Makanan Khas Pekanbaru terkenal dengan berbagai macam menu yang tidak boleh kamu dapatkan. Sajiannya begitu sempurna dengan perpaduan budaya antara Sumatera dan melayu. Menarik sekali, sampai saat ini cita rasa tidak pernah berubah lho. Masih menjunjung tinggi resep-resep turunan keluarga.

Ada banyak warung dan restoran yang sudah berdiri. Lebih, makanan yang disajikan Pekanbaru yang sebenarnya. Bumbu rempah-rempahnya memang sangat terasa membentuk ciri khas tersendiri. Beberapa menu sudah dikenal dan cukup terkenal lho. Jadi, jangan sampai kamu melewatkannya.

Inilah yang paling ditunggu-tunggu, di mana menu yang ada di sini benar-benar membuat lidah kamu bergoyang tanpa henti. Mulai dari bahan dasar sayuran, ayam, daging, hingga mie. Tidak hanya seputar makanan saja, ada juga menu minuman yang juga bisa kamu dapatkan. Selain itu, Pekanbaru juga terkenal dengan suhu udara yang cukup panas.

1. Es Mata Air Pengantin

Makanan Khas Pekanbaru
foto: https://www.instagram.com/denakscompany/

Minuman Khas Pekanbaru ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk kamu yang sedang berkunjung ke kota ini. Dari segi teksturnya pun cukup menarik dengan lapisan warna-warni yang menarik untuk dinikmati. Sebagai pelengkap, minuman ini akan ditambah dengan agar-agar dan nata de coco, serta selasih.

Kamu bisa membeli berbagai warung kaki lima atau juga beberapa cafe. Dengan harga mulai dari 20 ribu. Bagaimana bisa mencoba mencoba minuman ini?

2. Mie Lendir

foto: https://www.instagram.com/bundogafi/

Makanan Khas Pekanbaru yang Terpopuler ini hanya diseluruh warung makan dan restoran menyajikan menu satu ini. Cita rasanya yang enak dengan siraman kuah yang penuh dengan rasa menjadi salah satu alasan mengapa makanan ini banyak peminatnya.

Bahan dasar kuahnya sendiri menggunakan ubi jalar dan kacang tanah. Teksturnya mirip sekali dengan lendir sehingga, tidak heran kalau masyarakat sekitar menyematkan nama tersebut.

3. Gulai Ikan Patin

foto: https://www.instagram.com/numpangsaveresep.id/

Salah satu olahan ikan memang cukup banyak. Tidak hanya bakar atau goreng saja, bisa juga diolah menjadi rendang atau juga gulai dengan kuah kental yang bercita rasa asam pedas.

Bahan yang digunakan untuk membuat menu satu ini sebenarnya sangat mudah. Siapkan ikan patin dan beberapa bumbu rempah seperti lengkuas, serai, belimbing wuluh, serai, dan daun jeruk.

4. Kue Bangkit

foto: https://www.instagram.com/lina.tjoandra/

Tidak hanya soal makanan berat saja, perlu ada kue kering yang cocok dibuat oleh-oleh. Namanya adalah Kue Bangkit. Untuk teksturnya sendiri sangat halus dan mudah rapuh lho.

Biasanya, masyarakat Pekanbaru tidak pernah absen untuk membuat kue ini saat perayaan Idul Fitri. Memiliki berbagai varian rasa yang dapat Anda pilih dengan harga mulai dari 20 ribu hingga 100 ribu.

5. Bolu Kemojo

foto: https://www.instagram.com/duriankupaspekanbaru/

Rasanya, belum ke Pekanbaru kalau kamu belum membeli oleh-oleh khasnya yang bernama Bolu Kemojo. Kalau dilihat-lihat lebih dalam lagi, bentuknya seperti daun dengan warna hijau pekatnya.

Tidak heran bila saat kamu gigit, kamu bisa merasakan cita rasa yang cukup pekat, tapi nikmat. Saat ini, kue khas Pekanbaru ini sudah dikembangkan dengan berbagai macam varian rasa lho.

