Dijuluki sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga menyimpan beragam keindahan wisata alam yang tersebar di seluruh kota maupun daerah. Selain berkunjung ke kawasan Jalan Malioboro, cobalah juga untuk mengunjungi destinasi wisata Pinus Pengger.

Hutan dengan nuansa sejuk yang menentramkan jiwa ini pun memiliki berbagai fasilitas lengkap dan seru. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat hunting foto yang instagramable.

Apalagi saat malam hari keindahannya semakin terpancar dengan dihiasi kerlap-kerlip lampu perkotaan dari atas ketinggian bak langit penuh bintang. Ingin tahu lebih jauh tentang Pinus Pengger? Yuk simak informasi di bawah ini

Harga Tiket Masuk Pinus Pengger

harga tiket masuk pinus pengger
Foto : https://www.instagram.com/ieykakhan/

Destinasi wisata Pinus Pengger tergolong sangat murah meriah, hanya perlu membayar harga tiket masuk Pinus Pengger sebesar Rp3.000. Sementara itu, agar bisa menikmati spot tertentu, Anda disarankan untuk membayar seikhlasnya setidaknya Rp2.000 untuk menyempurnakan tempat wisata tersebut.

Nah, di hutan Pinus Pengger juga disediakan jasa tukang foto, dimana untuk menggunakan pelayanannya Anda harus membayar Rp4.000 saja. Untuk kegiatan-kegiatan khusus seperti jelajah alam, panjat tebing, flying fox, camping ground, dan lainnya dikenakan biaya berkisar Rp15 ribuan.

Nah, harga parkirnya sendiri, tempat wisata Pinus Pengger mematok harga yang berbeda-beda tergantung jenis kendaraan yang digunakan. Untuk sepeda motor, biasanya perlu membayar Rp2.000, mobil tarifnya Rp5.000, sedangkan kendaraan bus tarifnya sedikit lebih tinggi yakni Rp20.000.

Alamat dan Rute Lokasi Pinus Pengger

alamat dan rute lokasi pinus pengger
Foto : https://www.instagram.com/pinuspengger_photos_explore/

Alamat Pinus Pengger berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta, tepatnya berada di bagian paling utara Kecamatan Dlingo. Karena letaknya yang dekat dengan pusat kota membuat hutan wisata ini sangat mudah dijangkau dan dikunjungi.

Lokasi ini jika ditempuh dari pusat kota Yogyakarta hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja atau 25 km. Dalam kondisi arus lalu lintas lancar. Semakin cepat lagi jika Anda memulai rute perjalanan dari Wonosari yang bisa dilihat melalui Google Maps agar lebih paham.

Nah, perlu diperhatikan pula jika Anda sudah masuk ke kawasan dekat hutan Pinus Pengger maka harus berhati-hati. Terutama saat musim penghujan. Sebab, jalanan di kawasan Pinus Pengger cukup licin ketika hujan.

Jam Buka Pinus Pengger

jam buka Pinus Pengger
Foto : https://www.instagram.com/viaggiare_in_solitaria/

Destinasi wisata Pinus Pengger memiliki jam operasional setiap hari, mulai Senin sampai dengan Minggu. Namun, untuk jam bukanya terbatas hanya pukul 07.00-21.00 WIB saja sehingga jangan sampai kelewatan.

Bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan city-light Kota Yogyakarta dari atas ketinggian. Disarankan untuk mengunjunginya di waktu sore hari menjelang malam. Sebab, pada saat tersebut Anda bisa mengabadikan momen foto dengan latar belakang bertabur bintang.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pinus Pengger

aktivitas yang bisa dilakukan pinus pengger
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109613979520285361841

Tidak perlu bingung karena ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung saat berada di kawasan hutan Pinus Pengger. Berikut kegiatan seru yang bisa anda explore di Wisata Yogyakarta hits ini.

  • Mengabadikan Foto yang Instagramable

Salah satu kelebihan berwisata di Pinus Pengger adalah pengunjung dapat menikmati foto sefie yang instgramable. Di beragam spot foto yang telah disediakan pihak pengelola. Mulai dari spot foto menyerupai sarang burung hingga tangan raksasa tersedia di sini.

  • Menikmati Indahnya Sunset

Hutan Pinus Pengger tidak hanya menawarkan suasana alam yang asri dan menyejukkan saja dengan pohon yang rindang. Jika berkunjung sore hari, tak lengkap rasanya bila tidak menghabiskan momen menyaksikan panorama matahari tenggelam yang begitu menakjubkan.

