Tempat menarik di Sarawak tidak kalah menawan dengan tempat menarik yang ada di Pahang, Selangor ataupun yang lainnya.

Banyak destinasi tempat percutian yang bisa memanjakan anda dan keluarga ketika bercuti di Sarawak, mulai dari tarikan wisata sejarah, wisata alam ataupun wisata berbelanja.

Berikut daftar tempat percutian menarik di Sarawak yang bisa anda kunjungi bersama sanak saudara ketika bercuti di Negeri Sarawak.

1. Kuching Civic Centre

tempat menarik di Sarawak pada waktu malam
foto: https://www.instagram.com/real.muazgadget/

Tempat percutian menarik di Sarawak yang pertama berada di kota Kuching, yaitu Kuching Civic Centre.

Menara yang merupakan salah satu icon kota Kuching ini wajib anda kunjungi ketika bercuti di Sarawak.

Pemandangan bandar Kuching bisa anda saksikan keindahannya dari atas Kuching Civic Centre ini dengan pemandangan 360 derajat.

Dengan membayar biaya tiket sebesar RM2 anda bisa melihat pemandangan Gunung Serapi, Gunung Santubung, bandar Kuching dari landscape yang berbeda.

2. Taman Negara Gunung Gading

tempat menarik di Sarawak yang terkini
foto: https://www.instagram.com/realfimiedon/

Melihat spesies flora langka yaitu Bunga Bangkai atau Rafflesia arnoldi bisa anda saksikan keberadaannya di Taman Negara Gunung Gading.

Anda bisa melihat dengan dekat kehidupan dan ekosistem dari bunga yang satu ini.

Bunga Bahkai yang merupakan spesies bunga terbesar di dunia ini bisa berkembang hingga diameter yang lumayan besar saat mekar.

Jika anda berencana mengunjungi Taman Negara Gunung Gading ini. Datanglah di musim hujan karena bunga yang satu ini sedang dalam proses mekar di musim penghujan.

3. Taman Negara Niah

tempat menarik di Sarawak yang terbaru
foto: https://www.instagram.com/eva.st.lcs/

Di Taman Negara Niah inilah terdapat gua yang sangat berpengaruh dengan perkembangan kehidupan manusia di masa lalu.

Taman Negara satu menjadi salah satu tempat pelancongan menarik di Sarawak yang harus anda kunjungi.

Karena banyak di temukan berbagai macam peninggalan arkeolog dari 40,000 tahun yang lalu. Yang membuatnya di nobatkan sebagai pusat awal kehidupan manusia di Asia Tenggara.

Aktivitas yang bisa anda lakukan di taman negara ini selain mengunjungi Gua Niah. Anda juga bisa merasakan berbagai macam aktivitas menarik lainnya.

Seperti jungle trekking, mengunjungi Traders Cave, melawat ke Kuala Gankira dan Rumah Chang.

4. Muzium Kebudayaan Sarawak

tempat menarik di Sarawak untuk dilawati
foto: https://www.instagram.com/arykasya/

Selain sebagai Mezium Kebudayaan, museum yang satu ini juga di kenal sebagai museum kehidupan. Karena koleksi museum yang berkaitan dengan kehidupan etnis Sarawak di masa lalu.

Yang menarik di Muzium Kebudayaan Sarawak anda bisa melihat berbagai macam bangunan kuno Sarawak.

Seperti pagoda orang Cina, rumah tinggi Melanau, rumah panjang Orang Ulu dan yang lainnya yang bisa anda saksikan keindahan bangunan juga koleksi menarik yang ada di dalamnya.

Harga tiket untuk menikmati sajian sejarah di tempat ini anda harus membayar RM75 untuk orang dewasa dan RM40 untuk anak-anak.

Jangan sampai kunjungan anda di Sarawak tidak mengunjungi Muzium yang satu ini.

5. Taman Negara Mulu

tempat percutian di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/mwnbenz/

Tarikan menarik yang luar biasa indah dan mempesona bisa anda saksikan di Taman Negara Mulu. Keidnahan panorama alamnya yang hijau bisa memanjakan sejauh mata memandang.

