Bogor, memang kota yang satu ini kaya akan wisata alam. Salah satunya yaitu curug cigamea yang merupakan tempat wisata air terjun di bogor yang terletak di kawasan gunung salak ampir sama dengan curug nangka yang sudah di bahas oleh tim MyTrip123 di bagian sebelumnya.

daftar tempat wisata di bogor

Curug cigame memiliki dua macam air terjun yang mempunyai karakter yang berbeda. Air terjun yang pertama terletak tidak jauh dari pintu masuk. Dan mempunyai karakter berupa dinding tebing yang curam dengan bebatuan yang didominasi oleh warna hitam .

Sedangkan air terjun ke dua terletak di agak jauh dari pintu masuk. Yang berjarak sekitar 30 M dari air terjun yang pertama. Air terjun ke dua atau air terjun utama curug cigamea ini mempunyai ketinggian 50 meter dari dasar air terjun. Kolam air terjun kedua ini bisa digunakan untuk berenang. Karena memiliki area yang luas tdiak seperti di air terjun yang pertama dengan kolam yang sempit.

Area kedua air terjun tersebut sangat rimbun. Dengan banyaknya tumbuhan ala hutan tropis yang membuat air tejun ini terasa sejuk dan alami.

Lokasi / Alamat Air Terjun Cigamea

lokasi curug cigamea
Foto : https://www.instagram.com/sanusi_uchiha/

Air terjun ini berlokasi di di Ds Gunungsari, Kec Pamijahan, Kab Bogor, Prov Jawa Barat.

Anda juga dapat mencari lokasi air terjun tersebut menggunakan bantuan GPS. Dengan Peta Koordinat GPS: 6° 41′ 40.30″ S 106° 41′ 8.48″ E.

Baca Juga : Tempat Wisata di Malang dan Sekitarnya yang Paling Sering di Kunjungi

Rute Menuju Curug Cigamea

rute menuju Curug Cigamea
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101868783264595961219

Air tejun cigame mempunyai jarak kurang lebih 42 kilometer dari pusat kota bogor. Untuk menuju lokasi tersebut ada empat jalur yang bisa di lewati di antaranya yaitu :

  1.  cemplang/ cibungbulang -> pamijahan-> salak endah
  2.  Cikampek -> salak endah
  3. Cibatok -> salak endah
  4. Tamansari -> gunung bunder -> salak endah

Kebanyakan orang memilih jalu yang pertama yaitu via cemplang -> pamijahan -> salak endah karena dengan melewati rute tersebut dirasa lebih dekat dari jalan raya bogor – leuwiliang dan juga rute tersebut memiliki jalan yang lebih bagus dari ke tiga rute lainya.

jika anda melalui rute tersebut mempunyai jarak 38 km hingga sampai ke kawasan wisata salak endah dari pusat kota bogor. Selanjutnya anda harus melanjutkan perjalanan sejauh 4 km untuk dapat sampai ke pitu gerbang curug cigamea. Setalah sampai di pintu gerbang curug cigamea anda harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Jalan yang dilewati yaitu jalan setapak menyusuri lembah dengan jarak sekitar 350 meter hingga sampai ke curug nangka.

Untuk kondisi jalan setapak pun sudah di rasa baik. Dengan jalan yang sudah dilapisi dengan batu sehingga tidak licin dan berdebu ketika musim hujan ataupun musim kemarau. Di sepanjang jalan terdapat selter untuk beristirahat sambil menikmatu hawa sejuk ala pegunungan.

Bagi anda yang memanfaatkan kendaraan umum untuk menuju tempat ini. Anda dapat memulai perjalanan dengan menaiki angkot di terminal Barangsiang jurusan bubuluak.

Sesampai di bubuluwak lanjutkan lagi degan menaiki angkot jurusan leuwiliang dan berhenti di pertigaan cipatok. Selanjutnya naik angkot lagi dengan jurusan gunung picung hingga sampai di pemberhentian angkot tersebut. Dari pemberentian tersebut dilanjutkan dengan jalan kaki atau bisa juga dengan naik ojek hingga sampai ke kawasan wisata salak endah.

Harga Tiket Masuk Curug Cigamea

harga tiket masuk curug cigamea
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102839367690834175160

Sebelum sampai ke curug cigamea anda harus melewati kawasan wisata gunung salak endah dan dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000. Nominal tersebut untuk pengunjung domestik, sedangkan untuk turis mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp25.000.

