Pantai Pandan merupakan salah satu wisata pantai yang paling populer di daerah Sibolga. Pantai yang berada di pesisir Sibolga ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik saat libur maupun hari biasa.

Ketika mengunjungi pantai ini, sejauh mata memandang akan terlihat hanyalah pemandangan perairan biru yang membentang di laut lepas. Dan sebelah kanannya ada bukit lumayan tinggi yang merupakan daratan Sibolga.

Air laut yang hijau kebiru-biruan cukup jernih dan tenang, bahkan tanpa ombak. Sehingga pengunjung bisa berenang sejauh beberapa meter dari mulut pantai dengan aman. Semakin penasaran bukan tentang Pandan Beach ini? Langsung saja yuk simak artikelnya di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pandan

harga tiket masuk pantai pandan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109572731315379199402

Untuk bisa menikmati daya tarik di sini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya masuk sebab tempat wisata ini gratis. Akan tetapi jika ingin menikmati beberapa fasilitas yang ada seperti penyewaan barang dan parkir pengunjung harus mengeluarkan uang.

Jangan khawatir mengenai sewa karena tarifnya standar jadi tidak akan memberatkan pengunjung. Untuk harga sewa yang dibandrolkan biasanya masih dapat mengalami perubahan tergantung dari pihak pengelola.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi pantai pandan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109453901793514654726

Wisata Pantai Pandan beralamatkan di Jl. Sisingamaraja, Jl. Padang Sidempuan, Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Karena tempatnya strategis Anda bisa menuju ke lokasi dengan gampang.

Infrastruktur yang tersedia di daerah Sibolga untuk mengakses tempat wisata sudah sangat mendukung. Rute yang ditempuh pun bisa diakses melalui jalur darat ataupun udara.

Tersedia penerbangan langsung yang bisa Anda gunakan yaitu dari Jakarta ke Sibolga atau Medan ke Sibolga. Lalu, dari bandara Dr. F. L. Tobing yang ada di Sibolga Anda bisa naik angkutan umum atau carter mobil menuju arah pusat kota.

Jika Anda memilih jalur darat, setiap hari ada bus umum dan travel minibus jurusan Medan-Sibolga yang beroperasi. Nah, Pantai Pandan tepat berada di pinggir jalan lintas ke arah pusat kota dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Daya Tarik Pantai Pandan

daya tarik pantai pandan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113024667439858897297

Pantai Pandan memang memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Beberapa daya tariknya yaitu:

Hamparan pasir putih

Memiliki pasir putih yang bersih dan sangat lembut. Wisatawan bisa berjalan-jalan di atas pasir putih sambil menikmati nuansa pantai yang ciamik.

Ombak tenang

Memiliki ombak yang tidak berbahaya sehingga berbagai macam aktivitas air bisa dilakukan. Anak-anak kecil pun bisa bermain di sekitar bibir pantai dengan aman.

Pemandangan sunset yang indah

Ketika sore hari tiba, wisatawan berkesempatan menyaksikan pemandangan sunset di pantai ini. Perpaduan warna orange kemerah merahan memberikan suasana yang menenangkan dalam hati.

Flora dan fauna

Pantai di Sibolga ini kaya akan flora dan fauna yang cantik, seperti terumbu karang masih memiliki ekosistem yang asri. Selain itu, beragam keindahan biota laut yang ada sangat memukau.

Fasilitas

fasilitas pantai pandan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106391221257746105370

Seperti kebanyakan destinasi wisata lainnya yang selalu menawarkan fasilitas terbaik dan memadai kepada pengunjung, Pantai Sibolga pun juga demikian. Fasilitas-fasilitas di sini juga cukup memadai. Fasilitas yang disediakan diantaranya:

Warung dan restoran

Fasilitas ini menyediakan berbagai macam makanan khas daerah Sibolga dan minuman untuk para wisatawan yang datang. Fasilitas ini akan sangat membantu, terlebih lagi untuk wisatawan yang tidak membawa bekal makanan sendiri.

Toko souvenir

Berlibur kemanapun kurang lengkap jika tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Nah di Pantai Pandan terdapat toko souvenir yang menjual berbagai benda khas laut. Seperti terbuat dari kerang atau binatang laut lainnya.

