Pulau Mursala atau juga disebut dengan Pulau Mansalaar adalah pulau terbesar yang berada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Sebagai informasi, pulau ini sempat membuat produsen film Hollywood terpesona dengan keindahan alamnya untuk keperluan shooting film.

Jarak Mursala Island dari kota Sibolga sejauh 22,5 km. Pulau ini memiliki luas 8.000 hektar dengan dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang indah.

Untuk mengurangi rasa penasaran Anda terhadap wisata ini, berikut disajikan informasi lengkap seputar Pulau Mursala Sibolga:

Harga Tiket Masuk Pulau Mursala

harga tiket masuk pulau mursala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112270149921736159390

Sebelum datang mengunjungi Pulau Mursala, Anda juga perlu mengetahui besaran biaya ke Pulau Mursala. Ringkasan biaya yang tersusun rapi akan membuat wisata Anda dapat terlaksana dengan baik.

Sebenarnya, untuk tiket masuk wisata ini digratiskan. Biaya yang harus Anda keluarkan adalah membayar tiket kapal untuk menyeberang.

Tarif untuk perahu yang Anda tumpangi sekitar Rp1,3 juta dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Apabila Anda menggunakan kapal biasa, waktu tempuhnya sekitar 3 jam.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pulau mursala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117537629655111041011

Lokasi tepat dari Pulau Mursala adalah berada di Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah dan terletak sebelah Barat Daya Kota Sibolga.

Cara ke Pulau Mursala dapat Anda lakukan dengan beberapa cara.

Bagi Anda yang menggunakan jalur udara dapat mendarat di Bandara Dr Ferdinand Lumban TobingTobing. Selanjutnya, Anda langsung saja melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor ke Pelabuhan Sibolga.

Untuk rute yang harus Anda tempuh mulai dari Jalan Berkat Siburian menuju Jalan Lintas Barat Sumatera. Perjalanan dapat Anda lanjutkan ke Jalan Horas hingga menuju Pelabuhan Sibolga.

Setelah Anda sampai di pelabuhan, dari pelabuhan tersebut Anda dapat menyebrang ke Pulau Mursala Sibolga.

Bagi Anda yang menggunakan jalur laut, Anda harus sampai terlebih dahulu di Pelabuhan Sibolga. Setelah itu, Anda langsung saja melanjutkan perjalanan dengan menyebrang menggunakan kapal agar dapat sampai ke Pulau Mursala Sibolga.

Bagi Anda yang menggunakan jalur darat, rute perjalanan dapat Anda mulai dari pusat kota Sibolga. Selanjutnya, Anda perlu melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor ke Pelabuhan Sibolga.

Rute yang harus Anda tempuh mulai dari Jalan Diponegoro lalu menuju Jalan Lintas Barat Sumatera. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Horas hingga sampai ke Pelabuhan Sibolga.

Nah, dari pelabuhan tersebut Anda dapat menyebrang ke Pulau Mursala Sibolga. Bagi Anda yang masih bingung dengan rute-rute yang harus Anda lalui. Anda dapat meminta bantuan aplikasi Google Maps yang tersedia di App Store maupun Play Store.

Fasilitas

fasilitas pulau mursala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112940227998045243979

Beragam fasilitas wisata dari pulau ini dapat Anda nikmati, di antaranya seperti:

  • Area parkir yang luas
  • Musholla
  • Saat Anda kembali ke kotanya Sibolga, Anda dapat menemukan penginapan atau hotel dengan tarif yang bervarias.
  • Restoran atau warung

Di tempat makan, Anda dapat melakukan wisata kuliner karena makanan yang ditawarkan kebanyakan makanan khas dari Pulau Sumatera. Salah satu menu yang harus Anda coba adalah Ikan Mas na niura. Makanan tersebut dulunya merupakan makanan yang terkenal sebagai hidangan untuk raja-raja.

Jam Buka

jam buka pulau mursala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106242902742567391624

Tidak perlu khawatir tutup, Wisata Pulau Mursala dapat Anda kunjungi setiap hari, selama waktu 24 jam. Dengan begitu, Anda dapat menikmati keindahan Pulau Mursala bersama orang tercinta sepuasnya.

Datang juga ke –> Pulau Kalimantung dengan view alam memukau.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pulau mursala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104534545855620026888

Aktifitas-aktifitas yang bisa pengunjung lakukan di objek wisata ini adalah sebagai berikut:

Menikmati air terjun

Salah satu spot andalan yang dimiliki wisata ini adalah air terjun Pulau Mursala. Air terjun pulau ini memiliki ketinggian sekitar 35 m. Uniknya, air terjun ini memiliki aliran air terjun yang langsung mengarah masuk ke laut. Letak air terjun ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Di Indonesia sendiri, air terjun yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia hanya terdapat 2 air terjun. Air terjun satunya berada di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara dengan nama air terjun Kahatola.

