Banda Aceh merupakan sebuah provinsi yang terletak di wilayah Indonesia paling timur. Sehingga sangat banyak tempat wisata di Aceh menjadi salah satu destinasi yang dapat Anda kunjungi di akhir pekan. Letaknya yang berdekatan dengan Malaysia, jadi tak heran pula bila ada banyak wisatawan mancanegara singgah di sini.

Kota dengan julukan Serambi Mekah ini selain menyuguhkan berbagai macam kuliner yang unik dan lezat. Juga memiliki tempat wisata yang begitu mempesona, sangat menyenangkan bila dapat Anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat tercinta.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang berencana berkunjung atau berlibur di Banda Aceh. Sangat disayangkan bila tidak mengunjungi destinasi wisata yang begitu populer di Aceh.

Berikut daftar tempat wisata di Aceh terbaru cocok Anda kunjungi untuk habiskan liburan bersama keluarga:

Daftar Isi

1. Danau Laut Tawar

tempat wisata di aceh
Foto : https://www.instagram.com/cutlisaa/

Danau Laut Tawar merupakan salah satu destinasi wisata Aceh tengah yang terletak di Dataran Tinggi Gayo. Memiliki kekayaan alam yang begitu indah dan lokasi yang mudah ditempuh membuat tempat ini wajib Anda kunjungi.

Di sana Anda akan menjumpai beberapa hewan liar seperti musang, landak, siamang, rusa, dan masih banyak lagi. Namun hewan hewan tersebut tidak boleh diburu ya.

Fasilitas di area danau ini juga terbilang sangat lengkap dan memadai. Mulai dari halaman parkir yang luas, warung, mushola, tempat bersantai, hingga penginapan pun tersedia di sini.

Ketika Anda sampai di danau wisata Aceh ini, Anda akan disuguhkan sebuah keindahan hamparan air danau yang berwarna biru. Dengan pemandangan bukit barisan yang hijau dan kokoh ditumbuhi hutan yang cukup terpelihara dan belum dijamah manusia.

Selain duduk santai sambil menikmati secangkir kopi Gayo yang legendaris. Anda juga bisa mengelilingi danau ini dengan naik perahu motor, memancing, atau rental sepeda di sekitar danau. Terdapat pula sebuah dermaga bernama Dermaga Dedalu yang letaknya dekat danau ini, sangat cocok untuk mengabadikan foto yang instagenik.

Bila Anda ingin menghabiskan malam di alam terbuka maka Danau Laut Tawar juga dapat digunakan untuk kegiatan camping. Namun Anda harus menyiapkan pakaian yang tebal agar tidak kedinginan.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi danau Laut Tawar, tenang saja karena danau ini dibuka nonstop selama 24 jam setiap hari. Dan yang lebih menarik lagi adalah bebas biaya masuk alias gratis.

2. Pantai Lhoknga

wisata aceh
Foto : https://www.instagram.com/relaxourbrain/

Aceh memang terkenal dengan wisata pantainya yang indah. Salah satu destinasi wisata di Aceh yang menawarkan pesona pantai dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan yaitu Pantai Lhoknga. Pantai yang terletak di Kabupaten Aceh Besar ini sering mengadakan festival tahunan berupa pagelaran budaya lokal dan lainnya.

Pantai ini kondisi airnya sangat bersih dan gelombang ombaknya pun tak terlalu tinggi. Sekitar 1,5 hingga 2 meter saja sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas surfing. Di Pantai Lhoknga fasilitas yang tersedia sangat memadai, Anda juga dapat menyewa papan selancar di sekitar pantai jika ingin surfing.

Panorama alamnya yang begitu mempesona dan dikelilingi bukit-bukit kecil dengan pasirnya yang berwarna putih. Membuat pantai tersebut sangat nyaman dikunjungi bersama keluarga. Terutama ketika sore hari menikmati indahnya sunset sambil mencicipi jagung bakar khas pantai.

Terdapat pula warung dan cafe yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Aceh. Tak usah khawatir bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Lhoknga lebih lama. Telah tersedia berbagai hotel atau penginapan dengan harga yang terjangkau pula.

Perjalanan menuju pantai tersebut juga sangat mudah ditempuh, Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Kota Banda Aceh. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Lhoknga, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp15.000.

