Makanan khas Blitar tak kalah menariknya dengan sajian ala Jawa Timur lainnya. Kota yang terletak di bagian selatan Jawa Timur ini menyimpan sajian kuliner yang nikmat nan lezat.

Kota yang juga menjadi tempat pemakaman Presiden Soekarno itu punya ragam kuliner yang menggoyang lidah.

Nah, Blitar biasanya dijadikan tempat wisata untuk berziarah ke makam Soekarno. Namun, tak ada salahnya jika ke sini juga icip makanan khasnya. Banyak makanan ringan dan berat serta yang pedas maupun tidak. Jadi wajib untuk coba semua kulinernya.

Penasaran apa makanan apa saja yang ada di kota proklamasi ini? Simak tulisan di bawah ini hingga selesai. Di sini akan dibahas berbagai macam makanan dan minuman asli Blitar. Berikut daftar kulinernya:

1. Es Drop

makanan khas blitar jawa timur
foto: https://www.instagram.com/viva_hotel_kediri/

Jika anda berwisata ke Jawa Timur biasanya sasaran tujuannya adalah Surabaya, Malang, atau Banyuwangi. Ya, Blitar memang jarang menjadi tujuan destinasi utama wisata. Namun, bukan berarti di sini tidak ada yang menarik.

Di kota yang sering cuacanya sering panas ini jadi bikin pengan minum es. Nah, di Blitar ada es yang legendaris, namanya Es Drop. Sepintas nama ini sangat asing didengar. Es Drop bukanlah es krim yang dijual di mini market. Tapi wujudnya hampir sama dengan es krim.

Es Drop merupakan es tradisional dari Blitar. Stiknya pun menggunakan batang bambu. Bungkusnya juga tidak menggunakan plastik melainkan menggunakan selosong kertas. Sangat sederhana wujudnya.

Es ini memang legendaris, pabriknya sudah berdiri sejak 1937. Namanya dikenal dengan Es Drop Burung Betet. Es ini bisa ditemukan di pinggir jalan, atau alun-alun Blitar. Di sana ada orang yang menjajakan keliling kota. Harganya murah yakni 3 ribu rupiah saja.

Nah, anda juga bisa mengenali penjualnya dengan mudah karena penjualnya kebanyakan membawa termos. Soal rasa pun bervariasi ada rasa coklat, vanilla, strawberry, puding, durian dan kacang hijau. Bagaimana jadi tertarik ingin menyeruput Es Drop di siang hari yang terik?

2. Peyek Uceng

makanan khas blita yang murah
foto: https://www.instagram.com/angga_k.wardhana/

Peyek adalah makanan yang terkenal di Jawa Timur. Namun di berbagai daerah peyek ini juga menghadirkan berbagai rasa. Seperti peyek ikan asin, peyek kacang, peyek belut, dan lainnya. Nah, di Blitar tak mau kalah.

Di sana ada peyek bernama Peyek Uceng. Makanan ringan khas Blitar ini terbuat dari ikan Uceng. Ikan ini hanya ada di Blitar, hidup di air tawar. Nah, bentuk tubuh si ikan ini juga unik. Dia berbentuk bulat dan memanjang, ukurannya pun hanya sebesar jari kelingking.

Untuk membuat Peyek Uceng, ada bahan yang harus disiapkan. Seperti tepung sagu, tepung beras, perasan jeruk nipis, dan santan. Itulah bahan yang digunakan untuk membuat peyek uceng. Lalu digoreng hingga matang.

Bagi para pelacong, Peyek Uceng bisa dibeli sebagai buah tangan. Karena Peyek Uceng ini bisa tahan hingga 1 bulan lamanya jika diwadah tertutup. Harganya pun murah, satu plastik dihargai 15 ribu rupiah saja.

3. Rujak Cingur

makanan ringan khas blitar
foto: https://www.instagram.com/houseofblessing/

Rujak Cingur memang identik dengan Surabaya. Namun di Blitar juga ada panganan ini. Jika di Surabaya harga Rujak Cingur tergolong mahal, tidak dengan di Blitar. Untuk menikmati seporsi Rujak Cingur di Blitar hanya butuh 9 ribu rupiah saja. Murah sekali bukan?

Isi dari satu porsi Rujak Cingur ini adalah potongan lontong, kangkung rebus, tauge, mentimun, tahu, tempe, cingur. Ada bahan tambahan lain yang bikin Rujak Cingur Blitar jadi makin sip. Yakni ada tambahan dadar jangung atau bakwan jagung.

