Tempat Wisata di Magetan menjadi sangat istimewa karena, letaknya berada didataran tinggi. Tidak heran bila seluruh destinasinya berupa perbukitan, hutan, gunung, sampai air terjun. Suasananya memang sulit untuk dilupakan, cocok dijadikan sebagai kawasan terbaik menghabiskan waktu bersama keluarga.

Daya tarik dari tempat ini tidak hanya dengan pesona alamnya saja melainkan, ada cerita sejarah. Menarik untuk disimak dan menjadi sebuah unsur budaya dan kearifan lokal, harus dilestarikan karena, negara lain tidak punya. Satu hal yang harus dicatat sebelum berkunjung ke sini adalah sarana transportasi.

Tidak ada bus atau angkut melintas dan mengantarkan Anda dari satu tempat ke kawasan lainnya. Oleh karena itu, lebih baik sewa kendaraan dengan harga mulai dari Rp75 ribu saja. Ada berbagai macam persyaratan seperti, identitas diri serta uang jaminan. Berikut ini, beberapa lokasi wisata terbaik yang bisa dikunjungi saat ke Magetan.

1. Air Terjun Tirtosari

wisata Magetan
Foto : https://www.instagram.com/m.hananrafi/

Wisata di Magetan pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Air Terjun Tirtosari mempunyai ketinggian kurang lebih 50 meter.

Di mana samping kanan dan kiri adalah pepohonan, tersedia pula banyak warung didekat lokasi Air terjun. Menariknya lagi, setelah aliran air jatuh, akan turun ke bawah yang berundak seperti sebuah tangga.

Menuju ke lokasi bisa ditempuh dengan jalan kaki. Waktunya kurang lebih 15 menit saja. Di sini Anda bisa menemukan banyak sekali spot selfie menarik.

Untuk harga tiket masuknya dikenakan biaya Rp7 ribu saja, Bila tidak ingin berjalan, sudah ada tempat sewa kuda yang akan membawamu ke titik lokasi.

2. Sumber Mata Air Desa Jabung

wisata di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/celvin___adc/

Wisata di Magetan selanjutnya adalah sumber mata air yang sekaligus kolam renang di Desa Jabung, Salah satu keunggulan kawasan ini adalah tidak ada sedikit pun kaporit di tempat ini. Jadi, saat Anda berenang, rasanya sangat segar. Bahkan, setiap 3 hari sekali, tempat ini akan dibersihkan.

Tersedia dua jenis kolam, anak-anak dan dewasa. Sudah disediakan perlengkapan seperti pelampung dan ban yang bisa Anda sewa dengan harga Rp5 ribu saja.

Sementara, untuk harga tiket masuknya juga dikenakan biaya Rp5 ribu saja, Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah pagi hari saat kondisi masih sepi.

3. Taman Hutan Mojosemi

objek wisata di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/mojosemiforestpark/

Mojosemi Forestpark terletak di lereng Gunung Lawu. Tepatnya berada di Jalan Raya Sarangan. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp10 ribu sampai Rp15 ribu.

Ada banyak aktivitas bisa Anda nikmati di kawasan yang berada d ketinggian 1388 Mdpl ini. Tersedia area camping, bagi yang lupa membawa tenda. Anda bisa menyewanya.

Selanjutnya, menikmati wahana mobil jeep. Di mana sekali putaran akan dikenakan biaya sebesar Rp150 ribu rupiah. Maksimal 4 orang.

Selain itu, Anda juga disuguhkan dengan berbagai macam permainan seru seperti skywalk, outbond, ATV hingga zona memanah untuk pemula. Di sini Anda juga disuguhkan dengan berbagai macam fasilitas. Seperti, mushola, toilet, ruang pertemuan sampai restoran.

4. Sumber Sejok

obyek wisata di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/deddy_stwn/

Salah satu keunikan dari kawasan ini adalah sumber mata air yang terletak di perut bumi dengan kedalaman mencapai 7 meter. Tetapi, hanya perlu 3 meter saja, Anda sudah bisa menikmati suasana airnya yang dingin dan menyegarkan. Dari pusta kota Madiun jaraknya kurang lebih 22 km.

Airnya sangat jernih dan berwarna biru. Disekelilingnya tampak menawan tebing yang menjulang. Anda bisa masuk kedalamnya dengan melompat.

Sayangnya, belum ada tambahan fasilitas khusus seperti ruang ganti, kamar mandi, hingga restoran. Jadi, lebih baik bawa sendiri langsung dari rumah dan jangan buang sampah sembarangan ya.

