Makanan khas Indramayu menjadi salah satu sajian wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. Apalagi, semua makanan dan minuman yang disajikan di Indramayu termasuk yang paling nikmat. Menjelajah semua varian kuliner di kota ini memang tidak cukup hanya sehari saja lho

Menariknya lagi, semua harga yang ditawarkan kepada kamu cenderung murah. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak membelinya. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan berbagai macam sajian khasnya.

Di bawah ini kita akan ajak kamu menjelajah semua makanan khas yang ada di Indramayu.

1. Keripik Tike

Makanan Khas Indramayu
foto: https://www.instagram.com/kritik_yu/

Baiklah mari kita mulai dari keripik Tike, sajian khas Indramayu yang selalu jadi perburuan wisatawan baik yang sedang berkunjung, atau hanya lewat saja. Makanan Khas Indramayu yang enak ini berasal dari Umbi rumput teki. Seperti diketahui, rumput teki memang tumbuh di ladang dan liar.

Tetapi, pasti kamu tidak tahu bahwa tanaman ilalang ini mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh lho. Masyarakat zaman dahulu menggunakannya untuk menurunkan demam serta menjadi obat disentri. Kandungan Alkaloid, Flavonoid ini juga bisa dijadikan obat untuk melancarkan haid lho.

Saat kamu coba memakannya, rasanya begitu unik. Gurih dan sedikit asin. Tidak heran bila banyak pengunjung yang rela antri untuk mendapatkan menu satu ini. Dari segi harga pun tidak terlalu mahal lho. Hanya 20 ribuan saja,

2. Rumbah

foto: https://www.instagram.com/makandanjajan/

Makanan khas Indramayu Jawa Barat selanjutnya adalah Rumbah. Kalau dilihat dari cara penyajiannya yang menggunakan sayuran dan bumbu kacang. menu satu ini hampir mirip dengan pecel. Sayur yang digunakan adalah kangkung, kol, tauge, dan juga timun.

Tetapi, ada yang lebih spesial lagi dari varian makanan ini namanya adalah Rumbah Darinih yang konon katanya sangat terkenal. Sayur yang digunakan hanya kangkung, hanya saja untuk bumbunya menggunakan Sambel asem yang dipadukan dengan air petis.

Rasanya gurih, pedas, dan sedikit manis. Sangat cocok disantap saat siang hari. Disarankan untuk mengunjunginya sekitar pukul 10 pagi. Karena, semakin siang antrian orang untuk menikmati menu ini sangat panjang. Dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah.

3. Serabi

Makanan Khas Indramayu yang terkenal
foto: https://www.instagram.com/_yinggggggggggggggggggggggggg/

Serabi memang tidak hanya dikenal dari solo saja, melainkan di Indramayu juga tersebar luas. bahan-bahan yang digunakan adalah tepung beras, kanji, terigu dan juga butiran kelapa untuk membuat santannya. Cita rasanya gurih manis dan berbentuk bulat.

Ada dua warna yang bisa kamu lihat disini. Mulai dari yang berwarna merah yang ditambah dengan gula merah sehingga lebih dominan rasa manis.

Ada juga yang putih tanpa dicampur bahan apa pun. Biasanya pembuatannya masih menggunakan cara tradisional dengan menggunakan kayu bakar.

4. Terasi

foto: https://www.instagram.com/ramla.w/

Siapa sangka bila Indramayu mempunyai oleh-oleh yang cukup unik. Biasanya adalah roti atau kue kering, Tetapi, disini kamu bisa menemui Terasi, Salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan untuk mengolah sambal ini, menjadi perburuan wisatawan yang sedang berkunjung.

Cita rasa Terasi ini juga berbeda dengan yang ada di kota lain lho. bentuknya bulat memanjang. Dengan warna coklat. Aromanya mengandung udang. Bagi yang kerap membeli, dari baunya saja mereka sudah bisa tahu. Harganya pun mulai dari 20 ribu rupiah saja.

5. Buah Mangga

foto: https://www.instagram.com/moch.zaenuri26/

Tidak salah bila kota ini mendapat julukan sebagai Kota Mangga. Karena, kuliner khas kawasan ini adalah Mangga yang memiliki cita rasa sangat manis. Buatmu semakin nagih untuk bisa menikmatinya. Menariknya, ada banyak jenis yang bisa kamu pilih.

Mulai dari Gedong Gincu yang paling banyak dicari dengan cita rasa paling enak. begitu pula dengan harganya yang paling mahal diantara semua jenisnya. Didominasi rasa manis dan pahit di akhir. Ada lagi mangga Gajah, Harum Manis, Cengkir, lali Jiwo, Golek dan Manalagi.

