Tempat wisata di Cilegon banyak sekali dicari oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke salah satu kabupaten di wilayah Banten ini. Memang, ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa dijelajahi kalau sudah berada di Banten, salah satunya ya kota Cilegon ini.

Cilegon sendiri adalah sebuah kota penghasil baja paling besar se-Asia Tenggara dan sering disebut dengan istilah Kota Baja. Namun, Cilegon tidak hanya dikenal sebagai Kota Baja saja kok. Ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda telusuri ketika mengunjungi kota satu ini, apa sajakah itu?

Berikut daftar tempat wisata di Cilegon yang populer dan menarik sekali untuk ditelusuri bersama keluarga atau pasangan saat liburan :

1. Pantai Kelapa Tujuh

tempat wisata di cilegon
Foto : https://www.instagram.com/ocaocaoca/

Kalau Anda sedang mencari sebuah wisata alam Cilegon yang menarik sekali untuk keluarga atau pasangan, coba deh Pantai Kelapa Tujuh. Kawasan pantai ini sangat populer dan selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan karena keindahan dan pesonanya.

Wisata Cilegon Banten ini mempunyai berbagai fasilitas untuk tempat bermain anak yang lengkap. Bahkan, kalau Anda mau camping bersama teman-teman, tenang saja!

Kawasan pantai ini juga bisa digunakan untuk berkemah lho! Anda bisa membawa beberapa perlengkapan camping sendiri. Atau bisa juga menyewa karena kawasan pantai ini juga sudah menyediakan jasa perlengkapan camping.

Nah, kalau Anda suka sekali untuk berolahraga air, cobalah untuk naik banana boat. Dijamin, adrenalin Anda akan terpacu dengan wahana permainan air satu ini.

Untuk lokasi Pantai Kelapa Tujuh sendiri sangat mudah sekali untuk ditemukan lho! Lokasi karena kawasan ini mempunyai jarak sekitar 9 km saja lho dari exit tol kota Jakarta dan Merak.

Destinasi wisata yang berada di Suralaya, Kecamatan Pulomerak ini mempunyai pesona yang begitu indah dan layak untuk disaksikan.

Bagi Anda yang sedang mencari alternatif destinasi wisata di Cilegon di dekat tol dan terjangkau dari Jakarta. Maka Pantai Kelapa Tujuh sangat direkomendasikan untuk anda telusuri keindahannya.

Kawasan pantai dengan pemandangan indah, wahana permainan anak lengkap dan suasana yang sejuk cocok sekali untuk tempat refreshing.

2. Batu Lawang Cilegon

wisata cilegon banten
Foto : https://www.instagram.com/okoceandalancilegon/

Wisata Cilegon yang sepertinya sayang sekali kalau Anda lewatkan kalau sudah di Banten adalah Gunung Batu Lawang. Destinasi satu ini cocok sekali lho untuk dikunjungi anak muda yang suka sekali adventure atau berpetualang.

Wisata di Cilegon satu ini selalu menjadi primadonanya anak muda karena mudah untuk didaki dan panoramanya begitu memukau. Gunung Batu Lawang mempunyai suasana yang tentunya masih sangatlah asri.

Kawasan wisata ini mempunyai aneka macam pohon yang sangat rimbun dengan warna hijaunya yang segar. Dengan adanya pepohonan di sepanjangan gunung, maka tidak heran ya jika Batu Lawang Cilegon ini masih begitu asri dan alami.

Tentunya dengan adanya pepohonan di Batu Lawang juga, udara di sekitar gunung ini menjadi sangat segar. Dan bagus sekali untuk pernafasan Anda yang mungkin sudah jengah menghirup asap kendaraan ditengah kota.

Terletak di kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, maka Anda perlu untuk mengunjungi Gunung Batu Lawang ini. Rasakan suasana alamnya yang sangat menenangkan dan udaranya yang masih begitu segar.

Di balik penamaan “Batu Lawang” ternyata ada sebuah cerita unik. Menurut cerita yang dipercaya oleh masyarakat Cilegon, ada 2 batu besar di zaman dahulu. Lokasi dari 2 batu besar ini saling bersampingan.

Lalu di tengah kedua batu ini ternyata ada sebuah celah yang mana jika dicermati, celah ini hampir menyerupai pintu. Maka tempat wisata di Cilegon ini dinamakan dengan Batu Lawang atau pintu batu.