Mulia dari durian, strawberry, dan masih banyak lagi. Untuk bisa menikmatinya, kamu harus merogoh kocek sebesar 50 ribu sampai 75 ribu rupiah.

6. Laksa Kuah

foto: https://www.instagram.com/mariaaminhh/

Sampai saat ini makanan olahan mie masih menjadi favorit bagi para penggemarnya. Tidak heran bila Pekanbaru juga mempunyai sajian yang disantap para penggemarnya bila berkunjung ke Pekanbaru. Namanya adalah Mie Lakse Kuah.

Untuk olahan mienya terbuat dari tepung terigu dan sagu yang dikukus menggunakan daun mangkokan.

Sehingga, menghasilkan cita rasa yang khas, teksturnya sendiri kenyal. Dipadukan dengan kuas asam pedas, tauge, sayuran, daun kesom, irisan mentimun. Penjual menu satu ini paling banyak berada di Pantai Serga Indah.

7. Cencaluk

Makanan Khas daerah Pekanbaru
foto: https://www.instagram.com/delicacy_malaysia/

Pekanbaru memang surganya kuliner di Pulau Sumatera. Ada banyak olahan yang bisa kamu nikmati. Mulai dari ayam hingga ikan yang nikmat dan membuat lidah kamu bergoyang tanpa henti. Salah satunya adalah Cencaluk yang menggunakan olahan seafood. Atau lebih tepatnya adalah udang.

Ada keunikan tersendiri yang bisa kamu temui di menu satu ini. Dimana, udang yang digunakan akan difermentasikan dahulu dengan bakteri asam laktat. Makanan ini biasanya menjadi santapan favorit saat sahur lho.

Coba juga –> 26 Makanan Khas Banjarmasin

8. Dodol Kedondong

foto: https://www.instagram.com/arayacakepku/

Oleh-oleh lainnya yang bisa kamu beli dan kamu nikmati adalah Dodol Kedondong. Makanan ini berasal dari Kota Rengat yang memang terkenal dengan surganya buah satu ini. Bahan lain yang digunakan adalah tepung beras ketan, gula pasir dan kelapa.

Warnanya hitam kecoklatan dengan aroma harum yang akan tercium. Tidak terlalu manis dan juga tidak terlalu asam saat kamu gigit. Untuk harganya cukup murah mulai dari 15 ribu sampai 30 ribu per kotaknya.

9. Sup Tunjang

foto: https://www.instagram.com/scoty_and/

Sup Tunjang adalah kuliner legendaris yang bisa kamu nikmati. Konon sudah ada sejak tahun 1992 lho. Pada awalnya menu satu ini menggunakan kaki sapi. Tetapi, saat ini banyak yang sudah menggantinya dengan sumsum dan juga Iga. Untuk mengolahnya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam lho menggunakan kompor dengan bahan kayu kering.

Agar lebih menggoda lagi, makanan ini akan ditambahkan dengan sambal hijau pedas. Ditambah dengan kuah sopnya yang menggunakan racikan rempah seperti bawang, cengkeh, dan kayu manis.

10. Ikan Asap Selais

foto: https://www.instagram.com/ignyadela/

Menu makanan ini menjadi salah satu sajian yang harus kamu nikmati. Menggunakan bahan utamanya adalah ikan selais yang terlihat pipih memanjang. Menjadi salah satu ikon kuliner di Pekanbaru, membuatnya selalu diburu oleh masyarakat dan juga wisatawan yang penasaran akan cita rasanya.

Untuk mengolahnya sendiri membutuhkan waktu hingga 8 jam. Konon katanya, olahan ini mempunyai aroma yang khas dan mampu bertahan hingga 1 tahun lamanya.

Sebagai pelengkapnya kamu akan disajikan dengan sambal yang pedas. Karena tingginya permintaan, harga per kilonya kurang lebih 90 ribuan.

