15 Objek Wisata di Gorontalo – Gorontalo merupakan sebuah provinsi yang tergolong baru di indonesia karena merupakan provinsi urutan ke 32. Gorontalo resmi menjadi provinsi sendiri pada tahun 2000 tanggal 22 desember. Berpisah dengan provinsi sulawesi utara dengan manado sebagai ibu kota provinsi tersebut.

Gorontalo juga sering di juluki sebagai kota serambi madinah karena memiliki masjid yang unik. Selain mempunyai julukan yang terbilang beda dengan kota lainya di indonesia, gorontalo ternyata juga mempunyai objek wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata religi hingga wisata alam pun sangat banyak. Penasaran seperti apa sih objek wisata gorontalo yang katnya sangat menarik untuk di jelajahi? oke simak saja ulasan MyTrip123.com berikut :

1. Bukit Layang Gorontalo

Bukit Layang Wisata di Gorontalo
Bukit Layang Gorontalo. foto by : @erwinkurniawan08

Obyek wisata di gorontalo yang pertama yaitu bukit layang yang berlokasi di Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi, Gorontalo. Objek wisata ini menyuguhkan wisata alam perbukitan yang begitu memanjakan mata. Dan dari bukit sini lah anda dapat menikmati pemdangan kota gorontalo dari atas bukit.

Ditambah dengan semilir angin yang akan menemani setiap aktivitas anda selama berada di Bukit Layang. Sejauh mata memandang, maka hanya ada panorama alam memikat yang mampu mengusir semua kepenatan dalam diri.

Saat anda tengah dilanda rasa lelah atau stres berkepanjangan, maka cobalah untuk datang ke Bukit Layang Gorontalo. Bisa bersama teman, kerabat, pasangan hingga keluarga tercinta untuk dapatkan pengalaman berharga.

Para pengunjung yang datang kesini tentu tak akan henti-hentinya akan dibuat takjub oleh sajian-sajian menariknya. Disini anda bisa duduk santai, melihat banyak keindahan dan tentunya berfoto-foto ria memanfaatkan spot terbaiknya.

Maka saat berlibur kesini, wajib yang namanya membawa kamera agar setiap momennya sulit terlupa. Menariknya, anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk dapat mengisi waktu senggang disini.

Sampai tulisan ini dimuat, harga tiket masuk Bukit Layang Gorontalo belum diberlakukan alias gratis. Jadi meski anda tak punya uang, masih tetap bisa jalan-jalan dan liburan di wisata alam Bukit Layang.

Untuk lebih lengkapnya, lokasi Bukit Layang berada di Kelurahan Tenda, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

2. Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo

pulau diyonumo wisata pulai di gorontalo
Pulau Diyonumo gorontalo utara. Foto By : @mrizag

Nah ini salah satu wisata alam gorontalo yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Yaitu wisata alam pulau diyonumo yang berlokasi di Pulau Diyonumo, Sumalata Timur, Gorontalo Utara.

Wisata Gorontalo satu ini tepatnya beada di desa deme 2 kec sumalata. Pulau ini masih belum banyak terjamah dan masih di jamin ke asrian alamnya. Sampai hari kondisi area Pulau Diyonumo begitu menawan dan akan membuat siapa saja betah berlama-lama disini.

Bagi anda pecinta alam, sepertinya destinasi cantik satu ini bakal membuat liburan menjadi lebih berkesan. Menelusuri setiap sudut pulaunya yang menyimpan sejumlah daya tarik alam ciamik.

Apalagi pemandangan utama di pulau ini adalah birunya lautan yang memukau. Sejauh mata memandang, anda akan dibuat takjub akan panorama yang dihadirkan.

Kemanapun arah pandangan anda ketika berada di Pulau Diyonumo Gorontalo hanya menemukan landscape alam mengagumkan. Jadi, tempat yang indah bisa jadi pilihan anda dalam rangka mengisi waktu libur bersama dengan orang-orang tercinta.

Lebih serunya lagi, para pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Karena hingga hari ini tiket masuk Pulau Diyonumo tidak ada, dan gratis untu semua pengunjung.

Anda hanya akan dikenakan biaya transportasi laut untuk penyebrangan, mengingat jarak dari bibir pantai ke Pulau Diynumo sekitar 5 km. Jadi siapapun harus terlebih dahulu menyebrang, dengan tarif kapal mulai dari Rp20.000 per orangnya.