Batu vulkanik yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu menawarkan keindahan yang fenomenal. Selain itu terdapat gua batu kapur yang bisa anda nikmati keindahannya.

Lokasi ini juga ramai dikunjungi oleh ilmuwan-ilmuwan dari seluruh dunia yang ingin mempelajari tentang fenomena alam yang ada di Taman Negara Mulu.

Kunjungi juga –> Tempat Menarik di Batu Pahat Yang Terkini

6. Fairy Cave & Wind Cave

tempat pelancongan di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/hariz_radzi/

Gua dengan stalagtit dan slatagmit yang mempesona ini bisa anda kunjungi ketika berada di Sarawak.

Fairy Cave biasa di kenal dengan nama gua pari-pari bisa anda jelajah dengan menyusuri jalan stapak kecil dan beberapa anak tangga sehingga sangat mudah di akses.

Dengan membayar biaya tiket masuk sebesar RM3 anda beserta kawan-kawan bisa menjelajah Fairy Cave sepuas hati anda.

7. Taman Negara Bako

tempat menarik di Sarawak untuk kanak kanak
foto: https://www.instagram.com/khafy/

Taman Negara dengan keindahan alam di dalamnya ini menawarkan panorama unik. Dan hanya bisa disaksikan di pulau Kalimantan saja yaitu kehidupan monyet hidung besar atau monyet proboscis.

Selain itu pemandangan pantai, air terjun, hutan bakau dan yang lainnya bisa anda saksikan ketika berkunjung ke Taman Negara Bako ini.

8. Taman Negara Kubah

waterfal menarik di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/nazaziahhamzah/

Taman Negara Kubah menyimpan sejuta keindahan alam yang sangat luar biasa. Bagi anda pecinta petualangan cobalah beradventure di Taman Negara yang satu ini.

Karena di tempat anda akan mendapatkan keindahan alam yang luar biasa mempesona.

Kekayaan Flora dan Faunanya akan menyambut anda ketika berada di Taman Negara yang satu ini. Tarikan menarik lainnya yaitu adanya air terjun, hutan paya bakau, gunung, dan yang lainnya.

9. Muzium Tekstil

muzium menarik di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/lionelbenang/

Tempat menarik di Sarawak selanjutnya yaitu tarikan wisata sejarah yang cukup legendaris di Sarawak yaitu Muzium Tekstil.

Bangunan indah dan penuh dengan seni ini didirikan dengan seni bangaunan British Renaissance dan British Occupation. Didirikan pada tahun 1907 sebagai pusat berobat pada masa awal berdirinya.

Namun sekarang bangunan ini sudah di alaihfungsikan menjadi sebuah museum dengan koleksi tekstilnya yang menarik untuk anda saksikan. Tekstil yang terdapat di museum ini berasal dari masyarakat Sarawak yang di buat dengan seni tradisional.

Anda juga bisa melihat proses pembuatan tekstil modern yang ada di museum yang satu ini di tingkat ke dua bangunan museum.

10. Taman Buaya Jong

wisata di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/sp4555/

Bercuti bersama keluarga memang hal yang menyenangkan, ketika anda bercuti di Sarawak bersama keluarga anda. Ajaklah mereka berkunjung ke Taman Buaya Jong.

Karena di Taman buaya yang satu ini anda beserta keluarga bisa melihat berbagi macam jenis buaya. Terdapat lebih dari 4000 buaya yang hidup di taman buaya yang satu ini.

Datang juga ke –> Tempat Menarik di Sungai Petani Yang Terkini

11. Muzium Sejarah Cina Sarawak

objek wisata di Sarawak
foto: https://en.wikipedia.org

Bangunan kecil yang satu ini menyimpan sejarah yang luar biasa mengenai etnis China yang berada di Sarawak.

Bangunan ini didirikan pada tahun 1912 hingga diresmikan menjadi sebuah museum oleh Menteri Kebudayaan Pemuda dan Olahraga YB Alfred Yap Chin Loi pada tahun 1933.

Di tempat ini anda bisa belajar mengenai sejarah etnis China di Sarawak.

