Tempat wisata di Tuban ternyata tidak kalah menariknya dengan yang ada di kota-kota lain. Meskipun selama ini Tuban dikenal sebagai kabupaten kecil di Jawa Timur, namun keindahan destinasi yang ada disini tidak perlu diragukan.

Tuban mempunyai banyak sekali destinasi dengan keindahan alamnya yang memukau. Mulai dari Goa Suci, Goa Akbar, Pantai Surindah dan masih banyak lagi. Jadi, penasaran ada wisata apa saja yang bisa dijelajahi jika ke Tuban?

Berikut daftar tempat wisata di Tuban yang asyik untuk Anda kunjungi bersama keluarga, kerabat atau pasangan saat musim liburan tiba :

1. Air Terjun Nglirip

tempat wisata di tuban
Foto : https://www.instagram.com/rizki_firman_a/

Air terjun Nglirip merupakan tempat wisata di Tuban terbaru yang jangan sampai deh Anda dan keluarga lewatkan. Destinasi indah ini memiliki suasana alam yang begitu menenangkan dan masih terjaga.

Wisata elok ini memiliki sebuah kolam yang jernih dengan nuansa berwarna hijau tosca. Selain itu, air terjun ini juga memiliki berbagai macam pepohonan yang masih asri. Dengan gemericik suara air terjun dan semilir angin yang berhembus, suasana disini dijamin akan membuat Anda merasa tenang.

Kawasan wisata ini ada di Dusun Jojogan, Desa Mulyo Agung atau masih berada di Kecamatan Sanggrahan. Anda yang ingin sekali melepaskan penat, cobalah datang ke Air Terjun Nglirip.

2. Goa Putri Asih

goa putri asih
Foto : https://www.instagram.com/yoyen78/

Tempat wisata di Tuban Jawa Timur yang perlu untuk Anda kunjungi adalah Goa Putri Asih. Destinasi ini berada di Jl. Nguluhan, Kecamatan Montong dan mempunyai keindahan yang tidak bisa dielakkan.

Keindahan yang dimiliki oleh goa Putri Asih ini akan membuat Anda takjub. Hal ini dikarenakan ornamen yang dimiliki goa seperti stalaktit dan stalakmitnya yang begitu megah dan mempesona.

Selain ornamen goanya yang megah, ada juga 6 buah ruangan dengan ukuran yang luas dan besar untuk dijelajahi. Kebanyakan orang yang datang ke goa ini ingin mempelajari sejarah dan juga memotret keindahannya.

3. Pantai Sowan

Wisata Tuban Terbaru
Foto : https://www.instagram.com/rindra170/

Pantai Sowan merupakan wisata di Tuban yang lagi hits. Berlokasi di Jalan Bogoran, Kecamatan Bancar, destinasi pantai satu ini sayang sekali lho untuk dilewatkan. Pantai Sowan menyajikan hamparan pasir dengan karang baru yang unik.

Tidak jauh dari pantai, Anda bisa menyaksikan sebuah hutan hijau yang indah sekali. Hutan dengan luas 32 hektar ini memiliki aneka macam tanaman tropis sehingga membuat pantai ini sejuk.

Pantai Sowan juga masih sangat terjaga kebersihannya. Kalau Anda suka foto, ada banyak spot yang bisa Anda bidik.

4. Wisata Discover Of Forest

Wisata Tuban yang tersembunyi
Foto : https://wisata-discovery-of-forest-kph-kebonharjo.business.site/

Discover of Forest merupakan tempat wisata keluarga di Tuban yang cocok sekali untuk dikunjungi. Destinasi wisata satu ini dikelola langsung oleh Perum Perhutani Kebonharjo. Di sini, Anda bisa berburu banyak sekali spot wisata menarik.

Berlokasi di Kecamatan Jatirogo, Anda bisa berburu banyak sekali spot-spot foto menarik dari pepohonan. Di Discover of Forest sendiri ada sebuah rumah pohon yang biasanya digunakan untuk berfoto-foto dan juga bersantai.