Kemudian untuk tingkat kepedasan anda bisa atur sendiri. Tinggal sebut saja mau berapa potong cabai yang dipakai. Kalau tidak suka pedas ya tidak usah menggunakan cabai.

Untuk mendapatkan kuliner Rujak Cingur di Blitar yang murah ini, anda bisa datang ke gerai Cingur Mak Kati. Letaknya ada di Jalan Dr. Moh. Hatta. Tepatnya ada di sebelah barat PIPP Kota Blitar. Nah, jam bukanya dari pagi 08.00 hingga pk 14.00 saja. Jadi buruan datang sebelum kehabisan.

4. Tahu Bumbu Lawu

Tahu Bumbu Lawu
https://www.qupas.id/

Malam hari masih saja kelaparan? Tenang, di Blitar ada kuliner malam hari yang bisa memuaskan perut anda. Yaitu Tahu Bumbu Lawu. Makanan ini sudah sangat terkenal di Blitar. Saking terkenalnya, anda bisa menemui makanan ini di tiap sudut kota Blitar.

Sejatinya Tahu Bumbu Lawu merupakan makanan yang sangat sederhana. Yaitu hanya potongan ketupat dan lontong diberi sambal kecap dan petis. Kemudian ditambah tauge, kubis dan kucai serta taburan bawang. Jika ingin pedas bisa ditambah irisan cabai pada kuah kecap.

Jika dirasa lauknya kurang, anda juga bisa menambah lauk pendamping. Seperti sate telur puyuh, jeroan, dan aneka gorengan yang tersedia.

Sekilas makanan ini mirip dengan Tahu Tek di Surabaya, hanya yang membedakan bumbu dan isiannya.

Makanan sederhana ini dihargai 7 ribu rupiah saja. Sangat murah dan bisa mengenyangkan anda yang kelaparan di malam hari.

5. Nasi Ampok

nasi ampok
foto: https://www.instagram.com/yokeark/

Makanan khas Blitar Jawa Timur lainnya adalah Nasi Ampok. Mungkin bagi para pelancong nasi ini belum pernah terdengar sebelumnya. Nai Ampok sangatlah unik, meski menamai diri sebagai nasi, namun bahan dasar nasi ini adalah jagung.

Yak, Nasi Ampok terbuat dari jagung yang ditumbuk lalu dikukus. Tumbukannya pun halus, sehingga tidak membuat anda kesulitan untuk menelan. Lauknya pun ada ikan asin, sayur rebus, dan aneka lauk lainnya. Ada pula lodeh pedas yang menjadi favorit dipasangkan dengan nasi ini.

Mengapa Nasi Ampok terbuat dari jagung? Jadi awalny karena zaman dahulu harga beras mahal, kemudian ada warga yang mensiasati hal itu dengan menggantinya pakai jagung. Setelah kejadian itu, justru banyak warga yang menirunya.

Nah, karena makanan ini sangat sederhana, anda tak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak uang. Nasi Ampok ini hanya dihargai 4 ribu.

Sudah pasti kenyang, bergizi, dan sehat. Anda pun bisa mencarinya di alun-alun Blitar. Banyak gerai yang menjual Nasi Ampok ini.

Coba juga –> Makana Khas Pemalang Paling Rekomended

6. Soto Daging Khas Blitar

Soto Daging Khas Blitar
foto: https://www.instagram.com/vpluzy/

Siapa yang tidak mengenal soto? Makanan sejuta umat ini sudah menyebar di berbagai daerah, termasuk Blitar. Nah, di sini ada soto yang digemari masyarakat Blitar. Yaitu Soto Daging.

Soto Daging di Blitar ini berisi daging sapi dan jeroan. Kuahnya kuning dan pekat rasa dagingnya. Aroma kuahnya pun sudah menggugah selera. Uniknya lagi, Soto Daging ini disajikan dalam mangkuk kecil.

Bagi anda yang suka makan dengan porsi besar, mungkin anda harus pesan lebih dari satu mangkuk soto. Harga satu porsinya pun murah, hanya 7 ribu rupiah. Untuk mendapatkan porsi imut soto ini anda bisa mencarinya di sekitaran Jalan Blitar. Ada banyak penjual yang menjajakan soto daging ini.

