Bukit Pengilon merupakan spot wisata di Yogyakarta yang memiliki keindahan yang amat luar biasa. Spot wisata ini tepatnya berada di daerah Gunung Kidul, cukup dekat dengan Gunung Merapi.

Bukit Pengilon bisa dibilang termasuk salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang tidak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap hari bukit ini selalu ramai wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama pada saat weekend atau hari libur.

Bukit Pengilon sendiri sangat diminati karena memiliki pemandangan pegunungan yang hijau layaknya di luar negeri. Selain indah, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan di bukit ini.

Harga Tiket Masuk Bukit Pengilon

harga tiket masuk bukit pengilon
Foto : https://www.instagram.com/dimasaldi_29/

Harga tiket masuk Bukit Pengilon merupakan hal penting yang perlu Anda tahu sebelum berkunjung ke sana. Harga tiket atau biaya yang perlu dikeluarkan saat ke Bukit Pengilon relatif murah, bahkan tidak sampai Rp10.000.

Untuk tiket masuk, setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Sedangkan tarif parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp2.000 dan roda empat sebesar Rp5.000.

Namun, itu bukan berarti uang Rp10.000 cukup untuk bisa menikmati pemandangan di sana. Anda tentu juga perlu menyiapkan budget untuk membeli makanan atau minuman yang dijajakan di kawasan Pengilon.

Alamat dan Rute Lokasi Bukit Pengilon

alamat dan rute lokasi bukit pengilon
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115491644781267794155

Alamat Bukit Pengilon ada di Daerah Tepus, Purwodadi, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasi bukit ini searah dengan Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wedi Ombo.

Pengunjung juga bisa mengakses bukit ini melalui Pantai Siung karena lokasinya memang berdekatan. Hanya saja, Bukit Pengilon lokasi memang lebih ke bagian timur, hampir menuju daerah Wonogiri.

Lokasi dari bukit ini lumayan terpencil sehingga pengunjung perlu sabar dalam melakukan perjalanannya. Untungnya, rute yang dilalui sudah cukup baik dengan aspal halus pada beberapa titik.

Dari Stasiun Yogyakarta, pengunjung harus berkendara dengan menempuh jarak sekitar 75 Km untuk sampai ke Bukit Pengilon. Di sekitar sana sudah lumayan banyak transportasi umum yang akan memudahkan perjalanan.

Jam Buka Bukit Pengilon

jam buka Bukit Pengilon
Foto : https://www.instagram.com/ekooutdoor_/

Karena termasuk objek wisata alam, Bukit Pengilon ini buka setiap hari selama 24 jam. Wisata ini juga tidak terbatas bagi siapa pun sehingga bisa dikunjungi oleh semua orang.

Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah ketika akhir musim kemarau atau awal musim hujan. Pasalnya, saat itu bukit sedang ditutupi oleh rerumputan yang hijau sehingga terlihat semakin cantik.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Bukit Pengilon

aktivitas yang bisa dilakukan bukit pengilon
Foto : https://www.instagram.com/ekooutdoor_/

Keindahan alam Bukit Pengilon tentu saja membuat siapa pun takjub saat melihatnya. Terlebih lagi saat di sana pengunjung bisa melakukan sejumlah aktivitas, seperti:

1. Berkemah

Suasana alam yang menenangkan di Bukit Pengilon pasti akan membuat Anda betah berlama-lama di sana. Anda bisa berkemah di sana selama semalam agar semakin puas menikmati pemandangannya.

Langit malam yang terlihat di kawasan bukit ini juga sangat menarik untuk dipandang. Tak heran kalau cukup banyak pengunjung yang memilih untuk menghabiskan sepanjang malam di bukit ini.

2. Piknik

Tidak punya banyak waktu untuk menikmati keindahan bukit ini semalaman? Tidak perlu khawatir, Anda bisa piknik sejenak sambil menikmati mahakarya Tuhan dari atas bukit.

Anda pun tak perlu membawa tikar atau alas lainnya jika ingin berpiknik. Bukit Pengilon memiliki cukup banyak spot yang nyaman untuk digunakan duduk sambil menikmati alam sekitar.

3. Memancing

Bikin Pengilon juga cocok dikunjungi oleh Anda yang hobi memancing atau sekedar ingin memancing untuk menghilangkan kebosanan. Pasalnya, area kaki bukit sudah sangat mendukung untuk dijadikan spot memancing yang menyenangkan.