5. Tubing Wonomulyo

wisata alam di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/inimagetan/

Tempat ini terletak di Dusun Wates, spot utama adalah tubing atau menyusuri sungai kecil. Tersedia beberapa paket trip jaraknya tempuhnya berbeda ada 2,5 km dan 3,5 km.

Saat memilih paket tersebut Anda akan mendapatkan fasilitas berupa, life jacket, helm, satu kali makan, camilan, dokumentasi.

Rasakan keseruan serta adrenalin yang tiada henti. Untuk harganya mulai dari Rp50 ribu saja. Bagi anak-anak, dijamin aman. Karena, tersedia instruktur profesional yang siap membantu dan memberikan arahan.

Lebih baik booking terlebih dulu. Biasanya pada saat week end tempat ini penuh. Banyak wisatawan luar kota penasaran dengan wisata di Magetan ini.

6. Dam Jati

tempat wisata di Magetan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/azzamelmahdie/

Ada yang berbeda dari bendungan satu ini dengan biasanya. Terletak di cat yang diberikan tidak hanya satu warna saja. Tetapi, warna-warni seperti pelangi. Banyak remaja datang dan memanfaatkannya untuk foto selfie.

Sebelum menjadi kawasan Wisata. Area ini merupakan tempat balapan liar yang selalu dikeluhkan oleh para warga.

Tetapi, setelah dilakukan renovasi akhirnya banyak pengunjung datang. Warung-warung berdiri menjajakan berbagai macam makanan dan minuman.

Untuk masuk dan menikmati keindahannya, hanya dikenakan biaya parkir saja. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah sore hari sekitar pukul 3.

7. Kedung Ngancar

tempat wisata anak di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/candrawpam/

Wisata di Magetan ini berupa kolam renang alami dari sumber mata air. Daya tarik utama kawasan ini adalah kesejukan yang diberikan.

Karena, berasal dari sumber alami. Kedung Ngancar menjadi lokasi yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Pemandangan alamnya memang mengesankan.

Kesegaran airnya memang tidak diragukan lagi. Hanya saja, bagi yang belum bisa berenang disarankan untuk tidak mencoba.

Karena, cukup dalam, ditambah lagi batuan karang yang cukup tajam. Bila tidak hati-hati bisa saja Anda akan terluka. Di sini juga sudah disediakan persewaan ban dengan biaya sewa Rp5 ribu saja.

8. Resor Mbah Djoe

tempat wisata keluarga di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/mbahdjoeresort/

Kawasan ini sebenarnya adalah penginapan. Tetapi, menjadi menarik dan banyak dikunjungi karena, memiliki panorama alam yang luar biasa menariknya. Selain itu, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa sudut spot foto terbaik. Jadi, saat Anda datang berkunjung ke tempat ini wajib membawa kamera.

Bagi Anda yang menginap di tempat ini tidak akan dikenakan biaya untuk masuk ke dalam termasuk foto-foto.

Tetapi, bagi pengunjung lain yang hanya ingin selfie akan dikenakan biaya sebesar Rp5 ribu. Tersedia pula fasilitas kolam renang dan restoran yang menyediakan hidangan unggulan.

Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah sore hari. Di mana Anda bisa menyaksikan kabut tipis datang disertai dengan langit yang cerah dan indah. Tempat ini juga sudah menyediakan gardu pandang untuk melihat pemandangan sekitar.

Ingin sesuatu yang berbeda, coba saja sewa sepeda onthel untuk berkeliling harga Rp25 ribu.

Datang juga ke –> 14 Tempat Wisata di Trenggalek Terbaru

9. Bendungan Jejeruk

tempat wisata di magetan jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/wildanmahendra53/

Wisata di Magetan ini memang menarik untuk dikunjungi. Karena, Anda bisa melihat aliran sungai dan foto langsung.

Tidak heran bila banyak wisatawan datang dan menikmati seluruh pemandangan. Cobalah datang pada saat sore hari. Pasti Anda akan terhipnotis dengan pesonanya.

10. Air Terjun Bidadari

tempat wisata alam di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/hendrabatara888/

Air terjun bidadari terletak di kecamatan Plaosan. Tingginya kurang lebih 10 meter, aliran dari air terjun ini memang tidak langsung jatuh ke bawah.

Melainkan mengikuti arah tebing sehingga, debitnya tidak terlalu deras. Akses menuju ke sana sudah cukup bagus. Beberapa spot foto juga sudah disediakan di sini.

11. Candi Sadon

wisata terbaru di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/notobudiyanto/

Nama objek wisata ini juga disebut dengan Candi Reyog menjadi salah satu situs bersejarah yang terletak di Desa Sadon.