3. Museum Tsunami

wisata di aceh
Foto : https://www.instagram.com/blogsachi/

Museum Tsunami merupakan objek wisata di Aceh yang sebagai monumen simbolis untuk mengenang bencana tsunami pada tahun 2004. Sekaligus sebagai pusat pendidikan dan evakuasi darurat andai tsunami terjadi lagi. Museum tersebut terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda dekat Kota Banda Aceh yang resmi berdiri pada tahun 2008.

Museum yang atapnya berbentuk seperti gelombang laut ini terdiri dari empat tingkat dengan dua lantai. Pengunjung dapat mengakses museum melalui sebuah lorong sempit yang gelap diantara dua dinding air yang tinggi. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kembali suasana kepanikan saat tsunami terjadi.

Lantai pertama yang merupakan area terbuka berisi rekam jejak mengenai tsunami mulai dari sebelum, saat, dan setelah terjadinya tsunami. Anda juga dapat melihat foto-foto peristiwa, artefak, dan dioramanya, serta terdapat pula sumur doa yang berisi nama-nama korban yang meninggal.

Kemudian, di lantai kedua berisi media pembelajaran seperti perpustakaan, ruang 4D, ruang alat peraga, dan toko souvenir. Alat peraga yang dipamerkan berupa rancangan bangunan tahan gempa dan model diagram patahan bumi.

Dinding museum ini dihiasi oleh gambar tarian adat Saman sebagai makna simbolis dan religius Suku Aceh. Bila Anda berencana liburan ke Banda Aceh, pastikan untuk mengunjungi wisata pendidikan tersebut.

Museum ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk dapat menikmati fasilitas lengkap di dalamnya. Kecuali jika Anda ingin menyaksikan ruang 4D maka akan dipungut biaya.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Jayapura yang populer dan kekinian wajib untuk anda nikmati pesonanya.

4. Pulo Aceh

objek wisata di aceh
Foto : https://www.instagram.com/puloaceh.co/

Pulo Aceh merupakan obyek wisata di Aceh berikutnya yang memiliki keindahan alam luar biasa bak “surga”. Pulau ini terletak di wilayah Indonesia paling barat dan terdiri dari dua kawasan, yaitu Pulau Nasi dan Pulau Breuh.

Ketika di Pulau Breuh mungkin Anda akan kesulitan mencari signal, namun Anda tidak akan merasa kesepian. Karena panorama alamnya yang indah terutama di malam hari dan warganya pun juga sangat ramah akan membuat Anda betah disini.

Nah, Pantai Nipah di Pulo Aceh juga tak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi terutama ketika sore hari. Lokasi ini juga sering dipakai berkemah bagi para pecinta alam. Pada pelabuhan-pelabuhan desa terdapat berjejer perahu nelayan yang memiliki pemandangan menarik sangat bagus pula Anda singgahi untuk berswafoto.

Di sisi lain, tepatnya di Ujung Eumpee terdapat juga spot foto bebatuan karang berukir indah. Ombak besar di sekitarnya yang meninggalkan riak besar tentu akan menjadikan suasana semakin menarik.

Untuk sampai di Pulo Aceh Anda harus menyewa perahu boat milik nelayan sekitar di dermaga Lampulo dan Ulee Lheue. Waktu perjalanannya sekitar 1,5 hingga 3 jam tergantung kondisi lautnya.

Air lautnya yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan dan pasirnya yang berwarna putih. Serta dikelilingi perbukitan yang nampak hijau nan indah.

Bagi Anda yang menyukai keindahan alam yang asli dan pemandangan yang alami maka Pulo Aceh wajib Anda kunjungi pula.

5. Pulau Rubiah

obyek wisata di aceh
Foto : https://www.instagram.com/anizulfarmi/

Yang dapat Anda kunjungi yaitu Pulau Rubiah merupakan salah satu wisata di Aceh selatan yang terletak di Kota Sabang. Pulau tak berpenghuni ini menawarkan keindahan dunia bawah laut yang mengagumkan. Dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta snorkeling dan diving.

Hamparan laut luas yang berwarna biru dengan airnya yang jernih, dan pasirnya yang putih bersih akan memanjakan mata setiap pengunjung. Kondisi pulau yang sangat alami dan memiliki keindahan bawah laut yang memesona membuat pulau ini dijuluki sebagai Taman Laut Rubiah.

Di pulau ini Anda dapat menyelam, melihat pemandangan bawah laut berupa aneka spesies terumbu karang yang indah. Dan ratusan ikan berwarna-warni yang cantik.

