Embung Kledung Temanggung. Temanggung merupakan sebauh kabupaten kecil yang terletak di provinsi jawa tengah. Letak geografisnya yang cenderung di daerah pegunungan membuat temanggung mempunyai banyak tempat wisata.

Banyak sekali destinasi yang bisa dikunjungi di temanggung. Mulai dari wisata alam temanggung hingga wisata buatan yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Jadi saat anda berada di Temanggung tak perlu bingung mau pergi berwisata kemana.

Embung Kledung Temanggung

Salah satu wisata terbaru di temanggung yang patut anda kunjungi adalah embung kledung. Wisata alam embung kledung ini mempunyai panorama alam yang luar biasa indahnya.

Embung kledung merupakan sebuah bak penampungan air hujan. Bak tersebut di fungsikan sebagai cadangan air untuk perkebunan di sekitar embung.

Seiring dengan berjalanya waktu, kini embung kledung dimanfaat menjadi tempat wisata terbaru di temanggung.

Ditempat ini anda akan menikmati embung dengan latar gunung sindoro dan sumbing yang indah. Ditambah lagi dengan adanya perkebunanan milik penduduk di sekitar area wisata tersebut akan membuat anda betah berlama-lama disini.

rute embung kledung temanggung

Lokasi Embung Kledung Temanggung

Alamat embung kledung adalah di Jalan Raya Parakan – Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Meski tidak berada persis di pinggir jalan, keberadaan Embung Temanggung hits ini mudah dijangkau.

Jalan Menuju Embung Kledung Temanggung

Jika anda dari magelang, ambilah jalur magelang wonosobo via secang. Ikuti jalur tersebut hingga sampai ke perbatasan kledung perbatasan wonosobo – temanggung.

Di perbatasan tersebut terdapat pom bensin, setelah pom bensin terdapat kuburan. Sebelum kuburan terdapat jalan setapak, di kanan jalan.

jalan setapak tersebut merupakan jalan menuju embung kledung. Kondisi jalanya masih bebatuan, sehingga anda harus sedikit berhati-hati ketika melewatinya.

jarak dari gang masuk hingga lokasi embung kledung sekitar 500 meter.

Untuk rute embung kledung dari wonosobo pun tidak berbeda. Pertama anda ambil jalur wonosobo temanggung via kretek.

Sesampainya di perbatasan temanggung wonsobo setelah gapura terdapat kaburuan di kiri jalan. Masuk ke jalan setapak setelah kuburan dan ikuti hingga sampai ke embung kledung.

Video Vlog di Embung Kledung Bersama Hafiza

 

Harga Tiket Masuk Embung Kledung Temanggung

Untuk mengisi waktu libur dengan liburan di salah satu wisata Temanggung hits ini maka anda tak perlu keluar banyak biaya. Sebab Embung Kledung memang mematok tarif biaya yang amat sangat terjangkau untuk semua kalangaan.

Saat ini harga tiket masuk Embung Kledung hanya sebesar Rp10.000 per orangnya, sangat murah bukan? Dengan biaya tersebut pastinya semua pengunjung bisa bermain dan bersantai disini sampai puas.

Sedangkan bagi anda yang hendak camping disini, maka tiket masuk Embung Kledung adalah sebesar Rp15.000. Itu sudah termasuk dengan parkir kendaraan sepeda motor.

Lain hal apabila anda membawa mobil, maka biayanya adalah Rp20.000. Yang pasti, jika anda memilih Embung Kledung Temanggung sebagai tujuan mengisi waktu luang dijamin tak akan menguras dompet.

harga-tiket-embung-kledung

Daya tarik Dari Wisata Alam Embug Kledung

Yang membuat wisata alam temanggung ini sangat menarik dikunjungi adalah sunrise dan sunsite nya.

Di tempat ini anda dapat menikmati matahari terbit dan terbenam. Waktu terbaik untuk mengunjungi obyek wisata ini adalh ketika pag hari pukul 5.30. Dan sore hari saat matahari terbit dan terbenam.

Untuk jam buka embung kledung adalah 05.30 hingga 18.00.

Walaupun begitu anda tetap bisa mengunjungi wisata ini selain jam buka.

Selain embung kledung, di temanggung juga mempunyai tempat wisata yang tak kalah indahnya.

