Makanan Khas Malang ini dicoba saat berkunjung ke kota ini. Sebab selain tujuan wisata yang menarik, kota ini juga terkenal dengan kuliner uang lezat.

Kota tempat pusat kompetisi para penggemar Arema punya makanan unik-unik. Tentunya ramah di lidah dan bikin rindu untuk dikunjungi lagi.

Baik mari bahas makanan apa saja yang dicoba jika datang ke kota yang dijuluki Paris Jawa Timur ini. Jangan sampai terlewat, salah-salah bisa menyesal karena tidak didukung:

1. Bakso Bakar

Makanan khas Malang yang enak
foto dari https://www.instagram.com/keputri/

Mengunjungi kota malang ini jangan sampai melewati bakso bakarnya. Lebih kota ini terkenal dengan kota yang keren. Nah, bakso bakar ini bisa membantu menghangatkan badan.

Bakso bakar ini terbilang makanan khas Malang tempo dulu, sebab bakso bakar ini ada sejak 1997. Tak tanggung-tanggung satu tusuknya bisa isi 7-10 bola bakso. Wah mantap!

Kadang ada beberapa warung yang menyediakan piring. Jadi jika ada masalah menyantap dengan tusukan lidi, ditaruh di tempat bisa jadi opsi. Bakso bakarnya pun dihidangkan dengan menggunakan mayon. Ada pula dengan kecap dan bawang goreng. Semua bisa dipilih.

2. Rawon Malang

Makanan khas Malang
foto dari https://www.instagram.com/dapurmalang_/

Jangan salah, di Malang juga ada rawon, lho! Rawon Malang yang khas dengan kuah hitam pekatnya ini menjadi idola pecinta kuliner. Kuah hitam yang dibuat dari buah kluwek ini menjadi khas. Teksturnya pun serius, kasar. Karena buah kluek tadi menghasilkan ampas-ampas rempah.

Rawon Malang ini dipersembahkan dengan taburan tauge mentah dan tempe kering. Sambalnya pun menggunakan sambal trasi. Irisan daging sapi yang empuk ini pun cocok dimakan siapa saja. Tidak perlu takut banyak.

Kenikmatan rawon ini bisa disantap kala malam hari. Mengajak keluarga dan sahabat bisa menambah kehangatan di kota adem ini.

3. Tahu Campur

tahu campur
foto dari https://www.instagram.com/duniakulinersurabay/

Ingin berkuliner murah di malang? Mencoba tahu campur tidak ada salahnya. Kuliner yang khas dengan kuah petis ini terkenal di Malang. Harganya bersahabat, mulai dari 10 ribu rupiah saja.

Dalam satu piring tahu campur ini terkandung protein, mangkuk, dan lemak hewani. Ada selada, tomat, tauge, lontong, lentho dari singkong, tahu, dan irisan daging sapi.

Tahu campur Malang ini menjadi makanan khas Malang paling enak , karena sudah pasti cocok di lidah banyak orang. Pesan tahu campur di Malang pun bisa rikues tanpa petis. Jika memang ada yang tidak cocok dengan petis. Namun, tetap menggunakan ciri khas-nya menggunakan petis.

4. Nasi Pecel

makanan enak khas malang
foto dari https://www.tripadvisor.com/

Ke daerah Jawa Timur sudah pasti harus mencoba Nasi Pecel. Pecel di kota ini cukup menjamur nasi pecelnya. Biasa warga Malang sering mengonsumsinya untuk makan.

Pecel Malang ini isinya adalah rebusan sayuran bayam, kacang panjang, tauge, disiram bumbu kacang. Selain itu, pecel di Malang ini khas dengan rempeyeknya.

Karena ketagihan, karena tidak hanya pecel saja yang bisa didapat. Baca lauk tambahan seperti sate telur puyuh, tahu bacem, gorengan, dan sate ati bikin nasi pecel Harga dari nasi pecel ini pun sangat terjangkau mulai 9 ribu hingga 15 ribu saja. Tak perlu khawatir akan menguras kantongnya.

