Makanan khas Jambi menjadi salah satu sajian kuliner Nusantara yang mempunyai cita rasa yang benar-benar nikmat. Bumbu rempah khas sumatera merasuk ke berbagai makanan yang ada di tempat ini. Tidak hanya menu makanan beratnya saja, melainkan ada juga camilan-camilan yang tidak kalah menggoda lidah.

Bukan yang hobi dengan cita rasa santan, Jambi juga punya makanan yang pasti membuat kamu tergoda. Bagi yang menyukai olahan ikan terutama ikan laut. Disini juga hadir dengan kenikmatan yang tidak biasa. Rasa pedas dan gurih yang berpadu dengan sayuran segar yang wajib kamu nikmati.

1. Gandus

makanan khas jambi
foto: https://www.instagram.com/ten_snack_cake/

Baiklah, menu makanan pertama yang bisa kamu nikmati adalah Gandus. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah menu satu ini adalah sagu, tepung beras,bawang putih, garam dan santan. Bentuknya persegi tetapi, terkadang ada juga yang berbentuk bulat. Dengan warna putihnya yang membuat menu ini terasa meledak-ledak di mulut saat satu gigitan meluncur..

Untuk bisa menikmati makanan satu ini, kamu bisa membelinya di berbagai warung kaki lima. Gandus paling nikmat bila disantap saat sore hari. Bersama dengan secangkir teh panas atau juga kopi hangat khas Sumatera.

2. Gulai Terjun

foto: https://www.instagram.com/meandmyfo0d/

Inilah menu yang harus kamu nikmati, bila memang kamu adalah pecinta masakan santan. Gulai terjun ini adalah sejenis nasi minyak yang memadukan beberapa rempah-rempah seperti, kayu manis,pala, cengkeh, serta beberapa bumbu laut yang membuat sajian ini menjadi gurih dan enak untuk dilahap.

Bumbu utamanya adalah susu cair yang membuat rasanya menjadi sangat gurih. Tidak hanya sampai disitu, untuk isinya ada potongan daging dan ikan tepek.

Untuk harganya sendiri mulai dari 30 ribuan lho. Kamu bisa menyantapnya di jalan RE. Martadinata no.42 yang terletak di samping SD negeri 47. Warung ini akan buka mulai pukul 9 pagi sampai 9 malam.

3. Pempek Sambal

foto: https://www.instagram.com/caffeindicted/

Nama pempek pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Ya, kuliner khas Palembang ini juga hadir di Jambi dengan cita rasa yang berbeda lho.

Bahan pembuatannya terbuat dari ikan tenggiri ditambah dengan bumbu cuka dan penyedap rasa yang nikmat.

Selanjutnya, dipadukan dengan sambal khas yang menyajikan rasa yang membuat kamu lupa kalau ini ada di Jambi.

Untuk harganya sendiri mulai dari 20 ribuan lho. Dari kekenyalan teksturnya tidak jauh berbeda dengan yang di Palembang. Tetapi, dari cita rasanya lebih nikmat, apalagi bagi kamu yang menyukai aroma pedas menggoda.

4. Gulai Tepek Ikan

makanan khas jambi yang terkenal
foto: https://www.instagram.com/inaonik/

Ada lagi nih, menu santan yang juga tidak kalah enak dan nikmatnya untuk disantap. Kalau makanan ini biasanya hadir saat ada acara hajatan pernikahan, kenduri dan biasanya menjadi santapan wajib untuk upacara adat di Jambi. Bahan utamanya adalah ikan tenggiri yang diolah seperti ikan gabus dan pempek.

Gulainya sendiri bercita rasa asam karena, salah satu bahan yang digunakan adalah nanas. Ada lagi beberapa rempah yang digunakan seperti jahe, bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas,, jahe, kunyit, serai dan adas manis. Kamu juga bisa menikmatinya di kawasan tahtul yaman dengan harga 20 ribuan saja.

5. Lempok Durian

foto: https://www.instagram.com/erly_febrina/

Olahan durian memang nikmat disajikan sebagai bahan makanan. Seperti halnya Lempok durian yang memiliki cita rasa yang nikmat.

Biasanya menu satu ini dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh wajib yang tidak boleh kamu lewatkan. Kalau dilihat dari teksturnya hampir mirip dengan dodol. Hanya saja, menggunakan bahan tepung. Harganya mulai dari 15 ribuan saja lho.

