonehenge di Jogja justru menambah kecantikan dari kawasan Gunung Merapi yang sampai hari ini masih aktif.

Anda bisa berkunjung ke Stonehenge Yogyakarta guna menyaksikan sendiri keunikan dan menjadikannya background ketika berswafoto. Saat anda berada di sekitaran Sleman, maka wisata unik di Jogja satu ini jangan sampai terlewatkan keseruannya ya.

Harga Tiket Masuk Stonehenge Jogja

harga tiket masuk Stonehenge Jogja
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102615082558770696386

Sejatinya Stonehenge di Inggris dibangun pada masa Perunggu dan Neolitikum, menjadi salah satu situs warisan dunia. Berupa kumpulan batu tak beraturan membentuk lingkaran, dengan batuannya tinggi menjulang keatas dengan alas rumput hijau.

Sedangkan Stonehenge yang ada di Merapi pun memiliki bentuk demikian, sekilas hampir sangat mirip dengan aslinya. Membuat kawasan gunung berapi Indonesia satu ini terlihat semakin eksotis berkat kehadiran Stonehenge Yogyakarta ini.

Tempat wisata Sleman Jogja satu ini menarik minat banyak pengunjung dari berbagai daerah untuk melihat sekaligus berfoto-foto. Selain berkat daya tarik yang dimiliki, tiket yang berlaku pun sangat terjangkau dan ramah dikantong para wisatawan.

Harga tiket masuk Stonehenge Merapi di Jogja sebesar Rp15.000 per orangnya, tegolong murah meriah bukan? Dengan biaya yang ekonomis ini tentu anda sudah bisa merasakan nuansa seperti Stonehenge di Inggris.

Anda bisa berkunjung ke wisata alam Merapi ini kapanpun sesuka hati, terbuka untuk umum pada pukul 07.00 hingga 17.00 wib. Datanglah ketika pagi ataupun sore hari untuk merasakan suasana Stonehenge Merapi Jogja yang lebih teduh.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat stonehenge jogja
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112783154272032591983

Lokasi Stonehenge Jogja berada di sebuah perkampungan yang dahulunya sempat terdampak erupsi Merapi pada tahun 2010. Setelah erupsi melanda wilayah ini, masyarakat sekitar pun akhirnya berpindah dan dibangunlah Stonehenge sebagai wujud pemberdayaan desa.

Desa yang dimaksud tersebut adalah Dusun Petung, yang dahulu masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Dusun ini pun sekarang sudah tidak dapat ditempati untuk rumah tinggal, sebab berada di kawasan yang tergolong rawan bencana.

Akan tetapi, adanya wisata Stonehenge ini pun menjadi salah satu mata pencaharian baru bagi penduduk setempat. Alamat Stonehenge Jogja sendiri berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika dari Alun-Alun Kota Sleman maka jarak yang musti ditempuh untuk sampai ke Stonehenge Merapi ini sekitar 21,6 km. Dengan akses jalur utamanya sudah sangat baik dan mampu dilintasi tanpa kesulitan oleh semua jenis kendaraan yang digunkan.

Apabila anda tak tahu jalannya pun, bisa menggunakan maps dibawah ini. Yang akan menjadi petunjuk guna memudahkan laju kendaraan anda ketika akan liburan ke Stonehenge Merapi Yogyakarta.

Datang juga ke –> Candi Sari kisah-kisah menarik menyelimuti kawasan cagar budaya Jogja hits satu ini.

Fasilitas

fasilitas stonehenge jogja
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115047954191239714666

Sebagai penunjang para wisatawan yang tengah berlibur disini, para pengelola setempatpun sudah menyediakan berbagai sarana prasarana. Dan berikut ini fasilitas Stonehenge Jogja yang diantaranya meliputi :

  • Area parkir memadai
  • Toilet / kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Warung wisata
  • Spot foto instagramable

Nikmati serunya berjalan-jalan di area sekitaran Stonehenge Merapi yang didominasi oleh banyaknya pepohonan dan rerumputan. Kehadiran banyak tumbuhan hijau ini juga turut membuat suasana disini cukup teduh dan bikin betah.

Kunjungi juga –> Spot Riyadi sebuah pekarangan rumah dengan sajian pemandangan yang melimpah ruah.

Spot Terbaik di Stonehenge Jogja

spot terbaik di stonehenge jogja
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107439640011398964065

Aktivitas berswafoto tentu menjadi yang utama ketika anda tengah mengisi waktu libur di Stonehenge Merapi. Replika Stonehenge, yang dimana aslinya merupakan peninggalan jaman prasejarah menjadi suguhan utama ketika berlibur disini.

Kumpulan batu tak beraturan membentuk lingkaran ini sangat mirip dengan yang ada di Inggris. Lengkap dengan alas rumput hijau dengan batuannya yang tinggi menjulang ke atas.

Bentuk dan susunan batu Stonehenge Merapi sendiri dibuat seperti dengan yang aslinya di County Wiltshire negara Inggris. Pemandangan semacam ini dapat anda temukan di Indonesia tanpa harus bersusah payah terbang hingga tanah Britania Raya.

Wisata Stonehenge Jogja menjadi spot menarik untuk menghasilkan foto-foto yang keren dan pastinya anti mainstream. Tumpukan batu melingkar yang berbalut dengan awan biru ketika hari cerah nampak sangat menakjubkan.

Melalui selfie, foto bersama hingga merakam video pada spot terbaik di Stonehenge Jogja Merapi yang memikat perhatian anda. Abadikan setiap momen ke dalam foto maupun video di Stonehenge Merapi sebanyak-banyaknya agar menjadi pengalaman yang berkesan.

Review sebelumnya –> Merapi Park aneka landscape miniatur dunia yang instagramable.

Tips Berkunjung

tips berkunjung stonehenge jogja
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107439640011398964065

Dibawah dapat anda simak beberapa tips berkunjung ke salah satu wisata Merapi hits yakni Stonehenge Jogja dengan segudang keunikannya.

  • Hari yang cerah tentu menjadi waktu terbaik untuk menyaksikan replika Stonehenge ini agar lebih maksimal.
  • Sebaiknya tidak berkunjung saat siang hari apabila anda kurang suka dengan suasana panas dengan matahari yang cukup terik disini.
  • Datang ketika pagi atau sore untuk mendapatkan hawa sejuk dan teduh yang pastinya akan membuat anda betah berlama-lama.
  • Dilarang keras membuat kotor area wisata Merapi Stonehenge Jogja dengan tindakan yang kurang bertanggung jawab.

Merapi memang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam memikat, dan salah satunya adalan Stonehenge ini. Sekian ulasan singkat mengenai Stonehenge Jogja yang kami rekomendasikan untuk anda coba explore ketika akan berwisata bareng keluarga tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 − 4 =