Makanan Khas Lampung menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini. Selain enak dan mampu menggoda lidah, berbagai menu andalannya juga mudah untuk dicari lho dengan harga yang bersahabat untuk para backpacker. Tidak hanya makanan berat saja, melainkan makanan ringannya yang juga sayang untuk dilewatkan.

Tidak bisa dipungkiri memang, makanan menjadi salah satu hal yang bisa menjadi sebuah pelengkap liburan. Bagi yang menetap karena sebuah keperluan, tidak salah juga mencoba berbagai sajian yang ada disini. Dengan bumbu rempahnya yang spesial bisa dipastikan kamu akan tergoda dibuatnya.

Bagaimana, sudah penasaran dan tidak sabar untuk menikmati berbagai cita rasa yang disajikan disini? Baiklah, mari kita lanjutkan penjelajahan rasa yang dihadirkan warga Lampung khusus untuk kamu yang sedang berlibur atau sedang bekerja dan menetap di sini. Berikut pilihan terbaiknya.

1. Gulai Taboh

Makanan Khas Lampung
foto: https://www.instagram.com/jelitacookpad/

Menu pertama yang harus kamu coba bila berada di Lampung adalah Gulai Taboh. Konon katanya, sajian ini merupakan warisan leluhur yang terus dilestarikan sampai saat ini lho.

Santapan berkuah yang merupakan makanan pendamping pada sebuah jamuan makanan.
Berbahan dasar ikan laut dan ditambahkan dengan sayuran bernama daun tangkil.

Ditambah dengan kluwek. Kalau kamu lihat, makanan ini akan lebih mirip dengan sayur lodeh. Untuk sajian menu yang nikmat, ikan ini akan diasapi selama dua jam lamanya.

Kamu bisa menemukan menu satu ini di berbagai restoran dan warung makan dengan harga mulai dari 10 ribuan saja,

2. Mie Lampung

foto: https://www.instagram.com/voilajogja/

Makanan enak Khas Lampung ini memang selalu menjadi incaran setiap wisatawan yang datang. Salah satu kenikmatannya adalah tekstur mie yang lembut dan kenyal untuk dikunyah. Kuahnya pun begitu nikmat dan gurih.

Terlebih lagi dengan isian yang digunakan, yaitu ayam rebus yang empuk dipotong kecil-kecil terasa sangat pas untuk disantap.

Rasanya gurih ditambah dengan pangsit dan juga cabai rawit bagi kamu yang menyukai cita rasa pedas. Tempat yang paling terkenal menghadirkan sajian ini adalah Mie Lampung yang konon sudah ada sejak tahun 1969 lho.

Sudah buka cabang dengan waktu buka mulai jam 7 pagi. Biasanya jam 2 siang sudah habis lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipinya ya.

3. Tempoyak

Makanan Khas Lampung barat
foto: https://www.instagram.com/poyokpetaibilis.klselangor/

Menu makanan Tempoyak menjadi salah satu sajian khas yang tidak boleh kamu lewatkan. Santapan ini berbahan dasar Durian yang sudah difermentasi.

Konon katanya, menu ini sudah terkenal di berbagai negara tetangga. Untuk pembuatannya dipilih daging yang tidak mengandung banyak airnya.

Sebelumnya, pisahkan dengan bijinya. kemudian dilumuri dengan garam ditambah cabe rawit. Lalu difermentasikan dengan suhu udara yang sangat dingin.

Simpan selama 3 hari sampai 6 hari lamanya. Selanjutnya, kamu bisa mengolahnya dengan berbagai jenis ikan, dipadukan dengan bumbu rempah dan digoreng.

4. Kue Lapis Legit

foto: https://www.instagram.com/loyang.mas/

Lampung memang mempunyai begitu banyak kuliner khas yang nikmatnya menggoda. Salah satunya adalah kue lapis legit yang sebenarnya ada juga di jawa.

Tetapi, jadi begitu menggoda bila kamu menyantapnya disini. Kenapa? Karena, bahan dasar yang digunakan adalah Tepung Kasava.

Produk olahan dari ubi kayu yang membuat kue menjadi lebih lembut dan enak untuk disantap.

Kue ini biasanya dihadirkan pada saat hari raya atau saat upacara adat berlangsung. Untuk pembuatannya biasanya akan ditambah dengan cengkeh, kapulaga, kayu manis, vanili, dan kembang pala.

5. Gabing

Makanan Khas Lampung utara
foto: https://www.instagram.com/daumahgallery/

Menu makanan khas Lampung ini memang tergolong langka. Salah satu yang menyebabkannya adalah sulitnya mencari beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu pucuk daun kelapa.