Tak perlu khawatir karena bila tak bisa menyelam, Anda pun masih dapat menikmati aneka biota laut. Dengan menyewa kapal yang alasnya terbuat dari kaca.

Arus lautnya yang cukup tenang dan tidak terlalu kuat sangat tepat bagi para pemula berlatih snorkeling atau diving di sini. Anda juga dapat menyewa papan selancar dan peralatan pendukung lainnya di sekitar pulau tersebut.

Tak hanya itu, Anda juga dapat berkeliling menikmati keindahan Pulau Rubiah mengunjungi spot-spot panorama alam yang memesona. Dengan menyewa perahu bermotor.

Untuk menuju pulau ini, Anda harus menyewa kapal dari Pantai Iboih dengan trais sekitar Rp20.000 per orang untuk pulang pergi.

6. Air Terjun Tansaran Bidin

Wisata tersembunyi di Aceh
Foto : https://www.instagram.com/yaminhi_/

Aceh juga memiliki tempat wisata berupa air terjun, salah satunya Tansaran Bidin yang merupakan wisata tersembunyi di Aceh. Dan memiliki kawasan yang masih sangat hijau dan asri. Bila kesana, Pengunjung bisa bertanya kepada masyarakat setempat atau memanfaatkan bantuan Google maps.

Setelah tiba di area parkiran, Anda harus melakukan trekking menuju air terjun tersebut. Jaraknya yang cukup jauh dan tidak ada warung yang berjualan di sekitarnya. Maka dari itu anda harus menyiapkan sendiri bekal makanan dan minuman.

Walau kondisi jalur trekkingnya masih sedikit sulit karena berupa lapisan tanah dan bebatuan. Akan tetapi Anda tak akan merasakan lelah karena suasana alam di sekelilingnya yang begitu elok dan eksotis.

Trekking menuju air terjun sudah dekat ditandai dengan adanya view tebing yang sangat besar dan tinggi. Serta sudah ditumbuhi rumput di sekitarnya, anda dapat berjalan setapak di depan tebing tersebut.

Kesulitan yang Anda alami selama di perjalanan serasa terbayarkan ketika sampai di Air Terjun Tansaran Bidin. Yang memiliki pesona keindahan yang memukau dengan arus airnya yang deras dan jernih. Udaranya yang sejuk khas pegunungan memberikan sensasi kedamaian sehingga untuk sejenak Anda akan lupa akan segala kepenatan hidup.

Pesona alamnya yang indah layak Anda jadikan spot foto yang instagramable. Untuk dapat menikmati tempat wisata alam di Aceh ini Anda tidak perlu membayar tiket masuknya alias Gratis. Namun, perlu diingat, jalannya yang cukup miring dan menanjak membuat Anda harus lebih hati-hati selama di perjalanan.

7. Pantai Iboih

tempat wisata di aceh
Foto : https://www.instagram.com/demitra.atashi_lubis/

Wisata bahari di Aceh selanjutnya yang rekomended untuk dikunjungi yaitu Pantai Iboih. Pantai yang terletak di Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh ini memiliki pemandangan yang indah tiada taranya.

Air lautnya yang sangat jernih dengan perpaduan warna airnya antara hijau dan biru. Yang membuat keindahan pantai ini tak akan bisa disandingkan dengan pantai-pantai lain. Hamparan pasir putih nan bersih serta dikelilingi hutan tropis yang hijau menawakan suasana yang luar biasa.

Di pantai ini, Anda dapat menikmati snorkeling bersama ratusan ikan warna-warni, menyelam, dan berenang. Ada banyak biota laut yang dapat Anda lihat, mulai dari spesies karang langka, ikan langka, penyu, dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat menikmati aneka kuliner seafood di sekitar pantai dan berbelanja souvenir maupun oleh-oleh khas Sabang. Ada banyak produk kerajinan tangan yang dijual mulai dari gantungan hingga pakaian.

Di area dekat pantai Anda juga dapat merasakan berpetualang melewati Bungalow. Kondisinya yang banyak bebatuan sehingga dibuatkan jalan berupa tangga-tangga setiap menaiki bukit-bukit kecil. Di sekitarnya juga terdapat banyak pepohonan rindang dan sejuk.

