Pulau Baai merupakan kepulauan indah di Bengkulu yang dipenuhi oleh berbagai jenis ragam wisata. Meskipun sangat mempesona, namun di sini masih belum banyak diekspos sehingga wisatawannya tidak akan sebanyak tempat lain.

Di pulau ini Anda dapat melakukan staycation di villa maupun hotel terdekat supaya bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di sini. Akses menuju ke lokasi ini sangat mudah karena sudah terdapat pelabuhan bertaraf internasional yang akan dikembangkan oleh pemerintah.

Meskipun belum banyak diketahui orang, namun destinasi wisata di tempat ini tidak kalah dengan area wisata terkenal seperti Bali. Di Pulau Baai juga terdapat Pantai Panjang, Pantai Tapak Paderi, Pantai Berkas serta beragam spot berlibur lainnya.

Harga Tiket Masuk Pulau Baai

harga tiket masuk pulau baai
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104355195143077584902

Wisata Pulau Baai Bengkulu sangat beragam mulai dari pantai, wahana air, sampai dengan berbagai pusat jajanan untuk memanjakan lidah pengunjungnya. Untuk dapat masuk ke pulau ini, Anda tidak perlu membayar biaya masuk, namun tetap membayar jika hendak berwisata.

Pantai-pantai di Pulau Baai dipasang tarif sekitar Rp10.000 sampai dengan Rp20.000 untuk biaya masuknya. Harga tiket tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan kebijakan pengelola wisata pada saat itu.

Meskipun tarif masuknya murah, namun pemandangan serta fasilitasi di berbagai wisata Pulau Baai ini sangatlah Indah. Anda bisa menyinggahi banyak pantai untuk healing dan menghabiskan masa-masa liburan.

Alamat dan Rute Lokasi Pulau Baai

alamat dan rute lokasi Pulau Baai
Foto : https://www.instagram.com/jojo_hutagalung/

Pulau Baai terletak di Kepulauan Melayu Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu, akses menuju tempat ini sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan perahu serta berlayar di Pelabuhan Pulau Baai, lokasi ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bengkulu.

Setelah sampai di pelabuhan, Anda bisa mengakses berbagai macam fasilitas publik baik secara langsung maupun online. Tempat ini memiliki sisi gelap yaitu terdapat Lokalisasi Pulau Baai Bengkulu, namun sekarang pulau ini sudah lebih maju dan terstruktur.

Alamat yang cukup jauh dengan pusat Kota Bengkulu membuat tempat ini terasa damai dari hiruk pikuk perkotaan. Suasana seperti itu sangat cocok untuk melepas penat setelah berbulan bulan bekerja di keramaian.

Fasilitas di Pulau Baai

fasilitas pulau baai
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104909167470665138467

Selain terdapat Jembatan Pulau Baai, berikut adalah fasilitas-fasilitas yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke tempat asri ini:

Supermarket

Tidak perlu khawatir kehabisan sembako, air mineral maupun camilan karena di Pulau ini terdapat banyak supermarket. Anda juga bisa melakukan belanja bulanan sebelum memutuskan untuk staycation di Pulau Baai.

Beragam Pantai

Pulau Baai terletak di daerah pesisir maka terdapat banyak pantai mengagumkan yang harus dikunjungi di sana. Salah satu pantai terkenal adalah Tapak Paderi yang memiliki rating bagus di google maps.

Pelabuhan bertaraf Internasional

Selain mempunyai akses darat yang bagus, Pulau Baai dikenal telah memiliki pelabuhan bertaraf internasional. Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan penyebrangan antar Pulau karena telah terjamin keamanan serta kenyamanan.

Tata Kota yang Bagus

Selain memiliki sarana transportasi darat yang bagus, pulau ini juga terkenal dengan tata kotanya. Semua perumahan, industri kecil sangat terstruktur dengan baik dan memiliki izin untuk mendirikan bangunan sesuai Undang Undang.

Jam Buka Pulau Baai

jam buka pulau baai
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106367341989484918850

Alamat Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu ini terletak cukup jauh dari kota. Namun dekat dengan berbagai fasilitas publik seperti swalayan serta klinik kesehatan. Meskipun letaknya di pinggiran namun Anda tidak perlu khawatir akan kenyamanan untuk berlibur di sini.