Lokasi Pulau Diyonumo terletak di Desa Deme, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

3. Masjid Walima Emas Gorontalo

wisata religi di gorontalo
Masjid Walima Emas Gorontalo. Foto By : @nano.wekmo

Tempat wisata selanjutnya adalah wisata religi masjid walima emas ini berlokasi di Ds Bongo Kec Batuda pantai, Gorontalo. Masjid ini berlokasi di perbukitan dan mempunyai view langsung ke laut. Sehingga pemandangan yang terlihat dari masjid ini pun sangat indah.

Ketika anda tengah berada di Gorontalo, maka cobalah untuk singgah sejenak di masjid paling ikonik satu ini. Siapapun anda dan dari latar belakang kepercayaan apapun sangat boleh datang kesini.

Meski berbasis Masjid, yang merupakan sebuah tempat ibadah, tidak hanya boleh dikunjungi oleh umat islam. Bagi anda yang non Muslim pun tentu saja sangat dipersilahkan datang ke Masjid Walima Emas Gorontalo.

Masjid ini biasanya memang kerap di kunjungi, khususnya para pelancong yang tengah ada di Gorontalo. Baik itu yang sedang berwisata, acara keluarga, hingga keperluan bisnis, dan lain-lain.

Panorama indahnya alam menjadi sajian utama dari wisata religi Gorontalo in yang akan menghipnotis banyak pasang mata. Karena sejatinya bukanlah tempat wisata, sehingga anda tak usah mengeluarkan biaya sepeserpun.

Tidak ada tiket masuk Masjid Walima Emas di Gorontalo, alias free untuk semua. Lokasi Masjid Walima Emas berada di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Keberadaan Masjid Walima Emas bila dijangkau dari pusat Kecamatan Batudaa Pantai, jaraknya sekitar 13 km. Dengan memerlukan waktu perjalanan selama kurang lebih 13 menit via jalur darat.

4. Wisata Pulau Cinta

wisata panti pulau cinta di gorontalo
Pulau CintaGorontalo Foto By : @adjialamr.

Wisata selanjutnya yaitu objek wisata pantai yang berlokasi di gorontalo. Salah satunya adalah wisata pantai pulau cinta. Yang berlokasi di Pulau Cinta. Kab. Boalemo, Gorontalo.

Tidak hanya menyuguhkan wisata pantai disini anda juga dapat menyewa penginapan yang romantis. Pulau ini sangat cocok di jadikan sebagai tempat honeymoon anda bersama pasangan tercinta.

Air laut di Pulau Cinta Gorontalo nampak sangat jernih ketika tersorot oleh cahaya matahari. Alamnya masih begitu terjaga, dan sayang jika dilewatkan apabila anda tengah berada di Kabupaten Boalemo.

Pulaunya memiliki pasir putih yang begitu memikat tuk anda bermain-main. Ombak yang tidak terlalu besar serta suara gemuruhnya bakal menemani semua aktivitas anda selama berada disini.

Angin sepoi-sepoi yang menenangkan turut membuat semua pengunjung Pulau Cinta Gorontalo merasa nyaman sekaligus betah. Segera rencakan perjalanan liburan anda ke wsata Pulau Cinta Boalemo pada saat hari libur telah tiba.

Rasakan semua keseruan yang disajikan oleh pulau paling eksotis di Kabupaten Boalemo Gorontalo ini. Kami sarankan untuk anda coba bermalam disini, agar momen di Pulau Cinta Gorontalo lebih leluasa dan semakin berkesan.

5. Desa Wisata Religi Bubohu

desa wisata di gorontalo
Desa Wisata Religi Bongo. Foto By ; @adjialamr

Seperti halnya bandung yang mempunyai banyak desa wisata dengan bangunan yang unik dan penuh seni. Gorontalo juga ternyata mempunyai desa wisata yang tak kalah menariknya. Yaitu Desa wisata religi bongo yang berlokasi di Desa Bubohu, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Labupaten Gorontalo.

Keberadaan Desa Adat Wisata ini bila anda menjangkaunya dari pusat Kecamatan Batudaa Pantai maka jaraknya sekitar 14 km. Dan waktu yang musti digunakan untuk perjalanan selama kurang lebih 31 menit.