5. Orem-orem

makanan khas malang jawa timur
foto dari https://www.instagram.com/eatplus.id/

Wah apa ini? Terdengar sangat asing ya? Orem-orem merupakan makanan khas Malang Jawa Timur. Makanan ini sering menjadi incaran para wisatawan. Tentu saja karena penasaran akan rasa makanan ini.

Orem-orem ini berisi irisan tempe goreng tipis yang dimasak bersama kuah santan. Santannya pun kental. Lebih terasa ayam dan tempenya lebih gurih. Cara penyajiannya pun hampir seperti opor ayam. Kuah santan kental kuning itu ditambah dengan tempe ayam dan irisan, diberi tauge dan lontong.

Rasa orem-orem ini hanya sedikit pedas. Lebih cocok untuk kecap agar tidak terlalu pedas. Orem-orem yang disajikan hangat ini dapat mengundang selera, disediakan disajikan menggunakan krupuk. Makin enak.

Coba juga –> 26 Makanan Khas Banyuwangi Paling Enak

6. Bakso Malang

bakso malang
foto dari https://www.tripadvisor.com/myrna_martiana/

Jangan berani-beraninya melewatkan makan bakso di Malang. Bakso Malang melampaui gurih. Karena bakso ini biasnya dibuat dari urat sapi. Kuahnya yang keruh menandakan bakso Malang ini sangat gurih.

Seperti bakso Malang ini disebut dengan bakso Arema. Para penjual pun sering berdatangan di sore hari. Jadi kompilasi terasa makin dingin, makan bakso ini menjadi pilihan. Selain hangatkan juga mengenyangkan.

Bakso malang ini selain menggunakan bakso urat juga menambahkan tahu bakso. Bakso. Makin penasaran bukan dengan Bakso Malang ini?

7. Ronde Titoni

makanan enak di malang jatim
foto dari https://www.instagram.com/jogjabikinlaper

Masih berkutat tentang makanan penghangat tubuh. Makanan Khas Malang selanjutnya adalah Ronde Titoni. Ronde ini tentu berbeda dengan Ronde yang ada di Jogja.

Kabarnya Ronde Titoni ini sudah ada sejak tahun 1948. Sudah tentu minuman ini sangat terkenal. Menu yang menyajikan ini bulatan ronde basah dan ronde kering. Ronde basah disajikan dengan kuah, sedang ronde kering bulatan, rondenya dilumuri bubuk kacang.

Sajian hangat ini diminum malam hari. Tentunya saat wisatawan mencari kehangatan. Ronde ini pun bisa diseduh bersama keluarga dan kerabat agar makin ramah. Apalagi menyeduh kuah ronde yang dibuat dari jahe ini, membuat badan terasa hangat di dalam.

8. Es Durian Tempo Dulu

minuman khas malang
foto dari https://www.travel.tempo.com/

Untuk para pecinta durian wajib banget beli es durian tempo dulu di Malang. Meski kota Malang terkenal dengan suhunya yang dingin. Minum es di siang hari tidak ada salahnya kok. Gak bikin flu juga.

Es Durian Tempo telah memberikan serutan es batu yang diberi kuah santan manis. Tentunya dengan irisan durian. Kemudian ditambah potongan alpukat untuk penyeimbang rasa. Terakhir ditaburi butiran mutiara dan kelapa. Tak lupa ada potogan nangka.

Kabarnya Es Durian Tempo sudah ada sejak 1978. Rasa dari es ini gurih santan dan manis-manis dari durian dan nangka. Bikin ketagiahan. Tak jarang para wisatawan selalu datang lagi untuk membeli makanan khas Malang tempo dulu ini.

9. Cwie Mie Malang

mie khas malang
foto dari https://www.instagram.com/depot.hoklay.mgl/

Wah apa lagi Cwie Mie Malang ini? Agak asing kedengarannya. Namun Cwie Mie ini selalu ramai pengunjung, lho. Kenapa bisa begitu?