Atau buah kelapa yang masih muda yang ada di bagian ujung pohon kelapa. Selain itu kabingnya sendiri harus menunggu kurang lebih 5 tahun.

Cita rasanya benar-benar gurih dengan paduan ayam atau daging sapi yang cukup empuk. Enaknya gabing membuat semua traveller ingin mencicipinya.

Hanya saja, perlu keberuntungan tinggi untuk bisa menikmatinya, jadi berharaplah untuk bisa menikmatinya ya.

Coba juga –> 24 Makanan Khas Indramayu

6. Kemplang

foto: https://www.instagram.com/capturekuliner/

Salah satu camilan yang bisa dijadikan lauk dan pelengkap makanan adalah Kemplang. Makanan ini bisa kamu temui di Sumatera bagian selatan, termasuk Lampung salah satunya.

Bahan dasar dalam membuat camilan ini adalah ikan tenggiri selanjutnya ditambah dengan tepung tapioka dan bumbu penyedap rasa.

Sebelum diolah lebih lanjut, biasanya akan dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian, bisa digoreng atau dipanggang.

Kamu bisa menikmatinya di berbagai toko di Lampung dengan harga mulai dari 10 ribuan sampai 20 ribuan, jangan sampai kelewatan untuk membelinya ya.

7. Umbu

Makanan Khas Lampung timur
foto: https://blog.reservasi.com/

Memang tidak salah bila ada peribahasa, tidak ada akar rotan pun jadi. Mengapa? Karena, bila kamu pergi ke Lampung, kamu akan mendapati kuliner bernama Umbu.

Menu satu ini berbahan dasar dari rotan yang masih sangat muda. Selanjutnya, direbus hingga empuk kemudian, diberi beberapa bumbu rempah.

Rotan di Lampung memang mempunyai banyak fungsi. Tidak hanya digunakan sebagai makanan tradisional. Melainkan, juga bisa dijadikan sebagai campuran sayuran atau juga lalapan yang nikmat. Biasanya, akan bersanding dengan ikan bakar, sambal, dan nasi hangat.

8. Pie Pisang

foto: https://www.instagram.com/selebgram_sumselkece/

Pisang adalah buah yang mempunyai rasa manis, ada juga yang sedikit sepet. Nah, buah ini terkenal dengan berbagai olahan yang nikmat.

Baik yang sederhana hanya digoreng dengan tepung. Maupun, dijadikan menu dessert kelas atas dengan berbagai macam olahan nikmat.

Kalau kamu pergi ke Lampung, ada oleh-oleh yang bisa kamu beli yang terbuat dari olahan buah pisang.

Dibuat pie yang diatasnya diberi toping mulai dari susu, selai, choco chips, dan masih banyak lagi/. Untuk harganya sendiri mulai dari 10 ribu rupiah saja.

9. Keripik Pisang

Makanan Khas Lampung selatan
foto: https://www.instagram.com/snackei_jogja/

Seperti nya, masyarakat Lampung begitu menyukai buah yang satu ini. Tidak cukup dibuat pie saja lho. Makanan ringan khas Lampung juga dibuat keripik yang tak kalah nikmatnya. Kalau camilan yang ini, bisa dijadikan teman untuk ngobrol atau sedang menunggu sesuatu.

Menariknya, untuk rasa dari keripik ini sendiri tidak hanya original saja lho. Ada beberapa variannya mulai dari coklat dan masih banyak lagi. Untuk harganya sendiri mulai dari 10 ribu rupiah saja. Kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Lampung.

10. Benjak Enjak

Makanan Khas Lampung
foto: https://republika.co.id/

Ada lagi nih, bukti kalau masyarakat Lampung begitu suka akan buah pisang. Bukti tersebut ada di kuliner yang bernama Benjak Enjak ini.

Dimana, bahan yang digunakan adalah pisang dan ketan. Menjadi salah satu kue tradisional yang selalu hadir di berbagai pasar tradisional.

Paling cocok disantap saat pagi hari bersama dengan teh dan kopi. Kue ini kalau dilihat mirip dengan wajik dengan cita rasa manisnya.

Biasanya, kalau ada tamu yang berkunjung ke rumah, tuan rumah akan menyuguhkan makanan ini. Untuk membuat menu satu ini menggunakan pisang raja.

Baca juga –> 14 Makanan Khas Bekasi

11. Pindang

foto: https://www.instagram.com/catatan_resep_makanan/

Mungkin, di Indonesia ada banyak olahan pindang dengan tampilan, tekstur, dan rasa yang berbeda. Termasuk bila kamu berkunjung ke Lampung.