11. Lempok Durian

foto: https://www.instagram.com/erly_febrina/

Pekanbaru memang terkenal sebagai salah satu kota yang menjadi penghasil buah Durian yang cukup banyak. Oleh karena itu, tidak heran bila kota ini mempunyai oleh-oleh khas yang harus kamu coba.

Namanya adalah Lempok durian. Rasanya benar-benar otentik durian dan hampir seluruh pusat oleh-oleh menghadirkan menu satu ini. Jadi, jangan sampai kelewatan untuk mencobanya ya.

12. Bacah Daging

foto: https://www.instagram.com/anjsinaga/

Siapa yang tidak mengenal menu makanan rendang yang namanya sudah terkenal di seluruh antero dunia.

Nah, Kalau di Riau kamu akan menemukan Bacah Daging, Kuliner rendangnya masyarakat Riau, khususnya Pekanbaru.

Bumbu yang digunakan pun cukup sederhana dan mudah seperti, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, air asam jawa dan santan.

Kamu bisa menikmati santapan ini di berbagai warung. Dengan harga mulai dari 20 ribuan.

Biasanya dipadukan dengan nasi hangat dan juga beberapa sayuran yang nikmat, Cita rasanya yang pedas dan dagingnya yang sangat empuk, menjadi kerinduan tersendiri untuk menikmatinya

13. Es Laksamana Mengamuk

foto: https://www.instagram.com/citrahendrawijaya/

Tidak hanya es air mata pengantin saja yang bisa kamu nikmati saat menjelajah Pekanbaru. Melainkan, kamu bisa menikmati Laksamana Mengamuk. Nama yang cukup aneh ya. Tetapi, percayalah bila minuman satu ini mempunyai tingkat kesegaran yang tinggi.

Ceritanya, dahulu ada seorang laksamana yang mengamuk di kebun lantaran istrinya yang dibawa oleh pemilik kebun. Kemudian, beliau marah dan menebaskan pedang kemana-mana, sehingga buah kuini yang ada di kebun tersebut berjatuhan.

Warga sekitar pun mengambilnya, hanya saja mereka bingung mau diolah apa. Kemudian, ada seorang perempuan yang mencampurnya dengan santan dan juga gula. Racikannya pun disukai para warga dan minuman tersebut terus bertahan hingga saat ini. Buah kuini sendiri adalah mangga yang mempunyai daging yang lembut dan aromanya yang harum.

14. Mie sagu

foto: https://www.instagram.com/bundogafi/

Sagu menjadi salah satu bahan pokok yang ada di kawasan Indonesia Timur. Tetapi, bahan satu ini di kawasan Pekanbaru dijadikan sebagai mie yang nikmat lho. Menjadi salah satu menu makanan yang sangat nikmat. Begitu diminati karena kandungan karbohidratnya sangat rendah. Selain itu, mampu menurunkan kadar gula darah lho.

Di berbagai warung dan restoran di Pekanbaru sudah banyak yang menjual Mie sagu. Dengan harga mulai dari 15 ribuan saja. Satu hal yang sulit dilupakan dari menu satu ini adalah rasa rempahnya yang kuat. Kamu wajib coba. rugi rasanya kalau tidak mencicipinya.

Baca juga –> 25 Makanan Khas Aceh Paling Enak

15. Asidah

Makanan Khas Pekanbaru
foto: https://www.instagram.com/byviszaj/

Pekanbaru memang terkenal dengan beberapa menu makanan yang unik. Seperti, menu satu ini yang bernama asidah. Keunikannya adalah cara makannya yang mewajibkan kamu ditambah dengan bawang goreng.

Terbuat dari tepung terigu dan beberapa bahan rempah-rempah seperti kayu manis, daun pandan, cengkeh. Biasanya, sajian ini digunakan untuk banyak upacara adat.