Untuk menuju lokasi ini Anda perlu menuju Pelabuhan Ulee Lheue, kemudian naik transportasi speedboat dengan tarif sekitar Rp. 50.000 durasi 45 menit atau kapal feri yang lebih murah namun durasinya lebih lama mencapai 2 jam. Dengan tarif sekitar Rp. 20.000, Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Aceh terbaik.

8. Air Terjun Pria Laot

wisata alam aceh
Foto : https://www.instagram.com/ik_kram13/

Selain kaya akan keindahan laut, Sabang juga memiliki spot wisata darat yang tak kalah menarik yaitu Air Terjun Pria Laot. Air terjun yang merupakan wisata terbaru di Aceh ini lokasinya berjarak sekitar 12 km dari pusat Kota Sabang. Namun air terjun ini memiliki air yang bersih, jernih dan juga sangat segar.

Untuk sampai di air terjun ini, Anda harus berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 km menyusuri anak sungai. Namun, hal itu tak akan membuat Anda lelah karena Anda dapat menikmati suasana asri hutan lindung. Yang di sekelilingnya terdapat beberapa fauna liar di sekitarnya.

Pesona alamnya yang asri menjadi andalan lokasi wisata yang satu ini. Di lokasi wisata air terjun ini terdapat kolam berukuran sekitar 10 meter persegi dengan kedalaman mencapai 1,5 meter.

Ketinggian air terjun ini hanya berkisar 15 meter sehingga tumpahan airnya tidak terlalu deras. Anda dapat berenang dengan santai sembari menikmati sejuknya udara bersih di hutan yang jauh dari polusi. Air terjun yang berhulu di Gunung Sarung Keris selatan Pulau Weh ini, airnya sangat segar dan dingin.

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke sini, tidak dianjurkan berkunjung di musim penghujan karena bebatuannya yang licin dan berlumut. Sebaiknya Anda berkunjung antara bulan Juni hingga Agustus.

Agar bisa menikmati indahnya air terjun yang dihiasi oleh kupu-kupu yang baru keluar dari kepompongnya.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Manokwari terbaru yang hits dan mempesona untuk anda jelajahi selanjutnya.

9. Air Terjun Blang Kolam

tempat wisata alam di aceh
Foto : https://www.instagram.com/ibnu_sama/

Air Terjun Blang Kolam merupakan tempat wisata di Aceh Utara yang sangat unik dan eksotis. Keunikan air terjun ini berupa aliran airnya yang terbagi menjadi dua serta ketinggiannya mencapai 75 meter.

Letaknya memang tersembunyi di balik hutan belantara dan perbukitan, sehingga tak banyak orang mengetahuinya. Namun air terjun ini menyimpan bermacam panorama alam yang memukau nan mempesona. Fasilitas yang tersedia pun juga cukup lengkap. Di sini sudah terdapat aliran listrik, jadi tak perlu khawatir bagi Anda yang ingin mengisi daya handphone atau kamera.

Selain itu, juga tersedia penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi dan keamanan tempat ini pun juga cukup terjaga. Sehingga dijamin liburan Anda bersama rekan atau keluarga akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Untuk tiba di sana Anda harus menuruni anak tangga yang berjumlah lebih dari 600 buah. Memang dibutuhkan usaha ekstra untuk dapat menikmati wisata air terjun ini. Namun sesampai di air terjun, Anda akan disambut percikan air yang jernih jatuh di bebatuan seakan menghilangkan semua kejenuhan aktivitas.

Di sini Anda dapat menikmati bermain air, mandi, dan juga berenang sambil menikmati segarnya air. Wisatawan juga diizinkan berkemah di sekitar air terjun, namun Anda harus membawa tenda sendiri karena belum ada persewaan tenda.

Pemandangannya begitu indah seperti air terjun, bebatuan besar, hingga kolam alami yang jernih, cocok dijadikan sebagai spot foto instagenic. Untuk dapat menikmati air terjun ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

10. Pantai Lampuuk

tempat wisata keluarga di aceh
Foto : https://www.instagram.com/dr_rezafahlevi/

Pantai Lampuuk merupakan salah satu primadona wisata Aceh Besar yang tak pernah sepi pengunjung terutama ketika musim liburan. Dulunya, lokasi pantai ini merupakan daerah terparah yang terhantam ombak tsunami pada 2004 silam.

Pantai ini dibalut dengan keindahan pasir putih yang bersih nan lembut, air laut yang berwarna biru kehijauan. Dan deretan pohon pinus yang rimbun membuat suasana semakin sejauh tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali.