  • Menikmati Keindahan Malam di Atas Hammock

Nah, tempat yang satu ini memang sangat difavoritkan anak muda karena menyajikan konsep wisata alam yang keren. Selain berburu foto, Anda juga bisa menyewa hammock dengan warna yang beraneka ragam untuk bersantai dan menyatu dengan alam.

Datang juga ke –> Bukit Bintang

Spot Foto Terbaik Pinus Pengger

spot foto terbaik di pinus pengger
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/111930265344620497802

Kawasan wisata Pinus Pengger tak kalah menarik dengan tempat wisata lainnya karena memiliki banyak spot foto menarik, yakni sebagai berikut.

1. Spot foto di gapura kayu

Spot foto ini tergolong sangat unik karena Anda harus hati-hati dan sabar saat hendak berfoto di sini. Memiliki bentuk layaknya sebuah gapura dengan dua cagak dan bagian atasnya yang melengkung. Spot foto ini tersusun dari ranting pohon pinus yang sudah mongering.

2. Spot foto di tangan raksasa

Nah, spot foto ini menampilkan bentuk menyerupai tangan Naruto yang akan mengeluarkan rasinggan. Jika Anda bisa mengambil gambar dari arah yang tepat, maka foto yang dihasilkan dapat menangkap background tangan raksasa. Yang tersusun dari kayu dan pemandangan sekitarnya.

3. Spot foto di jembatan kayu

Tujuan pembuatan jembatan ini sebenarnya untuk memudahkan pengunjung menyeberangi sungai atau jalanan. Namun, seiring waktu jembatan ini juga bisa digunakan untuk berpose menarik, terutama saat di jembatan yang menghubungkan antar pohon.

4. Spot foto di lubang raksasa

Spot foto di Pinus Pengger ini memiliki bentuk seperti sangkar burung, namun lubangnya tidak menjorok ke bawah. Anda bisa mengabadikan momen berfoto sambil berhadapan langsung dengan pemandangan perumahan masyarakat Bantul.

5. Spot foto rumah pohon

Dari namanya saja, mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa spot foto menarik ini berbentuk rumah pohon. Akan lebih menarik lagi apabila Anda mengambil gambar saat malam hari karena akan dihiasi lampu-lampu indah.

Kunjungi juga –> Puncak Sosok

Fasilitas di Pinus Pengger

fasilitas pinus pengger
Foto : https://www.instagram.com/indah_dwi_ambarwati/

Selain menawarkan keindahan alam yang mempesona, hutan Pinus Pengger ini juga sudah dilengkapi bermacam fasilitas yang memadai. Sehingga, para wisatawan tidak perlu cemas dan bisa lebih nyaman ketika berkunjung ke tempat wisata ini.

Nah, fasilitas tersebut meliputi mushola, area parkir yang luas, gazebo, toilet, warung makanan dan minuman, hingga area camping. Selain itu, di sini juga tersedia banyak spot foto yang instagenic sangat bagus untuk menunjang aktivitas sosial media.

Review sebelumnya –> Bukit Pengilon

Tips Berkunjung ke Pinus Pengger

tips berkunjung pinus pengger
Foto : https://www.instagram.com/angelineinwonderland/

Saat berkunjung ke tempat wisata Pinus Pengger terdapat beberapa tips berkunjung yang patut diperhatikan, antara lain:

1. Saat hendak berlibur ke Pinus Pengger, pastikan memiliki kondisi badan yang prima agar selamat sampai tujuan. Selain itu, meskipun sudah disediakan warung makanan, Anda tetap harus membawa persediaan air minum dan bekal dari rumah.

2. Selalu cek kondisi kendaraan yang digunakan karena jalanan menuju Pinus Pengger penuh dengan tanjakan.

3. Jangan membuang sampah sebarangan di area wisata Pinus Pengger sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan.

4. Sangat disarankan untuk menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, sehingga risiko kecelakaan saat di lokasi dapat dihindari. Sebaiknya gunakan sepatu sport atau sneakers.

5. Bagi Anda pecinta sunset jangan lupa untuk menikmati keindahan matahari tenggelam di hutan Pinus Pengger karena sangat indah.

Demikian ulasan tentang hutan Pinus Pengger di Yogyakarta yang bisa dikunjungi saat Anda singgah di kota gudeg ini. Dengan beragam fasilitas dan keunikan yang ditawarkan, pastinya akan membuat liburan Anda bersama keluarga semakin menyenangkan.

Nah, agar bisa memotret foto dengan lebih puas, jangan lupa juga untuk menyiapkan kamera terbaik dan isi baterai smartphone penuh. Jadi, yuk rencanakan liburan di Pinus Pengger mulai dari sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 − four =