Siapa yang tahu kalau Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata indah? Salah satu destinasi wisata Indonesia yang wajib dikunjungi di Bengkulu adalah Pantai Panjang.
Pantai Panjang termasuk ke dalam pantai indah nan cantik kesukaan para wisatawan.

Disebut pantai panjang karena memiliki keindahan garis pantai panjangnya sekitar 7 km dan lebar pantai saat surut sekitar 500 meter.

Sebelum mengunjungi pantai panjang di Bengkulu ini, Anda perlu untuk mengetahui informasi mengenai pantai ini. Berikut informasi sebagai bekal awal sebelum mengunjungi pantai panjang ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Panjang

harga tiket masuk pantai panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/108895891423557646986

Anda mungkin tidak akan mengira bahwa ketika mengunjungi Pantai Panjang bisa datang secara cuma-cuma. Pasalnya Pantai Panjang tidak memiliki tiket masuk alias gratis bagi pengunjung.

Namun, bisa jadi Anda hanya perlu untuk membayar parkir untuk penjaga kendaraan. Sehingga tetap aman dan nyaman meninggalkan kendaraan.

Alamat dan Rute Lokasi Menuju Pantai Panjang

alamat dan rute lokasi pantai panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102563030601500719650

Pantai Panjang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Bengkulu. Tepatnya Pantai Panjang Bengkulu terletak di kawasan Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara dan Kec.Ratu Sambon, Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu.

Untuk menuju Pantai Panjang, jika berangkat dari arah pusat Kota Bengkulu akh ditempuh dengan jarak kurang lebih 1,5 km. Jalan yang akan dilalui pun sangat mudah diakses dengan kendaraan apapun.

Anda bisa membawa kendaraan melalui Jl. Fatmawati lalu melalui Jl. Ratu Agung. Setelah itu tetap melaju ke Jl. Samudera lalu melaju terus hingga tiba di area Pantai Panjang.

Ketika sedang dalam perjalanan menuju Pantai Panjang, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan taman sejuk nan indah. Terdapat beberapa lokasi untuk duduk santai sambil menikmati keindahan.

Fasilitas di Pantai Panjang

fasilitas pantai panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111094459660801869863

Sebagai destinasi wisata, Pantai Panjang pasti sudah memiliki fasilitas mumpuni untuk menunjang pengalaman berlibur. Fasilitas juga menambah kenyamanan pengunjung ketika berkunjung di destinasi wisata ini.

Berbagai fasilitas di Wisata Pantai Panjang Bengkulu adalah sebagai berikut:

  • Area Parkir kendaraan di beberapa lokasi
  • Berbagai kios makanan dan minuman
  • Restoran makanan
  • Berbagai spot foto menarik
  • Area permainan anak
  • Pusat perbelanjaan oleh – oleh
  • Fasilitas olahraga
  • Berbagai wahana permainan

Selain fasilitas di atas, bagi Anda yang ingin lebih lama menikmati keindahan pantai panjang. Terdapat banyak penginapan di pantai panjang, mulai dari penginapan dengan harga terjangkau hingga berbagai pilihan hotel mewah.

Jam Buka Pantai Panjang

jam buka pantai panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106748470589589695152

Informasi menarik nih kalau Pantai Panjang Bengkulu ini dapat dikunjungi setiap saat. Akses pantai ini tidak terikat dengan waktu seperti pantai bisanya.

Pantai Panjang sendiri memiliki jam operasional dibuka setiap hari Senin sampai Minggu selama 24 penuh. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan Pantai kapan saja.

Mengenal Pantai Panjang

mengenal pantai panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110207024144846775136

Pantai Panjang memiliki pesona begitu indah saat air laut sedang surut. Pantai ini akan memberikan pemandangan begitu luas hamparan pasir putih lembut.

Deburan ombak yang segar nan tenang bisa menjadi pusat perhatian telinga ditambah lagi hembusan angin segar. Anda bisa santai sejenak di pinggir Pantai dari kesibukan sehari – hari.

Suasana sejuk mampu untuk membuat keadaan adem. Terdapat taman dengan pohon cemara dan pinus tak jauh dari lokasi Pantai Panjang.

Jangan lupa untuk menikmati keindahan Pantai Panjang saat pagi dan sore hari. Pemandangan matahari terbit serta matahari tenggelam sungguh begitu cantik yang tidak boleh Anda lewatkan.

Tidak hanya Pantainya saja, terdapat pula festival di Pantai Panjang. Sehingga Anda bisa menyaksikan festival di dekat pantai.

