Liburan santai sekadar menikmati sunrise atau sunset di Pantai Parangtritis bersama orang terdekat adalah momen manis untuk terus diingat.

Destinasi wisata pantai yang berada di pesisir selatan Kota Yogyakarta ini memang terkenal di kalangan wisatawan lokal sampai mancanegara.

Bukan hanya bagian wisata pantai di pesisir selatan, karena ada cerita sejarah yang menarik di balik nama Parangtritis. Seakan-akan ada sisi lain yang menyimpan seribu cerita yang menarik untuk diketahui selain panorama indahnya untuk dinikmati..

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

harga tiket masuk pantai parangtritis
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109086928777934775207

Meski pantai ini sudah terkenal sebagai destinasi wisata wajib di Yogyakarta, harga tiket masuk Pantai Parangtritis relatif murah. Tiket masuk ke area wisata ini berlaku untuk semua objek wisata, namun beberapa fasilitas penunjang wisata tidak tersedia gratis.

Nah, Anda yang memiliki rencana liburan ke Parangtritis dalam rangka menikmati pesona indahnya pemandangan pantai ini, wajib simak ulasan berikut. Info lengkap mengenai harga tiket masuk dan tarif fasilitas tercantum pada list berikut ini:

  • Tiket Masuk Pantai : Rp10.000
  • Parkir Roda Dua : Rp3.000
  • Parkir Roda Empat : Rp10.000
  • Fasilitas Andong : Rp30.000
  • Fasilitas Sandboarding : Rp70.000
  • Penyewaan Motor ATV Kecil : Rp50.000/30 menit
  • Penyewaan Motor ATV Besar : Rp100.000/30 menit

Alamat dan Rute Lokasi Pantai Parangtritis

alamat dan rute lokasi pantai parangtritis
Foto : https://www.instagram.com/riyanti.eny_s/

Lokasi Pantai Parangtritis 27 km kearah selatan dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Parangtritis, Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat Pantai Parangtritis juga mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk mengunjunginya.

Soal akses lalu lintas terbilang lancar dengan kondisi jalanan menuju area pantai juga sudah mulus dan lebar. Ada dua rute yang bisa dilewati oleh calon wisatawan baik berdomisili di Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

1. Dari Kota Yogyakarta

Rute lokasi pantai ini jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta adalah dengan melewati area Pojok Benteng di sebelah timur. Selanjutnya, menuju ke Jalan Parangtritis dan lanjut lurus ke selatan hingga melewati Jalan Ringroad Selatan.

Dari bundaran atau ringroad, lajutkan perjalanan menuju ke arah Kretek, Bantul. Setelah sampai di daerah Kretek, lanjutkan perjalanan menuju area pantai dengan mnegukuti rambu-rambu penunjuk lokasi yang tertempel di tepi jalan.

2. Transpotasi Umum Menggunakan Bus

Alternatif rute bila Anda tidak berniat untuk menggunakan kendaraan pribadi adalah dengan memanfaatkan transportasi umum seperti bus. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa lokasi pantai ini sangat strategis dan mendukung untuk dilewati bus.

Pertama, Anda bisa langsung menuju ke Terminal Giwangan dan pilih bus dengan rute menuju ke lokasi wisata. Kedua, Anda hanya tinggal duduk manis di dalam bus hingga sampai di lokasi pemberhentian yang dekat dengan Parangtritis.

Jam Buka Pantai Parangtritis

jam buka pantai parangtritis
Foto : https://www.instagram.com/wisatapantaiparangtritis/

Setelah mengetahui dimana lokasi dan rutenya, maka hal lainnya yang perlu Anda cari tahu yaitu tentang jam buka tutupnya. Salah satu keuntungan liburan ke pantai adalah jam operasional 24 jam dari hari Senin sampai Minggu.

Artinya, Anda bisa datang sore menjelang malam untuk sekadar menikmati suasana sunset dan suasana gelap saat matahari sudah tenggelam. Untuk Anda yang berasal dari luar kota, objek wisata di Yogyakarta ini sangat recommended untuk dikunjungi.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/101167430896233163770

Pantai Parangtritis ini menawarkan pesona keindahan alam yang memanjakan mata hingga sejumlah permainan yang tidak kalah menyenangkan. Nah, berikut daftar aktivitas seru dan menyenangkan untuk Anda lakukan selama berada di pantai ini:

• Menikmati Pemandangan Pantai

Keunikan Pantai Parangtritis yaitu adanya gunung-gunung pasir di sekitar kawasan pantai yang dikenal dengan istilah gumuk. Deburan ombak pun termasuk besar di mana letak geografis pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Pada saat siang hari dengan cuaca cerah, sebaiknya Anda berkunjung dengan mengenakan topi dan kacamata untuk mengatasi kilauan cahaya. Sementara menikmati suasana pada saat sore hari sangat cocok untuk melihat pesona sunset di atas cakrawala.