Olahan makanan ini identik dengan ikan biasa diolah dalam bentuk kuah. Biasanya, menggunakan ikan air tawar seperti patin, baung, bawal, bisa juga gabus.

Untuk bahan-bahannya ada daun salam, daun jeruk, kunyit, bawang merah, bawang putih, untuk menambahkan cita rasa akan ditambah dengan tomat. Warnanya yang sedikit kemerahan, membuatnya sering disebut dengan tom yam nya sumatera.

12. Lempok Durian

Makanan Khas Lampung tengah
foto: https://www.instagram.com/erly_febrina/

Seperti kuliner khas Sumatera lainnya, Lampung juga punya lempok durian. Sebuah dodol yang berbahan dasar durian. Nikmat, legit, manis sehingga, kamu wajib untuk menikmatinya.

13. Seruit

foto: https://www.instagram.com/iirenskitchen/

Makanan selanjutnya yang harus kamu nikmati adalah Seruit. Dimana, bahan utama dalam pembuatannya adalah ikan. Nah, menariknya, tidak ada penentuan ikan apa yang harus digunakan. Sehingga, kamu bisa menggunakan berbagai jenis baik yang besar atau yang kecil.

Biasanya, menu satu ini akan muncul saat perayaan pernikahan, khitanan, atau acara kumpul keluarga. Nah, hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat kuliner ini adalah pilihan sambal yang harus bervariasi.

Untuk ikannya sendiri bisa digoreng atau dibakar sesuai selera. Untuk cita rasa yang sempurna, biasanya minuman pendampingnya adalah serbat.

14. Keripik nangka

Makanan Khas Lampung yang terkenal
foto: https://www.instagram.com/cemilan.medan/

Ternyata, tidak hanya pisang saja yang digunakan untuk membuat camilan. Tetapi, kamu juga bisa menemukan buah nangka. Sayangnya, untuk bisa menikmati kuliner ini, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Kurang lebih 40 ribu rupiah untuk satu bungkusnya.

Sulitnya mencari buah nangka menjadi salah satu penyebabnya. Bagi kamu yang ingin menikmatinya, kamu bisa mengunjungi sentra pembuatan keripik nangka. Karena, di pasaran dan di toko jarang menjualnya.

Jadi, jangan sampai kamu ketinggalan untuk menikmati kuliner satu ini ya. Cocok dijadikan cemilan saat santai bersama dengan keluarga lho. Dijamin ketagihan deh.

15. Sambal Tempoyak Udang

foto: https://www.instagram.com/dapurmamabee/

Sambal tempoyak memang menjadi salah satu menu yang tidak boleh kamu lewatkan. Cita rasa pedasnya sangat cocok bila dipadukan dengan nasi putih yang hangat dan segelas es teh.

Nah, kalau di Lampung, kamu tidak perlu bingung mencari lauk pendamping yang tepat. Karena, sambal tempoyaknya sudah di olah menggunakan udang.

Nah, untuk olahan sambal tempoyak sendiri akan sangat nikmat bila cara pengolahannya tepat. Cita rasa asamnya yang berpadu dengan pedas menjadikan kuliner ini sangat cocok dinikmati. Tempoyak sendiri merupakan hasil fermentasi dari buah durian. dan dicampur dengan daging ayam.

Rekomendasi lainya –> 29 Makanan Khas Pekanbaru

16. Bakso Sony

bakso khas lampung
foto: https://www.instagram.com/yohanessigitscj/

Lampung memang terkenal dengan berbagai menu makanan yang melegenda sejak dahulu. Salah satunya adalah Bakso sony. Saat ini sudah mempunyai kurang lebih 10 cabang di seluruh Lampung.

Ada dua menu unggulan yang bisa kamu santap. Ada menu bakso yang menggunakan mie putih, serta mie ayam yang disajikan kering dan ada yang ditambah dengan bakso.

Porsinya cukup untuk satu orang. Rasanya gurih dan nikmat kalau disantap. Apalagi, selepas hujan dan udara dingin menusuk. Untuk harganya sendiri mulai dari 12 ribu rupiah sampai 17 ribu rupiah saja.

17. Geguduh

foto: https://www.instagram.com/malanita7/

Makanan Khas Lampung yang terkenal ini merupakan kue tradisional yang mempunyai cita rasa manis. Bahan utamanya adalah pisang yang dihaluskan sampai sangat lembut. Selanjutnya, ditambah dengan tepung terigu, ditambah dengan susu dan meses atau bisa juga dengan selai dan coklat.