Lokasinya pun dekat dengan embung kledung. Yaitu wisata alam posong temanggung. Destinasi ini juga termasuk wisata terbaru di temanggung.

Untuk tahu lebih luas tentang wisata alam posong bisa simak ulasan melalui link berikut [ Wisata Alam Posong Kledung Temanggung Yang Begitu Mempesona ]

Fasilitas

fasilitas embung kledung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115249434994021656413

Masuk dalam daftar tempat wisata Temanggung yang populer, Embung Kledung selalu ramai akan wisatawan. Puncaknya adalah pada saat akhir pekan dan juga musim liburan, rata-rata yang datang kesini adalah untuk camping.

Berkat pemandangan dan sarana yang memadai menjadikan wisata alam satu ini sangat kami rekomendasikan. Lalu apa saja fasilitas Embung Kledung, berikut lengkapnya :

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi / toilet
  • Fasilitas air bersih
  • Area camping
  • Penyewaan alat berkemah
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Nikmati beragam keseruan yang disajikan oleh Embung Kledung yang mengagumkan berkat aneka pemandangan luar biasa. Duduk santai dan jalan-jalan mengitari seluruh area embung akan terasa menyenangkan.

Berbalut dengan sejuknya udara khas pegunungan, bakal membuat momen liburan anda disini terasa nyaman. Anda bisa mencoba sensasi berkemah untuk mendapatkan view sunrise serta sunset mempesona.

Spot Terbaik di Embung Kledung

spot terbaik di embung kledung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113547095636662694202

Camping menjadi salah satu aktivitas favorit yang kerap dilakukan oleh para wisatawan disini. Namun tak hanya itu saja keseruan yang perlu anda jajal.

Seperti misalnya berfoto-foto ria pada spot terbaik di Embung Kledung yang dikelilingi oleh kebun-kebun milik penduduk setempat. Sejauh mata memandang, anda akan disuguhkan oleh landscape alam yang sungguh asri.

View paling ikonik pada Embung Temanggung ini adalah pemandangan gunung kembar dari kejauhan. Gunung Sumbing dan Sindoro adalah latar belakang utama yang nampak begitu gagah.

Saat hari cerah, area lereng dari kedua gunung ini terlihat begitu mempesona. Anda bisa memanfaatkannya sebagai background pada saat selfie, foto bersama dan merekam video selama berwisata.

Tips Berkunjung

tips berkunjung embung kledung
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109872396503980080253

Dari beberapa tips berkunjung dibawah bisa sebagai tambahan referensi anda sebelum atau saat liburan disni. Atau untuk sekedar tambahan informasi mengenai tempat wisata.

  • Wajib untuk memperkirakan waktu kunjungan anda ke Embung Kledung supaya leih maksimal.
  • Karena berada di alam terbuka, maka musim panas menjadi opsi terbaik liburan ke Embung Kledung.
  • Jika cuaca sedang tidak mendukung maka sebaiknya tunda dulu rencana anda datang kesini.
  • Bersama-sama ikut dalam menjaga kebersihan serta keberlangsungan area wisata alam Embung Kledung.
  • Datang di pagi hari untuk merasakan kesejukan yang luar biasa di area Embung guna mengusir semua rasa penat.
  • Untuk dapatkan pemandangan yang lebih menakjubkan, kami sarankan untuk datang kesini sebelum jam 11 siang.
  • Tak ada salahnya untuk anda membawa bekal sedari rumah, baik dalam bentuk minuman atau camilan.
  • Jangan datang sendiri, ajak orang-orang tercinta di sekitar anda untuk bersama-sama rekreasi ke Embung Kledung.
  • Bawa kamera atau minimal HP anda agar semua momen istimewa yang tercipta dapat diabadikan.

Tempat Wisata di Temanggung Lainya:

  1. 5 Wisata Curug Yang Keren di Temanggung Jawa Tengah
  2. Wisata Jumprit di Ngadirjo Temanggung
  3. Curug Titang Temanggung, Pesona Alam yang Menarik Untuk di Kunjungi

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang wisata embung kledung yang begitu mempesona. Share artikel wisata ini agar semua tahu bahwa temunggun mempunyai tempat wisata yang indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − 9 =