Tempat wisata di Gianyar hadir dengan beragam daya tarik yang membuat pengunjung betah menghabiskan masa liburan. Gianyar sendiri memang dikenal memiliki banyak pelukis, penari dan seniman lainnya yang menarik para pengunjung untuk datang. Tidak hanya itu, Ginayar juga mempunyai beragam tempat wisata, mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi seperti museum.

Oleh sebab itu, tidak heran jika Gianyar menjadi salah satu daerah di Bali yang kerap ramai dikunjungi para wisatawan. Setiap sudut Gianyar mampu memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung yang berdatangan. Liburan yang berkesan sudah siap menanti di Gianyar.

Berikut daftar tempat wisata di Gianyar yang cocok dikunjungi untuk liburan penuh kesan:

1. Kemenuh Butterfly Park

tempat wisata di gianyar
Foto : https://www.instagram.com/k.shun10/

Tempat wisata bernama kemenuh butterfly Park ini berlokasi di Jalan Raya kemenuh Sukawati Gianyar Bali. Tempat ini dijadikan sebagai tempat konservasi untuk berbagai jenis kupu-kupu.

Oleh sebab itu berkunjung ke kemenuh butterfly Park, bisa turut serta mengedukasi. Di sini pengunjung juga bisa melihat bentuk serta keindahan kupu-kupu sedang terbang kesana kemari mencari dahan-dahan tumbuhan.

2. Goa Gajah

goa gajah
Foto : https://www.instagram.com/viktorija.laurus/

Goa Gajah ini merupakan salah satu tempat wisata di Gianyar tepatnya di Ubud. Tempat wisata ini telah ditetapkan oleh UNESCO per tanggal 19 Oktober 1995 sebagai salah satu warisan dunia dalam daftar tentatif.

Termasuk ke dalam goa maka pengunjung akan melihat kompleknya terbagi menjadi dua bagian. Goa Gajah ini memiliki keunikan tersendiri karena merupakan goa buatan manusia yang lokasinya berada di tepi sungai.

Cara membuat goa sendiri dilakukan dengan memahat batuan padas yang keras. Di bagian dalam goa, bisa ditemukan lorong dan cabang dengan ketinggian yang berbeda-beda.

3. The Blanco Renaissance Museum

wisata gianyar gratis
Foto : https://www.instagram.com/jenny.was.there/

Museum bernama the Blanco Renaissance museum ini merupakan salah satu karya pelukis internasional yang cukup tersohor. Ketika datang ke sini, para pengunjung akan disuguhkan dengan banyaknya karya lukisan.

Ketika sampai di tempat ini pengunjung akan melihat adanya rumah khas Bali yang begitu eksotis. Usut punya usut ternyata mesin ini didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai bangun bangunan Bali.

4. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati
Foto : https://www.instagram.com/kemanamanamakan/

Pasar seni Sukawati ini merupakan tempat untuk berburu oleh-oleh khas Bali. Ketika sudah menyelesaikan masa liburan di Bali maka Sudah saatnya untuk berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Pasar ini tergolong pasar tradisional yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan yang akan mencari oleh-oleh. Walaupun tidak mencari oleh-oleh para pengunjung juga tetap bisa melihat berbagai kerajinan Pulau Bali di tempat ini.

Contoh oleh-oleh khas Bali yang dijual di obyek wisata di Gianyar yaitu lukisan, tas anyaman, layangan tradisional, aksesori wanita, dll. Di tempat ini para pengunjung bisa menawar harga sehingga dibutuhkan kepiawaian untuk bisa mendapatkan harga terbaik lewat tawar-menawar tersebut.

5. Museum Seni Agung Rai

wisata gianyar bali
Foto : https://www.itrip.id/

Museum seni Agung hari ini merupakan destinasi wisata yang ada di Gianyar Bali. Pengunjung yang datang ke museum ini bisa melihat produk-produk hasil kerajinan tangan dengan nilai seni yang tinggi.

Adapun pendiri museum ini merupakan salah seorang seniman itu anak gede Agung Rai yang telah hingga kancah internasional. Di musim ini sebagian besar lukisannya merupakan hasil karya anak gede Agung Rai.

6. Bali Bird Park

Bali Bird Park
Foto : https://www.instagram.com/tiasramadani6/

Destinasi wisata Bali Bird Park ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Meskipun bukan wisata gianyar terbaru, lokasi wisata ini selalu mendapat tempat di hati para pengunjung.

