Makanan khas Tegal ini ternyata banyak. Ada berbagai macam makanan ringan dan berat yang perlu dicoba. Pada saat liburan banyak wisatawan datang ke kota ini untuk menjenguk sanak saudara dan icip kulinernya.

Kota yang dijuluki Kota Bahari ini punya segudang sajian menu lain selain seafood lho! Jadi jangan khawatir akan kehabisan menu. Selain ragamnya yang banyak, kuliner di sini sudah tentu lezat.

Tidak hanya lezat, tapi makanan di Tegal juga unik. Mari simak ulasan sajian kuliner di Tegal berikut ini

1. Tahu Pletok

Makanan Khas Tegal yang enak
foto: https://www.instagram.com/yackikuka/

Belakangan ini, Tahu Pletok sedang hit. Sedang di Tegal makanan ini sudah legendaris sejak lama. Banyak sekali penjual yang menjajakan Tahu Pletok di pinggir-pinggir jalan.

Tahu Pletok merupakan panganan asli Tegal yang berbahan tahu kulit bentuk segitiga. Kemudian diisi dengan tepung kanji dan daun kucai serta beberapa bumbu lainnya. Biasanya orang Tegal menggoreng tahunya dahulu sebelum dimasuki tepung kanji.

Panganan ini cocok sekali buat camilan, apalagi dicocol dengan kecap jadi makin mantap. Rasanya gurih dan kenyal. Semua orang pasti suka.

2. Nasi Ponggol

Makanan Khas Tegal murah
foto: https://www.instagram.com/guniezzt/

Bingung sarapan di Tegal? Tenang di sini anda bisa menikmati sajian Nasi Ponggol di pagi hari. Nasi Ponggol merupakan panganan sederhana yang dibungkus daun pisang dengan lauk oseng tempe dan telur. Nasi ini pun identik dengan sarapan karena para penjual hanya buka di pagi hari.

Meski demikian, belakangan ini banyak yang buka warung Nasi Ponggol hingga malam. Makanan khas Tegal yang enak ini harganya murah. Hanya 3 ribu rupiah saja. Selain itu anda bisa tambah lauk lain jika lauk di Nasi Ponggol belum mengenyangkan.

3. Blendung

Blendung
foto: https://www.instagram.com/ramadani.ratih/

Makanan ini bikin anda bernostalgia masa kecil. Karena Blendung merupakan makanan yang ada sejak zaman dahulu. Makanan ini dijual di pasar, ibu-ibu yang pulang dari pasar biasanya membawa makanan ini untuk anaknya.

Blendung merupakan jajanan tradisional dengan bahan utamanya jagung yang direbus halus, ketan, sagu, dan kelapa. Rasanya gurih-gurih manis dan ada asinnya. Panganan ini dijual di pasar tradisional, namun anda juga bisa menemukan makanan ini di alun-alun Tegal.

Harganya pun sangat terjangkau. Satu porsinya dihargai 3 ribu rupiah saja. Makanan in cocok untuk anak kecil hingga orang dewasa. Jadi bagaimana? Sudah ingin icip sensasi rasa Blendung?

4. Kacang Bogares

Makanan Khas Tegal yang terkenal
foto: https://www.instagram.com/argiabae/

Masih dengan makanan ringan. Di Tegal ada makanan ringan yang murah, namanya Kacang Bogares. Lucu ya namanya, kacang ini merupakan kacang tanah yang ditanam di daerah Bogares. Makanya dinamai demikian. Harga per bungkusnya hanya 10 ribu rupiah saja.

Makana khas Tegal murah ini sangat istimewa, sebab pengolahannya membutuhkan proses yang panjang. Pertama kacang diseleksi, kemudian dijemur di bawah matahari. Kemudian kacang disangrai menggunakan pasir.

Istimewanya kacang ini disangrai di wajan berbahan tanah liat. Kemudian kacang disaring dan dipisahkan dari pasir. Karena tidak menggunakan minyak, anda tak usah takut kegemukan makan camilan ini.

5. Soto Tauco

Makanan Khas Tegal jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/dapurfoody/

Tidak usah kebingungan cari makan siang di Tegal, sebab di sini ada makanan yang mengenyangkan sekaligus lezat. Soto Tauco namanya. Sesuai namanya, soto ini ada tauconya. Sehingga cita rasanya jadi makin unik.

