Pantai Wedi Ombo – Berkunjung ke Kota Yogyakarta jangan hanya yang itu-itu saja. Sekali-kali berkunjunglah ke tempat yang memang belum dikunjungi oleh wisatawan lain.

Sehingga, anda bisa menjadi pelopor dan menjadi yang pertama. Seperti halnya, di Pantai Wedi Ombo yang pesonanya tidak kalah dengan kawasan lainnya.

Nama wisata pantai wedi ombo diambil dari bahasa jawa yaitu wedi yang artinya pasir dan ombo yang artinya luas. Walaupun, kenyataannya adalah pasir-pasir yang ada disini tidaklah luas. Namun, bukit-bukit karang yang tampak disini menambah esoktisnya kawasan ini.

Lihat juga daftar 50 Pantai di Gunung Kidul yang terindah.

Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ombo

harga tiket masuk pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/yusuf_syarifudinn/

Harga tiket masuk pantai wedi ombo ini adalah 10 ribu rupiah. Di tambah dengah biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor dan 10 ribu rupiah bag para pengunjung yang membawa mobil.

Jika, ingin menikmati malam di Lokasi wisata pantai wedi ombo. Anda akan dikenakan tariff sebesar 25 ribu rupiah per malamnya.

Ditambah dengan biaya menginap kendaraan untuk motor akan dikenakan 10 ribu. Bagi yang membawa mobil, kita akan dikenakan biaya 25 ribu rupiah per malam.

Kunjungi juga Pantai Slili yang tak kalah indahnya.

Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/atika_muth/

Alamat pantai wedi ombo terletak di Jepitu, Girisubo, Pendowo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari stasiun Yogyakarta anda memerlukan  waktu kurang lebih 1 jam 45 menit. Atau menempuh jarak sejauh 76 km.

Rute menuju pantai wedi ombo bisa melalui berbagai jalur. Pertama kita bisa memilih jalan dari Yogyakarta menuju ke  Piyungan, Pathuk, Wonosari, menuju ke Desa Mulo. Belok ke kiri hingga anda sampai di Jepitu.  Lalu, arahkan kendaraan ke kanan hingga anda akan tiba di titik lokasi.

Jalan menuju pantai wedi ombo Selanjutnya bisa melalui, Jalan wonosari menuju ke Mulo, Baron. Sesampainya di pertigaan belok ke kanan menuju ke kukup, krakal, Tepus, Jepitu. Hingga sampai di objek wisata kebanggaan warga Gunung Kidul ini.

Bila anda berasal dari Kota Solo. Anda bisa menempuh rute Sukoharjo, Wonogiri, Praci, Rongkop. Lalu, Nglindur, Pasar Ngrancah belok ke kanan menuju Jepitu. Kemudian, belok ke kiri dan ikuti saja jalan hingga sampai di Pantai Wedi Ombo.

Menuju ke tempat ini bisa juga melalui Klaten. Arahkan kendaraan ke Semanu, Giripanggang, Cuelo. Di pertigaan lapangan ambil ke kanan menuju ke Jepitu.

Lalu, belok kanan lagi hingga sampai di titik lokasi. Bagaimana, mudah sekali bukan menuju ke objek wisata ini?

Jika masih bingung dengan rute diatas. Anda bisa memanfaatkan teknologi maps yang ada di smartphone anda.

Datang juga ke Pantai Baron yang paling menarik untuk dikunjungi.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

wisata pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/nj_endjhe/

Mengunjungi Pantai Wedi Ombo memang tidak rugi. Karena, keindahan karang yang memang memgesankan membuat anda akan tepukau dibuatnya.

Berikut ini, kita akan melihat berbagai macam aktifitas yang bisa anda lakukan selama mengunjungi objek wisata ini.

1. Berenang di Pantai Wedi Ombo

wisata pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/wisatajogjamantap/

Berenang adalah salah satu aktifitas yang wajib anda lakukan selama mengunjungi tempat ini. Dimana, kawasan ini mempunyai keunikan tersedniri dengan hadirnya kolam renang alami.

Kola mini terbuat dari bebatuan karang. Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Cobalah untuk berendam disini. Rasanya pasti enggan untuk pergi. Apalagi, saat angin berhembus sepoi-sepoi. Rasanya seperti, surga dunia yang tidak terhindarkan.

2. Spot Foto Area

wisata pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/annisa.dn_/

Jangan hanya syik saja dan melupakan perbukitan karang yang tampak mengesankan. Sayang bila hanya dilihat saja dan tidak diabadikan kedalam foto dan gambar. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera dengan kualitas mumpuni. Agar menghasilkan layak masuk ke dalam media sosial anda.

Lihat juga Pantai Seruni yang juga tak kalah indahnya.