Adapun luas dari tempat wisata ini sekitar 2 hektar menjadi salah satu taman burung terluas di Indonesia. Tidak hanya menyuguhkan wisata koleksi unggas melainkan juga terdapat pengalaman wisata yakni teater 4D.

7. Pura Puseh Desa Batuan

wisata gianyar terbaru
Foto : https://www.aroengbinang.com/

Tempat wisata bernama Pura Puseh Desa Batuan ini merupakan salah satu bangunan berupa cagar budaya yang nilai seninya tinggi. Pengunjung yang datang bisa melihat berbagai bangunan kuno yang memiliki sejarah.

Tempat wisata ini berada di Gianyar Bali tepatnya di Desa Batuan. Berdasarkan berbagai informasi, tempat ini merupakan salah satu tempat wisata gianyar gratis atau tidak dipungut biaya.

8. Bukit Campuhan

wisata malam gianyar
Foto : https://www.instagram.com/sitimustiani/

Objek wisata di Gianyar yang satu ini tergolong wisata alam yang disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Tembok besar China. Meski demikian, penampakan tempat wisata ini lebih asri dan juga hijau.

Pengunjung yang datang ke Bukit Campuhan dapat menikmati pemandangan alam yang begitu indah dan eksotis. Nuansa yang dihadirkan begitu menyenangkan dan cocok untuk merilekskan pikiran.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Badung yang selalu ramai dikunjungi turis dari berbagai macam daerah karena destinasinya yang hits.

9. Bali Safari Marine Park

wisata di gianyar bali
Foto : https://www.instagram.com/gdbalitour08/

Bali Safari Marine Park jadi salah satu destinasi wisata yang recommended untuk dikunjungi bersama dengan keluarga, termasuk anak-anak. Lokasi wisata Gianyar ini berada di Gianyar tepatnya di Jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Adapun daya tarik utama salah satu tempat wisata keluarga di Gianyar ini yaitu adanya ragam satwa liar yang dilindungi. Serta suasana yang dihadirkan hampir sama dengan habitat aslinya.

Walaupun pengelolaan Bali Safari dan Marine Park ini berada di bawah Taman Safari Indonesia.

10. Pura Tirta Empul

wisata murah di gianyar
Foto : https://www.instagram.com/sersoy95/

Wisata di Gianyar selanjutnya ini menyediakan kolam pemandian bagi siapa saja yang ingin berendam dan menyegarkan diri. Suasana yang ada di kolam terasa sejuk untuk melepas kepenatan selamat berwisata.

Tempat wisata di Gianyar ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti warung makan dan tempat untuk membeli oleh-oleh. Di tempat ini juga terdapat mata air yang mengalir ke arah kolam.

11. Mandala Wisata Wenara Wana

tempat wisata di gianyar bali
Foto : https://www.instagram.com/unboxmybox/

Tempat wisata bernama Mandala wisata wenara Wana ini sekarang juga dengan nama lain yaitu hutan monyet. Tempat ini juga menjadi salah satu cagar alam yang di dalamnya terdapat kurang lebih 340 kera yang berekor panjang.

Pada pembuat kawasan hutan mencapai 27 hektar dan telah berhasil menarik perhatian banyak wisatawan untuk datang. Di tempat wisata ini para pengunjung bisa melihat tingkah lucu daripada monyet.

12. Elephant Safari Park

Elephant Safari Park
Foto : https://www.instagram.com/abhinavshah9279/

Elephant Safari Park ini bisa dijadikan salah satu tempat wisata anak di gianyar Bali. Tempat wisata ini berada di desa Taro Tegallalang yang biasanya buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore.

Para pengunjung yang datang bisa menyaksikan secara langsung berbagai atraksi pertunjukan dengan gajah. Seperti gajah melukis, pertandingan bola gajah, atraksi dengan gajah dan lain sebagainya.

Fasilitas yang tersedia di Elephant Safari Park ini juga terbilang lengkap mulai dari tempat penginapan restoran sudah ada di sini.

Untuk harga tiket sendiri dibedakan berdasarkan usia yakni usia dewasa Usia sampai 12 tahun dan usia 1 hingga 4 tahun. Terdapat pula paket wisata keluarga yang terdiri atas 2 orang dewasa dan 3 anak-anak.

13. Museum Puri Lukisan

tempat wisata di gianyar murah
Foto : https://www.instagram.com/tripdestiny/

Museum Puri lukisan ini menjadi salah satu museum yang berusia tua yang ada di Gianyar Bali. Oleh karena itu koleksi barang seni yang ada di dalamnya pun cenderung lebih banyak jika dibandingkan dengan museum lainnya.