Terdiri dari 4 jalur masuk yaitu Babah Satu, Dua, Tiga, dan Empat sesuai urutan posisinya dari paling utara hingga selatan. Untuk pengunjung lokal jalur yang dilalui umumnya yaitu Babah Satu Dan Babah Dua. Sedangkan untuk turis asing biasanya melewati Babah Tiga.

Ombaknya yang cukup besar namun bersahabat membuat pantai ini tetap cocok digunakan untuk kegiatan surfing. Di pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti banana boat hingga aneka jajanan seafood yang lezat dan enak.

Aktivitas lain yang dapat Anda lakukan yaitu mengunjungi konservasi satwa penyu yang terletak di Babah Dua. Konservasi ini dapat menjadi wahana edukasi bagi anak-anak untuk melestarikan lingkungan. Tersedia pula padang golf yang menampilkan pesona gulungan ombak yang indah.

Akses menuju kawasan ini cukup sulit yaitu Anda hanya bisa menuju lokasi ini menggunakan kendaraan pribadi. Karena di sekitar lokasi tidak tersedia angkutan umum.

Untuk tiket masuknya sangat murah meriah yaitu cukup membayar Rp. 3.000 saja Anda sudah dapat menikmati keindahan alam Pantai Lampuuk.

11. Air Terjun Kuta Malaka

wisata di aceh selatan
Foto : https://www.instagram.com/ach.foto_/

Wisata air terjun lain yang dapat Anda kunjungi yaitu Air Terjun Kuta Malaka yang menyimpan begitu banyak pesona keindahan alam. Ketika di perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan sawah yang menghijau dan nampak Gunung Seulawah Agam yang elok dari kejauhan.

Wisata alam Aceh ini berada di bukit Kuta Malaka, untuk sampai disana Anda harus melewati medan yang terjal dan menanjak. Lumayan sulit karena belum beraspal, terutama di musim penghujan jalanannya akan licin sehingga harus ekstra hati-hati. Nah, agar lebih aman sebaiknya Anda menggunakan kendaraan motor atau mobil dua garden.

Setelah sampai di pintu masuk, Anda masih harus berjalan kaki melewati 412 anak tangga yang dinaungi pepohonan rindang nan sejuk. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan hingga ke puncak pegunungan dengan ketinggian berbeda-beda antara 3 sampai 6 meter.

Di sana Anda dapat bermain perosotan air, meluncur, berenang, atau sekadar duduk bersantai menikmati gemercik air yang mendamaikan. Bagi Anda yang tidak bisa berenang juga dapat berendam di telaga yang dangkal.

Dialiri air dari pegunungan yang jernih dan dingin, saking jernihnya membuat dasar telaga di bawah air terjun dapat terlihat jelas. Dan dari permukaan air telaga akan nampak berwarna kehijauan.

Untuk masuk ke Air Terjun Kuta Malaka Anda harus membayar karcis sebesar Rp5.000 per orang.

12. Pantai Terong

tempat wisata di aceh utara
Foto : https://www.instagram.com/dewimicolla/

Pantai Terong merupakan destinasi wisata di Aceh Tengah yang terletak di puncak bukit. Tempat ini menawarkan pesona yang begitu memanjakan mata berupa perbukitan yang hijau. Beserta Kota Takengon, dan Danau Laut Tawar dari puncaknya sangat cocok untuk berswafoto yang instagramable.

Selain itu, terdapat pula ayunan di sekitar pantai cocok untuk berfoto sendiri. Bahkan sunrise dan sunset juga dapat di saksikan disini, bila beruntung Anda juga dapat menikmati indahnya pelangi setelah turun hujan.

Bagi Anda pecinta kopi, di sini terdapat pula sebuah kedai kopi yang menyediakan kopi asli khas tanah Gayo. Nah, Anda juga dapat membawa oleh-oleh berupa kopi Gayo ini dengan harga yang bervariasi tergantung ukurannya mulai Rp10.000 per bungkus.

Di kawasan ini tersedia sebuah cafe yang bersih bertingkat dua. Umumnya, lantai pertama diisi pengunjung yang membawa keluarga, sedangkan lantai kedua mayoritas diisi oleh para remaja. Di lantai kedua ini Anda juga bisa menyaksikan Kota Takengon dari ketinggian.

Akses jalannya juga sudah bagus dan dapat dilalui kendaraan bermotor atau mobil. Namun Anda tidak disarankan membawa beban yang terlalu banyak karena jalannya yang curam dan menanjak.