Kuah kaldu soto dicampur tauco yang asam bikin jadi rasa soto makin segar. Uniknya lagi, soto ini disajikan dengan mangkuk kecil layaknya minuman. Kuah kaldunya pun juga terbuat dari santan. Bisa membayangkan tidak?

Bikin makin penasaran cobain makanan yang satu ini saja. Nah, untuk mendapatkan makanan ini anda bisa ke Alun-alun kota Tegal. Atau di sekitaran pasar Senggol, di sana ada pedagang yang menjajakan Soto Tauco ini.

Coba juga –> Makana Khas Blitar Terbaru

6. Gemblong Ocar-Acir

Gemblong Ocar-Acir
foto: https://twitter.com/infotegal

Nama makanan ini lucu. Gemblong Ocar-Acir namanya. Panganan ini terbuat dari ubi kayu yang direbus. Caranya direbus dahulu, kemudian ditumbuk hingga lunak. Hasil tumbukan tadi digelar dalam papan atau tampah dan diratakan.

Kemudian Gemblong siap dijiual, setelah dipotong kecil-kecil. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan ditaburi parutan kelapa serta gula merah cair. Gula merah dituang dengan kocar-kacir alias diciprat.

Untuk mendapatkan makanan ini agak sulit, karena peminatnya makin dikit. Tapi tenang, masih ada penjual yang menjajakan dagangan ini di pasar tradisional.

7. Nasi Bogana

Nasi Bogana
foto: https://www.instagram.com/dapuripeh_82/

Selain terkenal dengan Wartegnya, Tegal juga punya makanan yang lezat dan populer. Namanya adalah Nasi Bogana. Isi dari nasi ini adalah nasi kuning yang diberi berbagai macam lauk. Seperti telur pindang, ayam suwir, opor kuning, dendeng sapi giling, tempe orek, dan tumis kacang panjang.

Makanan khas Tegal yang enak ini dulunya hanya ada pada saat perayaan Capgome atau perayaan lampion. Namun kini Nasi Bogana ada setiap harinya. Untuk bisa icip kelezatan Nasi Bogana anda perlu membayar 10 – 13 ribu rupiah. Cukup murah karena lauknya banyak.

8. Nasi Lengko

Nasi Lengko
foto: https://www.instagram.com/kulinerjabodetabek/

Masih membahas nasi-nasian. Di Tegal ada nasi yang juga tidak kalah terkenalnya dengan Nasi Bogana. Namanya Nasi Lengko. Kuliner ini merupakan makanan yang terkenal disiram dengan bumbu kacang.

Nasi Lengko ini terdiri dari tauge yang diseduh air panas, irian timun, tahu goreng potong dadu, tempe, bumbu kacang, kecap, mie, dan kerupuk. Makanan ini jelas berbeda dari pecel, karena tidak ada sayuran hijaunya.

Kekhasan dari Nasi Lengko ini tempenya digoreng setengah kering juga tahunya yang tidak terlalu matang. Nah, untuk menyantap Nasi Lengko anda bisa datang ke Alun-alun Tegal atau di Jalan Kolonel Sudiarta.

9. Kemronyos

Kemronyos
foto: https://www.instagram.com/windurom001/

Bosan dengan nasi? Nah di Tegal ada sate yang terkenal bernama Kemronyos. Namanya memang unik, namun ini merupakan sate asli Tegal. Sate Kemronyos sendiri merupakan sate daging kambing.

Bedanya, kebanyakan sate kambing dibakar menggunakan bumbu. Namun tidak dengan Sate Kemronyos. Daging kambingnya dibakar tanpa bumbu. Sehingga rasa original kambingnya lebih terasa.

Kemudian, setelah dibakar sate tersebut disajikan dengan kecap, sambal dan lalapan. Kadang diberi irisan bawang merah juga. Untuk menikmati makanan ini anda hanya perlu membayar 20 ribu rupiah saja. Anda langsung bisa menikmati rasa orijinal daging kambing.