Tidak hanya menyajikan lukisan-lukisan tradisional, museum ini juga turut serta menyajikan lukisan-lukisan yang modern. Bagi para pecinta seni, museum ini bisa menjadi salah satu tujuan yang cocok ketika berkunjung ke Gianyar.

14. Air Terjun Tegenungan

tempat wisata anak di gianyar
Foto : https://www.instagram.com/nusatrip/

Wisata alam berupa air terjun pegunungan ini berada di Gianyar Bali. Suasana alam yang ada di sekitar air terjun masih bersih dan asri sehingga menghadirkan suasana yang menyenangkan.

Para pengunjung yang datang bisa bersantai sembari menikmati suara air yang mengalir serta perpohonan yang begitu indah. Tentu saja tempat ini menjadi salah satu yang cocok untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks.

Karena kondisi air terjun yang cukup deras maka para wisatawan memang tidak dianjurkan untuk berenang maupun mandi. Aku demikian kegiatan lain seperti berburu foto-foto cantik bisa dilakukan di destinasi wisata ini.

15. Neka Art Museum

Neka Art Museum
Foto : https://www.instagram.com/mansri_t/

Neka art museum merupakan salah satu museum seni lukis dan juga keris yang ada di Bali. Museum ini sudah dibuka sejak tahun 1976 dan diresmikan pada tahun 1982.

Para pengunjung yang datang bisa melihat berbagai koleksi hasil karya seniman Bali lupa budaya Bali dan juga objek keindahan alamnya. Selain itu koleksi benda-benda di sini juga bersejarah dan syarat makna misalnya saja seperti keris.

Untuk bisa masuk ke dalam museum pengunjung akan dibebankan biaya tiket masuk. Namun perlu digaris bawahi tiket masuk hanya berlaku untuk usia 12 tahun keatas.

Jika dibawah usia 12 tahun maka digratiskan sehingga menjadi salah satu wisata murah di gianyar.

16. Air Terjun Goa Rang Reng

tempat wisata di gianyar
Foto : https://www.instagram.com/siantini1995/

Air terjun dengan panorama yang indah ini juga menjadi salah satu daya tarik ketika berkunjung ke Gianyar Bali. Letak destinasi indah ini berada di desa bakbakan, dan butuh waktu sekitar 50 sampai 60 menit untuk sampai.

Keindahan air terjun dan alam di sekitarnya menjadi daya tarik utama para pengunjung untuk datang. Para pengunjung bisa menikmati suara gemuruh air yang mengalir serta langsung mencoba mandi di sekitaran air terjun.

Tempat ini juga dipenuhi dengan batu karang yang masih asri sehingga nuansa alaminya begitu terasa. Melepas lelah sekaligus merilekskan tubuh menjadi agenda yang tepat untuk dilakukan saat berada di tempat wisata ini.

17. Saraswati Temple

saraswati temple
Foto : https://www.instagram.com/gastemonoslospies/

Saraswati Temple atau yang disebut juga dengan pura Taman Saraswati ini berada di Ubud Kabupaten Gianyar Bali. Pura ini didirikan oleh Seniman yang berasal dari Ubud yakni I Gusti Nyoman lempad.

Tempat wisata ini mempunyai daya tarik tersendiri terlebih lagi di sekitarnya terdapat bunga teratai yang indah. Alhasil pemandangan secara keseluruhan dari tempat wisata ini menjadi lebih indah dan menarik.

Biasanya di sini wisatawan juga bisa menyaksikan pertunjukan tari kecak. Biasanya pertunjukan ini diselenggarakan setiap hari Selasa dan juga Kamis.

18. Pantai Lebih Gianyar

tempat wisata alam di gianyar
Foto : https://www.instagram.com/katarina.ondrejkova/

Pantai Lebih Gianyar ini juga memiliki keindahan alam yang memesona sehingga menarik para pengunjung untuk datang. Meskipun bukan tempat wisata di Gianyar terbaru, pantai ini tetap diminati pengunjung.

Suasana pantai yang terlihat asri dan alami membuat suasana menjadi lebih tenang dan menenangkan. Meskipun bukan wisata terbaru di Gianya, pantai ini tetap eksis.

Sudah tersedia fasilitas berupa tempat makan dan juga kolam renang di tempat wisata ini untuk memanjakan para pengunjung yang datang. Dengan begitu suasana liburan menjadi lebih terasa dan mengesankan.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Bangli Bali yang wajib untuk anda explore karena terdapat banyak destinasi indah dan mempesona.