3. Villa Ternak Cikerai

wisata cilegon terbaru
Foto : https://www.instagram.com/villaternak/

Apakah Anda sedang mencari sebuah tempat wisata anak di Cilegon? Coba deh mengunjungi Villa Ternak Cikerai. Dengan luas mencapai 2 hektar, wisata yang berada di perbukitan Cikerai ini sangat menarik untuk Anda kunjungi bersama anak-anak.

Di destinasi wisata Cilegon ini, Anda bisa mengajak anak menikmati berbagai macam fasilitas hiburan yang telah disediakan oleh pengelola. Kawasan wisata anak ini menjadi solusi destinasi liburan yang cocok karena memang edukatif.

Kawasan wisata edukasi di Cilegon ini terbilang masih baru karena dibangun pada tahun 2016. Pada awalnya, Villa Ternak Cikerai merupakan sebuah kandang, hanya saja usaha ternak sapi justru disambut bagus oleh masyarakat sekitar.

Semenjak didirikan untuk masyarakat umum, justru wisata terbaru di Cilegon ini jadi ramai oleh pengunjung, terutama anak-anak. Setiap liburan maupun akhir pekan villa ini selalu full booking dari sekolah atau keluarga yang sedang berkunjung bersama anaknya.

Ada banyak jenis wahana yang sudah disediakan pengelola untuk dinikmati bersama anak atau keluarga. Yakni memberi makan hewan ternak, mengenali jenis-jenis tumbuhan, naik hewan dan sebagainya.

Khusus untuk wahana naik hewan atau berkuda, fasilitas ini baru saja disediakan pengelola dan ternyata banyak digemari. Kalaupun Anda hanya ingin bersantai saja, Villa Ternak Cikerai juga cocok sekali digunakan untuk menikmati suasana alamnya yang nasih matural.

Pengelola menyediakan banyak rumah pohon untuk dijadikan sebagai tempat bersantai. Untuk memasuki wisata keluarga di Cilegon ini, maka siapkan dana untuk tiket masuk Rp 50.000.

Jika Anda menggunakan mobil dan Rp 25.000 untuk pengendara motor sebagai. Dengan tarif semurah itu, Anda sudah bisa mendapatkan milk shake, es krim, pakan ternak, fasilitas berkuda, dan bebas biaya parking.

4. Cilegon Center Mall

wisata di cilegon serang
Foto : ekbisbanten.com

Tempat wisata di Cilegon Banten yang sepertinya jangan sampai terlewatkan adalah Cilegon Center Mall. Mall satu ini mempunyai luas hingga 2 hektar, CCM sendiri dijuluki dengan istilah The Biggest Mall di kabupaten ini.

Wisata Cilegon terbaru ini dibangun tahun 2018 oleh PT. Yestar Karya Utama. Berbeda dengan jenis mall lainnya, Center Mall ini mempunyai konsep pusat perbelanjaan modern Green Architecture.

Jadi, kawasan pusat perbelanjaan dan hiburan ini memiliki fokus untuk membangun sebuah konstruksi yang ramah lingkungan. Cilegon Center Mall sendiri mempunyai bangunan 7 lantai.

Yang diisi dengan berbagai macam tenant mulai fashion, tas, sepatu, kosmetik, elektronik, kebutuhan rumah tangga dan makanan. Selain berbelanja, Anda juga bisa kok berwisata kuliner bersama keluarga mengingat ada banyak sekali restoran dan food tenant disini.

Lapar setelah jalan-jalan akan tetap tenang karena ada banyak rumah makan yang bisa dijelajahi.

Kalau bosan berjalan-jalan, Anda juga bisa melihat film karena kawasan ini juga menyediakan sebuah bioskop. Wisata Anda di akhir pekan akan semakin lengkap bersama keluarga.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Pandeglang yang eksotis dan jangan sampai anda lewatkan.

5. Cilegon Park

wisata cilegon
Foto : https://anakcilegon.com/

Obyek wisata di Cilegon yang juga sayang sekali terlewatkan untuk Anda kunjungi adalah Cilegon Park. Kawasan wisata yang merupakan sebuah taman dengan konsep yang ramah lingkungan ini merupakan sebuah wisata terbaru di Cilegon.

Cilegon Park sendiri adalah bangunan yang dikelola oleh Tunas Buana Properti. Sebenarnya, Cilegon Park adalah sebuah hunian yang memiliki konsep bernama one stop living.

Hunian ini sengaja dibantun agar menjadi ikonnya kota Cilegon. Nah, di perumahan ini terdapat sebuah taman yang bagus dan ikonik untuk menjadi tempat berjalan-jalan dari penatnya kota Cilegon.