10. Glotak

glotak
foto: https://www.instagram.com/kumpulanresepmasak/

Lagi-lagi ada makanan bernama aneh di Tegal, yaitu Glotak. Bagi wisatawan luar daerah tentu heran mendengar nama ini. Glotak merupakan makanan yang dibuat dari gembus.

Gembus sendiri merupakan semacam oncom. Glotak tadi dimasak menggunakan bumbu rempah. Bentuknya seperti bubur dengan warna hitam kecolatan. Meski warnanya tidak menarik, tapi masakan ini menjadi primadona di Tegal.

Nah, cita ras Glotak sendiri adalah pedas. Karena makanan ini juga banyak menggunakan cabai. Selain itu yang bikin makanan ini jadi spesial adalah kaldu yang digunakan menggunakan kaldu ayam lalu dicampur bumbu tadi.

Nama Glotak diambil dari cara masaknya. Yaitu pada saat dimasak menimbulkan suara glotak-glotak dari tulang ayam yang terbentur dinding panci. Demikianlah nama makanan ini kemudian muncul.

Lihat juga –> Makanan khas Pemalang Terbaru

11. Nasi Langgi

Makanan Khas Tegal yang enak
foto: https://www.instagram.com/jogjacarimakan/

Nah, ada makanan khas Tegal terkenal namanya Nasi Langgi. Nasi ini bahkan sudah dijual di area Jawa Tengah seperti Jogja, Solo, Magelang, Semarang dan Klaten. Makanan ini merupakan panganan yang sederhana. Isinya lauk keringan dan nasi.

Nasi Langgi terdiri dari nasi putih, suwir ayam, sayur labu, tempe kripik, taburan kacang tanah, dan kadang ikan asin. Juga ada telur dadar yang diiris tipis-tipis serta mentimun dan daun kemangi. Nasi ini memang hampir sama dengan nasi rames atau nasi campur.

12. Olos

Makanan Khas Tegal murah
foto: https://www.instagram.com/tegal.fnb/

Siapa yang tidak suka camilan? Makanan ringan yang sering dimakan saat senggang ini selalu diincar oleh banyak orang. Nah, di Tegal ada camilan yang menyehatkan, yaitu Olos.

Olos merupakan camilan yang berbentuk bulat berisi sayuran serta cabai. Panganan ini banyak dijual di gerobak-gerobak kecil dekat sekolah. Biasanya anak-anak kecil sering membelinya selepas sekolah.

Adonan Olos terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu. Selain isi dalamnya sayur kol, ada pula penjual yang mengisinya dengan sosis, ayam atau keju. Rasanya gurih dan lezat. Apabila ingin pedas anda bisa minta bubuk cabai pada penjualnya.

13. Bakso Mahkota Putera

Makanan Khas Tegal yang terkenal
foto: https://m.kaskus.co.id/

Bosan dengan kuliner pinggir jalan? Sekarang saatnya mencoba kuliner di Rumah Makan Yaitu Bakso Mahkota Putera. Makanan ini cocok dijadikan menu makan siang anda. Bakso ini sangat terkenal di Tegal.

Tekstur daging baksonya lembut serta ada bakso jumbonya. Uniknya lagi, biasanya bakso didampingi oleh pangsit atau bakso goreng. Namun, Bakso Mahkota Putera ini didampingi pilus. Yakni semacam kerupuk bulat kecil-kecil. Sensasi saat makannya pun jadi renyah.

Selain itu, Bakso Mahkota Putera juga menghadirkan bakso isi telur. Jadi makin mantap bukan makan siang anda? Nah, untuk mendapatkan bakso ini anda harus datang ke Jalan Kapten Sudibyo No. 174. Di sana Bakso Mahkota Putera berada.

14. Tahu Aci

tahu aci
foto: https://www.instagram.com/leinana__/

Tahu Aci sering disamakan dengan Tahu Pletok. Bedanya Tahu Aci menggunakan tahu kuning, sehingga daging tahunya lebih tebal. Tahu kuning berbentuk segitiga itu dibelah menjadi dua lalu diisi adonan aci.

Makanan khas Tegal Jawa Tengah yang sering diburu wisatawan ini rasanya gurih. Tentu tingkat gurihnya berdasarkan acinya. Camilan yang dapat diperoleh di pinggir jalan ini memang lezat. Selain itu harganya murah. Hanya seribu rupiah saja per potong tahunya.