19. Sungai Ayung

wisata terbaru di gianyar
Foto : https://www.instagram.com/sscibali/

Sungai Ayung menjadi tempat yang pas untuk memacu adrenalin karena di lokasi ini bisa dilakukan arum jeram. Bagi pengunjungnya yang ingin menikmati dan merasakan sensasinya, bisa langsung mencobanya di sungai ini.

Adapun panjang rute arung jeram nya sekitar 12 km dengan rute yang menantang dan tentunya akan gambar pengalaman yang berkesan. Sambil melintasi tebing dan bebatuan, pengunjung akan disuguhkan nuansa alam yang begitu indah di sini.

Bagi para pengunjung yang ingin menaiki perahu dan menyusuri sungai, para instruktur rating siap mendampinginya. Di lokasi ini telah tersedia jasa layanan rafting sehingga pengunjung bisa mendapatkan pengarahan dan pendampingan.

20. Puri Saren Agung

puri sareng agung
Foto : https://www.instagram.com/barcahacecka/

Tempat wisata ini bernama Puri Saren Agung yang lokasinya berada di Jalan Raya Ubud Gianyar Bali. Pengunjung bisa melihat sejarah sejarah di sini buat bangun-bangunan yang ada.

Terdapat bangunan istana dilengkapi dengan ukiran serta pahatan khas Bali yang menjadi daya tarik tersendiri ketika berada di lokasi ini. Biasanya pada musim libur tempat ini memang cukup ramai dikunjungi para wisatawan.

Pada malam harinya terdapat pertunjukan yang bisa dinikmati para pengunjung. Minuman tersebut akan memperlihatkan sejarah masa lalu tempat wisata ini. Oleh sebab itu, tempat ini bisa dijadikan wisata malam gianyar.

21. Taman Nusa

tempat wisata keluarga di gianyar
Foto : https://www.instagram.com/hendraawinata/

Taman Nusa ini merupakan salah satu tempat wisata di gianyar murah yang menawarkan nganter liburan dengan nuansa budaya yang kental. Di lokasi wisata pengunjung bisa melihat sekitar 60 rumah tradisional yang berasal dari berbagai suku dan juga etnis di Indonesia.

Nuansa liburan zaman prasejarah, masa penjajahan, kerajaan dan lainnya bisa dirasakan para pengunjung yang datang. Taman ini berdiri di lahan dengan luas sekitar 15 hektar.
Di lokasi ini juga para pengunjung bisa melihat replika Candi Borobudur yang bisa ditemukan ketika memasuki perkampungan nusantara yang ada. Biasanya Taman ini akan dibuka mulai pagi hingga sore sekitar pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

22. Pura Kebo Edan

pura kebo edan
Foto : https://www.instagram.com/nym_abdi/

Tempat wisata Pura kebo Edan ini terdapat arca-arca yang bisa dilihat langsung oleh para pengunjung. Tempat ini juga difungsikan sebagai cagar budaya sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Terdapat pula Arca peninggalan abad ke-13 yang disebut sesuai dengan Nama tempat wisatanya yaitu kebo edan di belakang namanya. Arca kebo edan sendiri merupakan sebuah batu hitam yang berbentuk agak bulat.

Selain itu terdapat pula Arca Bhairawa dengan tinggi 3,6 m yang bisa ditemukan pengunjung ketika berada di lokasi wisata ini. Perempuan lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Raya Tampaksiring Ubud Kabupaten Gianyar Bali.

23. Bukit Jati Waterboom

tempat wisata anak di gianyar
Foto : https://www.instagram.com/yudhielestari/

Bukit Jati Waterboom ini juga bisa menjadi tujuan wisata ketika libur tiba karena menawarkan keseruan dan panorama yang indah. Sesuai dengan namanya terdapat Waterboom yang cocok untuk melepas penat sekaligus bermain air dengan riang dan gembira.

Terdapat pula wahana permainan air yang telah dikombinasikan dengan alam sehingga menjadi liburan yang berkesan dan sulit dilupakan. Berbagai wahana air seperti kolam arus dan berselancar air menjadi beberapa yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu tempat wisata anak di Gianyar ini berada di Jalan Raya Bukit Jati Gianyar Bali. Dan biasanya untuk bisa masuk ke dalam akan dikenakan biaya masuk berupa tiket untuk orang dewasa dan juga anak-anak.