5. Goa Ngerong

goa ngerong
Foto : https://www.instagram.com/rahayuhikmah/

Tuban memang memiliki destinasi goa yang bertebaran di mana-mana, salah satunya adalah Ngerong. Wisata Tuban yang tersembunyi satu ini berlokasi di Dusun Purboyo Mayang atau masih berada di kawasan Rengel.

Ngerong sendiri bukan hanya sekedar sebuah wisata goa karena di sini ada juga sebuah air terjun yang menarik. Goa Ngerong mempunyai pesona keindahan yang layak sekali untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau pasangan.

6. D’fresh Waterpark Rengel

D'fresh Waterpark Rengel
Foto : https://www.instagram.com/dfreshwaterpark/

D’Fresh Waterpark adalah salah satu destinasi wisata air yang beralamat di Jalan Raya Rengel. Wisata air yang terbilang masih baru ini menjadi salah satu pilihan destinasi di akhir pekan.

D’Fresh Waterpark sendiri memiliki beberapa pilihan kolam renang untuk anak-anak sampai dewasa. Ada juga beberapa wahana permainan air yang bisa dipilih untuk bersenang-senang.

Mulai dari seluncuran body slide, hingga family slide, semua bisa Anda nikmati di waterpark terbaru Tuban ini.

7. Pantai Kelapa

wisata di tuban yang lagi hits
Foto : https://www.instagram.com/nurulfitriyaa/

Pantai Kelapa merupakan wisata di Tuban Jawa Timur yang sangat indah. Letaknya berada di Jalan Daendels, Panyuran ini mempunyai lokasi yang terbilang strategis sehingga memudahkan wisatawan untuk mengunjunginya.

Destinasi ini juga bisa menjadi tempat wisata anak di Tuban yang direkomendasikan karena ada banyak sekali wahana permainan. Di sini, Anda bisa mengajak anak bermain di arena playground, kolam renang, pacuan kuda hingga flying fox.

Hampir semua fasilitas yang ada di sini tidak akan Anda temukan di kawasan wisata pantai lainnya.

8. Kampung Air Tuban

wisata di tuban jawa timur
Foto : http://www.pongpongan-merakurak.desa.id/first/

Mau mencari wisata air yang mengasyikkan untuk keluarga? Datang saja ke Kampung Air Tuban! Destinasi wisata yang dikelola oleh BUMN ini selalu ramai setiap hari libur ataupun weekend.

Banyak masyarakat lokal yang selalu mengunjungi destinasi wisata satu ini bersama keluarga tercinta. Karena harganya yang murah dan banyaknya permainan air yang bisa dinikmati.

Kampung Air Tuban sendiri merupakan destinasi yang populer di mata masyarakat meskipun masih terbilang baru. Mulai dari anak-anak hingga remaja, semua menyukai Kampung Air Tuban ini.

9. Pantai Remen

tempat wisata di tuban jawa timur
Foto : https://www.instagram.com/halohrudd/

Pantai Remen merupakan tempat wisata di Tuban yang baru yang layak dikunjungi. Berlokasi di Jalan Remen, kecamatan Jenu, pantai ini mempunyai panorama yang indah.

Pantai yang diresmikan pada tahun 2015 ini mempunyai pasir yang berwarna putih dengan sebuah garis pantai yang terbilang panjang.

Pantai ini memiliki suasana yang masih alami sehingga dijamin akan membuat Anda nyaman. Di sini, Anda juga bisa melakukan banyak sekali aktivitas air mulai dari berenang, berjemur, bersantai dan menikmati sunset.

10. Air Terjun Kedung Bonjor

tempat wisata di tuban yang baru
Foto : https://www.instagram.com/joneth3939/

Kedung Bonjor waterfall adalah sebuah destinasi wisata yang beralamat di Desa Jamprong, Kenduruan. Air terjun ini mempunyai tinggi mencapai 5 meter dan bagus sekali untuk mandi karena airnya yang segar.

Selain itu, suasana alam di kawasan air terjun ini juga masih asri. Air terjun Kedung Bonjor sendiri memiliki daya tarik yang begitu indah dan menarik untuk dijelajahi.