7. Beras Cerdas

Beras Cerdas
foto: https://www.instagram.com/emu.isme/

Di antara makanan khas Blitar Jawa Timur lain, kali ini namanya sangat unik. Yaitu Beras Cerdas. Nah, apakah bahan pokok ini beneran bisa bikin cerdas? Simak ulasan berikut:

Nah, beras cerdas sebenarnya makanan yang dibentuk mirip dengan beras. Beras ini pun dikembangkan oleh tim peneliti Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember. Bahan dari Beras Cerdas ini adalah Tepung Mocaf yang dikembangkan oleh Prof. Ir. Achmad Subagio, Ph.D.

Nama Beras Cerdas sendiri maksudnya adalah cerdas secara bahan baku. Yakni bahan baku yang dikembangkan dan disesuaikan dengan target pembeli. Cerdas dalam proses, yaitu menggunakan teknologi sederhana dan mudah.

Cerdas dalam cara memasak, dan cerdas secara gizi yaitu meski beras ini buatan namun gizinya tidak kalah baiknya. Beras ini aman untuk anak-anak, ibu hamil, dan cocok untuk penderita diabetes. Selain itu cerdas secara ekonomi, maksudnya beras ini murah dan layak konsumsi.

Beras Cerdas ini dihargai 7 ribu rupiah saja perkilo. Harga murah dan dan nutrisi tetap terjaga. Nah, jika anda sedang di Blitar, beli Beras Cerdas sebagai oleh-oleh pun tidak ada salahnya. Atau anda ingin mencoba memasaknya di rumah pun tidak ada yang melarang.

8. Es Pleret

Es Pleret
foto: https://www.instagram.com/ndundupan/

Siang-siang terik bikin ingin minum es. Gerah badan serta cuaca panas ini selalu mendorong anda untuk beli sesuatu yang segar bukan? Es Pleret adalah jawabannya.

Di Blitar, es ini sangatlah populer karena di mana-mana banyak yang menjual serta banyak pula orang yang menyukainya. Dari orang tua hingga anak kecil pun bisa jatuh cinta saat meminum es ini. Es Pleret ini hampir mirip dengan Es Dawet. Bedanya es ini menggunakan pleret.

Pleret merupakan bola-bola kecil manis yang menyerupai bakso. Warnanya pun bermacam-macam ada hijau, pink, dan putih. Pleret sendiri terbuat dari tepung beras yang dicetak bulat menggunakan alat berbahan bambu. Di dalam Pleret pun ada gula jawa cair.

Kemudian, air dari Es Pleret ini adalah santan kelapa yang diberi gula merah serta pandan. Aroma wangi pandannya pun tercium dan rasanya manis khas. Lalu, penyajiannya memang hampir sama dengan dawet. Yaitu diberi cendol. Kadang disajikan dengan Serabi.

Harga dari Es Pleret ini sangatlah murah, yaitu 3 hingga 5 ribu rupiah saja. Untuk mendapatkan es ini anda hanya perlu jalan di sekitar alun-alun Blitar, sekitar makam Soekarno, atau daerah Kebonrojo. Banyak pedagang Es Pleret di sana.

9. Geti Khas Blitar

Geti Khas Blitar
foto: https://www.instagram.com/dkripz/

Selanjutnya ada makanan ringan khas Blitar yang bisa dibawa pulang dan dijadikan buah tangan. Dia adalah Geti. Makanan ini sedikit tidak familiar di kalangan pelacong. Kudapan yang terbuat dari gula merah, kacang, dan wijen ini jangan sampai dilewatkan ketika anda ke Blitar.

Di Blitar sendiri banyak yang sering menyajikan makanan ini saat hari raya, seperti saat Lebaran. Namun, jika anda ingin membelinya bisa datang ke pusat oleh-oleh Blitar.

Meski kudapan ini terlihat sederhana, namun dia menyimpan kandungan gizi. Jadi tak perlu khawatir apabila makanan ini tidak baik untuk tubuh.

Geti ini bentuknya padat, saat dimakan ada rasa lengket-lengket dari karamel gula merah tadi. Namun, bukan berarti makanan ini tidak bisa dikonsumsi orang tua. Bahan kacang Geti ini termasuk empuk, jadi bisa dimakan oleh siapa saja.

10. Pecel

Pecel
foto: https://www.instagram.com/williamwongso/

Makanan yang sudah sangat familiar diketahui banyak pelacong adalah Pecel. Nah, ketika ke Jawa Timur sudah pasti anda akan menemukan kuliner ini. Termasuk di Blitar. Bedanya bumbu Pecel Blitar tidak terlalu manis dan kacangnya diuleg kasar.