Tahu Aci akan lebih lezat jika dicocol kecap, saus atau makan menggunakan cabai rawit. Dimakan saat masih hangat-hangatnya pun terasa semakin lezat.

15. Es Lontrong

Makanan Khas Tegal jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/yulichia88/

Kehausan di siang hari dan ingin minum minuman yang dingin? Tenang di Tegal ada Es Lontrong. Es dengan harga membumi dan juga terkenal ini bisa bikin segar lagi badanmu.

Es Lontrong merupakan es legendaris yang berisi kacang hijau dan cincau. Kemudian diberi santan dan gula jawa cair serta diberi bongkahan es di atasnya.

Nah, untuk mendapatkan kesegaran Es Lontrong anda hanya perlu membayar 4 ribu rupiah saja. Lokasinya ada di Jalan Meyjend Sutoyo, Slawi.

Baca juga –> Makanan Khas Pekalongan Terbaru

16. Bubur Ayam Tegal

Bubur Ayam Tegal
foto: https://www.instagram.com/tegal.fnb/

Pagi-pagi tentunya ingin makan makanan yang tidak berat namun mengenyangkan.

Sekaligus bisa dicerna lambung dengan baik bukan? Nah, di Tegal anda bisa memilih Bubur Ayam Tegal sebagai menu pagi anda.

Makanan khas Tegal Jawa Tengah ini hanya buka pagi. Buburnya yang lembut serta suwiran ayam yang berlimpah ini selalu diminati banyak orang.

Isi bubur ayam ini terdiri dari suwiran ayam, kuah kaldu ayam kuning, kedelai goreng dan kerupuk. Harganya pun murah, seporsi hanya 8 ribu rupiah saja.

17. Latopia

Latopia
foto: https://travel.tribunnews.com/

Kalau di Jogja ada Bakpia yang menjadi makanan khasnya. Di Tegal ada Latopia. Kudapan ini hampir sama dengan Bakpia namun bentuknya agak sedikit lebih persegi.

Latopia ini seperti kue pia biasanya juga ada saat imlek. Namun kini anda bisa mendapatkannya kapan saja.

Jajanan yang terbuat dari tepung terigu kemudian diisi kacang hijau, coklat, dan strawberry ini bisa diperoleh di pusat oleh-oleh Tegal.

18. Es Sagwan

Es Sagwan
foto: https://www.instagram.com/dwiarifwicaksono/

Nah, masih pengen minuman lain di Tegal yang juga menyegarkan? Mungkin Es Sagwan bisa jadi alternatifnya. Es ini hampir mirip dengan es dawet, bedanya butiran hijau panjang yang ada di dawet ini warnanya putih. Juga butiran itu cenderung lebih keras.

Es ini sangat sederhana yakni es yang diberi santan kemudian dipadu dengan sirup merah. Bila kurang manis anda bisa menambahnya dengan gula jawa cair.

Nama Es Sagwan sendiri berasal dari nama pembuatnya, Sagwan. Nah, Es ini bisa diperoleh di Desa Pandean, Kecamatan Dukuhturi, Tegal.

19. Gulali

gulali
foto: https://www.instagram.com/cuansol/

Siapa yang tidak kenal dengan Gulali? Makanan manis yang disukai anak-anak itu sangatlah populer. Gulali di Tegal kebanyakan terbuat dari gula jawa. Namun makin kesini ada yang menggunakan gula tebu.

Makanan khas Tegal Terkenal ini jarang ditemui. Biasanya penjualnya sudah tua karena ini merupakan jajanan kuno. Nah, anda bisa mencarinya di Alun-alun Tegal atau di sekitaran sekolah, di sana banyak simbah-simbah penjual gulali.

Harganya pun cukup murah hanya 2 ribu rupiah saja. Nah, jika anda ingin bernostalgia dengan zaman SD bisa cobain gulali ini.

20. Kupat Bangkok

kupat bangkok
foto: https://www.instagram.com/jatengeksis/

Ada makanan khas Tegal terkenal lainnya, yaitu Kupat Bangkok. Makanan ini kadang hanya muncul saat masa Ramadhan saja, tapi jika anda selusur Kota Tegal pasti anda akan menemukan kuliner ini.

