Makanan khas Banjarmasin menjadi salah satu sajian yang wajib kamu nikmati di Kalimantan Selatan. Kota Besar di tanah Dayak ini mempunyai segudang menu yang pasti kamu menyukainya. Jadi, kalau kamu takut berat badanmu naik, kami sarankan untuk tidak berlibur ke tempat ini. Karena, kalau kamu tidak mencobanya satu per satu tandanya belum berkunjung ke Banjarmasin.

Tidak hanya makanan beratnya saja, melainkan mulai dari camilan, oleh-oleh sampai dengan minuman semuanya enak-enak. Apalagi, kalau kamu sudah menikmati sajian ikan yang menjadi sebuah ancaman. Karena, kebanyakan kalau soal ikan nggak cukup satu porsi saja, pasti akan menambah. Jadi, jangan hanya siapkan isi dalam dompet, tetapi siapkan juga perut agar muat menampung semua sajian ini.

Seperti yang sudah diberitakan, bahwa ada banyak sekali makanan dan minuman yang wajib kamu nikmati. Terkadang ada banyak yang bertanya, apakah semuanya itu mudah dicari? terkadang ada yang cukup sulit karena, hanya ada di waktu tertentu. Tenang, semuanya mudah dicari dan kamu bisa membelinya di hampir pasar tradisional atau warung makan dan restoran di sepanjang Banjarmasin.

Pasti kamu sudah penasaran bukan dengan berbagai sajiannya? Baiklah, mari kita langsung saja nikmati. Beberapa pilihan makanan khas Banjarmasin yang dijamin membuat kamu lupa bahwa kamu sedang diet. Jadi, hati-hati kalau sedang baca pilihan menunya dibawah ini.

1. Hampap

Makanan Khas Banjarmasin
foto: https://www.instagram.com/hidayatiasmara_72/

Menu makanan pertama yang harus kamu nikmati saat berada di Banjarmasin adalah Hampap. Dimana, menu satu ini terbuat dari ikan Haruan yang ada di Kalimantan, Sebelumnya ikan ini akan dikeringkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, diolah dengan menggunakan berbagai macam rempah khas yang menyegarkan.

Untuk menambah kenikmatannya, akan ditambah dengan pucuk labu, kacang panjang, serta labu kuning dan nasi hangat. Ada juga yang ditambah dengan ikan gabus dan mempunyai selera pedas yang menggoda.

2. Lontong Orari

foto: https://www.instagram.com/dmoorcy/

Makanan khas Banjarmasin yang enak ini menjadi perburuan hampir seluruh wisatawan yang datang ke tempat ini.

Sesuai dengan namanya kamu akan dihidangkan dengan lontong versi jumbo, ikan haruna, telur, ayam, dan diguyur dengan kuah nangka yang sangat menyegarkan.

Harganya mulai dari 20 ribu rupiah hingga 60 ribu rupiah saja lho. Nama orari sendiri diambil dari sebuah organisasi radio amatir yang konon sering nongkrong di tempat ini. Kalau mau kesini buka jam 10 pagi dan tutup jam 4 dini hari ya.

3. Ketupat Kandangan

foto: https://www.instagram.com/dapoersikoko/

Kalau kamu ke Banjarmasin, jangan lupa membeli menu satu ini. Ketupat kandangan yang menjadi ciri khas karena, tersedia pula tugunya.

Menu satu ini akan disajikan dengan ikan haruan atau gabus yang sebelumnya akan diasapi terlebih dahulu. Kemudian, disiram dengan menggunakan kuah kental dengan santan.

Tidak hanya ikan saja, kamu juga bisa menggantinya dengan ayam, telur puyuh, atau juga itik. Cita rasanya akan lebih nikmat bila ditambah dengan sambal pedas.

Sehingga, kamu bisa menikmati rasa gurih dan pedas yang membuat ketagihan. Ada cara yang unik untuk membuat sajian ini, dimana beberapa bumbunya akan direndam terlebih di air kelapa.