Di sepanjang perjalanan Anda pasti tidak akan merasa bosan karena pemandangannya yang indah. Berupa hamparan hutan pinus, perkebunan, serta lembah di sekitarnya yang memukau.

Keindahan alamnya yang begitu terjaga kelestariannya serta udaranya yang sejuk menjadikan tempat wisata anak di Aceh ini sangat rekomended. Harga tiket masuk yang perlu Anda siapkan untuk menikmati destinasi wisata ini yaitu Rp5.000 per orang.

13. Kuala Paret

tempat wisata di aceh yang terkenal
Foto : https://www.instagram.com/bizmarhr/

Tempat wisata di Aceh berikutnya yang begitu terkenal yaitu Kuala Paret, terletak di Desa Kaloy, Aceh Tamiang. Wisata ini dapat dikunjungi dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kota Kuala Simpang.

Setelah tiba di ujung perkebunan, Anda masih harus berjalan kaki kira-kira 300 meter untuk sampai di lokasi tujuan.

Saat tiba di lokasi, Anda akan disabut gemuruh aliran air sungai yang berwarna kehijauan dan tebing berwarna kecokelatan begitu menakjubkan. Namun, bagi Anda yang tidak pandai berenang tak disarankan mencebur ke dalam sungai karena arus airnya yang cukup deras.

Mungkin Anda bisa berendam air di tepian sungai yang aman karena arus airnya tidak terlalu kencang. Keindahan alamnya semakin membuat terpana karena dikelilingi oleh lereng perbukitan yang hijau masih terasa alami. Bagi Anda yang berencana liburan ke sini disarankan untuk membawa bekal pribadi karena belum tersedia warung di sekitar sungai.

Objek wisata air Kuala Paret yang terhimpit perbukitan memang memiliki keindahan yang eksotis. Pesona alamnya yang sangat menawan berupa cekungan sungai yang dialiri air yang deras nan jernih begitu mempesona.

Kuala Paret sangat tepat bagi Anda yang gemar berswafoto mengabadikan momen penting bernuansa alam. Jangan lupa siapkan kamera yang bagus agar kualitas hasil fotomu lebih maksimal.

Untuk memasuki Kuala Paret Anda cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp5.000. Karena kawasan ini tidak membebankan tarif masuk bagi para pengunjung.

14. Air Terjun Suhoom

tempat wisata di aceh
Foto : https://www.instagram.com/yusri_mantong/

Destinasi wisata terakhir yang dapat Anda kunjungi yaitu Air Terjun Suhom yang terletak di tengah kawasan hutan Lhoong. Tempat wisata di Aceh terbaru ini terbagi dalam 3 tingkatan dengan ketinggian mencapai 50 meter. Airnya yang begitu jernih dan sejuk, serta bebatuan besar di sekelilingnya dapat Anda jadikan tempat duduk tentu menambah keindahannya.

Di dasar air terjun tingkat satu terdapat sebuah telaga selebar 5 meter dengan kedalaman lebih dari 2 meter. Sangat cocok untuk berenang bagi orang dewasa, jangan khawatir, bagi Anda yang tak bisa berenang. Masih bisa berendam di pinggiran telaga atau menikmati kucuran air yang jatuh dari atas perbukitan seolah merasakan pijat refleksi.

Selain itu, Anda juga bisa menyewa tikar di tempat penyewaan dengan harga yang terjangkau. Anda juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Aceh atau sekadar menikmati secangkir kopi seusai berenang di telaga.

Untuk menuju Air Terjun Suhom Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari Banda Aceh. Memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam untuk masuk ke dalam area air terjun. Anda cukup membayar retribusi sebesar Rp5.000 per orang.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Lombok yang unik dan eksotis dan sayang untuk anda lewatkan.

Menelusuri objek wisata di Aceh memang tak akan ada habisnya. Daerah dengan julukan Tanah Rencong ini menyimpan sejuta pesona alam dan bahari yang begitu alami dan populer. Nah, itu tadi beberapa tempat wisata di Aceh yang menarik untuk dikunjungi, dijamin Anda tidak akan kecewa.

Bagi Anda yang ingin berkunjung kesana pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah. Dan jaga kebiasaan hidup baik dengan tidak membuang sampah di sekitar tempat wisata untuk menjaga kelestariannya.

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here