Makanan khas Pemalang dikenal sebagai makanan yang mampu menggugah selera. Pasalnya kuliner di kota ini terkenal bikin tidak bisa move on. Selain itu, ramah di kantong pula.

Nama kota Pemalang memang jarang didengar, oleh karenanya banyak pula kuliner yang tidak familiar.

Oleh karenanya, simak beberapa makanan di Pemalang. Nanti jika anda berkunjung ke sini bisa tahu apa saja kuliner yang nikmatnya sampai nagih itu.

Oke, tanpa berpanjang lebar berikut deretan kuliner di Pemalang:

1. Kerupuk Usek

Makanan Khas Pemalang jawa tengah
foto: https://www.instagram.com/idamayaaa/

Kerupuk Usek merupakan makanan Pemalang yang sudah legendaris. Rasanya gurih dan asin serta renyah. Banyak pelancong yang suka membawa Kerupuk Usek ini sebagai buah tangan.

Makanan ringan khas Pemalang ini dapat dijadikan sebagai pelengkap makanan. Atau dinikmati sebagai camilan pun sama lezatnya.

Bahkan, di Desa Kendal Rejo, kerupuk ini dijadikan bahan makanan. Namanya Usek Sambel. Kuliner itu terbuat dari kerupuk usek yang disiram sayur kuah dan tempe.

Untuk mendapatkan sensasi renyah Kerupuk Usek pun tak perlu mengeluarkan biaya mahal.

Kerupuk ini dihargai 3 ribu rupiah saja per bungkus. Kira-kira isi satu bungkusnya 20 biji. Murah bukan? Nah, setelah membeli sebaiknya ditaruh di tempat tertutup agar tidak mlempem.

2. Bandeng Montok Family

makanan ringan khas pemalang
foto: https://www.instagram.com/satkerbangrum/

Nah, jika ke Pemalang dan bingung ingin beli oleh-oleh apa untuk keluarga atau tetangga. Di sini ada Bandeng Montok Family. Makanan ini merupakan olahan bandeng.

Makanan khas Pemalang Jawa Tengah ini punya cara pengolahan beda dari lainnya.

Biasanya ikan bandeng hanya dijual tanpa diberi bumbu. Nah, Bandeng Montok Family ini diolah dulu dengan dibersihkan terlebih dahulu isi perut dan durinya.

Kemudian yang paling unik bandeng ini diberi bumbu dan diberi daging sapi atau ayam di dalamnya.

Langkah selanjutnya dikukus lalu dikemas untuk siap dijual. Jadi anda mendapatkan 3 jenis daging dalam satu bandeng tersebut. Untuk mendapatkan olahan bandeng ini harganya cukup mahal. Yakni 75 ribu rupiah satu potongnya.

Beli bandeng ini ada di Toko Urip Sumoharjo 127, Pelutan, Pemalang. Jika ingin tahu proses pembuatannya bisa juga ke Desa Kaliprau Pemalang. Di sana ada banyak olahan ikan bandeng lainnya.

3. Kepiting Lemburi

makanan khas pemalang paling enak
foto: https://www.instagram.com/sriadiani/

Ingin makan kepiting tapi selalu terhalang kenikmatannya karena cangkangnya tebal.

Nah, tak perlu risau, sebab Kepiting Lemburi ini cangkangnya lunak. Seafood ini dimasak sedemikian rupa hingga cangkangnya jadi lunak.

Biasanya Kepiting Lemburi dimasak goreng krispi atau goreng biasa. Cankangnya bisa digigit dengan mulut tak perlu menggunakan alat. Tidak hanya itu, Kepiting Lemburi juga dimasak saus tiram dan asam manis.

Harga dari satu porsi Kepiting Lemburi ini bervariasi ada yang menjualnya dengan harga 50 ribu rupiah. Nah, untuk menikmati makanan ini anda bisa menemui di Jalur Pantura, Pemalang. Makan bersama kerabat tentu lebih menyengkan.

4. Bakso Balungan

Bakso Balungan
foto: https://www.instagram.com/salmaaddina_/

Siapa tidak kenal bakso? Makanan ini hampir ada di setiap daerah terutama di Jawa. Nah, kali ini jika anda sedang di Pemalang anda juga bisa menemui bakso lezat dan unik. Biasanya bakso hanya diberi kuah kaldu dan mie serta pangsit.

Nah, berbeda jika di Pemalang. Baksi di sini diberi balungan. Nama balungan sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti tulang. Bakso balungan khas Pemalang ini berarti sajian bakso yang diberi tulang sapi.