4. Patin Baubar

Makanan Khas Banjarmasin kalimantan selatan
foto: https://www.instagram.com/igem100382/

Ikan Patin menjadi salah satu makanan yang cukup nikmat untuk disantap. Kalau kamu ke Banjarmasin, kamu bisa menikmati sajian Patin Baubar yang benar-benar nikmat dan menggoda lidah.

Cara membuatnya pun sebenarnya cukup sederhana, dengan dipepes dan di bakar menggunakan bahan rempah-rempah menggunakan sebuah tungku dengan bara api yang berasal dari sebuah tempurung kelapa.

Kamu bisa menikmatinya di berbagai warung makan atau juga restoran yang ada di Banjarmasin. Untuk harganya mulai dari 20 ribuan. Paling nikmat dimakan bersama dengan nasi putih hangat dan sambal pedas.

5. Amparan Tatak

foto: https://www.instagram.com/yoenitaa/

Makanan khas Banjarmasin yang enak ini wajib kamu coba. Dimana, cara penyajiannya menggunakan alas daun pisang.

Berbahan dasar tepung beras dan santan dan juga pisang. Teksturnya begitu lembut dan manis. Cocok dimakan kapan saja, dipadukan dengan teh atau kopi hangat. Cara pembuatannya pun mudah.

Bila kamu penasaran dengan kue ini, kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh. Untuk harganya sendiri mulai dari 15 ribuan saja. Biasanya, Amparan Tatak disuguhkan di berbagai acara seperti lebaran, hajatan, dan kegiatan lainnya.

Coba juga –> 25 Makanan Khas Aceh Paling Enak

6. Apam Barabai

Makanan Khas Banjarmasin yang tahan lama
foto: https://www.instagram.com/muh.ilham_fadhillah/

Rasanya ada yang kurang kalau berkunjung ke suatu kota tidak membawa oleh-oleh untuk orang rumah. Oleh karena itu Apam Barabai menjadi salah satu yang bisa direkomendasikan.

Menggunakan bahan dasar tepung beras, santan, tape, singkong, gula merah dan putih, serta singkong.

Dari bentuknya bulat pipih dengan tekstur yang sangat lembut dan sangat memanjakan lidah.Untuk harganya sendiri mulai dari 5 ribu rupiah per bungkus dan mampu bertahan selama 3 hari.

7. Iwak Pakasam

foto: https://www.instagram.com/kamelia_cozykitchen/

Beberapa warga Banjar menyebutnya dengan nama Iwak Basamu yang sebelum diolah akan diawetkan terlebih dahulu. Proses ini ada yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun lho.

Konon, semakin asam atau asin sajian ini maka cita rasanya akan semakin nikmat. Untuk cara mengolahnya, bisa digoreng atau juga dibakar.

Bumbu yang digunakan cukup mudah, hanya dengan bawang merah dan bawang putih yang ditumbuk. Dijadikan sebagai lauk ditambah dengan nasi putih dan sambal, benar-benar menggugah selera.

8. Sop Mutiara

Makanan Khas Banjarmasin oleh oleh
foto: https://www.instagram.com/e_ndro/

Salah satu menu langka yang wajib kamu nikmati adalah sop mutiara. Mengapa? Karena, hanya orang-orang tionghoa saja yang menyukai menu satu ini.

Menggunakan bahan daging ayam yang dipadukan dengan susu. Serta beberapa sayuran seperti makaroni, wortel, kacang polong dan seledri.

9. Chai Kue

Makanan Khas Banjarmasin yang terkenal
foto: https://www.instagram.com/fukuyoid/

Makanan ringan khas Banjarmasin ini berasal dari Tionghoa. Nama menu ini sendiri berasal dari dua kata yaitu Chai artinya sayuran, dan kue sendiri adalah kue. Hampir seperti kroket. Hanya saja, untuk kulit luarnya sendiri terbuat dari tepung beras sehingga, menciptakan tekstur kenyal dan sedikit licin.