Ini mie ini kuliner nan lezat. Mie yang pipih dibumbui minyak ayam dan disediakan dengan irisan daging ayam, sawi rebus, dan acar. Namun, yang membuat unik adalah sosis panas dari Cwie Mie ini. Meminta para pengunjungnya pun bisa memilih saus. Mau yang pedas atau biasa saja.

Terakhir, Cwie Mie Malang disajikan dengan pangsit yang disajikan besar. Oleh karena itu, para pengunjung selalu puas.

Lokasi dari Cwie Mie ini dekat dengan stasiun. Jadi buat para pelacong yang turun dari stasiun bisa langsung coba Cwie Mie ini. Tanpa harus berjalan jauh, sudah bisa coba makanan enak khas Malang dekat stasiun ini.

10. Mendol

mendol
foto dari https://www.instagram.com/liliswahyuwardhani//

Makin ke timur, olahan kedelai makin bervarisai. Salah satunya Mendol. Mendol dibuat dari tempe yang agak kehitaman. Di mana tempe ini sedikit basi.

Meski terdengar agak menjijikan karena menggunakan tempe basi. Makanan ini menjadi favorit karena enak. Mendol menjadi makanan pendamping mentah dan pecel. Rasanya gurih dan asin.

Kehadirannya selalu dicari oleh para wisatawan. Tentunya ingin merasakan sedapnya olahan tempe basi ini. Selain itu, Mendol juga siap dibawa pulang. Oleh-oleh makanan khas Malang ini pun tahan lama jika ingin diberikan sanak famili di rumah.

Baca juga –> 24 Makanan Khas Jember Paling Enak

11. Ketan

ketan malang
foto dari https://www.instagram.com/sun.kitchenette/

Jika berkunjung ke Malang jangan lupa coba ketannya. Ketan di Malang berbeda dari ketan pada umumnya. Makanan legendaris ini rasanya manis. Ada pula yang asin, yaitu ketan kelapa ayam pedas. Wah gimana rasanya?

Ketan ini dapat dicari di Pos Ketan, Alun-alun Batu. Modelnya seperti PKL (Pedagang Kaki Lima). Jadi siap-siap untuk mengantri, karena banyak yang membeli. Pos ketan ini sudah dimulai sejak tahun 1967. Makanya, kuliner ini menjadi legendaris di Malang.

Meski sudah beroperasi lama, rasa ketan ini ada yang kekinian. Yakni ketan susu keju. Ketan rasa ini pun cukup banyak diminati.

12. Sego Goreng Mawut

nasi goreng malang
foto dari https://www.kooliner.com/

Menu nasi goreng ada di mana-mana. Mecoba nasi goreng mawut di Malang pun tidak ada salahnya. Nasi goreng ini sangat mengenyangkan. Karena sumber meminjam dari berbagai lauknya.

Sego goreng mawut sebagai makanan khas Malang ini dibuat dengan mencampurkan berbagai bahan. Seperti nasi, mie, telur, dan lainnya. Sebutan mawut ini karena tampilan nasi gorengnya semrawut. Apa aja ada dan tidak ditata. Langsung taruh piring sepelas matang.

Meski banyak campuran bahan, sego goreng mawut ini tetap enak rasanya. Tak perlu khawatir, karena menu ini dibandrol mulai dari 15 ribu saja.

13. Angsle Malang

minuman khas malang
foto dari https://www.travel.tempo.com/

Pengen yang anget-anget lagi? Angsle Malang bisa jadi alternatif pilihan untuk menghangatkan badan. Angsle merupakan wedhang yang sering dijual berbarengan dengan Ronde. Namun, Angsle jelas berbeda.

Bedanya, kuah angsle ini dibuat dari santan. Isinya terdiri dari roti, butiran mutiara merah, petulo dan kacang hijau. Kuah santan yang gurih dan manis ini cocok diminum semua orang. Apalagi mereka yang tidak tahan dengan pedas jahe.

Warung penjual Angsle ini buka malam hari. Cocok disantap saat lapar dengan hawa dingin di Malang. Minum Anggun bersama keluarga

14. Sate Kelinci

sate kelinci
foto dari https://www.instagram.com/jogjaculinary/

Sate selalu diminati. Tapi apakah pernah mencoba sate kelinci? Sate pada umumnya adalah sate ayam, kambing, dan sapi. Nah, selamat sedang ke Malang, coba mampir dan icip sate ini.