Akses jalan utama menuju tempat menarik ini sudah lumayan baik, dan mudah dilintasi semua jenis kendaraan. Setibanya dsini, para pengunjung akan langsung disuguhkan oleh bangunan-bangunan unik serta alam yang asri.

Area desa wisata ini dipenuhi oleh banyak pepohonan hijau rimbun yang membuat suasananya menjadi lebih teduh. Semilir angin akan menemani setiap langkah dan aktivitas anda ketika berlibur di Desa Wisata Bobuho.

Anda bisa memasukkan wisata di Gorontalo satu ini ke dalam tujuan mengisi waktu libur bersama orang tercinta selanjutnya. Tak memerlukan banyak biaya untuk dapat explore Desa Adat Bubohu.

Jadi tunggu apalagi, segera jelajah berbagai keunikan serta daya tarik melimpah disini. Karena liburan tak melulu soal pantai, kebun binatang, pegunungan, atau kolam renang, seperti desa wisata ini misalnya.

baca juga : Rekomendasi 11 Tempat Wisata Di Batang Jawa Tengah Paling Indah

6.Air Terjun Hiyaliyo Da’a Gorontalo

obyek wisata air terjin gorontalo
Air Terjun Didigga Gorontalo. Fot By ; @agungabubakar

Gorontalo juga tak kalah dengan Bogor yang mempunyai banyak wisata air terjunya. Yaitu air terjun didingga yang berlokasi di Desa Didingga Kecamatan Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.

Wisata alam Gorontalo ini patut anda kunjungi karena lokasinya yang belum banyak terjamah oleh wisatawan. Sehingga wisata alam tersebut masih terlihat sangat alami dan begitu asri.

Air Terjun Hiyaliyo Da’a (nama lain wisata ini) musti masuk ke dalam tujuan berwisata bahagia anda selanjutnya. Karena belum banyak yang atau akan air terjun Gorontalo indah ini, jadi masih lumayan sepi.

Bagi anda yang ingin menikmati waktu santai sembari menenangkan diri, maka destinasi ini sepertinya akan cocok. Rasakan kealamian Air Terjun Didingga yang memiliki keindahan alam mempesona yang memanjakan mata.

Saat berada disini jangan lupa untuk mengabadikan momen melalui berfoto-foto ria pada view alam menariknya. Yang biasa digunakan sebagai spot berfoto tentu saja adalah air terjunnya. Air Terjun Didinggi yang memiliki tinggi sekitar 30 meter kerap dimanfaatkan untuk berswafoto dengan menjadikannya bakcground.

Dan untuk dapat explore Air Terjun Didingga Gorontalo, tak diperlukan biaya yang banyak. Saat tulisan ini tayang, tiket masuk Air Terjun Didingga tidak ada alias gratis untuk semua, menarik sekali bukan?

7.Pantai Kurenai Gorontalo

wisata pantai gorontalo
Pantai Kurenai. Gorontalo. Foto by @fariedlatief

Wisata pantai di gorontalo selanjutnya adalah pantai kurenai yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota gorontalo. Tempat ini menjadi favorit tujuan wisata karena berada tidak jauh dari pusat kota dan mempunyai pemandangan yang indah.

Pantai Gorontalo ini memiliki keunikannya tersendiri yang menjadi daya tarik sehingga membawa banyak wisatawan kesini. Bila pada umumnya, pantai hanya dibatasi oleh pasir pada bibir pantainya, beda dengan yang ini.

Bebatuan turut hadir dan seolah menjadi pembatas antara area pantai serta daratan. Batuan Pantai Kurenai ini juga berfungsi sebagai pelindung habitat unik di dalam permukaan lautnya.

Serta masih banyak lagi hal-hal menarik yang bisa anda jumpai di Pantai Kurenai Gorontalo. Jadi tunggu apalagi, saat anda memiliki waktu libur, luangkanlah sejenak untuk explore keindahan Pantai Kurenai.

Anda bisa berkunjung kesini bersama orang-orang tercinta, baik itu teman, kerabat, pasangan, hingga keluarga. Apalagi destinasi wisata ciamik di Gorontalo tidak memberatkan para pengunjung mengenai biaya.

Tiket masuk Pantai Kurenai sangatlah murah meriah dan tak akan membuat anda perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pada saat ini, harga tiketnya hanya sebesar Rp10.000 per mobil dan Rp5.000 untuk motor.