Jam buka Pulau Baai adalah 24 jam penuh. Karena pelabuhan bertaraf internasional ini banyak menerima belasan bahkan puluhan kontainer berisi benda-benda penting. Baik tanggal merah maupun akhir pekan, tempat tersebut tidak pernah libur.

Anda dapat mengunjungi Pulau Baai sesuai dengan kenyamanan karena jam bukanya tidak terbatas. Namun disarankan pada pagi hari untuk menghindari banyaknya antrian truk kontainer barang. Yang dimana biasanya datang ketika malam hari.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pulau Baai

aktivitas yang bisa dilakukan pulau baai
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117975437317612818186

Baai Island Bengkulu merupakan tempat indah dengan berbagai macam kawasan wisata. Berikut adalah aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika sedang berlibur di Pulau Baai:

Berlibur ke Pantai

Pulau ini memiliki banyak pantai dengan keindahan pemandangan alamnya, salah satunya adalah Pantai Tapak Paderi dan Pantai Brankas. Kedua tempat wisata tersebut sangatlah digemari oleh masyarakat lokal baik ketika hari biasa maupun liburan.

Berbeda dengan kedua destinasi wisata tersebut, Pantai Panjang terasa lebih private karena sangat jarang terekspos. Lokasinya indah dan cocok untuk melepas penat namun jarak tempuh menuju tempat tersebut cukup sulit sehingga banyak orang melewatkannya.

Staycation

Selain bermain ke Pantai, Anda bisa menginap di villa atau hotel untuk sekedar menikmati suasana berbeda. Tersedia banyak penginapan nyaman bisa dipilih untuk menemani masa liburan Anda.

Wisata edukasi ke Pelabuhan

Selain berliburan ke pantai, Anda juga bisa menyambangi pelabuhan untuk melakukan wisata edukasi. Di sana akan dapat dengan mudah mempelajari sistem transportasi air di Indonesia serta melihat berbagai jenis kapal yang ada.

Kunjungi juga –> Danau Dendam Tak Sudah dengan view mempesona.

Tips Berkunjung di Pulau Baai

tips berkunjung pulau baai
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104355195143077584902

Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan perahu Penyebrangan ke Pulau Baai, kemudian mencari kendaraan publik atau menunggu jemputan di pelabuhan. Jangan lupa untuk membawa berkas serta dokumen penting ketika di penyebrangan, karena akan selalu dilakukan pengecekan berkala.

Selain itu, bawalah sedikit cash dan simpanlah sisanya di ATM maupun kartu debit untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, membawa sedikit uang tunai akan terasa lebih hemat dan terasa nyaman karena jauh dari rasa khawatir kehilangan.

Membawa mobil pribadi akan lebih nyaman dan fleksibel untuk menyesuaikan dengan jadwal berlibur ke berbagai pantai. Mengingat akses jalan menuju destinasi wisata terkadang tidak dilewati oleh kendaraan publik lokal.

Membawa kamera digital serta baju ganti untuk persediaan selama berlibur di Pulau Baai harus dipertimbangkan dengan matang. Udara siang yang terasa sangat panas biasanya membuat anak kecil sedikit rewel jika tidak mengenakan pakaian nyaman.

Review sebelumnya –> Pantai Panjang yang mengagumkan.

Keunggulan Pulau Baai

keunggulan pulau baai
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115696696112881568647

Pulau Baai di Bengkulu memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya sebagai primadona wisata, berikut keunggulannya:

Memiliki berbagai macam fasilitas publik

Terdapat beragam toko serta swalayan untuk menunjang kebutuhan harian selama berlibur di Pulau Baai. Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu membutuhkan sesuatu karena kebanyakan took disini akan buka sampai larut malam.

Memiliki banyak wisata Indah

Terdapat banyak pantai indah yang lokasinya cukup berdekatan satu sama lain sehingga akan menghemat banyak waktu ketika dikunjungi. Tempat-tempat tersebut lebih mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi.

Itulah seputar informasi singkat mengenai Pulau Baai di Bengkulu, Anda dapat segera merencanakan waktu untuk menghabiskan masa liburan di sini. Pastikan untuk membawa dokumen penting ketika hendak menyebrang supaya tidak tertahan di penyebrangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + six =