Pekerjaan yang banyak dan menumpuk tentu membuat Anda merasa penat. Maka, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan energi yaitu dengan refreshing.

Salah satu tempat Bandung yang bagus dan cocok untuk refreshing yaitu Pinus Tilu Campground. Wisata ini berada di Kawasan Bandung Selatan, daerah Pangalengan.

Pinus Tilu Campground memiliki ciri khas tersendiri, diantaranya aliran sungai dan hutan pinusnya. Tempat ini juga memiliki suasana yang sangat asri.

Harga Tiket Masuk Pinus Tilu Campground

harga kamar Pinus Tilu Camp Ground
Foto : https://travelspromo.com/

Harga tiket masuk wisata Pilus Tilu Campground ini gratis bila hanya sekadar menikmati keindahannya saja. Namun, bila berkemah Anda akan harus mengeluarkan biaya per paket.

Dengan demikian, Anda hanya membayar sekali dan menikmati fasilitas yang ada. Berikut rincian biayanya:

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pinus tilu camp ground
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112521345999814859351

Wisata Pinus Tilu Campground berada di kawasan Bandung Selatan, tepatnya Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan. Dengan jarak kurang lebih 44 km dari kota Bandung, tempat ini dapat ditempuh selama 2 jam.

Fasilitas

fasilitas pinus tilu camp ground
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109974960019144862698

Kawasan Bandung Selatan memang terkenal dengan wisata alamnya. Dengan letak di kaki pegunungan, banyak sekali tempat wisata yang menawarkan keindahan alamnya.
Salah satu tempat untuk aktivitas camping yaitu Pinus Tilu Campground.

Tempat untuk berkemah di daerah Bandung Selatan memang sudah menjamur. Akan tetapi, Pinus Tilu Campground memiliki keunikan dan dan daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya.

Dinamakan Pinus Tilu Campground karena terdapat keunikan pada lokasinya. Lebih tepatnya, tiga pohon pinus di tengah Hutan Pinus Rahong yang menjorok ke arah aliran sungai palayangan.

Menariknya, tiga pohon tersebut dijadikan sebagai sentral penataan tapaknya serta tempat bersantai dengan hammock bertingkat 5 hingga 7.

Awalnya, Pinus Tilu Campground akan dibuka pada bulan Desember tahun 2020. Namun, karena masih masa PPKM, akhirnya dibuka pada bulan Juni 2022.

Hutan pinus yang terdapat aliran sungai cukup deras dan jernih khas pegunungan, membuat sensasi berkemah lebih menenangkan.

Pilus Tilu Campground memiliki fasilitas yang memadai, mulai dari toilet, area parkir, musholla, tempat mandi air hangat, dan fasilitas lainnya. Fasilitas yang ada akan memudahkan Anda untuk berkemah di sini.

Di samping itu, Anda tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan camping. Wisata Pinus Tilu Campground sudah hampir sekelas Glamour Camping dimana perlengkapan berkemahnya sudah tersedia lengkap.

Diantara perlengkapan camping nya, meliputi cushion seat & pillow, sleeping bag & foam mattress, fishing pond, family tent (4-6 orang), dan masih banyak lagi.

Wisata yang berada di Bandung ini juga memberikan pemandangan yang indah serta sejuk dengan banyaknya pohon pinus. Kabut tipis yang masih menyelimuti menambah keindahan tempat wisata tersebut.

Jam Buka

jam buka pinus tilu camp ground
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107621046302013603541

Wisata Pinus Tilu Campground memiliki waktu check in dan check out. Jadwal check in dilakukan pukul 14.00 WIB, sedangkan check out pada pukul 12.00 WIB.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pinus tilu camp ground
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114445574399728870473

Pertama, menghabiskan malam dengan acara BBQ-an dimana alat-alatnya telah tersedia di tempat wisata. Anda bisa membakar jagung atau sosis untuk menemani teh hangat buatan Anda.

Makanan-makanan yang lain juga bisa Anda nikmati di Pinus Tilu Campground. BBQ-an akan membuat waktu malam Anda tidak terasa.

Bagi Anda yang suka aktivitas seru bisa mencoba rafting, yaitu aktivitas menyusuri sungai menggunakan perahu kerat. Aktivitas ini terbilang aman karena arus tidak terlalu deras dan perlengkapan yang digunakan telah sesuai standar.