Taman ini juga dekat dengan daerah kota, tepatnya di Jl. Lingkar Selatan Km. 4, Kecamatan Cibeber. Saat pagi hingga sore hari, Anda bisa menjelajahi tamannya yang indah dan asri.

Nah, saat malam hari tiba, kawasan taman ini berubah menjadi sebuah destinasi wisata kuliner yang asyik. Dengan diberi berbagai macam lampu-lampu hias, Cilegon Park akan berubah menjadi sebuah wisata romantis.

6. Alun Alun Cilegon

wisata di cilegon
Foto :https://www.instagram.com/dronecilegonserang/

Alun-alun adalah tempat wisata di Cilegon Banten yang banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat lokal karena lokasinya di pusat kota. Alun-alun Cilegon merupakan sebuah kawasan wisata yang jangan sampai terlewatkan kalau sudah berada di Banten.

Diresmikan oleh pemerintah pada tahun 2018, namun alun-alun Cilegon sudah populer dan menjadi wisata favorit. Bagi kebanyakan masyarakat lokal kawasan ini memiliki tampilan yang cantik dan menarik.

Untuk bisa menikmati suasana di alun-alun Cilegon, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parker saja. Nikmati suasana asri di pusat kota yang ditawarkan oleh alun-alun Cilegon.

Kalau lapar, Anda bisa kok berwisata kuliner karena ada banyak pedagang kaki lima yang menjual aneka macam kuliner. Saat malam hari, alun-alun Cilegon akan berubah menjadi estetik dengan hadirnya air mancur yang berwarna-warni.

Kalau Anda penasaran dengan wisata alun-alun Cilegon, cobalah datang ke Jl. Jenderal Sudirman, kelurahan Ramanuju.

7. Pulau Merak Besar

objek wisata di cilegon
Foto : https://www.instagram.com/ig_zulkifli/

Objek wisata di Cilegon bernama Pulau Merak Besar menjadi salah satu destinasi yang sangat terkenal. Pulau Merak Besar sendiri masih berada di kawasan Tamansari dan menjadi tujuan populer banyak wisatawan yang berkunjung ke Bantang.

Pulau Merak Besar mempunyai daya pikat yang tidak bisa dielakkan. Sepanjang mata memandang, Anda akan menyaksikan pulau yang begitu indah, tenang dan damai, cocok sekali untuk healing.

Banyak wisatawan dari Cilegon dan kota lainnya yang suka mengunjungi Pulau Merak Besar untuk sekedar menyaksikan keindahan lautnya. Pulau ini tidak jauh lokasinya dari Pulau Merak Kecil dan hanya memakan waktu tempuh hanya 20 menitan saja.

Suasana damai dari Pulau Merak Besar sediri dikarenakan kawasannya digunakan sebagai hutan lindung. Jadi, jangan heran jika suasana yang ditawarkan oleh wisata ini sangat menenangkan.

Anda tidak hanya menyaksikan pemandangan lautnya yang memukau. Namun juga ada aneka macam pepohonan yang menambah kesan alami di kawasan ini.

8. Cilegon Green Waterpark

obyek wisata di cilegon
Foto : https://www.instagram.com/mandala.drone/

Sedang mencari sebuah destinasi untuk keluarga terutama anak-anak? Coba deh pergi ke Cilegon Green Waterpark. Kawasan wisata keluarga ini bisa menjaadi sebuah solusi wisata paling tepat.

Cilegon Green Waterpark menawarkan sebuah kolam renang luas dengan aneka macam fasilitasnya yang menunjang anak bermain air. Waterpark andalan Cilegon ini dijamin bisa membuat liburan Anda bersama anak-anak menjadi sangat berkesan.

Kalau pada umumnya waterpark yang berada di kawasan kota lebih memiliki konsep yang modern. Maka lain halnya lho dengan Cilegon Green ini, disini, konsep waterpark yang ditawarkan adalah back to nature.

Tempat wisata dengan luas mencapai 1 hektar-an ini ternyata dikelilingi dengan sawah-sawah yang hijau dan menyejukkan. Anda dijamin akan merasa betah sekali untuk berlama-lama di Cilegon Green Waterpark.