Tiket masuknya hanya di hitung sesuai kendaraan yang anda bawa kesini. Kesimpulannya adalah murah banget, dan termasuk dalam daftar wisata.

Lokasi Pantai Kurenai berada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo

8. Pantai Dunu Gorontalo

objek wisata pantai di gorontalo
Pantai DunuGorontalo. Foto by @rivaldymoha

Seperti halnya gunungkidul yogyakarta yang kaya akan pantai indahnya. Gorontalo juga ternyata menyimpan pantai yang begitu indah dan menarik utnuk di kunjungi. Yaitu Pantai dunu yang berlokasi di Kec Monano Kab. Gorontalo Utara.

Ciri khas pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang dengan pasir pantai yang berwarn putih. Dan di kelilingi oleh bukit-bukit hijau di sekitaran pantai yang semakin menambah keindahan.

Pantai Dunu ini wajib dijadikan sebagai tujuan mengisi waktu libur anda selanjutnya. Lihat secara lebih dekat keindahan alami yang ditawarkan oleh wisata Golontari Utara ini.

Birunya air laut turut menambah keeksotisan dari pantai ini berbalut dengan gemuruh suara ombaknya. Ombak yang ada Pantai Dunu Gorontalo ini tak terlalu besar, sehingga tak perlu anda khawatirkan.

Kegiatan bermain di bibir pantai musti anda coba dan rasakan sendiri keserunnya. Berlibur disini anda akan dimanjakan oleh pemandangan menawan yang bikin tenang.

Datanglah ke pantai indah ini pada saat hari benar-benar cerah tuk dapatkan kesan yang lebih maksimal. Sangat tidak disarankan mengunjungi Pantai Dunu pada saat cuaca buruk, seperti misalnya ketika turun hujan.

Anda bisa datang mulai dari pagi sampai dengan sore hari agar liburan bisa lebih leluasa. Dan dapatkan pengalaman yang tak akan terlupakan ketika rekreasi Pantai Dunu Gorontalo.

9. Wisata Air Terjun Taludaa

tempat wisata alam gorontalo
Terjun TaludaaGorontalo. Foto by @prb_yudhistira

Masih membahsa tentang wisata seputar air terjun yang ada di gorontalo. Yaitu air tejun Tuladaa yang berlokasi di Ds Ilohuuwa, Kec Bone, Bone Bolango Gorontalo.

Seperti air terjun lainya yang berlokasi di gorontalo, air terjun ini masih asri dan terlihat alami. Sampai hari ini keberadaan air terjun Taludaa belum diketahui oleh banyak orang.

Apabila anda tengah mencari tempat untuk menenangkan diri, maka destinasi menawan ini bisa jadi alternatifnya. Air Terjun Taludaa Gorontalo memiliki kawasan yang alamnya masih begitu terjaga.

Jauh dari keramaian dan belum ada campur tangan manusia, benar-benar alami deh pokoknya. Rasakan kesejukan tak terhingga disini untuk mengusir rasa penat dan lelah dalam diri anda.

Air Terjun Taludaa sangat cocok dijadikan tempat anda berwisata bahagia tuk ciptakan pengalaman suit terlupa. Apalagi untuk tiket masuk Air Terjun Taludaa ini sampai sekarang masih gratis lho, menarik sekali bukan?

Sehingga anda tak perlu merogoh kocek atau bahkan sama sekali tak membutuhkan biaya. Tunggu apalagi, segera tulis nama Air Terjun Taludaa ke dalam rencana liburan menyenangkan anda selanjutnya.

Waktu terbaik tuk explore wisata alam Air Terjun Taludaa tentu saja pada saat cuaca mendukung. Apabila hari sedang mendung atau turun hujan, sebaiknya jangan dulu datang kesini.

10. Danau Limboto Gorontalo

objek wisata danau gorontalo
Danau Limboto Gorontalo. Foto by @uet_oasis

Objek wisata alam di Gorontalo selanjutnya adalah danau limboto yang berlokasi di Kecamatan Limboto Gorontalo. Bagi anda fotografer, wisata ini menyajikan banyak objek yang sangat menarik untuk melengkapi koleksi foto pribadi anda.

Secara kasat mata karakter danau ini mirip dengan waduk wadaslintang di wonososbo provinsi Jawa Tengah. Luas dan memiliki pemandangan menakjubkan yang rekomended tuk di saksikan.

