Nepal Van Java merupakan salah satu wisata Magelang yang tengah naik daun dan jadi incaran oleh banyak wisatawan. Sebenarnya Nepal Van Java sendiri merupakan julukan bagi sebuah dusun di Kabupaten Magelang karena memiliki pemandangan yang menawan.

Yaitu Dusun Butuh di Kabupaten Magelang yang menawarkan panorama bak di negara dengan julukan Negeri Seribu Kuil atau Nepal. Saat anda berlibur ke Magelang, kurang lengkap rasanya jika tak berkunjung ke wisata Nepal Van Java.

Dengan berbagai suguhan menariknya bisa anda manfaatkan untuk berfoto-foto ria bersama orang-orang tercinta. Jadi tunggu apalagi, yuk segera datang ke Nepal van Java Magelang dan temukan sendiri keseruannya.

Daya Tarik Nepal Van java

daya tarik nepal van java
Foto : https://www.instagram.com/nepal_van_java/

Dijuluki Nepal Van Java bukan berarti tanpa alasan, Lantaran landscape rumah penduduk di Dusun Butuh ini yang bertumpuk. Jika dilihat-lihat memiliki suasana yang identik dengan sebuah pedesaan di Negara Nepal.

Berkat keunikan yang dimiliki, sejak 2019 Dusun Butuh Nepal Van Java resmi diperkenalkan kepada publik. Dan sampai sekarang, wisata Magelang satu ini selalu jadi incaran banyak pelancong ketika musim liburan tiba.

Banyak yang datang kesini untuk berfoto-foto ria, berkat banyaknya spot-spot instagenic untuk berswafoto. Ditemani dengan udara sejuk khas pegunungan akan membuat setiap pengunjung merasa betah meski harus berlama-lama disini.

Suasana pedesaan yang kental bakal memanjakan para wisatawan selama berada di Nepal Van Java Magelang. Saat anda merasa bosan dengan hiruk pikuk perkotaan, maka cobalah untuk singgah di wisata Nepal Van Java.

Harga Tiket Masuk Nepal van Java

harga tiket masuk nepal van java
Foto : https://www.instagram.com/kadejehkalaok/

Termasuk dalam daftar wisata di Magelang yang populer, membuat Nepal Van Java harus ada dalam list liburan anda selanjutnya. Selain berkat panorama indahnya, destinasi dengan aneka spot instagenic ini bisa anda explore tanpa harus keluar banyak biaya.

Pada saat ini, ketentuan harga tiket masuk Nepal Van Java adalah sebesar Rp8.000 per orangnya. Sedangkan untuk parkir kendaraan hanya sebesar Rp3.000 pada sepeda motor.

Dan untuk mobil dikenakan tarif parkir sebesar Rp10.000 per kendaraannya. Biaya lain yang dibutuhkan adalah jika anda ingin naik ojek menuju spot utamanya yakni sebesar Rp10.000 – Rp30.000.

Setibanya di spot utama, ada sebuah teras yang paling ikonik di Nepal van Java dan mematok tarif sebesar Rp2.000. Jika dihitung-hitung, para pengunjung hanya membutuhkan biaya yang minim untuk bisa berlibur disini.

Anda juga perlu membawa uang lebih guna menunjang beragam kegiatan. Seperti halnya membeli minuman hangat untuk meredakan hawa dingin Dusun Butuh yang membelenggu.

Jam Buka

jam buka nepal van java
Foto : https://www.instagram.com/aziss_abdul/

Perhatikan waktu berkunjung anda kesini agar prosesi liburan di Nepal Van Java bisa berlangsung lebih maksimal. Mengingat kawasan Nepal Van Java yang di dominasi oleh area outdoor, maka wajib datang kesini saat hari benar-benar cerah.

Maka dari itu perkirakan cuaca dihari mana anda akan datang. Sebab tidak disarankan berlibur ke wisata Nepal Van Java pada saat awan mendung atau bahkan turun hujan.

Karena pemandangan indahnya tentu tak bisa menampakkan dengan baik, beda halnya ketika cerah. Saat ini jam operasional Nepal van Java adalah pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Pagi dan sore hari adalah waktu yang paling digemari oleh para wisatawan yang datang kesini. Sebab dikedua waktu ini, cenderung teduh dan pastinya lebih sejuk.