Peninggalan purbakala seperti, lingga yoni, batu bertulis, reyog, hingga naga, umpak, arca, dan antefik menjadi salah satu kebudayaan yang cukup menarik. Menurut sejarah, Candi ini merupakan peninggalan dari zaman Majapahit atau sebelumnya.

Menariknya, Candi Sadon selalu dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya dari masyarakat sekitar saja.

Melainkan, wisatawan dari Jepang, Amerika, serta beberapa negara lainnya. Tidak jauh dari kawasan ini juga terdapat Candi Reca. Lebih tepatnya dekat dengan pemakaman warga. Candi tersebut menurut sejarah di buat pada tahun 1971.

12. Bukit Sekitran

wisata hits di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/desita_permana.wedding/

Bukit Sekitran menjadi salah satu kawasan terbaik bisa Anda kunjungi. Suhunya sangat dingin dan sejuk karena terletak di lereng Gunung.

Banyak berbagai spot menarik dan menawan sebagai latar belakang. Seperti, bulan sabit, tulisan I love you, burung dan masih banyak lagi. Pemandangan sekitar berupa bukit hingga sawah bisa Anda lihat.

Harga tiket masuknya kurang lebih Rp5 ribu. Buka setiap pukul 7 pagi hingga 5 sore. Terletak di Jalan raya Sarangan.

Waktu terbaik menuju ke tempat ini kurang lebih sore hari sekitar pukul 3 hingga 4 sore. Waktu tersebut sangat cocok menanti senja yang tidak akan lama turun, karena pada waktu ini langit perlahan berubah jadi orange.

13. Terowongan Lowo

tempat wisata di Magetan terbaru
Foto : https://www.instagram.com/goranggarenghits/

Tempat wisata di Magetan terbaru ini terletak di Desa Giripurno. Arti dari lowo adalah kelelawar. Aktivitas utama di tempat ini adalah bermain Tubing. Hal ini memang sangat menyenangkan karena Anda kan menyusuri sungai menggunakan ban. Jaraknya kurang lebih 500 meter.

Hal paling menarik di kawasan ini adalah melintas sebuah terowongan kelelawar panjangnya mencapai 60 meter. Menyusuri sungai ini memang sangat menyenangkan dan menambah beberapa pengalaman baru.

Panorama terbaik yang bisa Anda nikmati adalah Sawah hijau yang menjadi mata pencaharian. Semua peralatan tubing disini dijamin aman dan sudah tersedia instruktur yang siap membantu bila terjadi masalah.

14. Taman Ria Iswahyudi

Taman Ria Iswahyudi
Foto : https://www.instagram.com/resti84tuta/

Taman Ria Iswahyudi terletak di Desa Pandean, Kecamatan Maospati. Menikmati tempat ini memang paling menyenangkan karena, karena ada banyak pepohonan berdiri menghadirkan pesona yang menarik.

Angin lebih sering berhembus membuat suasananya sangat sejuk dan menarik apalagi bila datang saat sore hari.

Fasilitas di tempat ini memang sudah sangat lengkap. Seperti, hadirnya sebuah masjid sebagai sarana ibadah umat Islam. Anda juga dapat menemukan area parkir yan sangat luas, ditambah beberapa warung makan dan minum.

Tersedia pula tempat bermain anak ditambah dengan gazebo untuk duduk dan beristirahat. Panorama wisata di Magetan ini memang menyenangkan sebagai salah satu tempat foto.

15. Gunung Bancak

Gunung Bancak
Foto : https://www.instagram.com/ary_abnormally/

Menurut mitosnya kawasan ini terbentuk karena, kemarahan besar Hanoman. Akhirnya, menendang puncak Gunung Lawu, hingga akhirnya terlempar hingga ke sisi timur dan menjadi Gunung Bancak. Beberapa warga sekitar menyebutnya sebagai Gunung Kencono atau Gunung Emas.

Hal ini terjadi karena, suatu ketika dari kejauhan puncaknya mengeluarkan cahaya seperti emas. Banyak orang percaya bahwa lokasi ini mempunyai harta karun yang cukup banyak. Beberapa menceritakan cerita mistis, tetapi hal tersebut terbantahkan karena semakin banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.

Di tempat ini juga sering diadakan upacara adat seperti pada tanggal 1 Muharram. Para penduduk akan melaksanakan doa bersama di makan sarean ratu. Banyak peziarah juga menyempatkan datang pada acara tersebut,

16. Alun-Alun Magetan

Alun alun magetan
Foto : https://www.instagram.com/ajieaerial/

Objek wisata Magetan ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Karena, Alun-Alun Magetan pada saat malam hari menjadi tempat bersatu semua kalangan. Biasanya, pengunjung mulai berdatangan sekitar pukul 4 sore. Banyak pedagang kaki lima menjajakan berbagai macam menu makanan dan minuman.