Makanan Khas Malang Jawa Timur ini bikin penasaran. Karena jarang ada yang menjual daging kelinci.

Sekilas tampilan sate kelinci ini sama saja dengan sate ayam pada umumnya. Anda bisa menikmatinya dengan lontong dan nasi serta bumbu kacang atau kecap. Namun, tentu rasa dagingnya berbeda.

Harga dari sate ini pun lumayan mahal yakni sekitar 30 ribu. Namun, pasti rela merogoh koncek untuk membayar rasa penasaran bukan?

15. Soto Ayam Lombok

makanan tradisional khas malang
foto dari https://www.instagram.com/enaknyong/

Kreasi makanan soto ini bervariasai. Di Malang ada makanan khas Malang Jawa Timur , yaitu Soto Lombok.

Soto uniknya ini tidak dibuat dari lombok. Lho kok begitu? Jadi awal mula Soto Lombok ini karena lokasi berjualanannya ada di Jalan Lombok. Demikian pula penjualanya menamani.

Selain namanya yang unik. Soto ini khas dengan kuah bening dengan taburan koya dan parutan kelapa yang disangrai. Anehnya, saat semua diaduk kuah ini menjadi hitam. Penasaran? Coba soto lombok di Malang ini pasti tidak akan menyesal.

Selain itu, soto ini pun bisa didampingi dengan lauk jeroan, kerupuk, dan lainnya. Enak jika dimakan masih hangat.

Baca juga –> 20 Makanan khas Madiun Yang Paling Enak

16. Tahu Lontong

tahu lontong
foto dari https://www.instagram.com/badooger/

Di dunia kuliner, kota Malang ini terkenal dengan jajanan yang legendaris. Kulinernya banyak yang sudah banyak tahun. Salah satunya Tahu Lontong ini.

Uniknya Tahu Lontong di Malang ini dibuat secara tradisional. Yakni menggunakan tungku. Selain itu bahan campurannya pun dibuat sendiri. Seperti kecap. Jadi tidak ada bahan pengawet di bumbu Tahu Lontong ini. Sajiannya tentu saja menggunakan lontong.

Tahu Lontong ini ada sejak 1935. Kuliner tua ini dari mancanegara wisatawan tak ragu untuk pembeli.

17. Sate Landak

sate landak
foto dari https://www.instagram.com/lulukwidy/

Masih dengan sate-satean. Namun ini dibuat dari binatang yang berduri. Apa itu Yak benar Landak. Sate Landak ini sangat terkenal di Malang. Karena keunikan dagingnya, membuat sate ini sering menjadi buron wisatawan.

Tapi tenang saja, sate ini tidak berduri kok. Biasanya sate landak ini menggunakan landak hitam. Kemudian dipotong kecil-kecil lalu ditusuk menggunakan lidi sate. Setelah itu dibakar menggunakan kecap. Tampilan sate landak hampir sama seperti sate pada umumnya. Yakni tetap menggunakan bumbu kacang manis dan diberi irisan bawang merah.

Selain menjadi kuliner unik. Ternyata Sate Landak ini dapat menyembuhkan penyakit asma. Jadi, selain bikin penasaran, Sate Landak ini juga menyehatkan.

18. Lumpia Khas Hok Lay

makanan khas kota malang
foto dari https://www.instagram.com/jastipsue/

Penggemar makanan gurih? Mencoba lumpia di Malang pun bisa jadi jawaban. Lumpia Hok Lay ini adalah makanan khas Malang paling enak. Sebab rasa lumpia yang gurih dipadu dengan sosis tauco asam ini bikin menggoyang lidah.

Lumpia Hok Lay ini berisi cacah wortel juga rebung, kemudia tauge dan daging ayam. Kulitnya krispi dan tipis. Bikin kress di luar enak di dalam. Lumpia ini pun tersedia dengan dua macam varian. Yakni lumpia kering yang digoreng dan lumpia basah tanpa digoreng. Menghadirkan sama-sama disiram dengan kuah tauco.