Sayangnya, air terjun Kedung Bonjor ini masih jarang diketahui oleh wisatawan. Jadi, air terjun ini masih belum banyak dikunjungi dan wisatanya juga masih sangat asri.

11. Museum Kambang Putih

museum kambang putih
Foto : https://www.instagram.com/teguhwardhana/

Museum Kambang Putih merupakan salah satu wisata di Tuban yang bagus untuk edukasi sejarah. Berlokasi di Jalan Kartini nomor 3, Kutorejo, ada aneka macam koleksi benda dengan nilai sejarah yang tinggi untuk dilihat.

Pada ruangan yang pertama, Anda bisa menyaksikan benda dari band legendaris Indonesia bernama Koes Plus Bersaudara.

Selain itu, ada juga koleksi uang-uang Indonesia zaman kuno sejak abad 19 hingga 30. Anda juga bisa menyaksikan banyak sekali perlengkapan menangkap ikan dari nelayan yang masih tradisional.

Datang juga ke –> Tempat Wisata di Situbondo dengan suguhan destinasi terbaik dan pesona memukau di dalamnya.

12. Tebing Pelangi

wisata Tuban
Foto : https://www.instagram.com/ekozoik/

Tebing Pelangi adalah wisata terbaru di Tuban yang lokasinya ada di Desa Tuwiri Kulon, Merakurak. Sesuai dengan namanya, yakni “Tebing Pelangi”, maka kawasan wisata ini dicat selayaknya pelangi.

Kawasan wisata ini menjadi sebuah taman bermain yang unik dan banyak sekali dikunjungi oleh masyarakar lokal.

Tebing Pelangi sendiri sebenarnya adalah bekas galian tambang yang kemudian dikelola oleh penduduk sekitar menjadi sebuah destinasi wisata baru.

13. Bukit Kapur Rengel

wisata di Tuban
Foto : https://www.instagram.com/tubanwisata/

Kalau menjelajahi sebuah bukit dengan pemandangan yang serba hijau mungkin sudah biasa, namun bagaimana jika semua panormanya serba putih?

Ya, ada sebuah bukitan kapur di kecamatan Rangel yang sangat populer sejak tahun 2016. Kawasan wisata ini banyak dikunjungi karena memiliki pemandangan yang unik.

Banyak orang yang mengunjungi destinasi wisata baru ini karena spot fotonya yang terbilang unik dan berbeda dari kawasan perbukitan lainnya.

14. Kolam Renang Bintang

objek wisata di Tuban
Foto : https://www.instagram.com/kolamrenangbintang/

Berlokasi di Jl. Raya Plumpang, kolam renang Bintang merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk dikunjungi jika Anda ingin berenang. Datang bersama pasangan atau keluarga akan membuat liburan anda disini semakin berkesan.

Tiket masuk ke kolam renang Bintang sendiri terbilang murah sehingga cocok sekali untuk Anda yang mencari tempat berenang yang ekonomis.

15. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban
Foto : https://www.instagram.com/tryonopambudi/

Satu lagi nih destinasi wisata religi di Tuban yang jangan sampai Anda lewatkan, yaitu Masjid Agung. Berlokasi di Jl. Bonang, Kutorejo, Anda bisa menyaksikan arsitektur masjid yang megah.

Masjid Agung kota Tuban ini mempunyai berbagai macam ornamen indah yang sangat cantik dan estetik. Konon, desain dan arsitektur dari Masjid Agung Tuban hampir sama dengan masjid yang ada di Irak. Tidak heran, jika masjid satu ini hampir selalu ramai oleh pengunjung.

16. Jatiwangi Park

Jatiwangi Park
Foto : https://www.instagram.com/jatiwangituban/

Apakah Anda mencari sebuah wisata dengan aktivitas airnya yang beragam dan menantang? Sepertinya Anda perlu mengunjungi Jatiwangi Park.