Tidak hanya sore, pagi hari khususnya hari libur nasional. Kawasan ini dipadati oleh pengunjung yang ingin berolahraga. Ada yang sepak bola, jogging, hingga senam bersama. Cobalah datang saat malam hari.

Hampir semua pedagang menyediakan berbagai macam menu khas. Satu hal yang paling penting adalah hampir semuanya murah dan enak.

Kunjungi juga –> 23 Tempat Wisata di Madiun Terbaru

17. Telaga Sarangan

wisata alam Magetan
Foto : https://www.instagram.com/yayukngesti/

Objek wisata di Magetan namanya memang sudah cukup dikenal oleh seluruh wisatawan Nusantara dan Mancanegara. Letaknya berada di lereng Gunung lawu, membuat suasananya sangat mendukung. Syahdu, teduh, dan dingin. Banyak kegiatan bisa Anda lakukan di sini. Mungkin, menyewa perahu dan berkeliling danau. 2x putaran akan dikenakan biaya mulai dari Rp50 ribu.

Coba saja rasakan pengalaman dan keseruannya. Anda juga bisa menikmati wahana berkuda, berkeliling seluruh area. Membeli berbagai macam sayuran segar yang dijual. Atau souvenir menarik untuk oleh-oleh di rumah. Banyak juga warung makan yang menyediakan menu makanan serta minuman khas.

Salah satunya adalah sate kelinci atau juga landak. Saat masuk ke dalam Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp20 ribu. Selain menikmati berbagai wahana, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa kursi yang disediakan untuk santai dan melihat pemandangan nan mengesankan.

Menuju Telaga Sarangan bisa melalui Solo masuk ke Tawangmangu atau dari Magetan. Anda harus sewa kendaraan. Karena, belum ada satu pun transportasi umum yang disediakan untuk mengantarkan Anda. Soal penginapan, tidak perlu khawatir. Karena, sudah banyak dan semuanya sangat nyaman.

18. Puntok Geneng

Puntok Geneng
Foto : https://www.instagram.com/selvyap__/

Wisata di Magetan ini terletak di kecamatan Gonggang. Daya tarik utama dari kawasan ini adalah setiap wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan mempesona lereng pegunungan. Jarak dari pusat Kota Magetan kurang lebih 30 km. Kurang lebih membutuhkan waktu 40 menit.

Dengan pesona ini tidak salah bila pihak pengelola membangun beberapa spot foto kekinian. Dijamin, Anda pasti betah tinggal berlama-lama disini. Dari sini pula Anda bisa melihat panorama puncak Wilis, sunset sampai sunrise. Sungguh, pesona yang tidak akan bisa Anda lupakan.

19. Taman Genilangit

Taman Genilangit
Foto : https://www.instagram.com/its.elvireal/

Wisata di Magetan ini jangan sampai Anda lewatkan, karena, disini menyediakan berbagai panorama yang menyenangkan, seru dan membuat liburan Anda bersama dengan keluarga pasti terasa sangat menyenangkan. Terletak di Desa Genilangit, untuk harga tiket masuknya tergantung dari wahana yang Anda pilih.

Tetapi, bila hanya ingin menikmati suasananya yang benar-benar sejuk. Maka, Anda akan dikenakan biaya Rp5 ribu. Sementara, untuk seluruh wahananya akan dikenakan biaya mulai dari Rp5 ribu hingga Rp195 ribu. Selain berbagai macam wahana, Anda bisa menikmati berbagai pesona seperti hamparan hutan pinus.

Di bawah pohon tersebut sudah disediakan kursi untuk menikmatinya dengan santai serta merasakan kesegaran oksigen.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan menarik di atas pohon dengan sarang burung sekaligus kicauannya. Spot foto yang disediakan sudah kekinian, salah satunya adalah kebudayaan Jepang lengkap dengan baju dan suasananya.

20. Telaga Wahyu

Telaga Wahyu
Foto : https://www.instagram.com/telagawahyu/

Tempat wisata di Magetan Jawa Timur bisa menjadi tujuan wisata keberadaannya tidak kalah terkenal dengan Telaga Sarangan. Hampir setiap hari wisatawan datang memenuhi lokasi. Hanya saja, di sini pengunjung lebih suka menikmatinya dengan memancing. Banyak ikan bisa Anda dapatkan.

