Sebagai tempat konservasi gajah, Taman Nasional Way Kambas juga jadi tempat wisata yang tidak sepi pengunjung. Sebagai tempat konservasi, satwa yang dirawat di sini utamanya gajah nantinya akan disebarkan ke semua kebun binatang di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata Lampung ini pastinya membutuhkan beberapa informasi seperti lokasi maupun harga tiketnya. Tak perlu bingung mencari, di bawah ini sudah tersedia beberapa informasinya untuk Anda.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

harga tiket masuk taman nasional way kambas
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107235817758722620501

Pengunjung umum minimal 10 orang yang datang di hari kerja tiketnya Rp5.000 sampai Rp150.000, untuk akhir pekan Rp7.000 sampai Rp225.000. Rombongan mahasiswa minimal 10 orang tiketnya dibanderol Rp3.000 sampai Rp100.000 baik untuk hari kerja maupun akhir pekan.

Jika Anda termasuk rombongan wisata dengan minimal 10 orang, harga tiketnya dibanderol mulai Rp2.500 sampai Rp150.000 tergantung kegiatan dan golongannya. Untuk golongan tiket masuk Way Kambas ini sendiri dibagi dua yaitu umum dan pelajar atau mahasiswa.

Kunjungan dengan tujuan snapshoot film komersial dibanderol Rp250.000 sampai Rp10.000.000. Sementara untuk penelitian harga tiketnya Rp100.000 sampai Rp15.000.000 tergantung lama waktu dan golongannya apakah WNI atau WNA.

Di bagian tarif parkirnya, untuk sepeda di Rp2.000, kendaraan roda dua Rp5.000, empat Rp10.000, dan enam Rp50.000. Yang harus diperhatikan, harga ini bukan patokan pasti dan masih bisa berubah kapanpun.

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi taman nasional way kambas
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105371653063789800803

Taman Nasional Way Kambas terletak di Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, Sukadana, Lampung Timur. Jika diukur dari Kota Bandar Lampung maka harus berkendara sejauh 90 km dan bisa ditempuh sekitar 2.5 jam.

Untuk sampai di tempat wisata ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika ini pertama kalinya berkunjung ke sini dan khawatir akan tersesat, sebaiknya gunakana jasa tour and travel.

Fasilitas

fasilitas taman nasional way kambas
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116721534207443931541

Sebagai tempat yang banyak menarik pengunjung untuk berwisata maupun melakukan kegiatan lain, pastinya pengelola menyediakan beragam fasilitas penunjang. Nah, beberapa fasilitas yang tersedia di Way Kambas National Park adalah sebagai berikut:

  • Pusat Latihan Gajah
  • Resort Way Kanan
  • Penangkaran Badak
  • Hutan Suaka
  • Teater Gajah
  • Pusat Informasi
  • Pesanggrahan
  • Toilet Umum
  • Toko Cinderemata
  • Toko makanan dan minuman
  • Tempat parkir
  • Guest House
  • Visitor Center
  • Shelter

Jam Buka Taman Nasional Way Kambas

jam buka taman nasional way kambas
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112393907849236380817

Apakah Way Kambas buka atau tutup mungkin jadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan calon pengunjung. Untuk saat ini, Way Kambas tutup sementara sejak Desember 2021 dan bukanya masih menunggu hingga pengumuman selanjutnya.

Untuk jam buka tempat wisata ini sebelum ditutup sementara mulai pukul 08:00 sampai 18:00 dan bisa dikunjungi setiap hari. Sementara itu, untuk penelitian yang harus dilakukan di luar jam operasional bisa langsung menghubungi pihak pengelola.

Perkirakan waktu berlibur anda ke Way Kambas dengan maksimal agar semunya berjalan sesuai keinginan.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan taman nasional way kambas
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104002764710903267948

Selain bisa mengamati gajah, di Way Kambas Lampung ini Anda juga bisa melakukan beberapa aktifitas lain yang tidak kalah menarik. Apa saja aktifitasnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Menemui Gajah di PKG

Untuk melihat gajak lebih dekat saat berada di Way Kambas, Anda bisa langsung menuju PKG. Di sini Anda bisa melihat usaha untuk melakukan konservasi gajah dan gajah yang dulunya berkonflik dilatih oleh pawang.

Jika Anda ingin bermain dengan gajah PKG pastikan untuk tetap memperhatikan instruksi dan peraturannya.