Kemudian, digoreng dan paling cocok disajikan pada saat hangat. Cocok sekali dipadukan dengan teh atau kopi hangat. Untuk menambah aromanya agar semakin kuat, biasanya ditambah dengan air kapur sirih, serta aroma duan pandan.

18. Engkak

foto: https://www.instagram.com/niarlegit/

Makanan khas Lampung yang enak ini kalau dilihat-lihat bentuknya akan mirip dengan lapis legit bila di Jawa. Terbuat dari susu kental dan ditambah dengan ketan dan telur. Sehingga, menjadikan kuliner ini mempunyai cita rasa yang begitu manis.

Untuk cara memasaknya pun sedikit sulit. Agar mendapatkan lapisan yang berbeda-beda. Untuk lapis pertama, jangan lupa gunakan api yang kecil, selanjutnya dilapis yang kedua menggunakan api yang sedikit besar.

Begitu seterusnya. Nah, bagi kamu yang malas membuat sendiri karena sedikit susah, kamu bisa membelinya lho. Satu box seharga 180 ribuan.

19. Kue Segumpal

kue khas lampung
foto: https://budaya-indonesia.org/

Namanya memang unik, tetapi rasanya cukup nikmat bila disantap. Nah, kuliner ini hanya ada saat bulan ramadhan lho. Dan sangat cocok dijadikan sebagai menu untuk berbuka puasa. Kue yang terbuat dari santan dan ketan ini biasanya digunakan untuk berbagai macam upacara adat.

Selain untuk kedua momen tersebut, kue segumpal juga sering digunakan untuk menyambut lebaran lho. Menggunakan daun pisang sebagai penyajiannya. Kemudian, dikukus atau direbus. Paling nikmat bila menyantap saat masih hangat. Rasa gurihnya memang tidak ada yang bisa mengalahkannya.

20. Sambal Asam Kembang

foto: https://www.instagram.com/anjsinaga/

Inilah sajian sambal yang juga tidak boleh kamu lewatkan. Walaupun, ada nama asam tetapi percayalah bahan utamanya tidak menggunakan asam sama sekali lho. Bahan utamanya adalah terasi dan buah kamang.

Atau biasa disebut dengan mangga muda. ya, dari mangga muda inilah cita rasa asam dari kuliner satu ini didapatkan.

Cara pengolahannya cukup mudah, lebih mirip dengan sambal mangga muda. Sangat cocok disantap dengan nasi putih dan ikan bakar. Hampir di semua resto dan warung makan, sambal ini selalu hadir lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya.

21. Pempek Lampung

foto: https://www.instagram.com/yara_artandcraft/

Kalau ada yang bilang pempek lampung dan palembang itu sama. Jawabannya adalah tidak, kedua mempunyai tekstur yang berbeda. Lalu, apa yang menjadi pembeda antara keduanya? Kalau dilihat dari segi teksturnya hampir sama. Ternyata, penggunaan kuah yang membuat kedua kuliner ini jadi berbeda.

Bila palembang cuka yang digunakan tidak terlalu pekat. Tetapi, sebaliknya bila di lampung sangat terasa. Tetapi, keduanya tetap enak untuk disantap. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan menikmati cita rasa pempek di Lampung ya.

22. Pisro

Makanan Khas Lampung
foto: https://www.instagram.com/foodandmoodmalang/

Menu makanan terakhir yang harus kamu coba bila menjelajah di Lampung adalah Pisro. Dimana, makanan ini menggunakan bahan utama berupa olahan ikan.

Menu ini memang sudah ada sejak zaman dahulu dimana, masyarakat dulu menggunakan ikan belok dan tembakang yang mempunyai tekstur yang gurih tidak hanya itu, mempunyai daging yang padat dan tebal.

Untuk cita rasanya sendiri asam, manis, gurih, dan pedas. Makanan ini disajikan dengan kuah yang sedikit coklat.

Hal inilah yang membuatnya muncul rasa manis karena, hadirnya gula aren. Bagi kamu yang menyukai cita rasa pedas. Menu satu ini sangat cocok bila dibikin pedas level puncak lho.

Review Sebelumnya –> 23 Makanan Khas Jambi

Bagaimana dengan berbagai makanan Khas Lampung ini. Begitu menggoda dan hampir semuanya memiliki cita rasa yang nikmat bukan? Rugi rasanya kalau sudah di Lampung tetapi tidak mencobanya. Dari harga juga ramah dikantong bukan? Jadi, kapan kamu mau pergi ke kota ini? Menjelajah rasa yang pasti sulit untuk dilupakan.

Explore Telaga Sunyi Baturraden Yang Masih Sepi Banget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here