12. Kuching Wetlands National Park

tempat wisata di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/lee_atin/

Taman Negara yang satu ini adalah destinasi tempat kunjungan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan ketika bercuti di Sarawak.

Terdiri dari laut, pantai dan ekosistem air tawar membuat taman negara yang satu ini adalah tempat yang cocok untuk anda yang mempunyai jiwa adventure yang tinggi.

Selain menikmati sajian pemandangan alam yang indah dari atas bukit. Anda juga bisa menikmati sajian keindahan dari lanscape yang berbeda dengan menaiki boat.

Berkeliling meneroka kawasan sungai di Kuching Wetlands National Park, penasaran seperti apa keseruannya?

13. Rumah Panjang Annah Rais Bidayuh

wisata edukasi di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/mazlan_amidin/

Rumah Panjang Annah Rais Bidayuh sudah berdiri sejak tahun 1818 yang merupakan rumah tradisional terpanjang yang ada di Sarawak.

Selain mengunjungi rumah panjang dan mengambil gambar. Di tempat ini anda bisa melihat aktivitas dan kehidupan yang dilakukan oleh warga masyarakat suku Bidayuh.

Anda juga bisa berendam di kolam air panas yang lokasinya tidak jauh dari Rumah Panjang ini. Jadi jangan sampai destinasi satu ini terlewat dari agenda tempat kunjungan bercuti di Sarawak.

14. Muzium Kucing

tempat menarik di Sarawak yang paling cantik
foto: https://www.instagram.com/bandarayaku/

Museum unik yang menawarkan koleksi berkaitan dengan hewan lucu. Yaitu kucing ini harus anda kunjungi ketika berada di Kuching.

Koleksi yang terdapat di museum ini antara lain yaitu foto, patung, barangan, lukisan yang bertemakan kucing bisa anda saksikan. Tempat ini menjadi tempat menarik di Sarawak yang terkini.

Bagi anda penyuka hewan kucing, sempatkanlah sedikit waktu anda di Sarawak dengan mengunjungi Muzium Kucing ini.

15. Borneo Highland Resort

wisata alam di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/catcitykuching/

Borneo Highland Resort adalah tempat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu bercuti anda dan keluarga.

Berbagai fasilitas menarik bisa anda nikmati di tempat yang satu ini seperti Hornbill Golf & Jungle Club.

Lokasinya yang berada di atas ketinggian 600–1000 meter membuat udara di tempat ini sangat sejuk dan segar.

Bagi anda yang jenuh dengan suasana perkotaan, anda bisa merelaksasi pikiran anda dengan berkunjung ke tempat eksotis yang satu ini.

Lihat Juga –> Tempat Menarik di Labuan Yang Terkini

16. Sarakraf Pavilion

tempat makan di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/borneotalk/

Merupakan tempat kunjungan yang bertemakan Chinese-colonial karena reka bentuk bangunan rumah besar ala bangunan China di masa lalu.

Di dalam Sarakraf Pavilion ini anda bisa melihat berbagai macam koleksi kerajinan tangan tardisional masyarakat Sarawak, bengkel dan koleksi menarik lainnya.

Selain itu anda juga bisa belajar membuat kraftangan dengan mengikuli kursus pembuatan kraftangan atau mengikuti kursus menari yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

17. Muzium Sarawak

wisata anak di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/fadillahandco/

Bangunan Museum yang indah dengan koleksi barang menarik dimana lagi bisa anda saksikan selain di Muzium Sarawak.

Terdapat banyak koleksi sejarah menarik yang bisa anda saksikan di Museum ini mengenai sejarah di Asia Tenggara.

Bangunan yang merupakan bangunan peninggalan kolonial Inggris ini menawarkan keindahan bangunan yang cocok untuk setting seni fotografi anda ketika bercuti di Sarawak.

18. Pasar Serikin

tempat shoping di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/catcitykuching/

Pasar Tradisional yang satu ini wajib untuk anda kunjungi ketika berada di Sarawak. Banyak tawaran barangan menarik yang bisa anda dapatkan di Pasar Serikin.

