Masih berada di Kota Yogyakarta tetapi, bingung mau kemana lagi? Mungkin, Pantai Sundak adalah salah satu solusinya. Dimana, kawasan ini merupakan jajaran pantai di Gunung Kidul yang mempunyai keunikan tersendiri.

wisata pantai sundak, terdapat sebuah karang yang menurut catatan sejarah ada tahun 1930. Batu karang yang terdapat sebuah gua ini masih terendam air laut. Seiring berjalannya waktu, air laut ini pun meluas. Kemudian, terjadi perubahan struktur dimana, permukaan laut dan airnya menyusut.

Keunikan lain dari objek wisata ini adalah yang isa kita nikmati pada saat musim penghujan terlihat seperti air sungai yang membelah pasir.

Menariknya lagi bila di musim kemarau belahan pasir ini akan menghlang. Oleh karena itu, kawasan ini sering disebut juga dengan nama Pantai Wedi Belah.

Nah, menurut cerita para warga, sundak ini sendiri berasal dari dua nama yaitu, asu dan landak. Atau dalam bahasa Indonesia adalah anjing dan landak. Suatu ketika, anjing ini  sedang berlaria-larian. Kemudian, masuk ke dalam goa. Dimana, ada landak laut disana.

Anjing yang merasa lapar pun mencoba menyantapnya, Akhirnya, mereka bertarung sayangnya landak pun harus mengakui kemenangan Anjing karena, sepatruh badannya telah dimakan. Oleh karena itu, nama kawasan ini disebut dengan Sundak.

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

harga tiket masuk pantai sundak
foto : https://www.instagram.com/ika_jauhar/

Harga tiket masuk pantai sundak adalah 10 ribu rupiah. Dimana, kita akan di tarik dari TPR Baron.

Untuk biaya parkirnya akan ditarik 5 ribu rupiah bagi para pengguna mobil dan juga 2 ribu rupiah bagi anda yang membawa kendaraan bermotor.

Lihat juga daftar 50 wisata Pantai Gunung Kidul terlengkap.

Rute Menuju Lokasi

 rute menuju pantai sundak
foto : https://www.instagram.com/lukman_nulchakim017/

Alamat pantai sundak terletak di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881. Kita bisa memulianya dengan menuju ke wilayah Piyungan, Pathuk, Lanud Gading, Jalan Baron.

Setibanya di pertigaan Baron ambil jalan menuju ke Kukup, Drini, Krakal, hingga akhirnya anda sampai di objek wisata ini, Begitulah Rute menuju pantai sundak cukup mudah untuk menemukannya bukan?

Bila anda kebingungan dengan jalan menuju pantai sundak. Anda bisa memanfaatkan berbagai papan petunjuk yang ada disini. atau bisa juga menggunakan aplikasi berupa maps yang tersedia di smartphone anda.

Selama perjalanan menuju ke tempat ini jalanan cukup sempit dan berkelok. Sehingga, lebih disarankan untuk berhati-hati jangan mengebut. Di kanan dan kiri anda akan disuguhkan dengan sawah-sawah yang hijau sehingga, sangat baik bagi anda yang ingin mencuci mata.

Kunjungi juga Pantai Wedi Ombo yang mempunyai view sunset terbaik.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

wisata pantai sundak
foto : https://www.instagram.com/enik456782310/

Setibanya di pantai ini kita akan disambut dengan berbagai macam fasilitas yanag sudah sangat ramah. Ada kamar mandi, musholla bagi umat muslim yang hendak melakukan ibadah sholat.

Tidak hanya samapai disitu saja. Kita juga bisa melakukan berbagai macam aktifitas yang pastinya menghadirkan keseruan dan keceriaan maksimal.

1. Bemalas-malasan

wisata pantai sundak
foto : https://www.instagram.com/si_qwonk7/

Hamparan pasir pantai cukup menggoda kita menikmatinya dengan bermalas-malasan. Coba saja menyewa tikar dengan harga 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja.

Anda akan bisa merasakan bagaimana menikmati hembusan angin sepoi-sepoi dan juga ombak yang datang dan pergi.

Datang juga ke Pantai Slili yang tak kalah indahnya.

2. Menikmati Goa Air Tawar

Lokasi wisata pantai sundak
foto : https://www.instagram.com/pijarrangkaibumi/

Di sebelah utara pantai terdapat sebuah karang yang menjulang tinggi. Ketinggiannya mencapai 12 meter. menariknya adalah di salah satu karangnya terdapat sebuah lorong atau Goa yang memang sangat mengesankan.

Goa ini mempunyai tinggi 2 meter. Disini pula terdapat sebuah sumur air tawar yang sangat alami. nah, sumur ini ;ah yang dijadikan sebagai sumber mata air para warga apalagi, pada saat musim kemarau tiba.