16. Nasi Lemak

foto: https://www.instagram.com/ghostguan/

Menikmati nasi lemak di Pekanbaru memang menjadi sajian yang paling nikmat. Dimana, kamu bisa.

Menggunakan nasi gurih yang dipadukan dengan daun pandan agar mengeluarkan rasa. Teksturnya yang gurih membuat banyak wisatawan memburunya. Biasanya dihidangkan dengan sotong, ayam, daging, telur datau juga hati sapi

17. Gulai Belacan

foto: https://www.instagram.com/suamimasak/

Makanan Khas Pekanbaru yang enak ini menggunakan bahan baku berupa ikan atau juga udang. Nama Belacan sendiri diambil dari sebuah nama suku Riau yang mempunyai arti terasi. Bahan-bahan yang digunakan sebenarnya hampir sama dengan menu makanan khas Pekanbaru lainnya.

Menggunakan asam jawa, santan, lada, gula pasir, bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe rawit, dan cabe merah. Kamu bisa menikmati menu makanan ini di berbagai restoran dan warung kaki lima dengan harga mulai dari 20 ribuan.

18. Gulai Siput

foto: https://www.instagram.com/kulinerpreneur/

Pekanbaru memang memiliki beberapa menu Gulai yang menarik untuk disantap. Salah satunya adalah Gulai Siput.

Seperti yang kamu ketahui bahwa menjadi hama yang hidup di sawah-sawah. Bentuknya memang sedikit menjijikan, hanya saja masyarakat Riau mampu merubahnya menjadi sesuatu yang enak untuk disantap.

Perbedaan santapan ini dengan yang lain adalah penggunaan daging siput yang cenderung lebih kenyal.

19. Ikan Cuka

foto: https://www.instagram.com/helen_prilia/

Namanya memang unik, tetapi jangan disangka bahan dasarnya adalah cuka ya. Melainkan ikan tenggiri yang mempunyai cita rasa asam dan pedas. paling cocok disantap menggunakan nasi hangat.

Dijamin, nafsu makan kamu akan meningkat tajam. Untuk bahan bumbu rempahnya menggunakan jahe, daun jeruk, dan juga serai, bawang merah, cabai merah, merica dan pala.

20. Sate dan Sop Rusa

foto: https://www.instagram.com/rahmatandriansa/

Pernah mencoba menikmati Daging Rusa? Cobalah pergi ke Pekanbaru, disana ada sajian Sate dan Sop Rusa yang enak dan bikin kamu ketagihan.

Tekstur daging ini cukup empuk sehingga, sangat ramah bagi kamu yang kekuatan giginya sudah cukup rapuh.

Dipadukan dengan bumbu rempah yang menyegarkan. Bagi pecinta sop, akan ditambahkan dengan wortel, seledri, kol, dan daun bawang. Sebagai pelengkap akan disuguhkan dengan satenya. Harga per porsinya hanya 25 ribuan saja lho.

21. Asam Pedas Ikan Baung

Makanan Khas Pekanbaru riau
foto: https://www.instagram.com/dodon_jerry/

Ikan Baung menjadi sajian kuliner yang wajib untuk kamu nikmati. Dengan olahan asam pedas, ditambah dengan sayuran pucuk rebus ubi kayu dan ditambah dengan sambal terasi dan nasi hangat membuat makanan ini menjadi sangat nikmat untuk disantap.

Biasanya, sajian ini akan ditambah dengan kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih dan juga garam.

Lihat juga –> 23 Makanan Khas Bengkulu

22. Mie Tarempa

foto: https://www.instagram.com/cennds/

Makanan Khas Pekanbaru memang dominan dengan cita rasa asam manis yang nikmatnya menggoda. Mempunyai 3 varian yang bisa kamu pilih, mulai dari kuah, banyak, kering, dan kuat sedikit.

Tekstur mie yang kenyal, membuat banyak wisatawan selalu memburu menu satu ini. Biasanya, akan ditambah dengan topping seafood seperti sotong atau udang.