Baca juga –> 14 Makanan Khas Bekasi

6. Blencong

Makanan Khas Indramayu yang enak
foto: https://www.instagram.com/vazzahidayah/

Makanan khas Indramayu ini sangat cocok untuk sarapan pagi. Apalagi, bila dipadukan dengan secangkir teh hangat atau juga kopi. Membuat menu makanan ini menjadi sangat nikmat. Bahan utamanya adalah beras ketan dan ditambah dengan parutan kelapa. Rasa yang disajikan adalah gurih manis.

Bentuknya kerucut, kamu bisa mencari jajanan satu ini di pasar-pasar tradisional yang ada di Indramayu, hampir semua pasar menyediakan makanan satu ini lho. Harganya pun tidak terlalu mahal lho. Bisa kamu dapatkan mulai dari 3 ribu rupiah saja.

7. Petis

foto: https://www.instagram.com/andiyudhamio/

Petis menjadi menu makanan di Indramayu yang harus kamu cicipi. Bahan-bahan yang digunakan untuk bisa menikmatinya ada gula merah, garam, kecap manis, bawang putih, cabai rawit.

Rasanya manis pedas dan paling nikmat bila dicocol dengan berbagai macam gorengan.

8. Geblok

foto: https://www.instagram.com/hsthesty/

Makanan satu ini terbuat dari singkong. Konon katanya, menu ini sudah ada sejak zaman dahulu lho. Tidak heran bila saat ini Geblog sedikit sulit ditemukan karena kalah dengan berbagai macam makanan kekinian. Cara pembuatannya pun cukup mudah.

Singkong direbus terlebih dahulu sampai empuk. Untuk memunculkan rasa, lebih baik kamu menggunakan daun pandan. Untuk menciptakan rasa manisnya ditambah dengan gula pasir. Setelah ditumbuk, singkong akan ditabur parutan kelapa. Selanjutnya, ditambah dengan gula merah.

Kamu bisa menemukan jajanan ini di pasar Tradisional Indramayu. Dengan harga hanya 3 ribu rupiah saja. Tetapi, hanya pasar-pasar tertentu ya yang menjualnya. Jadi, kamu harus sabar mencarinya.

9. Emping Melinjo

foto: https://www.instagram.com/siti_masitah83/

Makanan ringan khas Indramayu ini memang menjadi jajanan yang paling sering dibeli banyak orang. Rasanya yang enak dan tidak membuat kenyang, bentuknya seperti keripik yang terbuat dari melinjo. Dahulu, jajanan ini disajikan dengan rasa asin saja. Atau ditambah dengan garam dan moto.

Tetapi, semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula rasa yang disajikan, Kamu bisa memilih varian pedas, manis. Bentuknya pun juga turut berubah. Dahulu titis bulat tak beraturan.

Sekarang lebih bulat dan sedikit berisi. Kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah.

10. Pedesan Entog

Makanan Khas Indramayu
foto: https://www.instagram.com/a___dama/

Menu satu ini memang dikhususkan bagi kamu yang menyukai makanan yang pedas. Oleh karena itu namanya adalah pedesan entog. Sementara entok sendiri diambil dari nama mentok. Atau bebek yang mempunyai leher pendek dengan tubuhnya yang tambun.

Bumbu rempahnya memang sangat terasa sekali. Satu suapan saja, kamu sudah bisa merasakan nikmatnya kayu manis, merica, pala. tumbar yang mampu menghangatkan tubuh kamu. Untuk bisa menikmatinya, kamu harus membayar sebesar 115 ribu rupiah saja. Biasanya, menu satu ini bisa kamu santap bersama dengan nasi hangat. Pasti nafsu makan kamu akan langsung meningkat.

Apalagi, daging mentoknya benar-benar empuk. Sehingga, sangat ramah di gigi. Bisa dimakan oleh siapapun. Untuk tingkat kepedasannya pun juga bisa minta lho. Mau pedas sekali atau hanya sedang saja. Semakin, kamu pedas biasanya menu ini semakin nikmat.

Coba juga –> 23 Makanan Khas Jambi

11. Asin Jambal Roti

foto: https://www.instagram.com/fish.asin/

Indramayu adalah kawasan pesisir yang pastinya akan melimpah soal ikan. Tidak heran bila kamu menemui kuliner satu ini. Tepatnya di desa Karangsong yang memproduksi menu satu ini.

Baunya asin dan amis menjadi sajian yang harus kamu nikmati bila berkunjung ke sini. Tetapi, jangan ditanya soal rasa. Pasti tidak kalah dengan produk lainnya.

Percaya nggak percaya, ada pembeli yang mau membeli ikan yang dihinggapi belatung lho. Konon katanya, jenis yang seperti itu yang mempunyai rasa lebih sedap dan mantap.

Untuk proses pembuatan memang membutuhkan waktu yang cukup lama terutama saat proses lama. Semakin terik sinar Matahari, menghasilkan rasa yang lezat.

