Pantai Banyunibo adalah sebuah pantai yang berada di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta. keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Seperti kita ketahui bersama jika, pantai yang berada di Gunung kidul memang esoktis. Semuanya bagaikan patahan surga yang turun dari langit.

Apalagi, kawasan Gunungkidul terkenal dengan pesona karang yang bisa dinikmati. Tidak hanya di bibir pantainya saja. Dalam pantai pun tempat ini mempunyai keindahan sempurna. Sehingga, banyak sekali ikan-ikan kecil nan lucu berenang dan bermain disini, saat air laut sedang pasang.

Mengenal Pantai Banyunibo

Nama kawasan ini berasal dari bahasa jawa. Dimana, bahasa jawa adalah bahasa yang sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat Gunungkidul. Banyu artinya adalah air. Kemudian, Nibo artinya adalah jatuh. Bila disatukan banyunibo berarti air yang jatuh.

Maksud dari air yang jatuh ini adalah air terjun. Kawasan ini memang memiliki dua pesona alam sekaligus. Air terjun dan juga pantai berpadu sehingga membentuk sebuah kawasan wisata yang elok nan cantik. Tidak bosan bila dipandang oleh mata. Baca juga: Pantai Coro Tulungagung.

Sisi Indah Pantai Banyunibo

gambar pantai banyunibo
foto: https://www.instagram.com/tentangjogjaid/

Banyak yang bilang kawasan ini sulit untuk dijangkau. Kondisinya yang menantang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang penasaran dengan kawasan ini. lelah keringat yang bercucuran akan terbayar bila sampai di pantai ini.

Keindahannya memang bagaikan patahan surga. Dimana, wisatawan akan dihibur dengan hijaunya perbukitan menjulang yang menjadi menunju kawasan ini. bibir pantainya tidak terlalu panjang. Seperti halnya beberapa pantai di wilayah ini. karang tersebar dimana-mana yang menambah daya pikat dari kawasan ini.

Nah, kalau di tempat lain seperti halnya di parang tritis. Ada grojogan yang turun ke pasir dan airnya akan bermuara ke laut. Kalau di kawasan ini sedikit berbeda. Memang sih, air terjunnya turun langsung ke laut. Tetapi, airnya akan menerjang karang-karang yang menjadi penghalau ombak ganas. Kunjungi juga: wisata Pantai Akkarena.

Pesona Pantai

Bisa dibilang kawasan ini memang memiliki 2 pesona dengan dua tempat. Hanya saja, jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan bibir pantai. Dan susah untuk dikunjungi. Wisatawan hanya bisa menikmatinya dari titik yang lumayan jauh. Walaupun, mata ini akan meleleh melihat keindahannya.

Waktu yang paling tepat berkunjung ke kawasan ini adalah sore hari. Dimana, terik matahari tidak terlalu panas menyengat tubuh. Selain itu, ombak yang sudah sedikit demi sedikit mengganas, akan memberikan efek yang berbeda. Saat menerjang karang dan air terjun ini masih turun dengan debit air yang tidak terlalu deras.

Disini, wisatawan tidak bisa berenang atau bermain air. Cukup diam dan melihat pesona laut biru nan esoktis. Serta karang-karang tajam. Rasakan kesegaran saat semilir angin menerpa kulit. Sungguh rasanya tak ingin pergi dari tempat ini.

Perlu diketahui bila air terjun ini jatuh dari aliran sungai yang melintas. Jadi, bisa dibilang air terjun ini bukanlah berasal dari alam. Jika, wisatawan pernah ke air terjun parangtritis. Keduanya hampir mirip. Lihat juga: Pantai Boom Tuban.

Sisi Lain Pantai Banyunibo

pemandangan pantai banyunibo
foto: https://www.instagram.com/astripezet/

Sisi lain yang bisa dinikmati dari kawasan ini adalah perbukitan hijau nan memanjakan mata. Rasanya, wisatawan akan dibawa naik gunung, kemudian berhenti sejenak karena disitu adalah danau yang luar biasa. Seperti itulah rasanya, saat wisatawan memutuskan untuk mengunjungi kawasan ini.

Jangan hanya berdiam diri saja, karena kawasan ini juga paling cocok untuk diabadikan setiap momennya. Oleh karena itu, jangan lupa membawa senjata wajib seorang petualang yaitu kamera. Agar kenangan yang tercipta akan selalu terkenang hingga kapan pun.

