Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu daya tarik wisata berbasis alam yang sangat populer di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Wisata di Gunung Kidul satu ini menawarkan panorama alam menawan melalui air terjun dan juga pesona istimewa di sekitarnya.

Sri Gethuk hingga hari ini selalu dipadati oleh banyak sekali wisatawan dari berbagai daerah untuk liburan dan rekreasi disini. Mencoba lebih dekat dengan alam dan rasakan nuansa menenangkan yang bikin nyaman, seolah enggan rasanya untuk pulang.

Saat anda tengah berada di daerah Gunung Kidul, maka Air Terjun Sri Gethuk Jogja ini wajib buat di explore keseruannya. Para pengunjung akan dibawa hanyut oleh suasana sunyi berpadu dengan gemuruh suara Air Terjun Sri Gehtuk Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110113826340790410737

Segudang daya tarik bakal memanjakan pengunjung yang tengah mengisi waktu senggang dengan berwisata ke Sri Gehtuk. Sri Gethuk setidaknya memiliki 3 sumber mata air, yakni Ngandong, Dong Poh, dan juga Ngumbul.

Ketiga mata air tersebut berkumpul untuk kemudian mengalir melalui sebuah tebing tinggi, hingga membentuklah air terjun. Air yang tak pernah kering ini jatuh dan merayapi bebatuan kapur di tepian sungai sekitar Sri Gethuk.

Serta masih banyak lagi keunikan yang dapat anda temukan saat berada disini bersama dengan keluarga maupun kerabat hingga sanak saudara. Dan untuk bisa merasakan setiap keseruan yang Sri Gethuk tawarkan, maka pengunjung tak harus merogoh kocek terlalu dalam.

Harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk cukup terjangkau, hanya 15.000 rupiah saja per orangnya, sangat ramah dikantong bukan? Selain tiket masuk, anda juga perlu untuk membayar retribusi parkir kendaraan sesuai tarif yang berlaku disini.

Jam wisata yang berlaku di wisata alam Air Terjun Sri Gethuk adalah pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Anda bisa datang saat pagi ataupun sore hari untuk merasakan nuansa yang lebih alami.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat air terjun sri gethuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115093436194636090605

Alamat Air Terjun Sri Gethuk terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Air Terjun Sri Gethuk berada di tepi Sungai Oyo, dan untuk bisa menikmatinya para pengunjung harus menelusuri menggunakan rakit.

Sepanjang jalan, anda akan disugukan pemandangan eksotis tebing-tebing kapur dikanan-kiri dengan rimbunnya pepohonan. Rasa penat yang tengah melanda, seketika langsung hilang entah kemana berkat hidangan alam mempesona.

Keberadaan Air Terjun Sri Gehtuk Jogja tidak terlalu jauh apabila dijangkau dari Alun-Alun Wonosari Gunung Kidul. Jaraknya hanya kurang lebih 16,3 km dengan harus menempuh perjalanan selama 28 menit berkendara.

Akses jalan utama untuk bisa sampai di area wisata Sri Gethuk sudah cukup baik dan tidak akan menyulitkan kendaraan anda. Dengan catatan, wajib menggunakan kendaraan yang sehat dan dalam keadaan siap tempur di semua medan.

Anda dapat memakai petunjuk akurat pada maps dibawah ini agar laju kendaraan menuju Air Terjun Sri Gethuk lebih mudah.

Datang juga ke –> Telaga Jonge hamparan luas air yang memikat.

Fasilitas

fasilitas air terjun sri gethuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110939559291311874986

Telah ditunjang dengan berbagai sarana prasarana pendukung yang memadai dan bisa wisatawan manfaatkan dengan baik. Berikut ini fasilitas Air Terjun Sri Gethuk di Gunung Kidul Yogyakarta, yang diantaranya :

  • Lahan parkir kendaraan pengunjung
  • Pusat informasi wisata
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Penyewaan rakit
  • Penyewaan ban & pelampung
  • Tempat penitipan barang
  • Warung makan & minum
  • Kios oleh-oleh
  • Spot foto melimpah

Nikmati serunya menghabiskan waktu senggang dengan bermain, jalan-jalan, dan menelusuri indahnya Air Terjun Sri Gethuk. Cobalah untuk mengarungi sungai Oyo dengan menyewa jasa rakit atau perahu yang tersedia.

Tidak hanya menggunakan rakit atau perahu, anda pun bisa mencoba keseruan mengarungi sungai dengan mengenakan ban dan juga pelampung. Rasakan kesegaran aliran sungai oyo dan ciptakan pengalaman berlibur yang lebih berkesan.

Kunjungi juga –> Goa Lowo yang eksotis.

Spot Terbaik di Air Terjun Sri Gethuk

spot terbaik di air terjun sri gethuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102276748945556548567

Selain menyusuri sungai, aktivitas seru lainnya yang tak boleh anda lewatkan adalah berfoto-foto ria memanfaatkan panorama alam memikat. Liburan akan kurang lengkap kalo tidak berswafoto, seperti selfie ataupun merekam video.

Abadikan momen berlibur pada spot terbaik di Air Terjun Sri Gethuk yang menakjubkan. Spot utama di Sri Gethuk adalah air terjun dengan tinggi mencapai 25 meter yang merayapi bebatuan kapur di tepi sungai.

Dengan 3 sampai 5 terjunan yang membuat landscape alam di Air Terjun Sri Gethuk semakin eksotis, meskipun tergantung dengan musimnya. Pada saat musim kemarau, air sungai disini akan sangat jernih berwarna kehijauan dan cenderung tenang.

Review sebelumnya –> Pantai Pok Tunggal dengan pasir putih yang bersih, halus dan cantik.

Tips Berkunjung

tips berkunjung air terjun sri gethuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107613750319500914151

Dapat anda jadikan tambahan referensi tips berkunjung Air Terjun Sri Gethuk dibawah ini.

  • Untuk merasakan sensasi liburan di alam yang lebih maksimal, maka datanglah saat hari cerah dan cuaca mendukung.
  • Jika sedang turun hujan atau langit yang mendung, tak ada salahnya untuk menunda dulu rencana datang kesini.
  • Bawa baju ganti, karena datang ke Sri Gethuk tentu saja akan bermain air guna merasakan segar dan serunya.
  • Hati-hati dan selalu waspada selama berkegiatan, agar semua berjalan aman, lancar dan sesuai harapan.
  • Wajib selalu membuang sampah ke tempatnya dan tidak mengotori area wisata alam Air Terjun Sri Gethuk dengan sembarangan.

Jadi itu tadi, Air Terjun Sri Gethuk Jogja yang siap memanjakan setiap pengunjung dengan segudang daya tarik mengagumkan. Segera explore Air Terjun Sri Gethuk yang rekomended dan sayang bila dilewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 5 =