23. Mieso

foto: https://www.instagram.com/umuszkieterow/

Mieso adalah salah satu kuliner yang memang nikmat untuk disantap. Tetapi, makanan ini berbeda dengan yang ada di Jawa lho.

Karena, santapan ini mempunyai isi, mie kuning, putih, serta beberapa potongan ayam, kulit, hingga dagingnya sekalipun. Untuk harganya sendiri mulai dari 20 ribuan saja.

24. Sate Padeh

foto: https://www.instagram.com/widyhartono/

Nama padeh sendiri berasal dari bahasa Padang yang berarti pedas. Menggunakan daging ayam dan juga ketupat.

Bagi kamu yang tidak suka pedas, lebih baik jangan mencobanya. Karena, tingkatnya tidak bisa dikurangi sedikitpun lho. Kamu bisa menambahkan dengan kerupuk. Untuk harganya kurang lebih 20 ribuan saja lho.

25. Kacang Pukul Bagansiapiapi

foto: https://www.instagram.com/oleholehcikpuan_pekanbaru/

Kalau ke Pekanbaru jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas satu ini ya, Makanan ini sudah ada sejak tahun 1950 lho.

Dengan penggunaan garam dan gula yang membuat cita rasanya semakin menyenangkan. Saat ini, untuk cita rasanya ada dua, mulai dari yang original dan ada rasa kopi juga. Kamu bisa mendapatkannya di seluruh toko oleh-oleh di Pekanbaru.

26. Roti Jala

foto: https://www.instagram.com/shanas.kitchen/

Makanan ini menjadi salah satu santapan wajib saat bulan Ramadhan dan juga Idul Fitri. Selain itu, keberadaannya juga ada di beberapa acara seperti pesta pernikahan, kenduri, serta syukuran masyarakat sekitar.

Bentuknya seperti jala yang digunakan para nelayan untuk memancing ikan. Biasanya akan disiram menggunakan kuah kari ayam, kambing atau juga daging sapi.

27. Keripik Nanas

foto: https://www.instagram.com/santouring_snack_malang/

Indonesia memang mempunyai banyak menu soal keripik. Bahkan, bahan utamanya adalah buah-buahan seperti pisang, apel, dan saat ini oleh-oleh khas pekanbaru menghadirkan rasa nanas.

Rasanya manis dan menggoda selera. Kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh dengan harga mulai dari 10 ribuan saja. Banyak wisatawan yang memburunya lho, jadi jangan sampai kamu ketinggalan ya.

28. Sate Ikan Senapelan

foto: https://www.instagram.com/miss_polkadot/

Pekanbaru memang banyak menu sate yang enak-enak, termasuk sate Ikan Senapelan ini yang harus kamu coba.

Biasanya menggunakan ikan patin dengan menggunakan bahan seperti daun jeruk, santan, serai, gula merah, terasi, kemiri dan juga asam jawa

29. Roti Canai

Makanan Khas Pekanbaru
foto: https://www.instagram.com/boonsakthefuzzyeater/

Terakhir, menu yang harus kamu nikmati saat berada di Pekanbaru adalah Roti Canai yang berasal dari india.

Teksturnya pun cukup lembut dan enak disantap di berbagai waktu. Untuk menikmatinya biasanya ditambah dengan gulai kari kambing yang sudah diberi bumbu rempah-rempah yang cukup kuat. Sehingga, menghadirkan cita rasa yang pas dimulut.

Review sebelumnya –> 23 Makanan Khas Jambi

Makanan Khas Pekanbaru memang sulit untuk dilupakan. Pilihannya yang cukup banyak mulai dari camilan, oleh-oleh, hingga makanan berat harus kamu coba satu per satu. Rasa rempahnya dan olahanya yang enak membuat berbagai sajiannya sayang untuk dilewatkan. Kalau kamu boleh milih, mau nyoba yang mana duluan nih?

Vlog ke Kuliner Legendaris di Jogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here