Kawah Sikidang merupakan sebuah destinasi wisata berbasis alam yang sangat populer dan menjadi incaran wisatawan saat berada di Dieng. Tempat wisata Dieng satu ini menyajikan sebuah lapangan perkawahan dengan telaga air panas kecil yang airnya selalu mendidih.

Segudang daya tarik yang dimiliki Kawah Sikidang Dieng membuatnya tak pernah sepi dari kunjungan pelancong dari berbagai daerah di Indonesia. Saat anda tengah explore dataran Tinggi Dieng maka wisata Kawah Sikidang jangan sampai dilewatkan keseruannya.

Melihat secara lebih dekat Kawah Dieng yang terbentuk akibat fenonema letusan gunung berapi bertahun-tahun lalu. Sudah dilengkapi dengan berbagai sarana memadai yang akan menunjang setiap kegiatan seru anda saat berlibur di Kawah Sikidang Banjarnegara.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang

harga tiket masuk kawah sikidang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113644196061973146666

Keberadaan Kawah Sikidang di Dieng turut membuat kawasan dataran tinggi ini menjadi incaran oleh banyak pengunjung. Hal tersebut terlihat ketika musim liburan telah tiba, wisata Kawah Sikidang Dieng dipadati oleh banyaknya wisatawan yang berkunjung.

Berbondong-bondong menyakiskan lumpur panas meletup-letup dan gas yang berwarna putih pekat mengepul di udara. Panorama semburan lumpur dan asap dari dasar kawah adalah aktivitas vulkanik yang membuat wisata Dieng satu ini begitu eksotis.

Dan untuk bisa menikmati beragam sajian menarik di wisata Kawah Dieng maka anda tak harus merogoh kocek terlalu dalam. Sampai saat ini, harga tiket masuk Kawah Sikidang hanya sebesar Rp20.000 per orang.

Biaya tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk Candi Arjuna Dieng yang letaknya cukup berdekatan. Sehingga anda bisa explorasi kedua wisata di Dieng yang hits ini dengan mudah tanpa banyak biaya.

Destinasi wisata alam cantik Kawah Sikidang dapat anda kunjungi sesuai dengan jam operasional yang berlaku. Kawah Sikidang Dieng buka setiap hari pada pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Rute Lokasi dan Alamat

rute lokasi dan alamat kawah sikidang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112997288679823393710

Lokasi Kawah Sikidang cukup strategis dan mudah ditemukan meski tidak berada tepat di tepi jalan raya. Plang petunjuk terpasang di beberapa sudut jalan di Dieng guna memudahkan anda yang baru pertama kali akan singgah.

Alamat Kawah Sikidang terletak di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Dari poros Dieng untuk menuju wisata kawah populer ini hanya berjarak sekitar 2,7 km.

Sedangkan jika dari kawasan percandian Dieng atau Candi Arjuna, jaraknya hanya 1,7 km. Dengan akses jalan utamanya yang sudah beraspal baik dan bisa dilintasi oleh sepeda motor maupun mobil.

Area wisata Kawah Sikidang memiliki luas mencapai 4 hektare dengan jembatan kayu sebagai jalur utama untuk berjalan kaki. Pengunjung akan merasa aman serta nyaman ketika jalan-jalan dan berfoto ria di kawasan wisata kawah Dieng ini.

Jangan khawatir apabila anda masih bingung dengan jalan menuju Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara. Karena dibawah ini bisa anda gunakan maps dengan petunjuk akurat yang memudahkan laju kendaraan menuju lokasinya.

Datang juga ke –> Curug Sikarim yang luar biasa dan begitu mempesona.

Fasilitas

fasilitas kawah sikidang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113040583860087791078

Sarana dan prasana yang tersedia di wisata Kawah Dieng ini sudah sangat memadai sebagai penunjang apapun aktivitas wisatawan. Dan berikut ini fasilitas Kawah Sikidang yang bisa anda manfaatkan antara lain adalah :

  • Lahan parkir luas
  • Pusat informasi wisata
  • Jasa pemandu wisata
  • Kamar mandi
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Mushola
  • Sewa motor atv
  • Naik kuda
  • Jasa foto
  • Warung makan
  • Kios aneka souvenir
  • Spot foto menarik

Berkeliling menikmati pemandangan Kawah Sikidang yang mengagumkan akan membuat pengalaman liburan anda kali ini berbeda dari biasanya. Nikmati berbagai sajian menarik di Kawah Sikidang Dieng yang mungkin tak akan pernah anda temukan ditempat lain.

Kunjungi juga –> Telaga Cebong yang berada di Desa tertinggi Pulau Jawa.

Spot Terbaik di Kawah Sikidang

spot terbaik kawah sikidang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117249993733440637434

Abadikan setiap momen menarik ketika tengah berlibur di Kawah Sikidang melalui selfie, foto bersama dan juga merekam video. Sejauh mata memandang, anda hanya akan dimanjakan oleh banyak panorama alam menakjubkan yang luar biasa.

Telaga dengan air panas yang selalu mendidih dan juga titik-titik gas berpindah-pindah akan menjadi latar belakang utama swafoto anda. Sembari berjalan diatas jembatan kayu yang estetik untuk hasilkan foto yang lebih instagenic.

Jadikan spot terbaik di Kawah Sikidang yang memikat perhatian anda untuk menjadikannya background saat berpose didepan kamera. Kawasan lapangan kawah yang terbentuk dari letusan gunung berapi menyisakan sudut-sudut ciamik.

Selain itu ada juga spot buatan dengan tulisan Kawah Sikidang tepat setelah pintu masuk untuk anda berfoto-foto ria. Rekam setiap keseruan selama liburan berkualitas di Kawah Sikidang Dieng yang mengagumkan.

Review sebelumnya –> Gardu Pandang Tieng spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset di Dieng.

Tips Berkunjung

tips berkunjung kawah sikidang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109268398739165879718

Dapat anda simak dibawah ini tips berkunjung ke Kawah Sikidang yang bisa menjadi tambahan referensi ketika rekreasi.

  • Hari yang cerah dan tidak turun hujan adalah saat terbaik explore Kawah Sikidang agar lebih maksimal.
  • Anda bisa datang ketika pagi ataupun sore hari untuk mendapatkan suasana sekitar kawah yang lebih teduh.
  • Jika anda berkunjung pada siang hari, tak ada salahnya untuk sedia payung ataupun topi guna melindungi dari terik matahari.
  • Pakailah masker apabila indra penciuman anda sensitif, mengingat aroma yang keluar dari kawah cukup menyengat.
  • Ikut serta dalam selalu menjaga kebersihan di area wisata agar alamnya tetap asri dan juga lestari.

Sekian ulasan singkat seputar salah satu wisata Dieng paling favorit yakni Kawah Sikidang dengan segudang keindahannya. Rencanakan waktu terbaik anda ke Kawah Sikidang Dieng dengan datang bersama keluarga ataupun orang-orang tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − eight =