12. Cimplo

foto: Cimplo

Kalau kamu ke Indramayu, usahakan saat bulan Safar. Kenapa? Karena, di kawasan ini kamu bisa menikmati kuliner khas yang bernama Cimplo. Terbuat dari tepung beras dan juga ragi.

Warga sekitar sendiri selalu membuat menu satu ini di bulan yang sama, dan itu selalu dilakukan dari tahun ke tahun.

Biasanya disandingkan dengan gula merah cair yang sudah dimasak dengan menggunakan parutan kelapa beserta daun jeruk sehingga menimbulkan efek wangi.

13. Wajik

foto: https://www.instagram.com/adithraharjo/

Beberapa daerah di Indonesia mempunyai menu makanan ini. Teksturnya sedikit becek dengan rasa manis dan legit. Indramayu sendiri mempunyai dua jenis wajik, pertama menggunakan ketan dan juga kelapa.

Keduanya sama-sama enak dan bikin kamu ketagihan. Baunya begitu wangi dengan tambahan gula merah.

14. Lepet

Makanan Khas Indramayu saat lebaran
foto: https://www.instagram.com/numpangsaveresep.id/

Makanan ini kalau dilihat mirip dengan lontong. Dengan bentuknya tidak begitu besar. Cobalah kamu nikmati dan dalam setiap gigitan kamu akan merasakan kacang tolo. Diikat dan dibungkus dengan menggunakan ikat kelapa. T

erbuat dari ketan putih dan biasanya bisa kamu nikmati pada saat perayaan hari raya Idul Fitri. Lepet paling nikmat dipadukan dengan menggunakan opor atau gulai ayam yang nikmat.

15. Nagasari

foto: https://www.instagram.com/lestarisahidin/

Menu ini juga tersedia di berbagai kota. Terbuat dari tepung beras, santan, susu, gula pasir, pisang raja, daun pisang. Biasanya berwarna putih, biru, merah, dan hijau. Kamu bisa memilih mana yang kamu suka.

Saat kamu nikmati rasanya legit dan cukup manis serta lumer di mulut lho. Cara membuatnya sendiri di panggang atau juga di kukus. Di Indramayu sendiri banyak penjual yang bisa kamu temui dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah saja.

Rekomendasi lainya –> 29 Makanan Khas Pekanbaru

16. Kerupuk Udang

FOTO: https://www.instagram.com/cantikasusan13/

Udang menjadi salah satu komoditi di Indramayu yang cukup banyak. Oleh karena itu, tidak heran bila kamu bisa menikmati kerupuk udang yang sangat nikmat. Apalagi, untuk lauk disaat menikmati menu makanan.

Kamu bisa membelinya di berbagai pasar atau juga toko kelontong dengan harga mulai dari 10 ribuan saja. Kalau ke Indramayu, jangan lupa membelinya dan cocok digunakan untuk oleh-oleh.

17. Blendung Jagung

foto: https://www.instagram.com/arsanti96/

Makanan ini menggunakan bahan utama jagung. Cara pembuatannya pun cukup mudah, dimana direbus terlebih dahulu.

Selanjutnya ditabur dengan garam dan juga kelapa parut. Cita rasanya manis dan gurih sehingga sangat cocok dijadikan untuk menu sarapan pagi.

Biasanya dipadukan dengan secangkir kopi. Tidak hanya untuk sarapan saja, menu satu ini juga bisa kamu nikmati saat sore atau malam hari saat santai.

18. Kerupuk kulit ikan

kerupuk khas indramayu
foto: https://www.instagram.com/anggacaturprabowo/

Kulit ikan dan kulit ayam memang berbeda. Keduanya mempunyai tekstur dan cita rasa yang berbeda pula. Biasanya kulit ikan tidak diperhitungkan untuk dinikmati. Tetapi, kalau di Indramayu menu satu ini menjadi yang paling disukai dan bisa dijadikan oleh-oleh khas yang harus kamu nikmati.

Nah, kurang lebih 300 orang akhirnya berprofesi untuk membuat menu ini dan dijadikan sebagai makanan khas pantura.

Bahan yang digunakan adalah Ikan Ramang yang mempunyai rasa yang renyah dan gurih. Sebelumnya, bahan ini dikeringkan terlebih dahulu. Setelah sangat kering barulah dipotong-potong.

Selanjutnya, dicampur dengan bawang putih, kunir, serta jahe yang dicampur terlebih dahulu kemudian dioleskan ke kulit kemudian, di goreng.

Kamu bisa membeli di berbagai toko oleh-oleh. Untuk harga potongan ikan yang kecil kurang lebih 1000 rupiah. Bagi yang besar kurang lebih 5000 ribu rupiah. Biasanya, menu satu ini bisa kamu nikmati dengan berbagai makanan yang tambah nikmat.