Panorama indah Danau Limboto begitu memanjakan mata dan akan membuat siapa saja terpana. Bagi anda penikmat panorama alam memikat, wisata alam satu ini wajib tuk dijelajahi.

Sejauh mata memandang, anda hanya akan melihat luasnya hamparan air danau dengan view perbukitan dari kejauhan. Danau Gorontalo hits ini jadi salah satu spot favroit untuk menikmati landscape terbenamnya matahari.

Saat sore menjelang malam, beberapa orang memadat area danau untuk menanti sunset yang menakjubkan. Ditemani oleh semilir angin yang akan memberikan anda kenyamanan lebih saat berada disini.

Untuk lokasi Danau Limboto sendiri berada di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Keberadaa danau ini sangat dekat dari pusat Kecamatan Limboto, jaraknya hanya sekitar 3 km dengan waktu tempuh 10 menit.

Tak perlu keluar banyak uang untuk dapat explore Danau Limboto Gorontalo ketka punya hari libur. Tiket masuk Danau Limboto tidak ada, alias gratis tanpa biaya sepeserpun untuk semua pengunjung.

11. Taman Laut Olele

taman wisata laut gorontalo
Taman Wisata Laut Olele Gorontalo. Foto by @fsa0009

Masih membahas wisata laut dan pulau yang ada di gorontalo, yaitu taman wisata laut olele. Yang berlokasi di desa olele kecamatan kabila bone gorontalo.

Tempat ini menyuguhkan wisata air laut dan juga pantai yang mempesona serta keindahannya tiada duanya. Taman Wisata Laut Olele sangat kami rekomendasikan untuk anda kunjungi yang tengah mengisi waktu libur di Kabupaten Bone Bolango Gorontalo.

Karena disini anda bakal dimanjakan oleh panorama khas wisata bahari yang memanjakan mata. Berbalut angin semilir khas pantai untuk memberikan anda kenyamanan lebih selama liburan dan juga jalan-jalan.

Destinasi menarik satu ini bisa dibilang belum terlalu terkenal, sehingga masih cukup sepi. Jadi kalau anda benar-benar ingin bersantai, ditempat yang sepu dan tidak ramai maka datanglah kesini.

Waktu yang paling cocok untuk berlibur disini adalah kapan saja, asal hari saat itu benar-benar sedang cerah. Seperti wisata alam pada umumnya, yang memang harus dijelajahi beragam keseruannya ketika cuaca mendukung.

Apabila awan mendung atau bahkan hujan, view memikat di Taman Wisata Laut Olele jadi kurang maksimal. Untuk itu anda wajib memperkirakan dan memperhatikan kondisi hari dan cuaca saat akan berkunjung.

Aktivitas favorit yang biasa wisatawan lakukan di Taman Laut Olele ini adalah snorkeling. Biaya snorkeling Taman Laut Olele pada saat ini adalah Rp500.000, sudah termasuk dengan beberapa fasilitas. Seperti perahu, sewa alat selam, pelampung, makanan ikan, dokumentasi, tour guide dan lain-lain.

Baca Juga : 5 Wisata Curug Yang Keren di Temanggung Jawa Tengah

12. Pantai Tenilo Gorontalo

tempat wisata pantai gorontalo
Pantai Tenilo Gorontalo. Foto by @alvinaolivia

Wisata Pantai selanjutnya yaitu pantai tenilo yang berlokasi di Boalemo Gorontalo. Karakter pantai ini mirip dengan pantai pantai yang ada di bali dengan air pantai dangkal yang luas.

Bagi anda yang mungkin takut akan kedalaman sehingga belum pernah bermain-main di pantainya, bisa datang kesini. Pantai Tenilo bisa jadi alternatif anda apabila ingin berlibur ke pantai namun takut tenggelam.

Disini anda bisa jelajah, jalan-jalan, bermain di laut, main pasir pada tepi pantai dan tentunya bersantai menikmati alam. Air lautnya begitu jernih dan bersih, jadi aman untuk bermain.

Berwarna hijau dengan gradasi biru yang terlihat begitu menakjubkan. Ditambah kawasannya yang masih cukup sepi, dan tidak terlalu ramai sehingga anda tak akan berdesak-desakan.

Kalau anda tengah mengisi waktu senggang dengan liburan ke Pantai Tenilo Gorontalo maka desdtinasi ini jangan terlewatkan. Momen liburan anda kali ini dijamin akan jadi pengalaman berharga dan sulit terlupa.