Coba juga –> 26 Makanan Khas Banjarmasin

6. Otak-Otak

makanan khas jambi dan bengkulu
foto: https://www.instagram.com/nini.jecquiline/

Makanan khas daerah Jambi ini terbuat dari ikan tenggiri, bisa juga menggunakan ikan bandeng yang sebelumnya durinya sudah dilepas. Dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang dibakar. Ada juga yang menggunakan seafood seperti cumi-cumi atau juga udang sebagai bahannya.

Untuk harganya sendiri mulai dari 500 rupiah bahkan sampai 2 ribu rupiah tergantung dari bahan pembuatanya. Untuk menikmatinya biasanya menggunakan sambal yang cukup pedas. Kalau mau ditambah dengan nasi hangat pun juga enak lho. Jadi, jangan sampai kamu membeli makanan satu ini ya.

7. Dodol Kentang Kerinci

foto: https://www.instagram.com/arlindanreza/

Kalau biasanya dodol menggunakan bahan dari tepung. Maka, kalau kamu berkunjung ke Jambi menu satu ini terbuat dari Kentang. Nah, lalu bagaimana soal rasanya? Tidak kalah lho dengan yang lainnya. Pantas saja, wisatawan banyak yang penasaran dan mencari makanan satu ini.

Tidak hanya kentang saja, masih ada santan, gula, dan garam. Semua bahan dicampur jadi satu di aduk kurang lebih 2 jam sampai 3 jam lamanya. Selanjutnya, di keringkan di bawah sinar matahari. Bisa kuat sampai 2 bulan lho. Untuk harganya sendiri murah lho hanya 15 ribu sampai 30 ribuan saja.

8. Nasi Gemuk

foto: https://www.instagram.com/dh.eatntravel/

Namanya sedikit lucu ya yaitu nasi gemuk, kalau dilihat-lihat makanan khas jambi yang satu ini mirip dengan nasi uduk dan lauk semur jengkol.

Untuk bahan utamanya adalah beras, daun salam, santan, daun jeruk, dan juga daun pandan. Untuk bumbu halusnya sendiri ada bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar, dan juga lada.

Sebagai menu pelengkap ada kerupuk, telur dadar, mentimun, acar, serta bawang goreng. Konon katanya menu yang satu ini sudah ada sejak tahun 1970 an lho.

Dengan harga murah mulai dari 15 ribu hingga 20 ribuan saja. Menu ini kamu bisa cari di jalan hayam wuruk no,15. Paling nikmat disantap bersama dengan jus pinang yang diracik dengan buah pinang yang nikmat.

9. Kue Muso

foto: https://www.instagram.com/utarysri/

Kuliner ini memang nikmat dan termasuk makanan legendaris. Mirip dengan lumpang hanya saja kulit terluarnya berwarna coklat. Menggunakan bahan dasar seperti tepung ketan, tepung terigu, dan bubuk coklat.

Dengan cita rasa manisnya membuat muso bisa kamu jadikan pilihan. Menu satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas yang memang wajib kamu coba.

Konon kue Muso ini bisa menjadikan sebuah cemilan wajib di kala berbuka puasa dan bisa menjadi takjil. Kamu bisa membelinya di berbagai warung dengan harga mulai dari 1000 rupiah sampai 2000 rupiah.

10. Dodol Nanas

makanan khas jambi
foto: https://www.instagram.com/kalsareater/

Inilah oleh-oleh yang juga harus kamu coba dan wajib dibeli yaitu Dodol Nanas. Konon buah ini memang menjadi sebuah komoditas yang cukup banyak di Jambi. Tidak heran bila kuliner ini begitu menjamur di beberapa toko oleh-oleh. Konon, dodol ini sendiri ada sejak tahun 1998.

Bahan lainnya ada tepung ketan, santan, kelapa, vanili, gula merah dan juga gula pasir. Aromanya memang membuat kamu ketagihan lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan mencobanya ya, Harganya mulai dari 20 ribuan lho.

Baca juga –> 25 Makanan Khas Aceh Paling Enak

11. Daging Masak Hitam

foto: https://www.instagram.com/bymaktam/

Kalau dilihat dari segi warna nya yang coklat pekat mengingatkan kita pada masakan khas betawi yaitu semur. Daging yang digunakan benar-benar lembut dan empuk. Nyaman saat digigit. Bumbunya menggunakan kecap yang menambah aroma dan cita rasanya menjadi lebih legit.

Bahan lainnya ada jinten, kelapa sangrai, ketumbar, adas manis, kayu manis, lada putih, pala bubuk, garam dan juga santan. Tambah dengan kemiri, serai yang diambil putihnya saja, bawang putih, bawang merah, dan juga lengkuas. Masak sampai kuah mengental dan sajikan dengan nasi hangat serta sambal.