Meski begitu tak sedikit juga yang datang ke Nepal Van Java pada saat malam hari. Nepal Van Java malam hari menyuguhkan area perkampungan bertingkat dengan gemerlap lampu yang berbalut kabut.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat nepal van java
Foto : https://www.instagram.com/gunarto_song/

Lokasi Nepal Van Java berada di lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian areanya sekitar 1.600 meter diatas permukaan laut. Dahulu kala, dusun ini hanyalah sebuah jalur pendakian ke Gunung Sumbing.

Namun kini, keadaan Dusun Butuh sudah berubah, berrevolusi menjadi salah satu wisata andalan Kabupaten Magelang. Jika anda belum tau letak persis dari wisata Nepal Van Java Magelang, catat alamatnya.

Alamat Nepal Van Java terletak di Dusun, Butuh, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Keberadaan wisata alam unik ini cukup jauh bila anda menjangkau dari Alun-Alun Magelang, jaraknya sekitar 21 km.

Jalan menuju Nepal Van Java cenderung menanjak dan lumayan berkelok. Penting bagi anda untuk mengecek kendaraan yang akan dipakai untuk liburan ke Nepal Van Java.

Ketika dalam perjalanan, anda pun wajib ekstra waspada supaya semua baik-baik saja. Silakan untuk mengakses maps dibawah ini dengan peta navigasinya yang akan memudahkan laju kendaraan anda.

Datang juga ke –> Telaga Bleder cocok untuk bersantai.

Fasilitas

fasilitas nepal van java
Foto : https://www.instagram.com/danarsibolang_/

Mengenai sarana prasarana tak perlu diragukan lagi, karena sudah cukup memadai untuk menunjang beragam kegiatan. Dibawah ini adalah fasilitas Nepal Van Java yang diantaranya :

  • Area penitipan kendaraan
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Penginapan
  • Warung wisata
  • Rumah makan
  • Basecmap
  • Teras utama
  • Jalur pejalan kaki
  • Spot foto instagramable

Nikmati serunya berlibur di Nepal Van Java bersama teman, sahabat, keluarga hingga pasangan tercinta. Rasakan kesejukan dari sebuah dusun di lereng Gunung Sumbing untuk berikan anda pengalaman mengesankan.

Kunjungi juga –> Curug Silawe dengan view memikat.

Spot Terbaik di Nepal Van Java

spot terbaik di nepal van java
Foto : Gmaps “Kompeni Indonesia”

Aneka pemandangan menakjubkan menjadi daya tarik utama yang mendominasi kawasan Dusun Butuh Nepal Van Java. Sehingga tak heran, beragam view alam yang asri ini menjadi magnet sehingga menarik banyak pelancong luar kota datang kesini.

Sebuah dusun kecil yang terkenal berkat rumah warna-warni di lereng berlatar pemandangan gunung nampak begitu mengagumkan. Suasana yang dihadirkan sangat identik dengan pedesaan Namche Bazaar di Nepal.

Desa Namche Bazaar di Nepal ini berlokasi di Pegunungan Himalaya, sama-sama memiliki udara sejuk pegunungan. Jadi anda tak perlu jauh-jauh ke Nepal, cukup datang ke Magelang Jawa Tengah untuk bisa merasakan suasananya.

Ketika sudah berada disini, wajib yang namanya mengabadikan momen melalui foto atau merekam video. Setiap sudut Nepal Van Java terbaru kaya akan spot-spot kekinian yang keren abis.

Review sebelumnya –> Air Terjun Grenjengan Kembar yang eksotis.

Tips Berkunjung

tips berkunjung Nepal Van Java
Foto : https://www.instagram.com/dwisetyo_u/

Sebagai tambahan referensi, dapat anda simak tips-tips berkunjung Nepal van Java Magelang dibawah ini.

  • Hari yang cerah dan tidak turun hujan, merupakan syarat mutlak untuk sensasi maksimal liburan disini.
  • Ketika ternyata cuaca kurang mendukung, ada baiknya tunda dulu rencana anda dan tak perlu dipaksakan.
  • Saat dalam perjalanan menuju Nepal Van Java wajib untuk berhati-hati dan tingkatkan kewaspadaan berkendara anda.
  • Gunakan pakaian yang bikin hangat, jika anda tak terbiasa di suasana dingin.
  • Turut menghormati para penduduk asli warga Dusun Butuh dengan selalu jaga etika dan tutur kata.

Sekian dulu, ulasan singkat yang membahas tentang Nepal Van Java di Magelang yang menyimpan segudang daya tarik. Sangat rekomended untuk anda liburan low budget tanpa harus biaya yang banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − 3 =