Selain wisata kolamnya yang menarik, ada juga wahana lain yang sekiranya bisa untuk Anda nikmati seperti :

  • Kolam arus
  • Olimpik arena
  • Landing pool
  • Kidspool

Oh, ya agar bisa masuk ke destinasi wisata waterpark ini, Anda hanya perlu menyiapkan dana Rp35.000 ketika hari biasa.

Sementara kalau Anda datang ketika hari libur atau weekend, maka biaya masuknya naik, menjadi Rp50.000. Lokasi wisata ini bisa Anda temukan di Jl. Cilegon Green Megablok, Cibeber.

9. Krakatau Jungle Park

tempat wisata di cilegon banten
Foto : https://www.instagram.com/merymaruf/

Mau mencari tempat wisata keluarga di Cilegon yang asyik? Kamu bisa kunjungi sebuah taman wisata bernama Krakatau Jungle Park.

Kawasan wisata ini memiliki lokasi yang sangat sejuk karena dipenuhi dengan pepohonan rindang. Berwisata ke Krakatau Jungle Park akan membuat Anda merasa tenang kembali setelah seharian berkutat dengan banyak aktivitas.

Selain bisa menyaksikan keindahan tamannya, ada juga berbagai macam rumah makan yang bisa Anda cicipi. Kalau mau hunting foto juga bisa kok sebab ada berbagai macam spot estetik untuk diburu di Krakatau Jungle Park.

Wisata keluarga ini cukup menghipnotis masyarakat Cilegon mengingat banyak sekali pengunjung yang datang ketika liburan tiba. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Krakatau Jungle Park pasti akan membawa keluarganya.

Di sini, ada banyak wahana permainan menarik untuk dicoba bersama anak seperti :

  • Jembatan tali
  • Flying fox
  • Water boll
  • Sepeda air
  • Motor goyang
  • Istana balon
  • Perahu dayung
  • Hero bungie

Untuk bisa menikmati wisata di Cilegon Serang ini, Anda hanya perlu membayar tiket 2000 saja lho! Namun untuk bisa menikmati aneka macam wahananya, tentu ada beberapa tambahan biaya.

Pengelola wisata berjanji bahwa ke depannya akan ada penambahan wahana permainan seperti dinosaurus atau tenporer. Pengelola juga akan menggelar event untuk menunjang kenyamanan para wisatawan.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Serang dengan sejuta keindahan yang wajib anda rasakan sensasinya.

10. Masjid Agung Cilegon

tempat wisata di cilegon timur
Foto : https://www.instagram.com/antonchandra/

Masjid Agung merupakan tempat wisata di Cilegon Timur yang bernuansa religi. Bernama Nurul Ikhlas, lokasinya berada persis di di pusat kota, bahkan saling berhadapan dengan rumah dinasnya walikota.

Kalau Anda mencari destinasi wisata yang dekat dengan Stasiun Cilegon, mungkin Masjid Agung bisa menjadi alternatifnya. Tempat ibadah yang mengalami renovasi besar-besaran di tahun 2008 ini memiliki arsitektur megah dan estetik.

Sebenarnya, Masjid Agung sendiri sudah ada sejak lama, ketika Islam baru berkembang di Indonesia. Namun, masjid ini direnovasi dan dikembangkan menjadi sebuah bangunan yang bagus dan megah beberapa tahun belakangan.

Nah, yang menarik dari kawasan Masjid Agung Cilegon ini adalah kubahnya. Kubah yang ada di masjid ini hampir sama dengan yang ada di masjid Nabawi kota Madinah dengan warna hijau ikoniknya.

Masjid ini juga memiliki serambi yang sangat luas dan bisa menampung banyak sekali jamaah. Kalau Anda berada di Cilegon, sepertinya wisata religi satu ini layak untuk Anda kunjungi.

11. Pulau Merak Kecil

wisata keluarga di cilegon
Foto : https://www.instagram.com/rejekiuti/

Pulau Merak Kecil adalah tempat wisata alam di Cilegon yang banyak dikenal. Sebenarnya, pulau ini lebih ke sebuah pantai dengan suguhan sebuah pemandangan yang begitu indah.

Di pulau ini, Anda bisa bersantai sambil melihat indahnya anugerah Tuhan. Berbeda dengan Pulau Merak Besar yang didominasi dengan pepohonan, maka pulau ini menonjolkan keindahan lautnya.

Keindahan laut yang ada di Pulau Merak Kecil sungguh menjanjikan dan dijamin akan membuat Anda betah untuk tinggal dikawasan ini. Saking indahnya pemandangan laut yang ada di pulau ini, Anda yang berdiri di garis pantai bisa menyaksikan biota laut.