12. Mie Celor

foto: https://www.instagram.com/makanandjambi/

Bingung selama di jambi mau makan siang apa? Mungkin, mie celor adalah jawabannya. Dengan kuah santannya yang membuat sajian ini terasa sangat nikmat. Disajikan dengan atau tanpa udang. Biasanya akan diganti dengan ayam atau juga dengan cumi. Bisa juga dengan potongan daging.

Selain mie yang besar kamu juga bisa melihat kucai, tauge, bawang goreng dan ditambah dengan air jeruk limau ada juga merica bubuk dan santan. Untuk harganya mulai dari 20 ribuan saja. Tergantung dari isian yang kamu gunakan.

13. Bolu Kojo

kue khas jambi
foto: https://www.instagram.com/dhilasina/

Bolu Kojo, salah satu menu yang memang nikmat untuk disantap. Bahan yang digunakan tidak jauh-jauh dari tepung terigu telur, santan, gula pasir, perasan daun pandan dan juga daun suji.

Cita rasanya yang begitu lembut dan manis, membuat menu satu ini sayang bila harus terlewatkan.

14. Kue Burgo

foto: https://www.instagram.com/mintybintypinky/

Nama kuliner ini memang masih belum terlalu terkenal. Tetapi, kamu harus mencobanya karena menjadi sajian yang sangat unik lho. Mulai dari rasa dan juga bentuknya. Bahannya terbuat dari tepung beras dan juga sagu tani.

Teksturnya kenyal dan gurih, ditambah dengan kuah yang membuat menu satu ini menjadi favorit masyarakat sekitar.

Untuk membuat kuahnya kamu memerlukan ikan, tenggiri, kaldu udang, udang, gula pasir, lengkuas, bawang merah, butir kelapa, ebi, dan juga jinten.

15. Kue Putri Kandis

foto: https://www.instagram.com/ridzku/

Ada lagi salah satu menu yang harus kamu nikmati adalah kue putri kandis. Makanan Khas Jambi yang terkenal ini kalau dilihat dari segi bentuknya hampir mirip seperti lapis legit. Dengan warna-warni meliputi, kuning, coklat, dan hijau membuatnya semakin menarik untuk disantap.

Kamu bisa mencari menu satu ini di berbagai toko roti atau toko oleh-oleh di Jambi. Harganya pun cukup murah, mulai dari 30 ribuan saja untuk satu kotaknya. Jadi, jangan sampai kamu tidak membelinya ya.

Baca juga –> 23 Makanan Khas Bengkulu

16. Kue Padamaran

foto: https://www.instagram.com/vidiamurni/

Kalau ke Jambi jangan lupa sempatkan menikmati Kue Padamaran yang saat ini sedang viral di kalangan masyarakat Jambi. Makanan ringan khas Jambi ini menurut sejarahnya dulu adalah makanan kelas atas. yang digunakan untuk berbagai macam acara.

Mulai dari hajatan pernikahan, sampai menyambut para tamu undangan seperti menteri hingga presiden. Bisa juga digunakan untuk menu buka puasa.

Karena, yang lembut dan cita rasanya yang manis sangat cocok dijadikan makanan berbuka. Bahan yang digunakan untuk membuatnya pun juga mudah seperti, ekstrak air daun suji, tepung beras, gula aren, dan santan.

17. Sup Tulang dan Tulang Bakar

makanan ayam khas jambi
foto: https://www.instagram.com/jenny_zhang1/

Menu makanan satu ini memang paling nikmat disantap saat malam hari. Atau waktu datang turun hujan dan udara sedang dingin-dinginnya. Tampilannya hampir mirip dengan sop iga. Hanya saja, tulangnya sendiri harus direbus kurang lebih selama 4 jam sampai 5 jam lamanya.

Oleh karena itu, tidak salah bila cita rasa dagingnya sangat empuk. Untuk harganya sendiri mulai dari 10 ribu rupiah. Untuk menambah kenikmatan biasanya akan ditambah dengan dengan daun kucai. Agar bisa menikmatinya kamu bisa berkunjung di Ruko Interkota.

18. Tempoyak

foto: https://www.instagram.com/ramendakiyek/

Inilah olahan lain dari buah durian yang akan kamu temui di Jambi. Namanya adalah Tempoyak yang merupakan hasil fermentasi. Ciri khas dari makanan satu ini adalah asamnya yang sangat pekat. Tidak heran bila ada beberapa orang yang tidak tahan dengan makanan ini.