Terakhir, lumpia ini diberi lalapan daun bawang utuh dan selada. Daun bawang dan selada bikin lumpia makin segar dan khas.

19. Bakpao Malang

bakpao malang
foto dari https://www.instagram.com/enaknyong/

Tidak mau makan yang terlalu berat? Mungkin jika berkunjung ke Malang, Bakpao Malang bisa menjadi pilihan. Masyarakat Malang sering mengonsumsi bakpao ini. Sebab praktis dan hangat. Cocok untuk menu yang dipilih lapar.

Bakpao di Malang pun sedikit beda. Khusunya Bakpo Boldy. Bakpo Boldy tersedia dengan berbagai macam rasa. Seperti ayam kecap, ayam cincang, babi kecap, kacang hijau, dan taus. Ini merupakan pasta kacang hitam. Rasa pun ini menjadi idola.

Untuk membeli pun tidak perlu membeli. Karena ada pedangang keliling yang menjajakan Bakpo Malang ini. Harganya juga cukup terjangkau. Yakni 9 ribu saja sudah enak enak adonan bakpao plus isiannya yang enak.

20. Tahwa

makanan khas malang jawa timur
foto dari https://www.instagram.com/amazingmalangeats/

Dari segala macam kuliner di Malang, mungkin makanan ini didengar. Tahwa ini merupakan wedhang isian. Terkait salah satu wedhang penghangat tubuh.

Tak mau kalah dengan ronde dan angsle. Wedhang tahwa ini isian tahu. Wah kebayang gak sih, tahu diberi kuah manis. Yap, karena kuah dari Tahwa ini sendiri dibuat dari gula jawa dan jahe. Nah, semakin penasaran dengan wedhang ini bukan?

Tahu dalam Tahwa ini pun disediakan bersama dengan kuah manis tadi. Rasa tahunya pun sulit tawar, jadi tidak aneh untuk lidah. Tahwa sendiri kadang disebut dengan minuman kembang tahu.

Jangan kaget dengan harga. Tahwa dibandrol mulai dari 4 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan? Murah dan bikin badan hangat lagi.

Coba juga –> 17 Makanan Khas Gresik Yang Paling Enak

21. Rawon Brintik

rawon malang
foto dari https://www.instagram.com/cecekuliner/

Jika Surabaya punya rawon kalkulator, dan rawon setan. Di Malang ada Rawon Brintik. Apa itu Dari namanya saja terdengar aneh. Ternyata Rawon Brintik ini diambil julukan penjualnya. Di mana penjual rambut itu memiliki rambut keriting. Nah, sebutan ini digunakan sebagai pembeda dari penjual lain.

Rawon brintik ini Tentu berkuah hitam kental. Diambil dari buah kluwak. Dihasilkan dengan potongan daging sapi, dan tauge. Lauk tambahannya pun beragam. Ada telur, jeroan iso babat, tempe dan perkedel. Harganya cukup bersahabat. Semangkuk Rawon Brintik bantal 20 ribu saja.

22. Soto Daging Malang

makanan khas kabupaten malang
foto dari https://www.travelingyuk.com/

Kuliner malang selanjutnya adalah Soto Daging Malang. Soto Daging Malang ini sangat mudah diakses. Karena terletak di dekat stasiun. Tepatnya di Stasiun Malang Kota Baru. Di sini soto dagingnya enak dan legendaris.

Makanan Khas Malang dekat stasiun ini sering diserbu wisatawan yang suka bepergian jauh. Isi dari makanan ini saja irisan daging sapi. Kaldu dari soto ini pun sangat terasa. Cara rebusan daging sapi lama ini buat kuah dari Soto Daging Malang sangat gurih.

Soal harga tak perlu khawatir, karena semangkuk soto daging Malang ini hanya 12 ribu saja. Cukup murah dan mengenyangkan. Bila masih kurang lauk, tentu saja bisa menambah sate telur puyuh dan jeroan. Bikin makin puas dan puas.