Makanan sehat berbahan sayur mayur yang disiram kuah kacang ini menjadi idola banyak orang. Karena harganya murah dan bergizi. Nasi Pecel di Blitar dihargai mulai dari 5 ribu saja. Sangat murah bagi anda yang ingin tidak boros saat berpergian.

Nasi Pecel di Blitar juga identik sebagai menu sarapan. Nah, jika anda kebingungan mencari sarapan yang murah, bisa jadi Pecel adalah alternatifnya. Pecel pun sangat mudah didapat, banyak depot pinggir jalan yang menjajakannya. Atau biasanya ada penjual pecel keliling.

Lihat juga –> Makanan Khas Pekalongan Terbaru

11. Wajik Kletik

Wajik Kletik
foto: https://www.instagram.com/evy_ibrahim/

Masih bingung mencari oleh-oleh untuk keluarga? Nah, ada makanan ringan khas Blitar yang bisa dibawa pulang. Namanya Wajik Kletik. Kudapan ini rasanya manis. Selain itu bisa tahan hingga beberapa hari.

Uniknya Wajik Kletik ini dibungkus dengan limbah alam yang aman yaitu klobot (kulit) jagung yang sudah dikeringkan. Klobot jagung ini pun juga menambah aroma pada wajik, sehingga rasanya menjadi khas.

Dari kemasannya saja sudah unik apa lagi isinya. Wajik Kletik ini terbuat dari beras ketan dan gula jawa, sehingga warnanya coklat. Kemudian nama Kletik sendiri disematkan karena wajik ini padat dan keras bentuknya. Sehingga saat dimakan akan bunyi kletik-kletik.

Makanan yang unik ini dihargai 3 ribu rupiah saja per satuannya. Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh.

12. Uceng Goreng

Uceng Goreng
foto: https://www.instagram.com/adityaniandinna/

Jika di atas tadi sudah membahas Peyek Uceng. Di Blitar juga ada makanan berbahan Ikan Uceng lain yang diolah menjadi lauk. Yaitu Uceng Goreng.

Uceng Goreng merupakan Ikan Uceng yang digoreng dengan tepung atau tanpa tepung. Wujudnya tampak seperti ikan wader, namun Uceng lebih pipih dan rasanya gurih asin. Di Blitar, Uceng Goreng sering dijual sebagai lauk

Sajiannya berupa Uceng Goreng, nasi hangat dan sampal pedas serta lalapan. Ini lah yang menjadi idola masyarakat karena rasanya pedas.

Untuk membeli makana  ini harus datang malam hari, karena pedagang banyak yang menjajakan ketika malam hari. Anda bisa menemuinya di tenda-tenda pinggir jalan. Harganya pun murah 10 ribu rupiah saja perporsi.

Jangan lupa ajak keluarga dan sahanat ketika beli makanan khas Blitar yang murah ini. Dijamin makin nikmat.

13. Susu Jahe Khas Blitar

Susu Jahe Khas Blitar
foto: https://www.instagram.com/kopiangon/

Masih dengan kuliner malam hari. Di malam hari yang dingin ini cocoknya minum-minuman hangat. Nah, di Blitar ada Susu Jahe khas Blitar. Minuman ini sangat terkenal di sana.

Susunya menggunakan susu sapi murni dan jahenya biasa digeprek lalu dimasukan kedalam susu. Anda pun juga bisa minta jahenya dibakar atau tidak. Tergantung selera. Nah, minuman ini bakal mengahangatkan badan anda, karena Blitar termasuk provinsi berhawa dingin saat malam hari.

Review Sebelumnya –> Makana khas Magelang terbaru

Makanan khas Blitar banyak yang murah ternyata. Harganya kebanyakan di bawah sepuluh ribu rupiah saja. Meski sangat murah, bukan berarti kuliner di sini tidak enak. Sebagian bahkan sangat legendaris.

Nah, setelah membaca rekomendasi kuliner yang ada di Blitar tidak ada salahnya jika anda mencoba. Karena selain murah juga enak, sehingga tidak terlalu membebankan biaya. Apalagi jika anda berlibur dengan banyak orang. Oleh karenanya, tunggu apa lagi, jangan ragu coba masakan yang ada di Blitar.

Video Travel Vlog Ke Pantai Indrayanti Terbaru 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here