Kupat Bangkok merupakan panganan yang diolah dari tempe busuk atau tempe semangit untuk dijadikan kuahnya. Kupat Bangkok ini berisi tauge, sambal goreng, udang goreng tepung dan juga kerupuk.

Makanan sederhana ini bisa dibeli di sekitar Jalan Proklamasi. Di sana banyak penjual kaki lima yang menjajakan Kupat Bangkok ini.

Baca juga –> Makanan Khas Magelang Terbaru

21. Rujak Kerupuk Mie

Rujak Kerupuk Mie
foto: https://jatenglive.com/

Rujak Kerupuk Mie ini hampir sama dengan Pecel, yaitu isinya sayuran yang dilumuri bumbu kacang.

Namun bedanya, Rujak Kerupuk Mie ini berisi sayur daun singkong, kangkung, lembayung, daun pepaya, tauge dan daun pisang. Kemudian disiram dengan kuah kacang.

Istimewanya lagi, ada mie kuning yang juga dimasukan kedalam isian tadi. Kemudian ditambah dengan kerupuk singkong di atasnya.

Lalu dipincuk menggunakan daun pisang. Harganya pun murah sekitar 7 ribu rupiah anda bisa mendapatkan semua sayuran hijau. Murah dan menyegatkan, bukan?

22. Tahu Upil

Tahu Upil
foto: https://www.instagram.com/ariefzf/

Namanya mungkin menjijikan, Tahu Upil. Namun, rasanya tentu tidak menjijikan, banyak orang yang menyukai kudapan ini.

Nah, jika di atas tadi ada bahasan Tahu Aci dan Tahu Pletok. Tentu beda dengan Tahu Upil, karena komposisi tahu ini lebih sedikit ketimbang adonan acinya. Kadang tahunya hanya kulit yang membungkus acinya saja.

Harganya sangat murah yakni 500 rupiah saja perbijinya. Makanan khas Tegal murah ini bisa didapatkan di sekitar Alun-alun Tegal, atau saat perayaan Pasar Malam banyak pedangang yang menjualnya.

23. Kupat Glabed

Kupat Glabed
foto: https://www.instagram.com/pawon_mbak_iwed/

Nah, ada kuliner Tegal yang tidak boleh dilewatkan. Yaitu Kupat Glabed.

Makanan ini hanya ada di Tegal, di daerah lain tidak ada. Panganan yang berisi irisan kupat, dengan kuah kaldu kuning kental, serta lauk seperti tempe ini digemari warganya.

Yang menjadi khas dari panganan ini adalah kuahnya yang kental. Karena kuah ini terbuat dari santan yang diberi tepung maizena sedikit serta kunyit. Selain itu, anda juga bisa menikmatinya dengan kerupuk kepiting serta Sate Blengong.

Rasa lezat dari Kupat Glabed ini bisa anda dapatkan di sekitar stasiun Tegal atau alun-alun Tegal.

24. Lontong Cap Go Meh

Lontong Cap Go Meh
foto: https://www.instagram.com/catering.majumapan/

Terakhir, ada makanan khas Tegal yang juga tidak boleh dilewatkan. Yaitu Lontong Cap Go Meh, yang selalu menjadi santapan ketika Imlek.

Lontong Cap Go Meh ini berisi lontong, sambal kentang, tempe keripik, telur balado dan lainnya. Kuahnya pun dominan kuning, namun karena tercampur dengan lauk pedas tadi sehingga warnanya jadi oranye.

Satu piring Lontong Cap Go Meh ini harganya 15 ribu rupiah saja. Anda bisa mendapatkannya di Warung Bu Wing di Jalan Jendral Sudirman.

Review Sebelumnya –> Makanan Khas Jepara Terbaru

Makanan khas Tegal banyak bukan? Namanya juga aneh-aneh, namun kelezatannya pun jangan diragukan. Nah, bagi anda pelacong yang mengunjungi Tegal jangan hanya ke wartegnya saja, coba jelajahi lagi kuliner di sana.

Video Travel Vlog Ke Pantai Siung Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here