Jatiwangi park sendiri adalah sebuah wisata dengan kolam renang yang memiliki pemandangan asri. Ada banyak pohon – pohon jati di sekitar kolam yang sangat menambah mood untuk berenang.

Destinasi wisata ini selalu ramai saat akhir pekan maupun musim liburan. Kebanyakan yang datang ke lokasi wisata adalah anak-anak.

17. Soko Water Sport

tempat wisata di tuban
Foto : https://www.instagram.com/sws_tuban/

Soko Water Sport atau SWS berlokasi di Jalan Raya Sokosari dan menjadi alternatif wisata air bagi masyarakat lokal Tuban. Ada 3 pilihan kolam yang bisa dipilih dari SWS.

Pertama, ada sebuah kolam renang anak-anak yang memiliki kedalaman 50 cm. Kedua, ada kolam renang untuk remaja yang memiliki kedalaman 120 cm. Terakhir, ada kolam renang bagi orang dewasa yang memiliki kedalaman hingga 150 cm.

18. Air Terjun Bongok Tuban

obyek wisata di Tuban
Foto : https://www.instagram.com/deriecamara/

Air terjun Bongok merupakan obyek wisata di Tuban yang recomended. Wisata ini berlokasi di Jalan Jetak, Montong. Air terjun ini mempunyai suasana alam yang begitu hening dan masih asri sehingga siapapun yang datang akan merasa tenang.

Air Terjun Bongok ini menyajikan air yang sangat segar untuk dijadikan tempat berenang. Kalau Anda berileksasi, maka cobalah untuk mengunjungi wisata Air Terjun Bongok, yang berada di tengah-tengah hutan jati.

Jadi, bisa dibayangkan bagaimana suasana alami yang dimiliki oleh air terjun satu ini bukan? Bahkan, kawasan wisata ini juga memiliki satwa liar yang lucu.

19. Sendang Asmoro

tempat wisata di Tuban Paling Hits
Foto : https://www.instagram.com/devirw_11/

Sendang Asmoro merupakan wisata alam Tuban yang sangat menarik. Sesuai dengan namanya, maka destinasi wisata ini menawarkan sebuah suasana yang romantis.

Destinasi ini memiliki nuansa alami dan asri yang dijamin akan membuat Anda merasa betah untuk berlama-lama.

Sendang Asmoro sendiri merupakan sebuah wisata dengan kolam air dengan sumber mata air asli. Destinasi wisata satu ini sangat cocok untuk menjadi rekreasi keluarga.

Destinasi wisata yang berlokasi di Desa Ngino, Semanding ini juga memiliki spot foto yang estetik di setiap sudutnya. Ada juga sebuah taman yang bisa digunakan untuk area bermain anak-anak.

20. Makam Sunan Bonang

makam sunan bonang
Foto : https://www.instagram.com/noeng_aja/

Salah satu wisata religi yang perlu dikunjungi jika sudah berada du Tuban adalah Makam Sunan Bonang. Berlokasi di Jl. KH. Mustain, Kutorejo, wisata religi satu ini merupakan makam salah satu tokoh penting dari Walisongo yang menyebarkan Islam di Indonesia.

Makam Sunan Bonang sendiri hampir setiap hari selalu ramai oleh pengunjung yang berziarah. Makam salah satu dari Walisongo ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap sehingga membuat Anda semakin nyaman dalam berziarah. Di sini, ada toilet, warung makam, toko souvenir, parkir luas dan beberapa rest area.

21. Goa Kancing

tempat wisata di Tuban terbaru
Foto : https://www.instagram.com/outboundtuban/

Goa Kancing merupakan tempat wisata di Tuban, Jawa Timur yang jangan sampai Anda lewatkan. Wisata yang berada di Jalan Jarum, kelurahan Prunggahan Kulon ini mempunyai kedalaman hingga 5 meter.

Destinasi wisata yang ada di Tuban ini sangat menarik apalagi tebing-tebingnya juga nampak epik. Banyak wisatawan yang mengunjungi Goa Kancing karena pemandangannya yang eksotis. Kemudian, ada juga bukit hijau yang menjadikan goa memiliki suasana sejuk dan alami.