Jadi, mangkok anda akan penuh dengan butiran bakso dan tulang-tulang sapi yang besar itu. Rasanya tentu mantap karena ada tambahan daging sapi. Kuah kaldunya pun makin terasa. Juga anda bisa isap-isap tulangnya.

Bakso ini sangat terkenal di Pemalang, oleh karenanya anda tidak akan kesusahan mencarinya. Di setiap sudut jalan ada depot yang menjajakan Bakso Balungan ini.

5. Lontong Dekem

Lontong Dekem
foto: https://www.instagram.com/duhlaperbanget/

Tak mau ketinggalan dengan popularitas Bakso Balungan di Pemalang. Ada pula kuliner yang juga terkenal. Namanya Lontong Dekem. Makanan ini pun juga sudah menjadi legendaris di kotanya.

Lontong Dakem ini sangat unik. Menu ini terdiri dari potongan lontong dan daging ayam serta bawang merah goreng. Kemudian ditambah klethuk, yakni semacam bubuk terbuat dari tulang ayam yang digoreng.

Banyak pelacong yang tidak familiar dengan makanan ini. Namun sekali mencoba bakal susah melupakan. Makanan khas Pemalang paling enak ini disajikan dengan sate dakem.

Yaitu sate yang memiliki dua macam daging, daging ayam yang ditusuk serta sate goreng yang berisi jeroan. Seperti ati, ampela, dan usus.

Sate tadi pun diberi bumbu serundeng. Nah, setelah itu disajikan dengan lontong dakem kemudian diberi bubuk klethuk tadi. Harganya terpaut murah, satu porsinya dihargai 20 ribu rupiah saja.

Coba juga –> Makanan Khas Pekalongan Yang Rekomended

6. Apem Comal

apem comal
foto: https://www.instagram.com/kulinerpemalang/

Setelah makan berat, di Pemalang ada juga makanan ringan yang rasanya manis. Makanan ini sudah menjadi legenda bagi warga setempat. Penduduk Pemalang pasti tahu dengan makanan yang satu ini. Namanya adalah Apem Comal.

Saking terkenalnya, orang Pemalang biasa menyebut apem dengan sebutan comal. Padahal keduanya berbeda. Hal ini terjadi karena Apem Comal hanya ada di Pemalang saja.

Makanan ringan khas Pemalang ini terbuat dari tepung beras dan gula jawa. Cara pembuatannya pun masih tradisional sehingga cita rasa tetap terjaga.

Yaitu dengan mengan menggunakan bakaran anglo. Begitu pula dengan pengemasannya yang masih menggunakan daun pisang.

Konon katanya, Apem Comal tidak dibuat di daerah Comal. Apem ini dibuat oleh para ibu-ibu di daerah Kesesi, yakni salah satu daerah perbatasan. Meski begitu, Apem ini tetap dinamai Apem Comal.

Untuk mendapatkan kuliner tradisional ini anda hanya perlu mengelurakan uang seribu rupiah hingga dua ribu rupiah saja. Harganya yang sangat murah ini menjadikan kuliner ini sangat dicintai warganya. Biasanya Apem ini dijual di Pasar atau Toko Kue di seputar Pemalang.

7. Kraca

kraca
foto: https://www.instagram.com/nganjuk_foodies/

Dari banyaknya makanan di Pemalang, mungkin makanan yang satu ini jarang sekali didengar. Pelancong bahkan banyak yang melewatkan makanan ini karena tidak begitu dikenal. Nama makanannya adalah Kraca.

Kraca merupakan keong sawah. Bentuk cangkangnya bulat lumayan besar. Dagingnya empuk dan lezat. Kraca merupakan makanan asli Pemalang yang sulit untuk ditemui. Karena ketersedian Kraca yang tidak menentu.

Meski makanan ini sangat sederhana, hanya dari keong sawah saja. Namun, Kraca mengandung tinggi protein. Selain itu apabila bisa anda bisa memasak dengan baik, Kraca ini bisa disulap menjadi makanan yang nikmat.

Warga Pemalang biasa mengolah Kraca ini dengan bumbu kuning. Yaitu diolah dengan rempah seperti jahe, kunyit, serai, dan laos, serta ketumbar.

Mereka pun juga tidak memisahkan cangkang dan dagingnya. Jadi jika makan, anda harus menyedot atau mencungkil daging Kraca tersebut.

Nah, untuk menikmati makanan ini tak perlu risau mencari. Biasanya makanan ini ada di depot rumah makan. Lalu dimakan bersama nasi yang hangat. Harganya pun hanya 15 ribu rupiah saja.