Setelah puas berada disini, jangan pulang dulu ya, karena masih ada sisi indah yang lain yang wajib untuk dikunjungi. Tepatnya berda di atas puncak air terjun. Disini ada rumah yang berdiri. Wisatawan bisa juga menikmati panai ini dari sini.

Bisa kebayang bukan, menikmati keindahan ini dari atas ini. hamparan laut berwarna biru terhampar didepan mata, dengan air terjun yang cantik dan langit cerah. Sungguh latar belakang yang sempurna. Dijamin, berada di sini, wisatawan pasti akan iri,

Bagaimana tidak? Rumah ini berdiri diantara keindahan yang setiap hari akan dilihatnya. Terlebih saat pagi hari duduk didepan dengan segelas teh hangat. Sungguh syahdu nian hidup ini bila bisa menikmati apa yang sedang dibayangkan ini.

Di kawasan ini pun juga menyediakan area camping. Jadi, bila wisatawan ingin menikmati kawasan ini cobalah untuk camping. Lihatlah bintang malam yang terhampar luas di langit malam. Hingga pesona matahari terbit muncul dan menjadikan harapan baru. Biasanya, pada saat hari libur, area camping ini akan dipenuhi oleh wisatawan yang ingin menikmatinya. Baca juga: Pantai Banyu Anjlok Malang.

Alamat Dan Rute Lokasi Pantai Banyunibo

rute menuju lokasi pantai banyunibo
foto: https://www.instagram.com/yasuspade_/

Alamat Pantai Banyunibo berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. seperti yang sudah tertuliskan diatas. Jika, kawasan ini sulit untuk dilalui oleh kendaraan apa pun. jalan satu-satunya dan menjadi jalan termudah adalah melalui pantai siung.

Karena, kedua kawasan ini cukup dekat. Atau lebih tepatnya lagi dari bukit pengilon. Tetapi, berjalan menuju ke pantai banyunibo memang dibutuhkan kesabaran ekstra. Tanjakan layaknya pegunungan akan tersaji di depan mata. Dimana, bebatuannya tidak cukup ramah, sehingga harus berjalan menanjak.

Jangan lupa siapkan barang perbekalan berupa minuman. Karena, di sekitar kawasan tidak ada warung. Saran dari saya nih, kalau memang merasa capek lebih baik istirahat. Perjalanan tracking tergantung dari kita sendiri. Tetapi, biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 – 30 menit.

Selain menanjak jalan yang akan dilalui oleh wisatawan juga merupakan jalan setapak yang juga dilalui oleh para warga untuk beraktifitas seperti memancing. Jadi, bila wisatawan punya hobi memancing, bolelhlah untuk mencoba kawasan ini.

Jangan takut bertanya agar tidak kesasar dijalan. Maklum saja, kawasan ini mempunyai banyak percabangan yang sedikit membingunkan. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk bertanya kepada penduduk sekitar.

Siapa tahu berjodoh. Itulah rute pantai banyunibo yang bisa diakses wisatawan bagaimana, tertantang untuk mengunjungi kawasan ini? Baca juga: Pantai Cemara Sewu.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyunibo

harga tiket masuk pantai banyunibo
foto: https://www.instagram.com/astripezet/

Lalu, berapa harga tiket pantai banyunibo? Kawasan ini tidak dipungut biaya, karena memang kawasan yang susah untuk dijangkau. Kalau berangkat dari air tejun banyunibo. Wisatawan hanya akan dikenakan tarif parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil dan 3 ribu rupiah untu motor.

Jika, berangkat dari pantai siung. Maka, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk pantai siung sebesar 5 ribu rupiah ditambah dengan biaya parkir sebesar 10 ribu untuk mibil dan 5 ribu untuk motor. Ditambah lagi biaya naik bukit yang dikenakan tarif sekitar 2 ribu hingga 5 ribu rupiah. Baca juga: Pantai Baron Gunungkidul

Lokasi pantai banyunibo gunungkidul memang tergolong sebagai tempat ekstrem dan menantang. Pergi berlibur kekawasan ini bisa dibilang adalah sebuah kewajiban. Apalagi, bagi wisatawan yang selalu ingin memacu adrenalin dan mempunyai jiwa petualang. Datang dan nikmati eloknya kawasan pantai banyunibo hanya di Gunungkidul, Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here