Paling nikmat bila ditambah dengan menggunakan nasi hangat, Menurut sejarahnya, dahulu Tempoyak sendiri merupakan makanan khas Terengganu, dan menjadi makanan khas rumpun melayu yang ada di Malaysia dan Indonesia.

19. Rambutan Goreng

foto: https://www.instagram.com/serasilviana15/

Mendengar nama Rambutan goreng memang cukup unik dan juga aneh. Dimana, kuliner khas jambi ini menggunakan bahan dasar buah rambutan sebagai menunya. Biasanya kan, pisang.

Cita rasanya kono nikmat karena buah ini juga manis. Hanya saja, sebelum kamu menikmatinya, kamu harus pastikan kandungan air didalamnya tidak ada dicampur dengan tepung, vanili, dan garam dicampur dahulu sebelum digoreng.

Kamu juga bisa membuat makanan ini untuk oleh-oleh. Karena, makanan ini hanya ada di Jambi saja lho. Untuk harganya mulai dari 20 ribuan saja.

20. Kue Srikaya

makanan khas muaro jambi
foto: https://www.instagram.com/chubbycooking/

Bisa dikatakan masyarakat Jambi menjadi yang paling kreatif untuk mengolah sebuah bahan menjadi makanan enak. Setelah rambutan, saat ini ada srikaya yang dijadikan sebagai kue.

Rasanya sangat legit dan nikmat untuk di lidah. Nah, makanan ini biasanya digunakan sebagai penghantar untuk hantaran menuju ke rumah mertua.

Konon, menu ini menjadi makanan yang punya makna yaitu sri adalah dewi dan kaya tetap kaya. Untuk bahannya terbuat dari ketan dan juga santan yang cukup kental.

Ada juga butir telur serta pewarna makanan berwarna hijau. Jangan lupa tambahkan gula pasir untuk pemanis dan garam agar makanan ini jadi seimbang.

21. Kerutup Ikan

foto: https://www.instagram.com/dapo.panas/

Menu ikan memang jadi jagoan di Jambi. Keunikan dari kuliner satu ini adalah Ikan yang dibungkus dengan daun pisang akan digoreng bersamaan. Sebelum digoreng, bahan yang harus disiapkan adalah air asam jawa, cabai merah,garam, gula pasir, bawang merah, daun pisang, kemiri, kunyit, ketumbar.

Untuk ikannya sendiri kamu bisa memilih, tetapi yang disarankan adalah Ikan Nila. Sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat. dan juga sambal yang super pedas.

Di berbagai restoran dan warung kaki lima di Jambi sudah banyak lho, yang menghadirkan makanan satu ini. Penasaran dengan menunya> Jangan lupa di coba ya.

22. Cumi Cah Kangkung

foto: https://www.instagram.com/manganboss_/

Bagi kamu yang hobi makan seafood, mungkin cumi cah kangkung bisa menjadi santapan nikmat yang bisa kamu makan saat berada di jambi.

Untuk bahannya sendiri menggunakan minyak wijen, kecap ikan, garam dan gula. menu makanan ini sendiri sangat cocok disantap saat siang hari.

Dimana, cuminya sendiri sangat nikmat dan kangkung tidak terlalu keras. dipadukan dengan sambal pasti kamu akan habis sekitar dua piring. Harganya kurang lebih 20 ribuan saja lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan mencicipinya ya.

23. Kue Kubang Boyo

makanan khas jambi
foto: https://cookpad.com/

Inilah sajian makanan terakhir yang ada dalam daftar menu sajian khas Jambi. Kue Kubang Boyo. yang merupakan kue tradisional.

Dari campuran tepung ketan yang dipadukan dengan pandan. Selanjutnya dikukus terlebih dahulu agar mendapatkan teksturnya yang lembut. Jangan lupa ditambahkan dengan santan agar cita rasanya sempurna.

Review Sebelumnya –> 21 Makanan Khas Pontianak

Makanan khas Jambi memang banyak dan beragam, ada banyak olahan-olahan yang pastinya membuat lidah kamu tergoda untuk menikmatinya lagi dan lagi. Semua menu makanannya pun juga tidak terlalu sulit dicari. Dengan harga murah dan kualitas yang tetap nomor satu. Jadi, jangan lupa untuk mencicipinya bila sedang berada di Jambi.

Explore Telaga Sunyi Baturraden Yang Masih Sepi Banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here