8. Sate Loso

Sate Loso
foto: https://www.instagram.com/pemalangkeren/

Jangan bosan dengan sate. Sebab makanan ini ada di mana-mana. Dan setiap daerah pun membuat sate dengan cara yang kreatif. Termasuk di Pemalang. Di sini ada sate yang unik dan luar biasa. Namanya Sate Loso.

Sate Loso merupakan sate dengan bahan dasar daging sapi atau kerbau. Nah, sebelum ditusuk-tusuk menjadi sate, kedua daging itu dimasak dengan cara dibacem. Yaitu direbus degan gula jawa, kecap, dan garam hingga meresap.

Dari cara memasaknya saja sudah rumit, tentu rasanya semakin enak. Ya, karena proses pemasakannya panjang, jadi dagingnya pun terasa mantap, bumbunya meresap. Makanan khas Pemalang paling enak ini harganya 20 ribu rupiah.

Dulu Sate Loso dijual oleh Pak Loso, sekarang sudah ada regenerasiny oleh Pak Mul. Namun namanya tetap Sate Loso.

Sate Loso dihidangkan bersama dengan lontong dan bumbu kacang. Selain itu cara penyajiannya pun dengan dialasi daun jati. Mengesankan ketradisionalan makanan ini.

9. Bongko Mento

Bongko Mento
foto: https://www.instagram.com/anitameliawati/

Berikutnya ada makanan asin lainnya dari Pemalang yang tidak boleh dilewatkan. Bongko Mento namanya. Namanya sedikit aneh, namun banyak warga yang suka mengonsumsi makanan ini.

Orang banyak mengenal Bongko berbahan dasar pisang. Serta memiliki cita rasa yang manis. Namun, berbeda dengan di Pemalang.

Bongko Mento terbuat dari tepung terigu kemudian didadar. Kemudian diisi dengan tumisan pepaya muda yang sudah dibumbui. Setelaj itu dimasukan suwiran ayam.

Setelah semua bahan terisi kemudian diberi santan dan dibungkus dengan daun pisang lalu diikat. Terakhir dikukus hingga matang. Kadang Bongko Mento ditambah irisan cabai jika ingin dibuat pedas.

Bongko Mento yang sudah matang ini bisa dicamil atau dijadikan lauk. Biasanya makanan ini dijual di Pasar Pemalang atau di depot makanan. Harganya sekitar 5 ribu rupiah saja.

10. Ogel-ogel

Ogel-ogel
foto: https://www.instagram.com/kemriukchips/

Ingin makan yang gurih sebagai penutup makan atau dicamil, namun masih bingung. Tak perlu khawatir sebab di Pemalang ada makanan tradisional bercita rasa gurih. Namanya Ogel-ogel. Sekali lagi, nama makanan ini terdengar aneh. Namun jangan ditanya rasanya.

Ogel-ogel merupakan makanan ringan asli Pemalang. Jajanan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan bumbu lainnya seperti gula, garam, dan keju. Krispi dan renyah ini sensasi yang bakal dirasakan saat menyamil Ogel-ogel.

Karena krispi dan renyah, membuat panganan in disukai banyak kalangan masyarakat. Termasuk anak-anak. Untuk mendapatkan snak Ogel-ogel anda hanya perlu ke toko oleh-oleh. Di sana banyak Ogel-ogel yang bisa dibeli untuk dibawa pulang.

Anda tak perlu khawatir jika makanan ini dikonsumsi anak-anak, karena makanan ini tidak mengandung pengawet. Tapi jangan raguka daya tahannya, makanan ini mampu bertahan hingga 3 bulan di tempat tertutup.

Lihat juga –> Makanan Khas Magelang Terbaru

11. Lotek

Lotek
foto: https://www.instagram.com/javafoodie/

Sudah makan daging-dagingan di Pemalang, saatnya mencari sayur-sayuran untuk dikonsumsi. Di Pemalang ada makanan sehat yang tinggi serat dan berbahan sayur. Sekilas makanan ini tampak seperti pecel, tapi berbeda. Lotek namanya.

Makanan ini mungkin tidak terdengar asing bagi warga sekitar Jawa Tengah. Makanan asli Pemalang ini berbumbu kacang seperti pecel. Bedanya bumbu kacang pecel sudah tersedia saat penjual menjajakan dagangannya. Namun Lotek tidak.

Para penjual Lotek menguleg langsung bumbu kacangnya sesuai dengan porsinya. Jadi, jika anda membeli harus rela menunggu. Makanan sehat dan enak ini bisa ditemukan di pinggir Jalan Pemalang.

