Bukit Lintang Sewu merupakan salah satu wisata hits kekinian yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana pada malam hari untuk menikmati indahnya kerlap-kerlip lampu kota dari ketinggian.

Nama Lintang Sewu sendiri berasal dari bahasa Indonesia yang berarti Seribu Bintang. Hal itu dikarenakan, Kota Yogyakarta terlihat sangat indah layaknya hamparan bintang jika dilihat dari bukit ini.

Banyak orang yang melakukan aktivitas camping di sana pada malam hari agar semakin puas menikmati keindahannya. Apalagi, bukit ini juga menyediakan camping ground yang sangat nyaman.

Harga Tiket Masuk Bukit Lintang Sewu

harga tiket masuk Bukit Lintang Sewu
Foto : https://www.instagram.com/bulaneka_rw/

Harga tiket masuk Bukit Lintang Sewu terbilang sangat ramah di kantong. Saat masuk, Anda harus membayar tiket sebesar Rp3.000 saja.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan budget untuk membayar parkir kendaraan. Biaya jasa parkir kendaraan motor adalah sebesar Rp2.000, biaya parkir mobil sebesar Rp5.000, dan biaya parkir bus Rp20.000.

Siapkan pula uang tambahan untuk membeli aneka kudapan yang ada di sekitar bukit. Anda bisa membeli kopi, teh, dan aneka menu lezat lainnya di warung sekitar.

Alamat dan Rute Lokasi Bukit Lintang Sewu

alamat dan rute lokasi bukit lintang sewu
Foto : https://www.instagram.com/ulfaelysia/

Alamat Bukit Lintang Sewu ada di Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Untuk mencapai puncak bukit, Anda harus berjalan kaki sejauh 100 meter dengan track tanah liat yang sudah keras.

Dari kawasan Malioboro, lokasi ini jaraknya sekitar 25 Km dan bisa ditempuh sekitar 55 menit dengan kendaraan. Di sekitar sana sudah ada banyak mode transportasi umum yang bisa digunakan jasanya agar perjalanan lebih mudah dan cepat.

Dari arah Kota Yogyakarta, ambil arah terminal Giwangan kemudian melewati Jalan Imogiri Timur dan ambillah arah selatan. Sampai di persimpangan Hutan Pinus, pilih jalan lurus yang naik, kemudian Anda harus menempuh perjalanan lagi sekitar 500 meter.

Rute ke arah Bukit Lintang Sewu ini sudah tersedia di Google Maps sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan mudah.

Jam Buka Bukit Lintang Sewu

jam buka bukit lintang sewu
Foto : https://www.instagram.com/yayukjuminten/

Jam operasional bukit ini adalah buka setiap hari mulai pukul 04.30 WIB hingga 22.00 WIB. Dengan begitu, Anda bisa datang larut malam sebelum jam 22.00 WIB.

Jika ingin menginap di lokasi, disarankan untuk datang sejak sore agar bisa sekaligus menikmati pemandangan matahari tenggelam. Selain itu, jika datang terlalu malam juga sangat riskan karena beberapa bagian jalan menuju ke bukit ini masih cukup gelap.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Bukit Lintang Sewu

aktivitas yang bisa dilakukan bukit lintang sewu
Foto : https://www.instagram.com/dickyzoelandry/

Wisata alam Jogja Bukit Lintang Sewu menawarkan sejumlah aktivitas menyenangkan, di antaranya adalah:

1. Menikmati Sunset

Daya tarik utama dari bukit ini adalah pemandangan sunset atau matahari terbit. Bukit ini menghadap ke barat sehingga memiliki pemandangan sunset yang sangat menawan.

Anda juga tetap bisa menikmati matahari tenggelam atau sunrise dari bukit ini. Namun, yang paling indah dari bukit ini adalah sunset-nya.

2. Camping

Bagi Anda yang sangat mencintai alam, tempat ini bisa dijadikan salah satu pilihan berkemah atau camping. Di sana Anda akan diberikan area berkemah yang luas dan dikelilingi dengan pepohonan hijau.

3. Menikmati Pemandangan Malam

Seperti sudah dijelaskan berkali-kali sebelumnya, pemandangan malam menjadi hal yang sangat menarik dari bukit ini. Tak heran kalau objek wisata ini tak pernah sepi pada malam hari.

Saat melihat ke bawah, Anda akan disuguhi dengan hamparan lampu kota. Sedangkan saat mendongak ke atas, ada hamparan bintang yang tak kalah indah.

