Home Wisata Indonesia 5 Pakaian Adat Paling Terkenal di Indonesia

5 Pakaian Adat Paling Terkenal di Indonesia

Pakaian adat Indonesia adalah baju yang merepresentasikan kebudayaan masyarakat negara ini. Di Indonesia, pakaian adat merupakan representasi nyata dari materi budaya.

Busana tradisional memiliki nilai signifikan dalam menghadirkan warisan, sejarah dan kemajuan masyarakat dalam fase peradaban tertentu.

Keberadaan pakaian adat merupakan upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Dengan pakaian adat, masyarakat akan dapat membaca, memahami dan mengambil nilai-nilai positif yang terkandung dalam simbol-simbol budaya.

Pakaian adat suatu daerah biasanya diidentikkan dengan etnis mayoritas yang berada di daerah tersebut. Mau tahu apa saja pakaian adat yang paling terkenal di Indonesia?

Pakaian tradisional suatu negara adalah cerminan dari sejarah, budaya, dan pengaruhnya. Di bawah ini ada beberapa pakaian adat yang paling populer di berbagai negara, seperti :

1. Kebaya

foto: https://www.instagram.com/sandhyegaputri/

Kebaya adalah salah satu pakaian adat yang sangat terkenal di berbagai negara. Diyakini kata ‘kebaya’ berasal dari kata Arab ‘abaya’ yang berarti pakaian. Kebaya saat ini adalah pakaian nasional Indonesia dan terbuat dari sutra, katun, nilon atau poliester yang transparan atau semi-transparan.

Biasanya kebaya dikenakan di badan dan menggunakan jarik. Ciri khas kebaya antara lain adalah lengan panjang, leher tanpa kerah, dan bagian depan terbuka yang umumnya diikat dengan bros bernama kerongsang yang terbuat dari kuningan, besi, perak atau emas, dan dihiasi dengan batu semi mulia.

Nah, kebaya sendiri merupakan pakaian adat warga Jakarta dan daerah-daerah Jawa seperti provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Yogyakarta.

2. Baju Kurung

foto: ralali

Baju kurung merupakan pakaian adat melayu untuk seorang wanita. Baju adat satu ini terdiri dari baju polos yang panjangnya hanya sebatas lutut. Baju ini memiliki kerah berbentuk bulat dengan ritsleting di belakang.

Sementara untuk bagian bawahannya, pakaian adat satu ini biasanya menggunakan kain dengan motif yang yang unik. Pakaian satu ini biasanya dikenakan ketika upacara adat atau ada beberapa acara formal. Nah, baju kurung sendiri merupakan pakaian adat suku Melayu yang tinggal di Sumatera seperti Riau, Jambi atau Bangka Belitung

3. Teluk Belanga

foto: shopee

Selain baju kurung, ada juga pakaian adat terkenal Indonesia yang biasa digunakan untuk laki-laki dan dinamakan dengan Teluk Belanga. Pakaian adat satu ini biasanya digunakan dalam berbagai macam acara resmi seperti pernikahan maupun upacara adat lainnya.

Dalam satu set pakaian teluk belangan biasanya terdiri dari pakaian dalam berupa satin berwarna kuning keemasan. Biasanya warna kuning keemasan ini identik dengan kebanggan raja-raja Melayu.

Kemudian setelan baju teluk Belangan akan dipadukan dengan celana panjang dan sarung, bisa juga kain yang dililitkan. Biasanya sarung atau kain yang dililitkan dengan motif atau corak tenun ingsang hingga ke lutut. Selain itu, satu set pakaian adat teluk belanga, biasanya menggunakan peci hitam. Teluk belanga sendiri adalah pakaian adat dari kepulauan Riau.

4. Ulos

foto: simarmata.or.id

Kain ulos merupakan salah satu kain tradisional dari Sumatera Utara yang banyak digunakan dalam upacara adat. Motifnya yang unik dan sarat makna membuat ulos begitu digemari banyak orang.

Ulos dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau juga digunakan dalam upacara adat. Dalam bahasa Batak Toba sendiri Ulos berarti kain dan secara umum, warna dominan pada ulos adalah merah, putih, dan hitam.

Biasanya setiap ulos dihiasi dengan benang emas dan perak. Ulos awal mulanya merupakan selendang dengan filosofinya yang melambangkan sebuah ikatan kasih antara orang tua untuk anak-anaknya.

5. Ulee Balang

Satu dari pakaian adat 34 provinsi paling terkenal selanjutnya adalah ulee balang. Baju tradisional dari provinsi Aceh ini awalnya digunakan oleh kerajaan Aceh, namun kemudian menjadi sebuah pakaian adat masyarakat Aceh.

Ulee Balang sendiri biasanya digunakan ketika ada upacara adat ataupun kegiatan-kegiatan adat lainnya. Pakaian adat Aceh sendiri biasanya dibuat dari kain dengan motif tenun. Pada umumnya, bahan yang digunakan untuk membuat pakaian dibuat dari kain sutera.

Jika disimpulkan, kebaya, baju kurung, teluk belanga, ulos dan ulee balang adalah 5 pakaian adat paling terkenal di Indonesia yang sering digunakan di kegiatan adat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − four =