Kunjungi juga –> Tempat Wisata di Sumenep yang kekinian dan juga terbaru di Jawa Timur wajib untuk anda kunjungi.

22. Watu Ondo Tuban

Watu Ondo Tuban
Foto : https://www.instagram.com/soviatus_zahroh2304/

Wisata ini lokasinya berada di desa Bektiharjo, Semanding Kabupaten Tuban. Ini adalah sebuah objek wisata tebing yang sedikit curam namun memiliki pemandangan epik dan estetik.

Watu Ondo sendiri juga dibahasa Indonesiakan memiliki arti Tangga Batu. Artinya, destinasi wisata satu ini merupakan sebuah tempat yang menonjolkan tangga estetik dari bebatuan. Sebenarnya, Watu Ondo sendiri adalah sebuah jalan bagi warga sekitar untuk mencari air.

Namun kemudian, tempat ini menjadi sebuah destinasi wisata. Untuk bisa berfoto di Watu Ondo, Anda memerlukan keseimbangan agar tidak mudah terjatuh.

23. Goa Akbar

tempat wisata alam di Tuban
Foto : https://www.instagram.com/mr.rachmat_h/

Goa Akbar merupakan wisata Tuban yang paling terkenal. Berlokasi di Jl. Semanding, Gedongombo, Goa Akbar sepertinya bisa menjadi alternatif wisata Anda di akhir pekan.

Goa satu ini menyimpan sejuta pesonanya yang begitu indah dan eksotis. Kalau pada umumnya mulut goa itu berdiri sejajar di atas tanah, maka berbeda dengan yang ada di wisata ini. Mulut dalam Gua Akbar memiliki sebuah lubang besar dan letaknya di bawah tanah.

Keunikan itulah yang membuat Gua Akbar menjadi sebuah destinasi yang menawan dan eksotis. Banyak sekali pengunjung dari dalam dan luar kota yang sengaja mengunjungi kawasan wisatawa goa ini karena pesona alamnya.

24. Pantai Boom Tuban

wisata terbaru di Tuban
Foto : https://www.instagram.com/_rkh.r/

Pantai Boom merupakan tempat wisata di Tuban paling hits yang wajib untuk Anda kunjungi karena lokasinya berada di tengah kota. Berlokasi di Jalan Kutoarjo ini, Anda akan mudah menemukan Pantai Boom sebagai tujuan wisata Anda.

Pantai ini menyajikan panorama yang mempesona didukung dengan fasilitasnya yang sudah lengkap. Di sini, Anda dan keluarga bisa melakukan berbagai macam aktivitas wisata yang menyenangkan.

25. Goa Suci

Goa Suci
Foto : https://www.instagram.com/bendottetapsemangat/

Berlokasi di Leran Wetan, kecamatan Palang, Anda bisa mengunjungi sebuah destinasi menarik bernama Goa Suci. Goa yang ada di Tuban ini sudah berdiri sangat lama sekali dan sudah berusia hingga ribuan tahun.

Ya, goa ini sudah ada sejak tahun 1026. Menariknya adalah, Goa Suci sendiri merupakan sebuah goa buatan, bukan terjadi secara alami. Menurut cerita, Goa Suci ini adalah sebuah peninggalan dari kerajaan Majapahit.

Goa Suci menjadi tempat untuk melakukan meditasi orang zaman dahulu. Sampai akhirnya menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik di Tuban hingga hari ini.

26. Klenteng Kwan Sing Bio

tempat wisata keluarga di Tuban
Foto : https://www.instagram.com/missochaa/

Objek wisata di Tuban bernama Kwan Sing Bio merupakan sebuah rumah ibadah masyarakat Tionghoa. Klenteng ini cocok sekali menjadi destinasi untuk mengisi waktu liburan. Klenteng ini mempunyai keunikan karena menjadi tempat ibadah paling tua di Indonesia untuk masyarakat Konghucu.