19. Dongkal

foto: https://www.instagram.com/seleramode/

Indramayu memang terkenal mempunyai berbagai macam menu makanan yang nikmat dan banyak camilan yang wajib kamu coba, Salah satu menu yang harus kamu nikmati adalah Dongkal atau Dodongkal. Sebenarnya, makanan ini berasal dari Betawi hanya saja, beberapa masyarakat Indramayu juga menggunakan sajian khas yang harus kamu rasakan.

Bahan utamanya adalah beras yang ditumbuk sangat halus, hingga terbentuk menjadi sebuah tepung. Kemudian, dikukus menggunakan air gula merah dengan aroma yang wangi dan manis.

Selanjutnya, menu satu ini disajikan dengan menggunakan daun pisang dan selanjutnya diatasnya ditaburi menggunakan parutan kelapa. Sehingga, kamu bisa menikmati cita rasa yang gurih dan manis dalam satu gigitan. Sayangnya, menu ini sudah cukup langka. Jadi, kalau kamu mau menikmatinya lebih baik membuatnya secara langsung.

Salah satu yang membuat makanan ini langka adalah cara pembuatannya sendiri yang cukup sulit. Sajian ini biasanya menghasilkan warna-warna yang begitu belang dan bentuknya seperti tumpeng. Selanjutnya dipotong-potong dan ditaburi dengan gula aren.

20. Jalabiya

foto: http://olaffood.blogspot.com/

Berkunjung ke suatu kota dan menikmati makanan tradisionalnya atau juga kue khas yang melegenda menjadi salah satu kenikmatan tersendiri. Salah satunya menikmati Jalabiya yang lezat dan bentuknya cukup unik. Seperti, sebuah donat yang pastinya kamu suka lho. Terbuat dari tepung beras dan juga tepung ketan.

Selanjutnya, dilelehkan dengan menggunakan gula. Jadi, kalau kamu mencoba menggigit rasanya manis dan gurih. Cocok sekali disantap saat pagi hari. Dipadukan dengan secangkir kopi atau segelas teh. Pasti sangat nikmat sekali. Menu ini juga menjadi sajian wajib saat ada hajatan lho.

21. Koci

foto: https://cookpad.com/

Inilah makanan khas Indramayu yang cukup nikmat. Dimana, kamu bisa menemukannya di berbagai macam hajatan warga-warga Indramayu.

Penasaran dengan menu satu ini? Tidak ada salahnya bila kamu membuatnya sendiri dari rumah lho.

Ada kelapa muda, gula pasir, gula merah, garam, daun pandan, tepung ketan dan juga vanili bubuk. Jangan lupa juga siapkan daun pisang untuk membungkusnya.

22. Karedok

foto: https://www.instagram.com/becauselapar/

Bagi kamu yang vegetarian atau memang suka makanan sayur-sayuran. Tidak ada salahnya untuk mencoba karedok Indramayu yang benar-benar nikmat.

Hampir semua sayuran yang ada di menu ini memiliki kualitas yang sangat segar lho. Sehingga, kamu bisa menikmati kelezatannya.

Ada taoge, terong, kacang panjang, bengkoang, mentimun, daun kemangi dan mentimun. Untuk menambah cita rasa bumbunya menggunakan cabai, kencur, cuka dan gula merah.

23. Kue Cikak

foto: https://www.instagram.com/kulineran_koko/

Kalau dilihat dari teksturnya terlihat menggoda dan menggemaskan dengan bulat dan berwarna merah. Terbuat dari tepung ketan putih serta kacang hijau yang dikupas dan dihaluskan. Serta gula dan semua asli lho.

Sehingga, saat kamu menikmatinya rasanya benar-benar menggema di mulut. Kamu bisa membelinya di berbagai pasar tradisional dengan harga mulai dari 2000 rupiah.

24. Bandrek

Makanan Khas Indramayu
foto: https://www.instagram.com/jogjabikinlaper/

Terakhir, kuliner yang harus kamu nikmati adalah bandrek. Atau wedang jahe yang sangat nikmat, berkhasiat dan menghangatkan untuk tubuh.

Biasanya, minuman ini dikolaborasikan dengan beberapa minuman lainnya. Seperti, susu, teh, atau juga kopi. Tinggal mana yang kamu suka.

Review Sebelumnya –> 26 Makanan Khas Banjarmasin

Makanan khas Indramayu memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan kawasan lain. Menu-menu yang unik dengan cara pengolahan yang tepat menjadi salah satu keunggulan daerah ini dalam menyajikan suguhan soal makanan. jadi, sudah siap pergi ke indramayu dan mencicipi semua makanan khasnya?

Explore Telaga Sunyi Baturraden Yang Masih Sepi Banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here