Tempat shopping menarik di Sarawak ini menjual berbagai barangan tardisional yang cukup menarik untuk anda dapatkan.

Barangan yang bisa didapatkan di pasar ini antara lain yaitu kerajinan tangan, batik, tikar, perabot tradisional, makanan khas dan masih banyak lagi tawaran menarik lainnya.

19. Masjid Jamek Kuching

tempat menarik di Sarawak paling cantik
foto: https://www.instagram.com/iladamiaa/

Masjid Jamek Kuching juga dikenal sebagai Masjid Lama Negeri Sarawak. Karena masjid yang satu ini berdiri di bandar kota lama dan merupakan masjid pertama yang dibangun di Sarawak pada tahun 1847.

Masjid ini direnovasi pada tahun 1968 dengan reka bentuk yang artistik menawarkan keindahan bangunan yang luar biasa.

Sempatkanlah sesekali beribadah sholat di masjid jamek ini ketika singgah di Kuching.

20. Hutan Simpan Semenggoh

wisata edukasi di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/globioeducation/

Apa yang menarik di Sarawak? salah satu tarikan menarik di Sarawak yaitu kehidupan Orang Utan.

Kalimantan memang kaya dengan faunanya, bagi anda yang belum pernah melihat Orang Utan asli Kalimantan. Anda bisa melihat hewan yang dilindungi ini di Hutan Simpan Semenggoh.

Pusat reservasi Hutan Simpan Semenggoh ditujukan untuk merehabilitasi dan mengembang biakkan spesies orang utan yang mulai langka di habitat aslinya karena proses perburuan liar.

Baca juga –> Tempat Menarik di Negeri Sembilan Yang Terkini

21. Taman Orkid Kuching

wisata keluarga di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/icatsofficial/

Lokasi dari Taman Orkid Kuching ini berseberangan dengan Waterfront Kuching sehingga lokasinya mudah di akses.

Jika anda ingin mengunjungi taman menarik yang satu ini anda bisa menyeberangi sungai dengan menaiki boat sekitar 15 menit dengan biaya RM0.50/orang.

Taman yang hijau penuh dengan orkid-orkid menarik sayang jika anda melewatkannya ketika berada di Sarawak. Tempat yang menarik di Sarawak ini harus anda kunjungi ketika bercuti.

Jika anda yang ingin berkunjung ke taman satu ini jangan lupa siapkan kamera dengan baterai penuh karena banyak tarikan menarik yang harus anda abadikan.

22. Pantai Damai

pantai menarik di Sarawak
foto: https://www.instagram.com/elziaf/

Pantai yang indah dan suasana yang menenangkan bisa anda temui ketika di Sarawak dengan mengunjungi Pantai Damai yang ada di Kuching.

Pantai pasir putih dengan bebatuan yang menghiasinya menawarkan keindahan pantai yang berbeda dengan pantai-pantai lain di Sarawak.

Hutan tropis yang hijau di kawasan pantai yang satu ini menambah sisi keeksotisan yang di tawarkan. Cocok untuk destinasi tempat kunjungan anda dan keluarga ketika bercuti di Sarawak.

23. Tugu Kuching

wisara Sarawak malam hari
foto: https://www.instagram.com/faizalmuslim23/

Bercuti di Kuching tak akan lengkap jika tidak mengunjungi Tugu Kucing yang menjadi icon kota yang satu ini.

Lokasinya yang berada di pusat kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan membuat tugu yang satu ini selalu ramai pengunjung karena lokasi yang strategis dan mudah di akses.

Cocoklah untuk lokasi anda bergambar ketika bercuti di Sarawak bersama keluarga.

Itulah beberapa informasi mengenai destinasiTempat menarik di Sarawak yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan anda ketika bercuti di Sarawak.

Review Sebelumnya –> Tempat Menarik di Kuantan Yang Terkini

Semoga artikel dan informasi ini bisa membantu dan memudahkan anda dalam menentukan tempat percutian yang akan anda kunjungi selama berada di Sarawak.

Explore Tempat Wisata di Semarang Paling Indah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here