Saat mengunjungi klenteng ini, Anda akan melihat indahnya arsitektur Tionghoa yang sangat kaya akan budaya.

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan aneka macam kesenian Cina seperti Barongsai, pesta kembang api, Wayang Titi, hingga sebuah atraksi kungfu. Klenteng ini berlokasi di Jalan R.E. Martadinata, Karangsari.

27. Pantai Surindah

tempat wisata anak di Tuban
Foto : https://www.instagram.com/tankoflove/

Apakah Anda sedang mencari sebuah destinasi pantai dengan pemandangan sunsetnya yang indah? Ke Pantai Surindah saja!

Berlokasi di Glagah, Temaji, pantai terbaru di Tuban ini layak sekali untuk dikunjungi karena menawarkan sebuah pemandangan yang amatlah indah.

Mau bermain pasir bisa, mau mengelilingi pantai dengan sewa perahu juga bisa. Atau mau hunting foto di kawasan pantai sambil berwisata kuliner? Semuanya bisa!

28. Alun Alun Tuban

alun alun tuban
Foto : https://www.instagram.com/konep_cb/

Kalau Anda sedang mencari hiburan di pusat kota Tuban, sepertinya Anda perlu mengunjungi alun-alun Tuban! Di sini, Anda bisa menikmati hiruk pikuk kehidupan kota Tuban.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa kok berburu kuliner karena di kawasan alun-alun ada banyak pedagang yang menjajakan makanannya.

29. Mangrove Center Tuban

wisata alam Tuban
Foto : https://www.instagram.com/outboundtuban/

Mangrove Center adalah tempat wisata alam di Tuban yang sangatlah menarik untuk Anda dan keluarga kunjungi. Apalagi kawasan wisata ini berlokasi di Jl. Raya Tuban – Semarang sehingga lokasinya mudah sekali untuk diakses.

Sesuai dengan namanya, maka kawasan wisata ini memang menyajikan sebuah hutan mangrove yang begitu asri dan hijau. Pada awalnya, pohon-pohon bakau di kawasan ini sengaja ditanam untuk mencegah bibir pantai yang kian terkikis.

Namun dengan seiring waktu, kawasan ini justru menjadi sebuah destinasi hutan mangrove yang sangat menarik. Tidak hanya menyediakan pemandangan berupa hutan yang mempesona, Anda juga akan disuguhkan dengan deburan ombak yang sangat eksotis.

Mangrove Center sendiri sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang lengkap seperto taman baca, toilet, camping ground, hingga laboratorium alam.

30. Kambang Putih Tuban Park

Kambang Putih Tuban Park
Foto : https://www.instagram.com/dta_erv/

Mau mencari destinasi keluarga dengan wahana permainannya yang menarik? Datang saja ke Kambang Putih Tuban Park (KPTP). KPTP sendiri merupakan wisata Tuban Terbaru yang sangat hits belakangan ini.

Berlokasi di Jalan Raya Jenu- Tuban, tempat wisata ini menyediakan aneka macam wahana permainan keluarga yang layak untuk dicoba. Mulai dari wahana permainan darat hingga laut, semua ada di KPTP.

31. Kolam Renang Pahlawan Tuban

tempat wisata di tuban

Mau mencari rekomendasi kolam renang di kawasan kota Tuban? Datang saja ke kolam renang Pahlawan yang berada di Jalan Pahlawan no. 54 Tuban.

Kolam renang satu ini hampir selalu ramai oleh pengunjung setiap weekend. Anda yang bingung mencari tempat untuk berenang bersama keluarga, datang saja ke sini.

Review sebelumnya –> Tempat Wisata di Trenggalek yang hits dengan pilihan destinasi menarik kekinian.

31 tempat wisata di Tuban yang ada di atas sayang sekali jika Anda lewatkan jika sudah berada di kota ini. Jika memiliki banyak waktu luang, jelajahi setiap wisata yang ada.

Jangan lupa persiapkan dengan baik apa saja yang harus dibawa ketika berwisata. Buat liburan Anda di Tuban menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

Travel Vlog Jeep Adventure Dieng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here