Festival ini telah diselenggarakan tahunan oleh pengelola destinasi wisata Pantai Panjang. Berbagai event akan diselenggarakan mulai dari kreasi pasir, lomba foto serta vlog, permainan volley pantai, kompetisi surfing dan lain sebagainya.

Pengisi acara dari festival Pantai Panjang ini dihadiri oleh musisi asli dari Bengkulu. Namun, tidak menutup kemungkinan pengisi acara bisa berasal dari luar Bengkulu
Namun, dibalik pemandangan serta keindahan Pantai Pahawang ternyata memiliki berbagai cerita serta hal mistis.

Berbagai cerita misteri Pantai Panjang Bengkulu berseliweran di masyarakat sekitar bahkan pengunjung.

Anda tidak perlu ragu untuk tetap datang ke Pantai Panjang. Ketika berkunjung pastikan tetap untuk menjaga diri serta teman atau keluarga.

Selain itu, perlu untuk menghargai apa yang ada di Pantai Panjang Bengkulu. Caranya dengan tetap menjaga kebersihan serta memperhatikan seluruh rambu – rambu dai petugas pantai.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Panjang

aktivitas yang bisa dilakukan pantai panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100756345361575617211

Pantai Panjang menyajikan aktivitas yang bisa Anda lakukan sebagai penambah pengalaman berlibur. Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Long Beach Bengkulu adalah sebagai berikut:

Mengelilingi Pantai dengan menggunakan delman

Terdapat cara unik yang bisa kamu lakukan untuk menikmati seluruh keindahan Pantai Panjang. Berkeliling pantai dengan menggunakan delman salah satunya.

Anda perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp. 30.000 tiap delman. Serta sebuah delman mampu untuk 4 orang saja.

Bermain pasir di sekitar pantai

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai tanpa bermain pasir. Bisanya anak-anak akan suka dengan aktivitas ini karena mampu untuk membangun daya imajinasi mereka.

Berkeliling dengan sepeda

Anda perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp.20.000 untuk bersepeda mengelilingi Pantai Panjang. Ada pula sepeda yang digunakan 2 orang dengan merogoh biaya sebesar Rp. 30.000.

Untuk mengelilingi Pantai Panjang dengan sepeda disediakan waktu Anda untuk bermain adalah selama 1 jam.

Bermain ATV sekitar pantai

Pantai Panjang juga memiliki permainan ATV dengan biaya sebesar Rp. 50.000. Waktu yang diberikan yaitu selama 20 menit.

Jogging santai

Pantai Panjang adalah lokasi yang cocok untuk jogging. Karena telah disediakan jogging track, bisa digunakan setiap saat baik pagi maupun sore hari.

Bermain Volly Pantai dan Surfing

Lebar Pantai yang cukup luas kurang lebih sebesar 500 meter cocok digunakan untuk kegiatan volly pantai. Tidak hanya itu saja, memiliki deburan ombak kuat sehingga cocok digunakan untuk kegiatan surfing.

Review sebelumnya –> Danau Dendam Tak Sudah yang memukau.

Tips Berkunjung Pantai Panjang

tips berkunjung pantai panjang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104157969835509116289

Ketika mengunjungi Pantai Panjang, perlu mempersiapkan segala sesuatu untuk menambah kenyamanan serta pulang dari berlibur tetap tenang. Berikut adalah beberapa tips berkunjung di Pantai Panjang yang mungkin bisa Anda kunjungi:

  • Pakailah sunblock untuk melindungi kulit dan diri dari paparan sinar matahari.
  • Jika perlu gunakanlah topi untuk lebih melindungi diri.
  • Tetap jagalah kondisi kesehatan Anda ketika berlibur baik bersama teman maupun keluarga.
  • Bawa perlengkapan untuk liburan seperlunya saja serta jangan lupa membawa baju ganti.
  • Jangan lupa mengabadikan momen – momen indah bersama teman maupun keluarga dengan menggunakan kamera ataupun pakai handphone.
  • Saat mengunjungi Pantai Panjang diharapkan tetap selalu menjaga kelestarian alam dengan cara tidak merusak fasilitas.
  • Jangan membuang sampah apapun sembarang di sekitar Pantai Panjang

Pantai Panjang Bengkulu ini bisa dijadikan sebagai tempat healing bareng teman atau orang tercinta. Pastinya ikuti peraturan yang ada di tempat wisata agar suasana liburan tetap nyaman dan tidak merugikan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + fifteen =