Kawah Sileri merupakan kawasan perkawahan vulkanik aktif yang berada di dataran tinggi Dieng dengan sejumlah daya tariknya. Pemandangan yang indah menjadi suguhan utama bagi siapapun yang berkunjung ke Kawah Sileri Dieng untuk mengisi waktu libur akhir pekan.

Berkat uap yang selalu muncul dari air mengenangi kawahnya, suasana di Kawah Sileri Banjarnegara pun terasa begitu hangat. Para pengunjung dapat menyaksikan gemuruh perut bumi disertai dengan uap panas secara lebih dekat di wisata Kawah Sileri yang menakjubkan.

Wisata alam Dieng satu ini akan memanjakan setiap wisatawan ketika berkunjung dengan ragam panorama mempesona yang luar biasa. Bukit-bukit hijau menjulang, serta lahan pertanian milik warga sekitar turut membuat nuansa disini begitu memikat.

Harga Tiket Masuk Kawah Sileri

harga tiket masuk kawah sileri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113094377131523098956

Dieng sendiri terkenal dengan landscape alam melimpah yang berbalut dengan udara dingin nan sejuk khas dataran tinggi. Wisata alam yang beragam turut membuat kawasan ini menjadi incaran banyak orang sebagai tujuan liburan dan bersenang-senang.

Salah satunya anda bisa menjadikan wisata berbasis kawah sebagai alternatif menghabiskan waktu libur selama di Dieng. Sileri sendiri merupakan kawah terluas yang ada di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah.

Yang dimana permukaan air kawahnya secara terus menerus mengeluarkan asap putih mengepul di udara. Meskipun cukup berbahaya, mengingat Sileri ini adalah kawah paling aktif di Dataran Tinggi Dieng, namun tetap aman untuk anda telusuri.

Menariknya, untuk bisa berlibur disini maka pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Sebab harga tiket masuk Kawah Sileri, tidak ada dan tak diberlakukan alias gratis, menarik sekali bukan?

Selalu terbuka untuk umum pada setiap harinya dan dapat wisatawan kunjungi kapanpun. Akan tetapi untuk menikmati pemandangan terbaik, kami sarankan untuk anda sebaiknya datang pada waktu pagi hari.

Pasalnya ketika pagi hari, uap dari Kawah Sileri Dieng ini seperti masih menempel dipermukaan air yang nampak begitu menawan.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat Kawah Sileri
Foto : https://www.instagram.com/dunialoka.id/

Lokasi Kawah Sileri berada di lereng barat kluster Gunung Pagerkandang – Sipandu yang keberadaannya bisa dijangkau dengan cukup mudah. Alamat Kawah Sileri sendiri letaknya berada di Desa Kepakisan, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Jarak dari poros/pusat Dieng kurang lebih sejauh 4 km dan bisa ditempuh dengan membutuhkan waktu selama 14 menit perjalanan. Anda bisa menjadikan wisata pemandian air hangat D’Qiano Dieng sebagai patokan, karena hanya berjarak 350 meter menuju Kawah Sileri.

Akses jalan cukup baik dan sudah beraspal halus, hanya saja di dominasi oleh jalur menanjak sehingga anda perlu untuk berhati-hati. Setibanya di kawasan wisata Kawah Sileri Dieng anda musti berjalan kaki menuruni bukit hingga 300 meter dari depan pintu masuk.

Jika anda merasa bingung dengan jalur mana yang musti dilintasi agar bisa sampai dengan mudah, maka gunakan maps dibawah ini. Petunjuk akuratnya bisa anda jadikan pegangan agar laju kendaraan menuju Kawah Sileri semakin mudah dan bebas hambatan.

Datang juga ke –> Kawah Sikidang semkain cantik berkat kehadiran jembatan kayu dengan desain menarik.

Fasilitas

fasilitas kawah sileri
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/103272163042818866995

Dari segi sarana prasana yang tersedia di wisata Dieng populer satu ini terbilang cukup memadai dan bisa anda manfaatkan. Fasilitas Kawah Sileri adalah sebagai berikut :

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet / mck
  • Fasilitas air bersih
  • Tempat duduk
  • Warung wisata
  • Kios oleh-oleh
  • Spot foto menarik

Dengan luas kawasan yang mencapai 4 hektare, memungkinkan setiap pengunjung untuk jalan-jalan dan menelusuri setiap sudutnya. Nikmati beragam keseruan yang Kawah Sileri Dieng tawarkan untuk menjadikan momen liburan anda kali ini semakin tak terlupakan.

Kunjungi juga –> Kawah Candradimuka memiliki sumber mata air yang bisa membuat awet muda, kononnya.

Spot Terbaik di Kawah Sileri

spot terbaik di kawah sileri
Foto : https://www.instagram.com/andysunu/

Berwisata ke kawah dapat tergolong sebagai aktivitas seru yang anti mainstream agar liburan kali ini terasa lebih berwarna. Menelusuri lebih dalam setiap sudut kawasan kawah yang alamnya masih sangat terjaga keasliannya.

Aneka pepohonan hijau dan bukit-bukit disekitarnya semakin membuat landscape Kawah Sileri Dieng begitu mengagumkan. Satu hal yang tak boleh terlewatkan tentu saja adalah mengabadikan setiap momennya melalui berfoto-foto ria.

Dengan selfie maupun foto bersama orang tercinta pada spot terbaik di Kawah Sileri yang menarik perhatian anda. Menjadikan panorama kawah terluas di Dieng ini sebagai latar belakangnya untuk menghasilkan gambar yang menarik.

Tersedia juga beberapa spot-spot foto buatan kekinian yang lengkap dengan ornamen sebagai penghiasnya. Rekam setiap keseruan selama liburan berkualitas di Kawah Sileri Dieng Banjarnegara agar menjadi pengalaman yang berkesan.

Review sebelumnya –> Sumur Jalatunda sebuah sumur raksasa yang menyimpan mitos dan kisah menarik.

Tips Berkunjung

tips berkunjung kawah sileri
Foto : https://www.instagram.com/fifibimamika/

Berikut ini bisa anda simak tips berkunjung ke Kawah Sileri di Dieng yang menyuguhkan alam mempesona tiada tara.

  • Anda bisa datang kapan saja, asal cuaca sedang cerah dan bersahabat agar semua lebih terasa maksimal.
  • Datang ketika pagi hari seperti yang sudah kami rekomendasikan untuk mendapatkan pemandangan terbaik disini.
  • Patuhi berbagai aturan beserta tata tertib untuk pengunjung yang sudah ditetapkan, mengingat kawah vulkanik ini masih aktif.
  • Tidak boleh nyampah sembarangan ataupun membuat kotor area wisata Kawah Sileri yang masih terjaga alamnya.
  • Selalu waspada dan tetap berhati-hati karena segala sesuatu bisa saja terjadi selama liburan dan juga rekreasi.

Jadi itu tadi informasi mengenai wisata alam Kawah Sileri Dieng Banjarnegara di Jawa Tengah yang mempesona. Sekian ulasan singkat yang telah membahas Kawah Sileri dengan aneka daya tarik istimewanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + nine =