Apalagi para pengunjung tak perlu keluar banyak uang untuk bisa berlibur dan jalan-jalan disini. Harga tiket masuk Pantai Ratu di Tenilo Gorontalo saat ini hanya sebesar Rp5.000 per orangnya. Perlu di ingat, bahwa ketentuan tiket masuk Pantai Ratu ini bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan.

Pantai Ratu ini buka selama 24 jam penuh, pada setiap harinya, dari hari Kamis sampai dengan Rabu. Meski nonstop, waktu terbaik datang ke Pantai Ratu Gorontalo adalah saat pagi hingga sore hari.

13. Pulau Saronde Gorontalo

wisata alam gorontalo
Pulau Saronde Gorontalo. Foto by @rizkymaliq

Tempat wisata alam di gorontalo selanjutnya adalah pulau saronde yang berlokasi di daerah gorontalo utara. Sama sperti halnya pulau cinta, pulau ini selain menyuguhkan pemandangan pantai. Juga terdapat penginapan yang menarik dan cocok sebagai tempat untuk honeymoon.

Dengan segudang daya tarik alam yang dimiliknya, Pulau Saronde masuk dalam deretan wisata Gorontalo rekomended. Namun sayang sekali, saat ini Pulau Saronde sudah tidak bisa dikunjungi oleh wisatawan secara massal, mengapa bisa begitu?

Sejak Juni 2022, Pulau Saronde Gorontalo sudah menjadi milik investor asal Jerman. Investor Jerman tersebut mengaku telah menyewa Pulau Saronde selama waktu kurang lebih 30 tahun.

Jadi pada saat ini, status Saronde merupakan sebuah pulau pribadi, dan namanya pun telah berubah. Menjadi Saronde Blue Bay Divers yang berbasis private island.

Sebenarnya wisatawan lokal bisa dan boleh saja datang ke Saronde Blue Day Divers Gorontalo. Namun akan dikenakan biaya tertentu, yakni 5 juta rupaih per dua orangnya sebagai tiket masuk.

Dan turis lokal yang akan menikmati hari libur disini pun paling tidak harus menginap selama 3 hari. Sehingga biaya yang musti anda keluarkan paling tidak 15 juta untuk dua orang apabila ingin explore Pulau Saronde.

Tidak dijelaskan secara pasti mengapa pulau memikat ini pada akhirnya bisa di sewa oleh WNA. Namun satu yang pasti, Investor Jerman mengklaim tujuannya adalah semata-mata untuk memajukan pariwisata Gorontalo Utara.

14. Pantai Manangu Gorontalo

pantai di gorontalo
Pantai Mananggu Gorontalo. Foto by @steve_05

Objek wisata pantai yang terakhir adalah Pantai mananggu yang berlokasi di Boalemo, Gorontalo. Karakteristik pantai ini hampir sama dengan pantai di pacitan dengan karakter terdapat banyak batu karang yang ada di pantai.

Pantai Manangu Gorontalo cocok dijadikan sebagai tujuan liburan anda selanjutnya.

15. Air Terjun Tenilo Gorontalo

wisata air terjun gorontalo
Air Terjun Gorontalo. Foto by @erwinkurniawan08

Tempat wisata terakhir yaitu air terjun Tenilo yang berloaksi di Boalemo, Gorontalo. Air terjun ini masih alami dan belum banyak wisatwan yang berkunjung ke tempat ini.

Lokasi Air Terjun Tenilo berada di Desa Dulupi, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Tidak ada tiket masuk Air Terjun Tenilo Gorontalo, alias gratis.

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai tempat wisata di Gorontalo yang bisa masuk dalam daftar tujuan liburan anda. Dengan masing-masing daya tariknya, membuat para pegunjung akan dibuat terpesona oleh pemandangan dan sajian menarik lainnya.

3 COMMENTS

  1. Correct :
    Foto Masjid Walima Emas foto by @Nona.Meko

    Bukan air terjun didigga, tapi Air terjun Hiyaliyo Da’a
    Desa Didingga, kec Biawu. Kab. Gorut

    • terimaksih agan agung abubakar atas koreksi yang diberikan ke kami,

      untuk itu dari kami sudah mengganti dari sebelumnya nama air terjun didigga menjadi air terjun Hiyaliyo Da’a

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 1 =