Selain biota lautnya yang memukau, ada juga batu-batu karang indah dan cantik di kawasan pulau ini. Kalau Anda suka untuk menyaksikan keindahan bawah laut, cobalah untuk snorkeling.

Pengelola wisata sudah menyiapkan tempat untuk meyewakan aneka macam perlengkapan snorkling bagi siapapun yang tertarik menyelam. Kalau Anda penasaran dengan keindahan laut dari Pulau Merak Kecil, datang saja langsung ke Kecamatan Pulomerak.

12. Pesona Waterpark

tempat wisata anak di cilegon
Foto : https://www.instagram.com/ataplangit4x4/

Pesona Waterpark merupakan destinasi satu-satunya yang ada di kota Cilegon yang menyediakan sebuah kolam dengan ombak. Waterpark ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Di waterpark ini, Anda bisa berenang dengan ombak buatan yang sangat mengasyikkan. Kalau Anda mencari tempat wisata yang bisa membuat tubuh segar dari panasnya kota Cilegon, maka Pesona Waterpark ini pilihan tepat.

Cobalah merasakan petualangan air seru dengan kolam ombaknya. Tidak harus ke pantai untuk bisa merasakan ombak yang mengasyikkan karena Pesona Waterpark bisa menawarkan fasilitas tersebut.

Selain mencoba kolam ombak, Anda juga bisa menikmati slide pool untuk mengasah adrenalin. Ada juga wahana olympic pool yang bisa dicoba. Berlokasi di Jl. Bojonegara Km 3, Anda hanya perlu menyiapkan tiket masuk Rp 50.000 saja lho saat weekdays.

Kalau weekend atau sedang tanggal merah, maka Anda bisa menyiapkan tiket masuk seharga Rp 75.000. Dengan tarif tersebut, Anda sudah bisa bebas menikmati fasilitas yang disediakan oleh Pesona Waterpark.

13. Situ Rawa Arum

wisata alam cilegon
Foto : https://www.instagram.com/ryan_mediana/

Mau mencari wisata alam yang indah di kawasan Cilegon? Jangan lupa untuk kunjungi Situ Rawa Arum. Destinasi berupa danau ini tidak kalah terkenalnya kok dengan tempat wisata lainnya di Cilegon.

Situ Rawa Arum sendiri memiliki lokasi yang menakjubkan dengan pemandangan danau dan alamnya yang indah. Danau ini sering sekali digunakan untuk foto prewedding.

Kalau memang Anda suka sekali untuk mencari lokasi foto unik, maka Situ Arum Rawa cocok sekali menjadi destinasi yang dikunjungi.

Tidak hanya bisa hunting foto, Anda bisa bersantai dan menghabiskan waktu bersama pasangan atau teman di sekitar danau. Anda juga berkeliling danau dengan naik kapal yang telah disewakan.

Kalau Anda hobi memancing, cobalah untuk membawa peralatan pancing. Dan mencari ikan di danau ini sambil menyeruput kopi dan menikmati indahnya alam di Situ Rawa Arum.

Kawasan wisata satu ini berlokasi di Jl. Kampung Tegal Wangi nomor 62, Gerogol.

14. Krakatau Country Club

tempat wisata di cilegon
Foto : https://www.instagram.com/raisomoto.inc/

Krakatau Country Club adalah tempat wisata di Cilegon terbaru yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama saat tanggal merah. Berlokasi di Jalan H. Yasin Beiji, Purwakarta, waterpark satu ini menawarkan banyak sekali wahana permainan.

Setidaknya, pengelola telah menyediakan hingga 10 wahana untuk dinikmati. Mulai dari race slide, tube slide, family slide hingga sebagainya.

Kalau Anda takut mencoba permainan di Krakatau Country Club, tenang saja! Pengelola telah menyediakan life guard untuk keamanan wisatawan. Life guard sudah memiliki sertifikat sehingga bisa menjamin keselamatan Anda selama berenang atau bermain di wahana.

Kalau sedang berada di Krakatau Country Club, sepertinya Anda perlu mencoba semua wahana permainannya deh.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Tangerang Banten yang hits dan kekinian.

Kira-kira, dari 14 tempat wisata di Cilegon yang sudah disebutkan di atas, manakah menurut Anda yang paling menarik? Apakah semuanya menarik bagi Anda dan ingin sekali dijelajahi satu per satu?

Travel Vlog Romatic Trip Negeri Atas Awan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here