4. Berfoto Ria

Bukit Lintang Sewu menawarkan banyak spot foto menarik yang dilengkapi dengan atribut pendukung. Anda bisa menjepret foto pada sore menjelang malam dengan memperlihatkan kerlap-kerlip lampu dan bintang.

Datang juga ke –> Puncak Sosok

Spot Foto Terbaik di Bukit Lintang Sewu

spot foto terbaik di bukit lintang sewu
Foto : https://www.instagram.com/rere.riandika/

Setiap orang pasti ingin mengabadikan momen indahnya dalam sebuah foto, termasuk saat mengunjungi Bukit Lintang Sewu. Pengelola bukit pun menyediakan beberapa spot foto menarik, di antaranya:

• Gardu Pandang Tapak Kaki

Kebanyakan bukit pasti memiliki gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan kota dari ketinggian. Bukit Lintang Sewu pun juga memiliki gardu pandang yang diberi nama Tapak Kaki.

Dari gardu pandang Tapak Kaki ini pengunjung bisa menikmati indahnya Kota Yogyakarta dari ketinggian.

• Tugu Watu Asah

Tugu Watu Asah merupakan ikon Bukit Lintang Sewu yang harus Anda jadikan objek foto. Di sana Anda juga bisa melakukan foto pre-wedding dengan mengusung tema alam atau klasik.

• Pintu Doraemon

Spot foto menarik lainnya di Bukit Lintang Sewu adalah Pintu Doraemon. Dari namanya pasti Anda sudah mengetahui kalau spot ini dibuat mirip pintu ajaib yang ada pada serial Doraemon.

Namun, Pintu Doraemon yang ada di bukit ini tidak akan membawa Anda ke tempat lain. Pintu Doraemon ini akan menawarkan keindahan Bukit Lintang Sewu saat dibuka.

• Gapura

Ada juga gapura yang bisa dijadikan spot foto menarik di Bukit Lintang Sewu. Gapura di sana memiliki konsep yang unik dan beda dari yang lain sehingga hasil fotonya pasti sangat instagrammable.

• Bintang

Hamparan bintang di langit merupakan spot foto alami yang ada di sana. Kalau Anda berkunjung ke sana saat malam, jangan sampai melewatkan aktivitas yang satu ini.

Kunjungi juga –> Bukit Pengilon

Fasilitas di Bukit Lintang Sewu

fasilitas bukit lintang sewu
Foto : https://www.instagram.com/glampingyogya/

Meskipun menggunakan konsep wisata alam, Bukit Lintang Sewu sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk pengunjung. Mulai dari area parkir yang luas, toilet, Musala, hingga gazebo untuk beristirahat.

Selain itu disediakan juga area berkemah atau camping ground yang luas dan nyaman untuk pengunjung yang ingin bermalam. Di sekitar bukit pun sudah ada beberapa rumah makan dan warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Review sebelumnya –> Pinus Pengger

Tips Berkunjung ke Bukit Lintang Sewu

tips berkunjung bukit lintang sewu
Foto : https://www.instagram.com/supri86.sy36/

Jika ingin liburan terasa tetap seru dan aman, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini:

• Apabila mau melihat sunrise atau sunset, datanglah pada waktu yang tepat. Untuk melihat matahari terbit, datanglah sekitar jam 04.30 WIB sedangkan untuk melihat matahari tenggelam bisa datang sebelum jam 17.00 WIB.

• Gunakanlah alas kaki yang tertutup dan nyaman digunakan. Pasalnya, beberapa jalanan masih cukup terjal dan bertanah liat sehingga berpotensi bahaya jika menggunakan alas kaki yang keliru.

• Bawalah minuman atau makanan sendiri jika ingin berhemat. Meskipun di sekitar sana sudah ada warung, tetapi jika harus berhenti untuk membeli makanan atau minuman pasti mobilitas perjalanan terganggu.

• Sesampainya di bukit jangan berdiri terlalu dekat dengan bibir tebing. Patuhilah semua peraturan yang ada di sana demi menjaga keamanan Anda.

• Jika ingin berkemah, bawalah peralatan kemah sendiri. Hal ini dikarenakan di sana belum ada persewaan alat kemah.

Itulah dia beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk pergi ke Bukit Lintang Sewu. Objek tersebut sangat recommended bagi Anda yang sangat menggemari wisata alam.

Untuk berkunjung ke sana pun Anda tidak perlu menyiapkan terlalu banyak budget karena biayanya sangat murah. Cukup siapkan fisik dan mental untuk mendaki bukit yang indah dan menawan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + eight =