Goa Lowo di Gunung Kidul Yogayakarta merupakan sebuah destinasi wisata alam yang rekomended untuk anda kunjungi dan eksplorasi lebih dalam. Menyajikan sebuah goa alami yang di dalamnya menjadi tempat hidup banyak sekali kelelawar, mulai dari ukuran kecil sampai besar.

Kelelawar yang ada di Goa Lowo Gunung Kidul memiliki warna coklat sampai dengan hitam pekat. Jumlahnya pun tak sedikit, tak hanya ratusan melainkan ribuan ekor kelelawar yang baru akan keluar goa saat sore menjelang malam.

Kehadiran kelelawar menjadi salah daya tarik yang membuat Goa Lowo Jogja begitu menawan dan sayang bila anda lewatkan. Wisata Gunung Kidul selain pantai ini dapat anda jadikan alternatif mengisi waktu libur selanjutnya agar lebih bermakna.

Harga Tiket Masuk Goa Lowo

harga tiket masuk Goa Lowo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116076922093469024266

Dalam bahasa jawa, Lowo artinya adalah Kelelawar, dan dari hal tersebut yang mendasari nama pada goa ini. Banyaknya Lowo atau Kelelawar yang justru membuat wisata Gunung Kidul satu ini begitu ikonik dan menarik minat banyak wisatawan.

Mereka bergelantungan disetiap lubang-lubang pada sudut-sudut yang ada di Gua Lowo Jogja ini. Matanya nampak tajam, terlihat menakutkan namun tidak akan menyerang pengunjung, meski tetap harus yang namanya hati-hati.

Tempat ini bisa menjadi salah satu wisata ekonomis karena tidak akan membuat dompet anda jebol. Harga tiket masuk Goa Lowo sangat terjangkau, dan pastinya ramah dikantong sehingga anda tak perlu khawatir.

Dengan biaya masuk yang telah anda bayarkan, maka dapat dipastikan bisa explore Goa Lowo Yogyakarta sampai puas. Jalan-jalan menikmati stalagmit dan stalaktit yang berusia ratusan ribu tahun dan menyajikan landscape alam anti mainstream.

Bagi anda yang hendak datang kesini, bisa kapan saja karena terbuka untuk siapapun selama 24 jam penuh. Akan tetapi waktu terbaik datang ke Goa Lowo adalah saat cuaca cerah, hari belum gelap agar semuanya lebih maksimal.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat goa lowo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115214420667424844260

Lokasi Goa Lowo cukup mudah untuk ditemukan meski sebenarnya keberadan guanya tidak terlalu strategis. Gua Lowo memiliki karakteristik yakni lorong yang luas dan atapnya cukup tinggi.

Alamat Goa Lowo berada di Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota atau Alun-Alun Wonosari, yang dimana jaraknya hanya sekitar 17 km.

Setibanya di lokasi anda akan langsung dapat melihat dua lubang besar yang berada di langit-langit gua. Hal tersebut membuat Goa Lawa Gunung Kidul Jogja ini tidak gelap seperti gua lain kebanyakan.

Pengunjung juga tak perlu khawatir dengan kotoran ribuan kelelawar yang berada di dalamnya. Dikarenakan adanya sirkulasi udara yang baik di dalam goa sehingga baunya tidak terlalu menyengat.

Akses jalan utama menuju wisata alam Goa Lowo sudah cukup layak dan bisa anda lalui tanpa harus kesulitan. Anda bisa menggunakan petunjuk arah pada maps dibawah ini agar pejalanan semakin mudah menuju Goa Lowo Jogja.

Datang juga ke –> Hutan Wanagama sebagai tujuan menenangkan diri dengan aneka suguhan menarik memanjakan mata.

Fasilitas

fasilitas goa lowo
Foto : https://ihategreenjello.com

Saat tulisan ini dimuat sebenarnya Goa Lawa Yogyakarta ini masih belum dikelola secara baik dan maksimal. Untuk itu, sarana prasarana yang ada pun masih sangat terbatas dan belum lengkap.

Meski begitu hal tersebut tidak akan membuat momen berpetualang anda di Goa Lawa terganggu. Fasilitas Goa Lowo yang dapat anda temukan antara lain, area parkir, kamar mandi dan rute berjalan kaki.

Sedangkan untuk warung wisata bisa anda jumpai pada beberapa bangunan sebelum menuju spot utama Goa Lowo. Maka dari itu, untuk bekal sebaiknya telah anda siapkan sebelum tiba disini guna memenuhi kebutuhan makan dan minum.

Nikmati serunya explore wisata alam Gua Lowo yang eksotis dan menarik untuk mengisi waktu senggang anda bersama keluarga.

Kunjungi juga –> Kalisuci Cave Tubing olaharaga susur sungai mengenakan perlengkapan khusus yang pasti seru.

Spot Terbaik di Goa Lowo

spot terbaik di goa lowo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116076922093469024266

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa nama Goa Lowo berdasarkan dari banyaknya kelelawar disini. Tempat ini sejatinya menjadi rumah alami dari ribuan kelelawar yang menetap atau sekedar singgah pada seluruh bagian goa.

Wisata Goa Lowo Gunung Kidul juga dapat dijadikan tempat penelitian untuk mengamati kelelawar. Sebagai tempat penambangan kotoran kelelawar yang kemudian menjadi pupuk organik bagi banyak tanaman.

Selama berkunjung ke Goa Lowo Yogyakarta jangan sampai anda melewatkan aktivitas berswafoto guna mengabadikan setiap momennya. Menjadikan spot terbaik di Goa Lowo Gunung Kidul sebagai latar belakang utama agar pengalaman kali ini sulit terlupa.

Bangunan gua yang dipenuhi stalagmit dan stalaktit berpadu dengan aneka pepohonan serta tumbuhan rimbun terlihat begitu mempesona.

Review sebelumnya –> Telaga Jonge yang bakal membuat anda nyaman dan rasa penatpun seketika akan hilang.

Tips Berkunjung

tips berkunjung goa lowo
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102127524562996737824

Berikut dapat anda simak tips berkunjung ke Goa Lowo di Gunung Kidul yang menawan berkat banyaknya kelelawar.

  • Berwisata alam akan lebih maksimal jika dilakukan ketika hari cerah dengan cuaca yang mendukung.
  • Tunda dulu liburan anda apabila sedang turun hujan karena tentu sangat tidak disarankan berada di alam terbuka.
  • Wajib menjaga tata tertib, tingkah laku dan tutur kata selama berada di Goa Lawa Jogja agar semua baik-baik saja.
  • Selalu buang sampah pada tempatnya dan ikut serta dalam menjaga keberlangsungan wisata alam.

Jadi itu tadi Goa Lowo di Yogyakarta yang cocok bagi anda untuk berpetualang di alam bebas dengan sajian panorama istimewa. Sekian dulu ulasan singkat Goa Lowo dengan sejumlah keunikan yang terkandung di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 3 =