Agar lebih berselera dalam menikmatinya. Biasanya akan ditambah dengan bumbu minyak bawang putih. Untuk isinya sendiri ada bengkuang, kuchai, keladi, dan kacang. Mempunyai dua varian yaitu goreng atau juga bakar.

10. Itik Panggang

foto: https://www.instagram.com/johan.danial/

 

Makanan selanjutnya yang harus kamu nikmati adalah Itik Panggang. Dimana, sebuah kawasan di Banjarmasin yang mempunyai menu khas bernama Itik Alabio.

Cita rasanya benar-benar nikmat. Cara pengolahannya pun bisa dipanggang atau juga dibakar dan digoreng. Untuk harganya sendiri bervariasi mulai dari 17 ribu rupiah.

Baca juga –> 23 Makanan Khas Bengkulu

11. Nasi Kuning Khas Banjarmasin

Makanan Khas Banjarmasin
foto: https://www.instagram.com/resepbynini/

Nasi Kuning menjadi salah satu sajian yang memang nikmat. Tetapi, berbeda dengan apa yang ada di Banjar. Mulai dari bahan serta bumbunya.

Karena, beras yang digunakan adalah beras pera. Menggunakan kunyit dan juga daun pandan sebagai aroma menggugah selera. Untuk lauknya sendiri menggunakan bumbu habang dan juga serundeng.

12. Ikan Patin Gangan Asam

foto: https://www.instagram.com/numpangsaveresep.id/

Sayuran yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Gangan Asam yang diolah dengan Ikan Patin. Bisa juga dengan Gabus atau haruan yang tidak kalah nikmatnya. Untuk cita rasanya gurih, segar dan sedikit asam. Tetapi, sangat nikmat bila dikonsumsi untuk makan siang atau makan malam.

Untuk sayurnya sendiri menggunakan kubis, timun, kacang, dan disiram dengan kuah kari yang berwarna kuning. Kamu bisa membelinya di berbagai warung dengan harga mulai dari 20 ribuan.

13. Ikan Seluang Goreng

foto: https://www.instagram.com/immanuelwongsonegoro/

Satu lagi menu ikan yang juga mempunyai cita rasa yang cukup nikmat. Adalah Ikan seluang yang teksturnya tipis, kurus, kecil dengan tingkat kegurihan dan kerenyahan yang tidak kalah dengan yang lain.

Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih mulai di pepes, di goreng kering. Sehingga, bisa dijadikan oleh-oleh atau dijadikan lauk bersama dengan nasi putih hangat dan sambal pedas. Harga per kilogramnya mulai dari 70 ribuan saja.

14. Otak-Otak Ikan Pipih

foto: https://www.instagram.com/ready_cook/

Bahan utama dari makanan ini adalah Ikan Pipih, kelapa parut, santan, telur ayam, serta minyak goreng. Untuk bumbunya sendiri menggunakan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, dan kemiri.

Otak-otak ini bisa diolah dengan berbagai macam olahan atau hanya dimakan begitu saja dan dengan nasi putih hangat. Ikan pipih sendiri mempunyai kandungan yang cukup banyak lho.

15. Bubur Baayak

foto: https://www.instagram.com/friel_sit/

Menu khas Banjarmasin ini menggunakan bahan seperti tepung beras, garam, dan air kapur.

Cara memasaknya pun juga cukup unik yaitu dengan pengayakan dengan menggunakan nyiur jarang. Untuk penyajiannya ada dua, bisa dicampur dengan santan. Atau santannya dipisah.

Lihat juga –> 21 Makanan Khas Pontianak

16. Mandai

foto: https://www.instagram.com/ariarienain/

Buah Cempedak yang tumbuh dan ada di Kalimantan ini memiliki tekstur seperti buah nangka. Mulai dari bentuk hingga bau harumnya. Perbedaannya hanyalah bau harumnya yang tidak terlalu menyengat dan dagingnya yang sangat lembut.