Makanan khas Pemalang paling enak yang satu ini harganya tidak mahal. Cukup 10 ribu rupiah saja anda bisa mendapatkan Lotek. Dengan isian kangkung rebus, atau bayam rebus, ada tauge rebus, kubi, dan kacang panjang serta timun.

12. Tahu Pletok

Tahu Pletok
foto: https://www.instagram.com/sriloe/

Masih ingin jajanan tradisional pasar yang bisa bikin lumayan kenyang. Nah, di Pemalang ada Tahu Pletok. Tahu ini dibuat serta disajikan dengan cara memecah tahu memakai kedua tangan. Sebelum disajikan, tahu digoreng hingga kering terlebih dahulu.

Kering hingga warnyanya kecoklatan. Setelah itu aroma tahu pun akan tercium sehingga menggugah selera. Tahu ini juga biasa disajikan dengan cocolan kecap pedas. Yaitu kecap yang diberi irisan cabai. Atau hanya cabainya saja.

Untuk menikmatiinya hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10 ribu saja. Anda sudah bisa menikmati 5 biji Tahu Pletok

13. Pecak Belut

pecak belut
foto: https://www.instagram.com/yetty_patnaputri/

Belut merupakan makanan yang jarang dijamah orang. Karena ketersediaan belut yang sedikit. Nah, jika sedang jalan-jalan ke Pemalang anda bisa menemui kuliner berbahan belut. Namanya ialah Pecak Belut.

Pecak Belut merupakan belut goreng yang diberi sambal. Menunya ada pecak belut santan dan pecak belut sambal kering. Selain itu penyajiannya pun diberi bawang goreng utuh. Serta disediakan bersama dengan nasi hangat.

Yang menjadi idola dari makanan ini tentu sensasi pedas dari sambelnya. Banyak yang datang lagi karena pedasnya nagih. Nah, jika anda mencari makanan ini bisa ke Warung Bu Niti di Jalur Pantura Pemalang. Harga satu porsinya 35 ribu rupiah.

14. Grombyang

Grombyang
foto: https://www.instagram.com/dapurfoody/

Grombyang merupakan makanan paling terkenal di Pemalang. Banyak wisatawan yang mengenal makanan ini. Grombyang merupakan nasi campur asli Pemalang.

Bedanya dari nasi campur lainnya, Nasi Grombyang lebih besar porsinya. Selain itu ada kuah dalam nasi tersebut.

Isi dari nasi ini adalah potongan daging sapi beserta kuah, serta sate kerbau. Keduanya disajikan terpisah. Makanan ini kadang disamakan dengan rawon, namun jelas berbeda.

Untuk mendapatkan seporsi Nasi Grombyang, anda harus membayar sekitar 25 ribu rupiah. Anda pun bisa mencarinya di sekitar alun-alun Pemalang.

Di sana banyak penjual nasi Grombyang. Nah, jangan lupa menikmati makanan ini bersama keluarga ya!

15. Kamir

kamir
foto: https://www.instagram.com/primagung/

Setelah makan makanan yang mengenyangkan masih ada di Pemalang makanan ringan yang perlu dicoba. Yakni Kamir. Sepintas nama makanan ini mirip nama orang. Makanan ini sebenarnya makanan asal Arab yang ada di Pemalang.

Kamir atau biasa ditulis Khamir ini merupakan makanan ringan khas Pemalang yang melegenda. Rasanya manis dan disukai banyak orang.

Kue yang terbuat dari adonan terigu, mentega, dan telur ini selalu diincar warga. Selain itu banyak yang menambahkan adonan dengan pisang ambon dan tape.

Kue ini pun terdiri dari dua jenis yakni Kamir Beras dan Kamir Terigu. Namun, di Pemalang banyak yang menjual Kamir Terigu. Harga dari kue ini adalah 3 ribu rupiah saja. Bisa didapatkan di Pasar atau di sekitar Kelurahan Mulyoharjo.

Review Sebelumnya –> Makana Khas Jepara Paling Enak

Nah, makanan khas Pemalang begitu banyak ragamnya kan? Sudah pasti anda harus mencoba kuliner ini. Apalagi banyak makanan yang belum dikenal. Jangan ragu untuk mencoba selagi sedang di Pemalang.

Meski kota Pemalang jarang terdengar di telinga bukan berarti kota ini tidak layak dikunjungi. Ternyata banyak kuliner yang menarik dan layak dicoba.

Explore Telaga Sunyi Baturraden Yang Masih Sepi Banget

REVIEW OVERVIEW
Rasa Masakan
Bagikan Yuk !
Previous articleMakanan khas Pekalongan
Next articleMakanan Khas Blitar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here