Setelah itu anda musti membayar tiket masuk pada kawasan wisata Curug Cigame dengan tarif sekitar Rp10.000 per orangnya. Belum termasuk dengan biaya retribusi parkir kendaraan, yang dimana Rp2.000 untuk sepeda motor.

Sedangkan bagi anda yang membawa kendaraan roda empat, maka dikenakan biaya mulai darii Rp5.000 sampai dengan Rp20.000. Biaya-biaya tersebut tentu tak akan memberatkan para pengunjung yang datang untuk liburan disini.

Nominal tersebut tergolong murah dan pastinya ekonomis untuk semua kalangan wisatawan. Perlu dipahami, bahwasannya ketentuan biayaa-biaya pada tempat wisata Cigamea dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Jam Buka

jam buka curug cigamea
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102839367690834175160

Agar liburan di air terjun Curug Cigamea lebih maksimal, tak ada salahnya untuk anda mengetahu lebih dulu jam operasional wisatanya. Curug Cigamea bisa anda kunjungi kapanpun, sebab terbuka untuk umum di setiap harinya dari Kamis sampai Rabu.

Sedangkan untuk jam wisata Curug Cigamea adalah pukul 07.30 sampai dengan 17.00 WIB. Setelah mengetahui kapan jam buka Curug Cigamea tentu anda sudah bisa memperkirakan kapan baiknya untuk berkunjung.

Satu yang pasti, berlibur di curug harus dilakukan pada saat cuaca mendukung. Tidak mendung apalagi turun hujan lebat agar bisa mendapatkan view terbaik di Curug Cigamea.

Selain itu juga pada saat musim hujan, aliran air terjun beberapa kali berwarna coklat. Tidak sejernih pada saat musim panas atau kemarau

Fasilitas di Curug Cigamea

fasilitaas curug cigamea
Foto : https://www.instagram.com/wwnokey/

Masuk dalam daftar wisata alam Bogor yang populer berkat sejumlah daya tarik memikat. Tak heran bila banyak orang ingin liburan disini ketika musim liburan telah tiba.

Namun selain karena daya tariknya, sarana yang ada turut membuat wisata ini semakin diminati. Berikut beberapa fasilitas Curug Cigamea yang meliputi :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Jalan yang cukup baik
  • Pos jaga
  • Toilet umum
  • Area santai / istirahat
  • Banyak penginapan
  • Warung wisata
  • Rumah makan
  • Spot foto menarik

Nikmati banyaknya keseruan yang disuguhkan oleh wisata air terjun Curug Cigamea dengan view mempesona. Merasakan kesegaran airnya tentu yang paling wajib disini.

Rasakan derasnya air terjun yang jernih sekaligus bersih untuk mengusir semua kepenatan dalam diri anda. Namun bila tak ingin basah-basahan juga bukan suatu masalah, karena anda masih bisa duduk santa melihat banyak pemandangan.

Dapatkan pengalaman liburan berkesan dengan explore Curug Cigamea Bogor Jawa Barat dengan sejumlah panorama memikatnya.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug cigamea
Foto : https://www.instagram.com/iwanrafli_2/

Anda bisa menyimak tips berkunjung dibawah ini guna menambah referensi pada saat akan berwisata.

  • Berwisata ke alam terbuka tentu saja harus dilakukan pada saat hari benar-benar cerah dan tidak cuaca buruk.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin, karena biasanya area wisata curug cenderung lembab dan basah.
  • Pastikan anda dalam keadaan sehat dan sedang tidak sakit, supaya semuanya bisa berjalan lancar tanpa hambatan.
  • Ikut dalam menjaga kebersihan serta keasrian area wisata air terjun Curug Cigamea agar selalu diminati.
  • Hati-hati dan selalu mengedapankan keselamatan ketika liburan, agar bisa kembali pulang dengan nyaman.

Jadi itu tadi informasi yang membahas tentang wisata Bogor sebagai tujuan anda berlibur yakni Air Terjun Curug Cigamea. Sekian dulu ulasan singkat Curug Cigamea yang rekomended untuk anda jelajahi serta temukan beragam keseruannya.

Baca Juga : Daftar 23 Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya Paling Indah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + five =