Nah, kulitnya sendiri bisa dikonsumsi menjadi Mandai. Untuk membuatnya sendiri membutuhkan waktu cukup lama.

Mulai dari 3 hari hingga satu bulan menggunakan air garam. Semakin lama biasanya tekstur dan seratnya semakin membuat Mandai menjadi menu yang sangat nikmat untuk disantap.

17. Sayur Kambang Tigarun

Makanan Khas Banjarmasin untuk oleh oleh
foto: https://dutatv.com/

Diantara semua menu yang sudah ada diatas, ada lagi nih satu makanan yang harus kamu coba. Menariknya, satu sajian ini termasuk yang paling langka. Maklum saya, karena bahan utamanya adalah Pohon Tigarun. Dimana hanya tumbuh dan mekar bila musimnya. Untuk bisa diolah menjadi makanan yang lezat saat bunganya sedang mekar.

Karena sulit inilah kalau mau menikmatinya kamu harus memesan dahulu satu atau dua hari sebelumnya. Selain itu, peminat sayuran ini juga bisa dibilang bisa dihitung dengan jari. Karena, rasanya yang cukup pahit mirip dengan jamu. Tetapi, kalau bisa dirasakan hampir mirip asinan.

18. Sate Tulang

foto: https://www.instagram.com/yummyfoodnusantara/

Mungkin saat ini kalian sedang bertanya. Menu apa ini sate tulang? Salah satu diantara menu legendaris banjarmasin yang saat ini kalah pamor dengan makanan lainnya. Teksturnya besar dan kasar. Maklum saja, menggunakan bagian dari leher dan buntut yang masih mengandung lemak.

Sementara ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang memiliki cita rasa lebih gurih. Dipadukan dengan bumbu sambal kacang, kecap kemudian dibakar Harganya pun cukup murah hanya 3 ribuan per tusuk. Jadi, kalau kamu penasaran jangan lupa di coba dan di viralkan ya.

19. Soto Banjar

foto: https://www.instagram.com/makanterusss/

Makanan Khas Banjarmasin yang tahan lama ini menjadi ciri khas dan identitas dari banjarmasin. Dimana, kalau datang ke kota ini, kamu bisa menyantap dan menikmatinya. Menggunakan bahan utama ayam serta memiliki aroma rempah-rempah yang cukup kuat, membuat kuliner satu ini banyak dicintai.

Beberapa pedagang ada yang mencampurnya dengan susu. Sebagai menu pelengkap, ada perkedel. wortel, wortel, ketupat, hingga kentang rebus. Untuk harganya sendiri bervariasi mulai dari 15 ribuan saja.

20. Nasi Itik Gambut

foto: https://www.instagram.com/anakbungsuamsterdam/

Selain Soto Banjar masih ada satu lagi menu yang bisa kamu nikmati, yaitu Nasi Itik Gambut.

Jangan heran bila kamu pesan menu ini hanya ada dua sajian saja yaitu itik dan nasi. Tetapi, beberapa warung ada yang menambahnya dengan ikan dan dengan harga yang juga berbeda.

Sementara bumbunya sendiri menggunakan bumbu habang. Cara penyajiannya ada yang menggunakan daun pisang ada pula yang langsung disajikan dengan piring.

Untuk tekstur dagingnya sendiri memang berbeda. Karena, itiknya sendiri memakan tanah gambut. Tetapi, masih nikmat untuk disantap.

Rekomendasi lainya –> 28 Makanan Khas Padang Terbaru

21. Sambal Acan

foto: https://www.instagram.com/makananbanjar/

Indonesia terkenal dengan begitu banyaknya sambal. Dari Sabang sampai Merauke selalu saja ada yang bisa kamu nikmati.