23. Rawon Nguling

makanan khas di malang yang enak
foto dari https://www.instagram.com/regunanca/

Malang memang memiliki banyak makanan yang melegenda. Salah satunya Rawon Nguling ini. Rawon Nguling ini ada sejak tahun 1983. Masih tetap eksis hingga sekarang.

Asal nama Rawon Nguling ini dari daerahnya. Yakni sekitar jalan Nguling, Malang. Sekarang kawasan ini pun menjadi cagar budaya. Sudah pasti saat makan di sini, sambil menikmati indahnya warisan budaya di Malang.

Dulu, Rawon Nguling ini dimasak menggunakan tungku. Namun, sekarang menggunakan elpiji. Tak perlu khawatir akan rasa rawon ini. Tentu tetap sama, karena menggunakan rempah-rempah pilihan yang sama terus.

Sambil legendarisnya, Rawon ini sering digunakan oleh para mantan Presiden RI. Wow! Rawon ini memang terkenal enak. Jadi makin penasaran kenapa para mantan Priseden RI beli rawon ini ya?

24. Bakso Bakwan Malang

bakso bakwan
foto dari https://www.instagram.com/kulinercivika/

Lagi, kreasi bakso ini tiada habisnya. Malang punya bakso bakwannya yang super lezat. Tapi, apa maksudnya bakso itu bakwan?

Bakso Bakwan Malang ini merupakan makanan khas Malang paling enak. Karena cita rasa bakwan yang dipadu dengan bakso ini bikin ketagihan.

Bakso Bakwan Malang ini sangat kaya isinya. Ada bakso urat, bakso halus, siomay, bakso goreng, bakwan rebus, tahu rebus. Tentu saja menambahkan mie putih atau mie kuning. Semua isi satu dalam satu wadah yang disiram kuah kaldu.

Namun, kini sepertinya semakin berkemanbang. Ada yang menggunakan risol goreng untuk tambahan. Makan bakso ini pun dijamin langsung kenyang. Kuah gurih asinnya pun bikin nagih.

25. Es Tawon Kidul Dalem

minuman tradisional khas malang
foto dari https://www.instagram.com/amazingmalangeats/

Berkunjung ke kota Malang yang suhunya dingin, tidak salah kok kalau mau beli. Karena diminum di siang hari, menyenangkan bikin tubuh segar.

Nah, kalau mau beli es di Malang. Coba Es Tawon Kidul Dalem. Emang ini ada tawon (lebah) nya ya? Tidak kok. Nama tawon sendiri ini dipilih karena saat ini penjualnya berjualan di samping pohon asam. Pohon asam itu ada tawoningkatan. Demikian dinamai demikian.

Es Tawon Kidul Dalem sendiri seperti es campur. Ada cincau hitam, cendol, alpukat hijau, dan tape. Kemudian disiram menggunakan sirum merah. Warna dari es ini pun sungguh menggugah selera.

Harga dari Es Tawon Kidul Dalem ini hanya 8 ribu rupiah saja. Jangan lupa, teman pendamping minumanan ini adalah gorengan. Beli gorengan sambil minum Es Tawon Kidul Dalem tentu sangat memuaskan.

Baca juga –> 14 Makanan Khas Kediri Paling Enak

26. Sop Sum-sum Malang

makanan khas malang yang enak
foto dari https://www.instagram.com/kulinerakut/

Penggemar sum-sum wajib coba menu ini bila berkunjung ke Malang. Sup ini merupakan sup sapi yang diberi sum-sum. Jadi sembari menikmati sup, bisa sambil sedot-sedot sum-sumnya.

Tulang sum-sumnya pun bisa rikues. Tulang sum-sum besar atau kecil. Tergantung porsi yang ingin dihabiskan. Harganya pun menyesuaikan.

Rasanya tak perlu diragukan, gurih dan asin. Selain tulang sum-sumnya lembut kompilasi diseruput.