Fasilitas yang Ditawarkan

Lokasi wisata pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/amaya_wede/

Berada di sini, anda akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas seperti, kamar mandi, musholla bagi umat muslim yang ingin menjalakan ibadah dan area parkir yang cukup luas. Serta masih banyak lagi yang akan ditawarkan disini.

1. Menikmati Kuliner

wisata pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/sinyo13/

Disini, kita bisa menikmati berbagai macam menu kuliner laut yang rasanya memang membuat anda tidak tahan untuk terus menguyah. Nikmatnya lagi, kita bisa memilih langsung mana ikan yang akan kita santap.

Dari segi harga pun tidak terlalu mahal, rmah dikantong. Dengan berbagai macam olahan yang bisa anda pilih sendiri. Rasanya, membawa makanan dari rumah akan rugi karena, rasanya lebih dari masakan rumahan.

Ada ikan nila, kerapu, udang, dan cumi dengan berbagai macam olahan yang nikmat dan lezat. Apalagi, dengan sambal yang dihadirkan membuat lidah anda terasa terbakar. Tetapi, inilah sensasi yang menghasilkan rindu bagi setiap wisatawan yang datang.

2. Penginapan

wisata pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/muhamad_rusmanto/

Pengalaman berkunjung ke objek wisata ini memang membuat siapa pun rindu untuk datang ke sini lagi dan lagi. Nah, jangan lupa persiapkan penginapan agar liburan anda terasa lengkap.

Tidak jauh dari wedi ombo terdapat berbagai penginapan yang sudah berdiri seperti, hotel, resort, villa, dan juga homestay. Satu diantara rekomendasinya adalah Widya loka Guesthouse. Banyak wisatawan yang merekomendasikan tempat ini.  dimana tempanya nyaman dengan view yang mengesankan. Harganya mulai dari 200 ribuan per malam.

Ada juga Limasan Bangsal Endah. Tempatnya cukup bersih, wangi. Pelayanannya juga sangat ramah. Harga per malamnya mulai dari 200 ribuan saja. Bagaimana, menarik sekali bukan tempat penginapannya.

Datang juga ke Pantai Indrayanti yang paling populer.

3. Memancing

Lokasi wisata pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/zakkyrobbany/

Perlu diketahui bila, tempat ini merupakan kawasan favorit bagi para pemancing yang ingin mendapatkan ikan yang besar. Ada kerapu, tenggiri, cucut yang bisa ditangkap. Hanya saja, anda membutuhkan sedikit kesabaran karena, memancingnya mudah-mudah gampang.

Jika, anda beruntung ada ikan kakap batu yang bertnya bisa mencapai dua puluhan kilogram lho. Tertarik memancing ikan disini? Jangan lupa bawa peralatannya sendiri dari rumah ya.

4. Melihat Matahari Tenggelam

wisata pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/atjipto/

Berkunjung ke Pantai Wedi Ombo jangan lupa untuk menikmati keindahan Senja yang tenggelam. Dimana, banyak wisatawan mengatakan, disini adalah surganya saat sang surya hendak berpamitan.

Pemandangan siluet karang-karang cukup menarik dijadikan salah satu latar belakang. Tidak heran bila banyak pengunjung dari berbagai komunitas termasuk fotografer datang untuk membidik semua keindahan disini.

5. Camping Area

wisata pantai wedi ombo
foto : https://www.instagram.com/arif_fuad_hasan/

Bagi anda yang ingin backpackeran, anda bisa memanfaatkan camping area yang disediakan khusus untuk anda. Areanya yang luas membuat banyak pengunjung yang memanfaatkannya. Apalagi, setiap datang hari libur. Suasana area camping lebih mirip seperti sebuah pasar. Ramai sekali dengan api unggun yang tidak akan ketinggalan.

Kebersamaan diantara wisatawan pun juga terjalin disini. Rasakan pengalaman seru menikmati irama ombak wwdi ombo yang akan terdengar sepanjang malam. Bersama dengan bintang-bintang di langit yang bertebaran bagaikan sebuah lukisan.

Sayangnya, disini belum terlalu ramah tempat penyewaan tenda. Sehingga, anda harus membawa sendiri dari rumah.

Satu lagi pesona yang tidak boleh anda lewatkan adalah air terjun alami yang terjadi karena ombak yang menerjang karang-karang. Sehingga, kita akan melihat hasil terjangan ombak yang mengalir melalui karang-karang.

Kunjungi juga Pantai Banyunibo yang unik dan menarik untuk di explore.

Pantai Wedi Ombo adalah surga yang berada di Ujung Yogyakarta. Letaknya yang hampir bersebelahan dengan wonogiri membuatnya sedikit terpinggirkan. Ayo datang dan nikmati pesona objek wisata ini dan rasakan pengalaman menikmati karang-karang nan mengesankan disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here