Begitu Pula bila kamu berkunjung ke Banjarmasin. Kamu akan disuguhkan dengan Sambal Acan yang diolah menggunakan bahan-bahan dari buah-buahan asli Kalimantan.

Seperti, limau kuit, limau wangkang, ramania, mangga asam, dan terong asam. Buah dengan cita rasa asam ini dipadukan dengan cabai yang mempunyai rasa pedas.

Sehingga, sangat cocok untuk dijadikan menu saat makan siang dengan ikan, dan lalapan yang lengkap. Dijamin, pasti kamu akan nagih kalau sudah mencobanya.

22. Gangan Humbut

foto: https://www.instagram.com/hanhanny/

Setiap wilayah di Indonesia pasti punya hidangan khas untuk menyambut sebuah perayaan. Baik hajatan pernikahan maupun yang lain. Seperti halnya yang ada di Banjarmasin, dimana menu Gangan Humbut menjadi sajian menarik untuk disantap saat hajatan berlangsung.

Bahannya adalah pucuk muda kelapa. Menggunakan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, hingga santan.

Untuk bahan lainnya bisa menggunakan ikan asin, tetelan daging, atau ayam yang dipotong kecil-kecil. Ada pula labu kuning dan kacang panjang.

23. Iwak Karing Sapat

foto: https://www.instagram.com/makananbanjar/

Kalau kamu ke Banjarmasin jangan lupa menikmati iwak karing atau ikan yang bisa ditemui di berbagai belahan sungai. Bentuknya tipis dan tidak mempunyai lemak. Kalau diolah rasanya gurih.

Menariknya, kamu tidak butuh apa-apa untuk bisa mengolahnya. Hanya digoreng biasa saja, disajikan dengan nasi panas dan sambal, makanan ini sudah sangat nikmat. Kamu juga bisa membelinya untuk oleh-oleh orang dirumah.

24. Kelepon Martapura

foto: https://www.instagram.com/dapuraya/

Penganan dengan bentuk bulat kecil yang berwarna hijau ini memang mempunyai cita rasa yang cukup nikmat.

Terbuat dari ketan dan mempunyai cita rasa manis gurih. Untuk harga per kotaknya hanya 4 ribu rupiah saja.

Karena, menu satu ini harus dihabiskan dalam satu hari, saat sore hari per kotaknya menjadi 2 ribu rupiah saja. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk membelinya ya.

25. Cacapan Asam

foto: https://www.instagram.com/makananbanjar/

Menu tradisional ini mempunyai cita rasa asam, pedas, dan gurih. Sejenis acar yang diolah dengan sambal. Sehingga, cocok disandingkan dengan berbagai menu seperti ikan, atau sayur, atau ayam.

Untuk bahannya sendiri menggunakan bawang merah, cabe rawit merah, asam jawa, serta beberapa buah yang asam dan terasi yang dibakar terlebih dahulu.

26. Bingka

Makanan Khas Banjarmasin
foto: https://www.instagram.com/oie.joeli/

Inilah menu pamungkas yang harus kamu nikmati saat menjelajah Banjar. Namanya adalah bingka, kalau dilihat dari bentuknya seperti kue lumpur.

Hanya saja bentuknya menyerupai enam kuntum bunga dan sedikit lebih coklat. Berbahan dasar telur itik, kentang, santan. teksturnya lembut dan sedikit berminyak.

Review Sebelumnya –> 30 Makanan Khas Palembang Terbaru

Bagaimana, kami tidak bohong bukan? Semua makanan khas Banjarmasin memang menjadi ancaman serius bagi kamu yang sedang program diet. Kami tidak tanggung jawab lho ya, kalau setelah ini program kamu batal. karena, sajian di atas sangat sayang untuk dilewatkan satu saja. Mungkin, nama dan bentuk sama di kawasan lain, tetapi tekstur dan rasa dijamin berbeda.

Explore Tempat Wisata di Semarang Paling Indah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here