Harga tiket untuk dewasa sedikit lebih tinggi dibandingkan tiket untuk anak-anak.

24. Pantai Purnama

tempat wisata di gianyar bali
Foto : https://www.instagram.com/mawanphotography/

Pantai Purnama juga bisa dijadikan salah satu tujuan wisata ketika berada di Gianyar Bali. Sesuai dengan namanya pantai bernama ini menjadi Spot yang tepat untuk menyaksikan bulan purnama tiba.

Keindahan bulan purnama bisa terpancar jelas nampak indah di lokasi pantai ini apabila berkunjung pada saat Purnama. Tidak sampai disitu saja pemandangan-pemandangan di sekitarnya juga sangat menarik sehingga menjadi tempat yang cocok untuk berburu foto-foto keren.

Untuk lokasi tempat wisata alam di Gianyar ini berada di desa Sukawati Kabupaten Gianyar Bali. Keindahan alam berupa ombak yang ada di pantai ini juga semakin menambah keindahan alam yang bisa disaksikan para pengunjung.

25. Bali Pulina

bali pulina
Foto : https://www.instagram.com/putri_vee/

Bali Paulina ini merupakan kawasan agrowisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasi dari objek wisata ini berada di desa Sebatu Kabupaten Gianyar Bali.

Biasanya tari ini buka mulai pukul 07.00 – 19.00, sehingga wisatawan bisa memilih waktu yang tepat untuk datang. Adapun agrowisata di sini berupa coklat dan kopi khas Bali yang eksotis.

Tidak sampai di situ saja para pengunjung yang datang juga bisa belajar pembuatan kopi sehingga turut mengedukasi. Fasilitas yang ada di sini juga cukup mendukung di mana salah satunya adalah kolam renang.

26. Hidden Canyon Beji Guwang

wisata alam gianyar
Foto : https://www.instagram.com/tanamas.villas/

Hidden Canyon Beji Guwang ini merupakan tempat wisata yang letaknya cukup menantang karena perlu usaha untuk bisa mencapai tempat ini. Agar bisa sampai kesini, pengunjung harus berjalan di lokasi yang terdapat bebatuan licin, melewati sungai dan memanjat tebing.

Butuh usaha yang keras untuk bisa sampai, namun semua itu akan terbayarkan dengan keindahan yang begitu mempesona. Pemandangan alam berupa bebatuan dan tebing yang mengelilingi begitu menarik perhatian.

Adapun tebing yang mengelilingi wisata alam Gianyar ini mencapai 20-30 meter dan di bawahnya terdapat sungai warna biru langit. Nuansa alam di sekitarnya juga hijau sehingga bisa dijadikan tempat terbaik untuk menikmati alam dan mengambil gambar.

27. Goa Garba

goa garba
Foto : https://www.instagram.com/mikhaylovigor/

Tempat wisata di Gianyar Bali bernama goa arba yang berada di Kabupaten Gianyar. Merupakan peninggalan yang bersejarah dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-12 Masehi.

Saat ini goa garba menjadi salah satu cagar budaya yang ada di Bali dan keberadaannya dilindungi oleh pemerintah provinsi Bali. Bentuk dari gua ini muncul yang unik karena terdapat ceruk pada bagian bawah.

Pemandangan alam di sekitar tempat wisata ini juga indah sehingga suasana yang dihadirkan menjadi lebih ciamik. Melihat sekitar tempat wisata yang begitu asri dengan hijaunya pepohonan, kentu bisa menjadi salah satu agenda untuk dilakukan di sini.

28. Monkey Forest

tempat wisata di gianyar
Foto : https://www.instagram.com/balibestadventures/

Monkey Forest juga menjadi salah satu destinasi wisata Gianyar Bali yang banyak dikunjungi para wisatawan. Di tempat ini terdapat kawanan kera dengan tingkahnya yang lucu dan menggemaskan.

Kapal ini memang didesain sedemikian rupa layaknya hutan yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Setidaknya ada sekitar 125 jenis tanaman yang kemudian dijadikan bahan makanan untuk monyet-monyet yang ada di sana.

Untuk lokasi Monkey Forest ini sendiri berada di Ubud Kabupaten Gianyar Bali.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Buleleng terbaru dengan banyaknya destinasi hits kekinian yang asyik banget untuk di jelajahi.

Demikian informasi mengenai deretan tempat wisata di Gianyar yang bisa dikunjungi untuk liburan penuh kesan.

Wisata-wisata di Gianyar siap memanjakan para pengunjung dengan pesona keindahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + nine =