Jika ingin memancing Anda perlu membawa perlengkapan memancing sendiri karena di sana tidak disediakan. Namun saat menuruni sisi bukit, Anda harus berhati-hati karena jalannya cukup terjal dan berbahaya.

Datang juga ke –> Keraton Yogyakarta

Spot Foto Terbaik di Bukit Pengilon

spot foto bukit pengilon
Foto : https://www.instagram.com/ekooutdoor_/

Bagi penggemar fotografi, tentunya tak boleh ada satu sudut pun dari Bukit Pengilon yang terlewat dari jepretan. Pasalnya, setiap sudut Bukit Pengilon menawarkan keindahan yang begitu memanjakan mata.

Spot foto terbaik di bukit adalah panorama 360 derajat yang sangat indah menawan. Foto-foto yang diambil di spot ini dijamin Instagrammable. Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto pada saat matahari tenggelam atau terbenam jika ingin hasilnya lebih ciamik.

Selain itu, perubahan warna langit yang terlihat dari bukit ini juga menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Meski demikian, semua spot di tempat ini dijamin sangat menarik untuk digunakan berfoto. Bahkan, tempat ini juga populer untuk digunakan foto pre-wedding.

Kunjungi juga –> Bukit Bintang

Fasilitas Bukit Pengilon

fasilitas bukit pengilon
Foto : https://www.instagram.com/bukitpengilongunungkidul/

Lokasi Bukit Pengilon yang terpencil dan cukup jauh dari area pemukiman membuat fasilitas yang ditawarkan juga cukup terbatas. Namun, untuk fasilitas berupa toilet umum, lahan parkir, dan tempat untuk salat sudah tersedia di sana.

Di sekitar bukit juga ada beberapa warung kecil yang menjual makanan dan minuman untuk pengunjung. Sehingga Anda tak perlu khawatir akan kelaparan atau kehausan saat berkunjung ke sana.

Namun, jika Anda berencana untuk berkemah, sebaiknya persiapkan segala peralatan dan perlengkapan semaksimal mungkin. Jangan sampai ada barang penting yang tertinggal kalau tidak ingin kegiatan kemah menjadi gagal.

Review sebelumnya –> Puncak Sosok

Tips Berkunjung ke Bukit Pengilon

tips berkunjung bukit pengilon
Foto : https://www.instagram.com/dolan.aja/

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika ingin mengunjungi Bukit Pengilon, di antaranya:

1. Berkunjung Saat Musim Kemarau

Sama seperti bukit lainnya, jalanan menuju Bukit Pengilon tentu akan sangat licin saat musim hujan. Hal ini dapat membahayakan keselamatan pengunjung yang kurang berhati-hati.

Untuk itu, disarankan untuk pergi ke Bukit Pengilon saat cuaca cerah atau musim kemarau. Dengan begitu, Anda bisa lebih menikmati liburan karena tidak ada hujan yang turun.

2. Persiapkan Fisik

Akses jalan menuju ke Bukit Pengilon sejauh ini masih berupa tanah. Jalan tersebut cukup sulit dilalui oleh berbagai kendaraan, apalagi saat musim penghujan.

Untuk mencapai puncak bukit, pengunjung harus trekking sejauh kurang lebih 1,5 Km dari area parkir. Oleh karena itu, pengunjung harus mempersiapkan fisik semaksimal mungkin sebelum mengunjungi salah satu bukit terindah di Yogyakarta ini.

3. Bawalah Perlengkapan Kemah

Bukit Pengilon memiliki camping ground yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berkemah pada malam hari. Sayangnya, pihak pengelola belum menyediakan fasilitas berupa tenda atau perlengkapan kemah lainnya.

Jika ingin berkemah di sana, Anda bisa membawa perlengkapan kemah sendiri jika memang sudah punya. Selain itu, pengunjung juga bisa meminta bantuan local guide untuk mencarikan persewaan perlengkapan kemah sesuai keinginan.

Demikian informasi mengenai objek wisata alam Bukit Pengilon yang sarat akan keindahan. Selain indah dan alami, objek wisata ini juga bisa dijadikan pilihan tempat liburan dengan budget yang murah.

Meskipun Anda sudah terbiasa naik bukit, namun tetaplah mengikuti tips-tips dan aturan yang ditetapkan oleh pengelola. Pastikan juga untuk mempersiapkan fisik, mental, dan logistik secara matang sebelum berangkat ke Bukit Pengilon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 − four =