27. Sate Gebug

makanan khas malang jawa timur
foto dari https://www.instagram.com/travelista.id/

Makanan legendaris selanjutnya adalah Sate Gebug. Sate ini sudah ada 1920. Jauh sebelum Indonesia merdeka. Sate ini merupakan sate sapi. Jadi untuk para penggemar sapi, langsung coba menu yang ada sejak zaman kolonial ini.

Cara pembuatan sate gebung ini cukup unik. Yakni dengan menggebuk daging sapinya. Kemudian diiris-iris kecil lalu ditusuk ke lidi sate.Nah, nama gebug ini dimulai dari proses pembuatannya. Dengan menggebuk daging sapi tadi, membuat daging sate menjadi empuk.

Untuk penyajiannya, sate ini disiram dengan kecap yang sedikit pedas. Bumbu kecapnya pun tersedia secara terpisah. Bumbu kecappnya membuat cita rasa sate ini pun berbeda. Sedang sate ini tidak dimakan sendiri, bisa menambah sup atau tempe sebagai lauk tambahan.

28. Pecel Pincuk Malang

makanan tradisional khas malang
foto dari https://www.idntimes.com/

Pecel pincuk ini merupakan makanan khas Malang . Cara penyajiannya yang dipincuk atau membuat kerucut. Dengan menggunakan daun pisang pincuk ini pecel menjadi unik.

Pecel pincuk ini harus dimakan dengan cara dibawa. Karena kalau pecel pincuk ini ditaruh di meja, isi pecel bisa tumpah. Makan dengan tangan kiri Makan dengan tangan kanan. Sudah kalau kidal, beda lagi.

Alasan dipincuk untuk kepraktisan. Makan pecel tidak harus lama. Jadi tidak butuh meja untuk menyantap pecel. Pelayanan pecel pincuk pun cepat. Makanya para penjual pecel pincuk ini biasanya tidak menyediakan meja.

29. Sego Resek

makanan khas malang yang murah
foto dari https://www.instagram.com/autinepriastin/

Sego Resek Malang ini sangat terkenal. kuliner lezat ini merupakan nasi yanng digoreng. Nama dari menu khas malang ini adalah sego sampah. Namun, siapa sangka nama ini bikin sego jadi terkenal.

Santapan lezat ini dimasak dengan menggunakan minyak kaldu. Saat membuat kaldu, ada minyak-minyak yang keluar. Nah, minyak ini dimanfaatkan untuk menggoreng Sego Resek. Tentunya minyak jadi lebih gurih dan beraroma.

Sajian sego resek ini pun sederhana. Yakni nasi yang digoreng, ditambah suwiran ayam, kol, tauge, dan mie. Ada pula menu tambahan seperti sayap ayam dan jeroan serta telur. Bisa dipesan terpisah.

Makanan khas malang ini pun lumayan besar. Makan sekali pun sangat kenyang. Tak perlu khawatir harga sebab kuliner satu ini berhara 8 ribu hingga 11 ribu rupiah saja. Sudah banyak, enak, murah lagi. Tunggu apa lagi, tak perlu ragu bila ingin mencoba.

30. Soto Lombok Malang

Makanan khas Malang
foto dari https://www.instagram.com/amazingmalangeats/

Menu terakhir ini adalah Soto Lombok. Soto Lombok ini khas dengan koyanya yang beragam. Selain itu soto lombok ini pun diberi segera, tomat, daging sapi, kentang goreng, semur telur, dan tauge. Terakhir diguyur dengan kuah bening.

Makannya pun menggunakan sumpit (pilihan). Harga dari Soto Lombok ini tidak begitu mahal. Diterima dari 15 ribu rupiah saja. Langsung bisa menikmati kehangatan Soto Lombok ini.

Review Sebelumnya –> 12 Makanan Khas Jombang Paling Enak

Nah, menu-menu di atas merupakan makanan khas Malang yang wajib dicoba. Pasalnya di kota ini tidak hanya terkenal dengan apelnya saja. Tapi kuliner legendaris ini tersebar di berbagai penjuru kota. Persiapkan dirimu untuk memilih kuliner apa yang pantas dicoba.

Vlog Ke 5 Wisata Dieng Paling Rekomended

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here