• Bermain Air

Liburan ke pantai belum lengkap rasanya jika tidak bermain pasir pantai maupun berkejaran dengan deburan ombak yang menghampiri. Perhatikan keselamatan dengan tetap waspada dengan besarnya ombak terutama saat bermain air bersama anak-anak.

• Berkuda

Nikmati suasana sepanjang garis pantai dengan jalan-jalan tanpa lelah bisa menggunakan kuda. Jangan takut bila ini adalah momen pertama Anda menunggangi seekor kuda, karena pemberi sewa kuda turut mengiringi wisatawan untuk keamanan.

• Menyewa ATV

Selain berkuda, wisatawan dapat menyusuri area pantai Parangtritis Bantul menggunakan wahana motor ATV yang menantang keseruan. Motor ATV ini bisa disewa untuk satu oaring atau dua orang dengan nominal tarif yang sudah disebutkan di atas.

• Surfing

Ombak Pantai Parangtritis ini sering dipakai untuk olahraga bahkan pelaksanaan kompetisi nasional surfing. Bahkan pantai ini sejak tahun 2012 menjadi salah satu spot latihan surfing yang ada di Indonesia.

• Paralayang

Opsi berikutnya bila Anda suka dengan wahana yang memacu adrenalin adalah paralayang dari atas bukit di tepi Pantai Parangtritis. Dari ketinggian di atas perairan, Anda akan disuguhi birunya lautan bersama dengan hembusan angin.

• Naik Andong atau Delman

Menyusuri keindahan panorama dan semilir angin pantai bisa dengan menyewa delman atau anding sebagai salah satu kendaraan khas daerah Yogyakarta. Dari menyewa satu delman, And bisa menaikinya bersama 6 sampai 7 orang di dalamnya.

Datang juga ke –> Bukit Pengilon

Spot Foto Terbaik

spot foto terbaik di pantai parangtritis
Foto : https://www.instagram.com/rinusnakata_10/

Bicara soal spot foto, ada banyak sekali view yang bisa dijadikan sebagai spot foto di pantai ini. Dari banyaknya spot foto yang tersedia di sana, terdapat salah satu spot foto yang wajib untuk dicoba.

Di sisi utara timur Pantai Parangtritis Anda akan menemukan bukit kecil di mana pemandangan dari atas bukit tersebut sangat menakjubkan. Lanjut ke area ujung timur Pantai Parangtritis terdapat gugusan karang yang begitu indah dan sering dijadikan spot pemotretan foto pre-wedding.

Kunjungi juga –> Pinus Pengger

Fasilitas di Pantai Parangtritis

fasilitas pantai parangtritis
Foto : https://www.instagram.com/wisatapantaiparangtritis/

Tidak perlu khawatir apabila masih berada di pantai ini hingga larut malam, karena sudah ada penginapan yang bisa untuk bermalam. Bahkan sejumlah lokasi penginapan menawarkan pemandangan menghadap laut Parangtritis dari ketinggian.

Fasilitas lainnya juga lengkap, mulai dari area parkir yang luas, kamar mandi, toko oleh-oleh khas Yogyakarta hingga warung makan. Selain itu, petugas tim SAR dan Posal atau Pos Angkatan Laut bertugas untuk mengantisipasi keamanan di kawasan tersebut.

Review sebelumnya –> Bukit Lintang Sewu

Tips Berkunjung ke Pantai Parangtritis

tips berkunjung pantai parangtritis
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116731806156947986049

Keindahan laut, pantai, karang dan hembusan angin yang sepoi-sepoi memang menjadi alasan mengapa pantai menjadi wisata favorit. Namun, dibalik pesona yang dimiliki, cuaca panasa di pantai tergolong cukup ekstrem, dan tips berkunjung agar liburan Anda tidak terganggu.

  • Memakai sunblock atau tabir surya berkadar SPF tinggi
  • Gunakan kacamata berwarna hitam agar bebas menikmati pemandangan pantai tanpa takut bahaya radiasi.
  • Kenakan outfit yang sopan dan tepat agar menghasilkan jepretan kamera yang bagus.
  • Siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan semua momen menyenangkan selama liburan di pantai.
  • Siapkan tas ransel anti air dan plastik pelindung untuk menyimpan pakaian basah yang setelah digunakan untuk berenang.
  • Cobalah wahana dan fasilitas yang tersedia untuk membuat liburan menjadi lebih berkesan.
  • Membawa bekal makanan dan minuman untuk menghemat budget liburan.

Jika Anda memiliki kesempatan mengambil cuti kerja, segera rencanakan liburan ke Pantai Parangtritis bersama teman, sahabat atau keluarga. Apalagi pantai ini memiliki daya pikat sebagai tempat yang paling cocok untuk bersantai menghilangkan kepenatan.

Nah, pastikan menambahkan Pantai Parangtritis dalam daftar tujuan selama Anda berlibur di Yogyakarta. Bukan hanya bermain air di bibir pantai, wisatawan juga mendapat sejumlah fasilitas wahana permainan yang menambah keseruan liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − 2 =