Sebagai informasi, air terjun wisata ini berasal dari aliran sungai terpendek di dunia. Dengan lebar sekitar 400 m dan panjang 700 m. Aliran tersebut mengalir melalui batuan granit yang berada di tebing pulau.

Selanjutnya, meluncur tercurah ke bawah dengan suara gemuruh masuk ke dalam area laut. Tentunya proses tersebut akan mampu menciptakan pemandangan yang mempesona.

Air terjun ini memiliki legenda tersendiri menurut penduduk lokal. Konon, air terjun tersebut merupakan tempat bermain seorang permaisuri cantik yang bernama Putri Runduk.

Pada masanya, Putri Runduk terkenal dengan wajah yang sangat cantik sehingga juga terkenal sampai luar kerajaan.

Mengunjungi Pulau Jambe

Pulau Jambe adalah perairan dangkal yang terdiri dari terumbu karang dan aneka jenis ikan.

Melakukan hunting foto

Dimanapun liburannya, tentu Anda tidak boleh lupa untuk membawa peralatan foto, sama pula halnya saat berlibur di Pulau Mursala.

Berbagai macam pemandangan dapat Anda temukan di pulau ini. Tentunya dengan kamera dapat membantu untuk mengabadikan sekaligus dijadikan kenang-kenangan untuk orang tersayang.

Di wisata ini, Anda akan dimanjakan dengan panorama eksotis dari alam di sekitar. Diantaranya seperti hutan dengan pepohonan yang tumbuh rimbun.

Selain itu, juga pasir putih yang terbentang luas di area pulau, air laut berwarna biru, dan lainnya. Semua view tersebut dapat Anda jadikan sebagai latar belakang foto Anda.

Mengunjungi Teluk Labuan Hunik

Spot ini merupakan tempat yang cocok digunakan para pengunjung untuk diving dan snorkeling.

Mengunjungi Pulau Silabu Na Menek

Di sini, terdapat batu yang menjorok berbentuk burung yang berada di ketinggian sekitar 70 mdpl di pantai curam. Batu tersebut biasa disebut dengan Batu Garuda.

Di sini juga terdapat Bonsai Pinang Merah alam di atas bebatuan curam yang dapat Anda nikmati keindahannya.

Menikmati laguna dengan pantai pasir putihnya yang menyatu antara Pulau Silabu-labu Na Godang dan Pulau Kalimantung Na Menek.

Mengunjungi Pulau Putri

Di spot ini terdapat pantai pasir putih yang indah dengan perairan dangkal dan kehidupan bawah laut yang mempesona.

Anda dapat menikmati semua aktifitas di atas saat mengunjungi wisata Pulau Mursala. Buatlah momen indah yang dapat dikenang untuk semua.

Kunjungi juga –> Pantai Pandan yang menawan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pulau mursala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103824045055382730132

Berbagai tips berkunjung di bawah ini semoga membantu melancarkan aktivitas liburan Anda, di antaranya:

  • Sebelum berangkat, pastikan untuk mengecek kondisi kesehatan dan cuaca yang berlaku di wilayah tersebut.
  • Bawalah peralatan kesehatan seperlunya dan baju ganti yang nyaman.
  • Pastikan untuk selalu mematuhi aturan yang telah diatur pihak pengelola agar liburan Anda tetap aman.
  • Selalu menjaga kebersihan sekitar wisata, pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Review sebelumnya –> Pantai Bosur yang memikat.

Wisata Terdekat

wisata terdekat pulau mursala
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103824045055382730132

Salah satu wisata terdekat yang dapat Anda kunjungi dari Pulau Mursala adalah Pulau Kalangan Indah. Wisata ini juga berada di Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Di wisata Pulau Mursala ini terdapat pantai pasir putih yang dikelilingi oleh bukit hijau, pohon dan tanaman perdu di pinggirnya. Dengan begitu, suasana sekitar pantai menjadi sejuk dengan panas yang tidak menyengat.

Trip ke Pulau Mursala dapat Anda lakukan bersama keluarga, sahabat, pasangan ataupun rekan kerja Anda. Jangan pikirkan pekerjaan dan semua hal yang membebani liburan Anda, selalu santai dan nikmati liburan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 8 =