Anak berusia minimal 7 tahun juga bisa bermain rafting. Terdapat pula beberapa titik jeram yang akan menambah tantangan dan keseruan.

Aktivitas memancing pun bisa Anda lakukan tanpa perlu khawatir akan peralatannya. Hal ini karena semua peralatan sudah disediakan oleh pengelola wisata.

Anda hanya tinggal duduk di depan tenda sembari menunggu umpan dimakan oleh ikan.
Anda juga bisa menyusuri setiap sudut hutan pinus atau melihat perkebunan teh yang sangat luas. Spot foto yang menarik pun tersedia beragam di wisata Pinus Tilu Campground.

Aturan tentang Suara

aturan tentang suara pinus tilu camp ground
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106422295410469633032

Pinus Tilu Campground menambah aturan mengenai suara karena banyak pengunjung yang terganggu dengan suara bising dari pengunjung lain, diantaranya:

  • Tidak boleh menggunakan pengeras suara
  • Dilarang membawa alat karaoke
  • Tidak boleh ada suara musik kecuali dari tendanya sendiri
  • Dilarang membuat suara yang mengganggu tenda lain

Aturan tersebut dibuat karena dapat mengganggu pengunjung yang ingin menikmati suara-suara indah dari alam.

Camping Ground tanpa Repot

Bagi Anda yang ingin berkemah tapi tidak mau repot, Pinus Tilu Campground menjadi tempat cocok untuk Anda. Sesuai Namanya, tempat ini memiliki ciri khas dengan hamparan hutan pinusnya.

Di Pinus Tilu Campground, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti rafting atau berenang. Dengan demikian, tempat ini akan sesuai untuk liburan dengan keluarga atau kerabat.

Wisata Pinus Tilu merupakan camping ground tanpa repot karena semua peralatan camping sudah tersedia. Mulai dari tenda, peralatan tidur, peralatan pancing, dan lainnya.

Maka dari itu, Anda cukup menyiapkan baju ganti dan keperluan pribadi. Tentu ini menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Sensasi Berkemah di Tepi Sungai

Pinus Tilu Campground memiliki area berkemah di tepi sungai dengan tenda-tenda yang berjajar. Kapasitas tenda bisa mencapai 4 hingga 6 orang.

Berkemah yang dilakukan di tepi sungai akan memberikan sensasi yang tenang dengan suara gemericik air mengalir. Selain itu, Anda juga dapat bersantai sambil memandangi sungai indah khas pegunungan dan minum secangkir teh hangat.

Sungai yang berada di Pinus Tilu Campground terapit oleh ratusan pohon pinus yang menjadikan suasana sejuk dan rindang. Apalagi ketika malam datang, suasana pun semakin tenang.

Alam menjadi tempat yang sesuai untuk menciptakan kebersamaan sembari menatap bintang-bintang di langit.

Pesona Pagi Hari

Pada pagi hari, kawasan Pinus Tilu Campground menyajikan pemandangan yang indah dan segar karena berada di daerah pegunungan. Pohon-pohon pinus yang terkena matahari terbit menciptakan pemandangan yang mempesona. Waktu itu sangat tepat untuk mengelilingi area hutan pinus.

Tersedia pula jalan setapak yang dapat Anda gunakan untuk menyusuri sudut-sudut hutan pinus. Dari kejauhan terlihat bukit menjulang tinggi, sehingga cocok untuk dijadikan spot foto.

View Menyegarkan

Salah satu tujuan berwisata atau berlibur yaitu untuk menghilangkan perasaan lelah dan stress akibat berbagai aktivitas. Selain itu juga untuk sejenak melupakan hiruk pikuk perkotaan.

Kondisi di pagi hari yang cukup sejuk, sekitar 15 derajat celcius bisa membuat Anda tertarik untuk berkunjung. Anda pun bisa menyaksikan pemandangan langka, yaitu uap-uap air yang menguap seperti asap.

Kondisi itu bisa Anda abadikan di Pinus Tilu Campground dan akan menjadi momen yang tidak terlupakan.

Itulah informasi mengenai Pinus Tilu Campground mulai dari lokasi, harga paket, fasilitas, aktivitas yang bisa dilakukan, serta keindahannya. Wisata ini tentu akan cocok untuk Anda yang senang berkemah dan melepas penat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 5 =