Luas kawasannya mencapai 10 hektar dengan kedalaman air mencapai 16 meter. Aktivitas lain yang bisa Anda manfaatkan adalah menyusuri telaga menggunakan becak air. Harga sewanya hanya Rp5 ribu saja.

Bila ingin datang kesini, lebih disarankan saat sore hari. Karena, suasanya lebih menarik dan menyenangkan. Tidak terlalu panas dan membuat gerah.

21. Bendungan Gonggang

Bendungan Gonggang
Foto : https://www.instagram.com/dolanmagetan/

Wisata Magetan ini terletak di Dusun Ledok terletak di Kaki Gunung Lawu. Menyimpan keindahan panorama alam yang luar biasa.

Jalan menuju ke tempat ini Anda akan ditemukan berbagai jalanan yang bertikung dan tajam. Tempat ini mempunyai tinggi kurang lebih 60 meter. Panjangnya kurang lebih 234 meter.

Kapasitasnya tampungannya kurang lebih 22 juta meter kubik. Fungsi dari dibuatnya bendungan ini adalah menampung hujan yang benar-benar melimpah. Kawasan ini menjadi favorit anak muda untuk datang dan menikmati panoramanya.

22. Air Terjun Pundak Kiwo

Air Terjun Pundak Kiwo
Foto : https://www.instagram.com/ichararu/

Air Terjun Pundak Kiwo menjadi keindahan yang tidak akan pernah bisa terlewatkan. Terletak di kecamatan Plaosan.

Harga tiket masuk yang akan dikenakan kurang lebih Rp5 ribu. Tersedia beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti, toilet hingga gazebo. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah saat musim penghujan. Karena, Anda bisa melihat derasnya aliran air ini.

Lokasinya memang sangat memanjakan mata bisa jadi menenangkan pikiran dan obat stress terbaik. persiapkan baju ganti, karena sampai di sini sayang rasanya bila tidak dimanfaatkan untuk spot foto yang sangat menarik.

Menuju ke lokasi wisata Anda bisa menikmatinya kurang lebih 500 meter. Sepanjang perjalanan Anda akan mencoba melewati rerumputan serta aliran kecil.

23. Embung Klumpit

Embung Klumpit
Foto : https://www.instagram.com/tipenyanuar/

Tempat ini dibangun pada tahun 1988 luasnya kurang lebih 37 ribu meter persegi. Mempunyai kedalaman hingga 6 meter.

Banyak pengunjung datang ke tempat ini menghabiskan waktu sore. Beberapa spot menarik menjadi salah satu tempat terbaik untuk foto-foto.

24. Magetan Green Garden

tempat wisata di Magetan
Foto : https://www.instagram.com/intanwd9/

Magetan Green Garden menjadi salah satu kawasan terakhir yang bisa Anda kunjungi. Tempat ini memang sangat menarik karena, Anda bisa menemukan berbagai macam sudut untuk foto. Banyak taman dan pohon tersedia di tempat ini. Salah satu yang menjadi ikon dari wisata di Magetan ini adalah Pohon Buah Kurma.

Di mana buah Kurma ini menjadi salah satu kualitas terbaik yang ditanam di Indonesia. Kualitasnya premium memiliki rasa paling nikmat. Jadi, kalau Anda ada disini, jangan lupa untuk menikmatinya. Dijamin pasti berbeda dengan tempat lainnya.

Warna-Warni bunga tersebut memang sangat beragam. Hal ini membuat Anda semakin betah dan enggan untuk pulang. Menariknya, banyak tanaman selain kurma bisa Anda temui. Kondisinya terasa seperti di luar negeri dan Timur Tengah. Jenis buah lainnya ada Pisang Candevish, Jambu Kristal, Lemon, Kelengkeng dan masih banyak lagi.

Bahkan, Anda juga bisa melihat salah satu varietas tanaman langka yaitu pule. Wisata di Magetan ini mempunyai luas kurang lebih 1,5 kilometer. Dengan Jarak hanya 7 kilometer dari Alun-Alun. Untuk bisa menikmatinya harga tiketnya hanya Rp7 ribu saja. Jangan lupa juga lihatlah bunga matahari yang tumbuh dan tampak menarik.

Reveiw Sebelumnya –> 17 Tempat Wisata di Gresik Terbaru

Magetan memang tampak menarik dengan berbagai pemandangan yang benar-benar mengesankan. Selain, kawasannya sangat indah panorama di sini punya berbagai macam spot foto. Tempat Wisata di Magetan ini memang wajib dikunjungi dan bisa dijadikan sebagai inspirasi liburan Anda di akhir pekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 16 =