Tempat parkir

Apabila datang berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda tidak perlu takut mengenai parkir. Sebab di sini tersedia area parkir yang begitu luas.

Penyewaan ban renang

Meskipun tidak pandai berenang namun ingin bermain bebas di air laut, tenang saja Anda bisa menyewa ban di tempat penyewaan. Dijamin Anda akan lebih puas bermain-main di sana.

Penyewaan perahu

Tidak hanya penyewaan ban saja, terdapat juga tempat sewa perahu untuk para wisatawan. Di sini Anda bisa menyewa untuk mengelilingi pantai Sibolga dengan memandangi pemandangan laut dan sekitarnya yang begitu mempesona.

Jam Buka

jam buka pantai pandan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112125167874128537619

Anda dan wisatawan lainnya bisa datang berwisata ke Pantai Pandan kapan saja, sebab memiliki waktu operasional selama 24 jam. Dan dibuka setiap hari sehingga Anda bisa bebas datang saat weekday maupun weekend.

Namun demi kenyamanan Anda, sebaiknya pilih waktu terbaik untuk berkunjung di sini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan pantai pandan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112255612146720594951

Berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pandan yaitu:

Hunting Foto

Kurang lengkap jika berkunjung ke suatu wisata tanpa berfoto-foto. Wisata di Pandan menyediakan spot-spot foto indah yang nantinya akan menghasilkan gambar Pantai Pandan Sibolga instagramable.

Berenang

Berpuas-puaslah berenang di sini, sebab airnya yang jernih akan membuat Anda betah berlama-lama. Ombaknya yang tidak besar akan membuat aktivitas renang Anda semakin nyaman.

Berkuliner

Memiliki hasil laut yang melimpah, membuat kuliner khas seafood di sini begitu populer. Akan sangat nikmat jika Anda menyantap seafood dengan air kelapa sambil memandangi matahari yang akan tenggelam.

Berburu Souvenir

Ketika sudah puas melakukan berbagai aktivitas, jangan buru-buru pulang. Luangkan waktu untuk membeli souvenir khas wisata ini yang dibandrol dengan harga murah, Anda tidak perlu takut kantong akan jebol.

Diving

Para pecinta diving, Anda bisa mengunjungi Pantai Pandan yang ada di Tapanuli Tengah ini. Kegiatan menyelam di pantai ini menjadi favorit masyarakat dan para pengunjung tentunya. Jangan khawatir Anda di sana juga akan dibekali peralatan selam lengkap.

Bermain Jet Ski

Permainan jet ski juga sangat menarik untuk Anda coba, Anda akan mendapatkan sensasi naik motor di atas air. Jet ski tidak hanya permainan biasa, namun olahraga air yang sedang digandrungi di kalangan anak muda.

Review sebelumnya –> Pulau Kalimantung yang mempesona.

Tips Berkunjung

tips berkunjung pantai pandan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/118312013125563472074

Sebelum berlibur menikmati keindahan alam Pantai Sibolga, simaklah tips-tips berkunjung berikut ini agar liburan semakin menyenangkan.

  • Karena banyak sekali spot foto yang indah-indah sebaiknya bawa kamera untuk mengabadikannya agar Anda tidak menyesal nantinya.
  • Banyak aktivitas air harus untuk dicoba, maka dari itu bawalah baju renang yang nyaman dipakai dan juga baju ganti.
  • Keindahan pantainya masih alami, pastikan aturan yang ada seperti membuang sampah di tempatnya harus ditaati.
  • Bagi Anda yang belum puas dan ingin melanjutkan explore besok harinya, maka sebaiknya bermalam. Dengan mencari hotel di Pantai Pandan Sibolga terdekat.

Beberapa informasi di atas mengenai wisata Pantai Pandan yang sudah disebutkan, pastinya membuat Anda penasaran. Nah, tunggu apalagi, ketika musim libur jangan lupa berkunjung untuk menikmati keindahan panorama pantai.

Jika sudah sampai dijamin Anda akan terpukau sekaligus kagum dengan apa yang disuguhkan oleh Pantai Pandan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + five =