Melihat Satwa Liar

Mungkin Anda sudah sering berkunjung ke kebun binatang dan melihat monyet di sana. Akan tetapi, hal ini berbeda pastinya jika bisa melihat hewan ini langsung di alam bebas.

Di taman nasional ini tersedia 300 jenis burung serta 5 mamalia besar khas yang beberapa diantaranya eksotik dan statusnya terancam. Bahkan jika beruntung Anda juga bisa bertemu Badak Sumatera atau Harimau Sumatera.

Menaiki Rumah Pohon

Menikmati pemandangan Taman Nasional Way Kambas dari ketinggian? Anda bisa mendapatkannya dengan naik anak tangga di samping pohon besar. Dengan naik lima anak tangga saja Anda sudah bisa mencapai kepompong yang terbuat dari rotan.

Dari atas rumah pohon ini Anda bisa menikmati pemandangan maupun melihat beragam satwa.

Tips Berkunjung

tips berkunjung taman nasional way kabas
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115689200367967274187

Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Taman Nasional Way Kambas, pastikan mengikuti tips berkunjung ini.

Bersikap Sopan dan Ikuti Peraturannya

Sebagai konservasi satwa yang hampir punah, pastikan Anda tidak melakukan sesuatu dimana bisa merusak tempat ini. Selalu buang sampah pada tempatnya, jangan merokok sembarangan, dan jangan merusakan tanaman atau menyakiti satwa.

Selain menjaga lingkungan, satwa dan juga floranya Anda pun harus berperilaku baik kepada pengelola agar tempat ini tetap lestari.

Pastikan Tubuh dalam Keadaan Sehat

Kondisi badan yang sehat pastinya membuat liburan terasa makin menyenangkan. Maka dari itu, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan agar Anda bisa menikmati keindahan Taman Nasional Way Kambas.

Menggunakan Jasa Tour and Travel

Jika ini pertama kalinya berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, sebaiknya gunakan jasa tour and travel dan travel guide. Kedua jasa ini penting karena akan membantu menggarahkan perjalanan, membimbing masuk serta menemani aktifitas Anda.

Daya Tarik Taman Nasional Way Kambas

daya tarik taman nasional way kambas
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114062148430127524047

Untuk membuat banyak orang tertarik berkunjung ke Way Kambas, tempat wisata ini juga menawarkan beragam daya tarik, seperti:

Suaka Rhino Sumatra

Suaka Rhino Sumatra yang merupakan satu-satunya tempat pengembangbiakan satwa liar di Indonesia yaitu Badak Sumatra. Dikarenakan tempat ini termasuk eksklusif, maka jumlah pengunjung yang masuk pun dibatasi.

Di tempat ini terdapat Proyek Penelitian Pembangunan Populasi Badak Sumatra serta Proyek Penelitian Populasi Harimau Sumatra.

Watching Bird

Resort Way Kanan berlokasi di tempat yang strategis dimana Anda bisa menjangkau beberapa tempat seperti Kalibiru, Wako, dan Kuala Kambas. Nah, di sepanjang sungai Way Kanan sampai pantai Kuala Kambas terdapat gradasi tipe ekosistem yang menarik.

Gradasi ini dimulai dari ekosistem riparian, hutan payau. Lalu dilanjutkan dengan mangrove dan hutan pantai. Di dekat alur sungai, terdapat ekosistem laut hutan hujan dataran rendah dan juga rawa.

Jungle Track

Menikmati flora dan fauna Way Kambas sambil berjalan menyusuri hutan adalah daya tarik ketiga yang ditawarkan tempat wisata ini. Kegiatan jungle track ini dilakukan dengan berjalan sejauh 2 km sambil menikmati pemandangan yang indah.

Berkemah

Sebagian pengunjung mungkin merasas jalan-jalan di Way Kambas masih kurang memuaskan dan ingin merasakan sensasi Waay Kambas saat malam hari. Tak perlu khawatir karena pengunjung diperbolehkan untuk kemah di sini namun hanya di spot-spot tertentu saja.

Taman Nasional Way Kambas ini pastinya menarik untuk jadi tempat liburan di akhir pekan atau saat libur panjang nanti. Jika tertarik berlibur ke sini, lakukan persiapkan dengan baik agar nantinya liburan Anda bisa tenang dan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 10 =