Awal penemuan sumber mata air ini berwawal dari pemilik anjing yang cukup curiga dengan kondisi tubuh basah. Kemudian, ia pun mencari tahu hingga akhirnya ditemukannlah sumur alami ini. Kemudian, para warga pun mencoba mengambilnya dengan dipasang parlon-pralon. Dan menyambungkannya ke pemukiman warga.

3. Melihat Ikan-Ikan Kecil

Lokasi wisata pantai sundak
foto : https://www.instagram.com/rik_ki1/

Di sini kita bisa melihat ikan-ikan yang imut dan lucu. Cobalah berjalan 40 meter kea rah laut dimana, anda bisa menemukan beberapa karang-karang kecil yang ditumbuhi oleh beberapa ikan nan lucu. Maklum saja, karang-karang ini adalah tempat pesembunyian  mereka.

Kunjungi juga wisata Pantai Baron yang mempunyai banyak spot foto terkini.

Spot Foto Area Pantai Sundak Gunung Kidul

 jalan menuju pantai sundak
foto : https://www.instagram.com/dikiwahyusetiaanggara/

Pepohonan yang menjulang tinggi dan hadirnya panggung membuat kawasan ini mempunyai spot-spot yang cukup menarik untuk diabadikan ke dalam foto dan gambar. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan membawa kamera yang mumpuni.

Selain pepohonan, kedua karang yang terletak di kanan dan kirinya juga tidak boleh dilewatkan. Karang-karang ini pun yang menjadi pembatas dengan pantai lainnya.

Keduanya ini, menjadi ciri khas yang tidak akan bisa terhindarkan dari objek wisata yang  jaraknya tak jauh dari pantai Indrayanti.

Baca juga Pantai Seruni yang masih jarang diketahui wisatawan.

Penginapan Sekitar

alamat pantai sundak
foto : https://www.instagram.com/dwi_klara13/

Menikmati kawasan Gunung Kidul memang membuat kita lupa waktu. Oleh karena itu, anda wajib mencari penginapan yang nyaman dan sesuai dengan budget yang ada. Tidak usah mencari terlalu jauh karena di sekitar sundak sudah tersedia beberapa penginapan yang tidak sala untuk di coba.

Rekomendasi pertama adalah Omah Sundak. Penginapan ini cukup dekat dengan pantai dengan fasilitas kamar mandi dan lingkungan yang bersih pasti membuat anda nyaman merasakan suasanan malam di sini. Harga per kamarnya pun cukup terjangakau dengan harag 225 ribu rupiah per malam. Akan naik bila di week end dan datang hari libur.

Selanjutnya adalah penginapan Pratama. Jarak dari objek wisata hanya  400 meter saja. tempatnya bersih. Ada yang menggunakan ac dan tidak, anda bisa memilihnya sendiri. Untuk pemiliknya sendiri cukup ramah. sehingga, anda akan puas berada di sini. per malamnya anda akan ditarik 250 ribu rupiah saja.

Selain penginapan, kita juga bisa mendirikan tenda disini. Karena, Pantai sundak sudah ramah bagi mereka yang pergi dengan cara backpacker atau ingin menyatu dengan alam. Menikmati malam dengan api unggun dan bercengkrama dengan teman adalah kenikmatan yang sulit untuk ditemukan.

Lihat juga Pantai Indrayanti yang merupakan destinasi terpopuler di gunung kidul.

Menikmati Kuliner Laut

wisata pantai sundak
foto : https://www.instagram.com/sophiana_w/

Setelah puas bermain air, pasti perut akan terasa keroncongan. Oleh karena itu, saatnya untuk berburu ke beberapa warung yang menyediakan berbagai macam kebutuhan makanan seperti menu seafood yang siap menggoyang lidah anda.

Ada berbagai macam ikan yang tersedia di Lokasi wisata pantai sundak dan siap untuk di santap. Mulai dari ikan kakap, kerapu, nila, gurame, cumi, udang, sampai lobster juga ada disini. menariknya anda bisa memilih langsung ikan mana yang akan menjadi santapan.

Ada berbagai macam cara menikmatinya bisa digoreng, di bakar, atau di beri bumbu khas seperti asam manis, bumbu rica, dan masih banyak lagi variannya. Dari segi harga pun tidak terlalu mahal. Bisa dibilang sangat ramah di kantong.

Jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Banyunibo yang lokasinya masih berdekatan.

Pantai Sundak adalah kepingan keindahan yang berasal dari Yogyakarta. Kawasan ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati suasana pantai berbeda dari yang lainnya. Kesejukan dan keteduhannya memang bisa dibilang juara disini. Jadi, jangan sampai anda melewatkan segala suasana dan nuasan yang ada di sini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here