Curug Titang Temanggung – curug titang masih satu aliran dengan sungai Lungge yang bisa anda gunakan untuk beranang. disamping mempunyai air sungai yang jernih juga mempunyai area kolam yang cukup luas.

Selain itu curug titang sering di gunakan sebagai area rafting bagi para pecinta alam. Berbeda halnya dengan curug di Temanggung lainya, curug ini sudah banyak di kenal oleh wisatawan. Dan sering ramai ketika liburan telah tiba.

Di area ini juga sering di adakan ritual keagamaan masyarakat muslim. Biasa dilakukan sehari sebelum bulan puasa dan hari raya idul fitri maupun idul adha. Ritual tersebut di sebut padusan dimana umat muslim berbondong mandi di sungai tersebut. Untuk menyambut datangnya bulan suci romadhon ataupun hari raya.

Lokasi Curug Titang

lokasi curug titang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113854182006948078617

Untuk lokasi curug titang sendir berada di Dusun Durenan Desa Tembarak Kecamatan Temabarak Kabupaten Temanggung.

Akses / Jalan Menuju Curug Titang

rute lokasi Curug Titang
Foto : https://www.instagram.com/tugurwyt/

Curug Titang tersebut berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota temanggung. Dan dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor dengan kisaran waktu sekitar 15 menit.

Atau jika anda kesulitan dalam mencari curug ini mungkin bisa ikuti maps berikut via google maps :

Perjalanan menuju curug tersebut di mulai dari permukiman penduduk dan di lanjtukan dengan melewati persawahan dan lembah. Jalan menuju curug ini sudah lumayan mudah tidak seperti curug di temanggung lainya.

Daya Tarik Curug Titang

daya tarik curug titang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/113854182006948078617

Saat anda berada di kota Temanggung, wisata alam menarik satu ini jangan sampai terlewatkan beragam keseruannya. Banyak yang menyebut kalau Curug Titang ini bak surga tersembunyi, mempesona dan belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Apabila anda ingin bersantai, membuang semua rasa lelah maka cobalah untuk datang ke Curug Titang Temanggung. Dengan sejumlah daya tariknya, bakal membuat siapapun merasa nyaman sekaligus betah disini untuk berlama-lama.

Derasnya air terjun tentu menjadi suguhan utamanya, dengan terus mengalir menuju kolam kubangan. Kolam kubangan di bawah air terjunnya tidak terlalu dalam dan termasuk kategori dangkal.

Ketika matahari cukup terik dan menyoroti bagian kolam kubangan, maka air akan nampak berwarna hijau tosca. Terlihat begitu menawan dan pastinya bakal membuat siapapun ingin segera merasakan kesegaran airnya.

Apalagi di kelilingi oleh banyak pepohonan rimbun pada sebuah area semacam hutan. Terdapat cukup banyak tumbuhan-tumbuhan hijau yang membbuat suasana disini begitu asri dan pastinya sejuk.

Harga Tiket Masuk Curug Titang

harga tiket masuk curug titang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107014936886343980590

Temanggung, daerah dengan julukan Kota Bambu Runcing ini di anugerahi oleh banyaknya potensi alam luar biasa. Berada di kawasan pegunungan, menjadikan setiap wisata Temanggung pasti memiliki suasana yang menyegarkan.

Di Temanggung mudah anda jumpai wisata alam yang mempesona, dan Curug Titang adalah salah satunya. Kota Temanggung memiliki beragam wisata air terjun, sebut saja Curug Merak, Onje, Lawe dan Titang yang selalu jadi tujuan liburan.

Curug Titang sendiri bisa anda jelajahi setiap sudutnya indahnya tanpa harus keluar banyak biaya. Ketika tulisan in dimuat, harga tiket masuk Curug Titang hanya sebesar Rp5.000 saja per orangnya.

Selain untuk tiket masuk, biaya yang musti anda keluarkan adalah untuk retribusi parkir kendaraan. Rp2.000 untuk kendaraan roda dua seperti motor dan Rp5.000 bagi yang membawa mobil pribadi.

Perlu di ingat bahwasannya ketentuan biaya tiket masuk dan parkir pada sebuah tempat wisata bisa mengalami perubahan kapan saja. Namun tak perlu khawatir, karena satu yang pasti, wisata alam Temanggung tidak akan membuat kantong anda jebol.

Jam Buka

jam buka curug titang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109069454225782916707

Sebelum anda berkunjung ke Curug Titang dalam rangka mengisi waktu luang, ada baiknya persiapkan semuanya dengan baik. Salah satunya dengan memperkirakan kapan waktu terbaik untuk menjelajahi pesona air terjun di curug Titang yang mengagumkan.

Destinasi menawan ini bisa anda kunjungi kapan saja, sebab selalu terbuka untuk umum pada setiap harinya. Dari Selasa sampai dengan Senin, Curug Titang Temanggung selalu buka pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Ketika sudah mengetahui waktu operasional wisatanya, tentu anda sudah bisa mengira-ngira kapan kiranya akan datang kesini. Anda bisa datang pada saat pagi hari untuk merasakan nuansa air terjun yang masih sangat alami.

Tak sedikit juga wisatawan yang datang ke wisata Temanggung satu ini pada saat siang hari. Untuk melihat secara lebih dekat warna tosca pada air kubangan bila terkena sinar matahari.

Ada juga yang datang ketika sore hari, guna mencari kesegaran berbalut udara dingin di area air terjunnya. Seperti wisata alam pada umumnya, kami sarankan untuk anda datang kesini pada saat musim panas / kemarau.

Datang juga ke –> Curug Merak bagai surga tersembunyi.

Fasilitas

fasilitas curug titang
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/107122311156853319320

Masuk dalam daftar wisata curug populer, menjadikan destinasi ini selalu diapadati oleh pengunjung terutama di akhir pekan. Biasanya di dominasi oleh pengunjung dari kota Temanggung itu sendiri yang ingin bersantai dan menikmati banyak pemandangan.

Berkat sejumlah sarana pendukungnya, momen berlibur anda di air terjun Curug Titang semakin nyaman. Fasilitas Curug Titang yang dapat anda jumpai serta manfaatkan dengan baik adalah :

  • Area penitipan kendaraan
  • Gazebo / saung
  • Warung sederhana
  • Area pejalan kaki
  • Jembatan penyebrangan
  • Spot foto menarik

Nikmati keseruan yang tak terbatas di Curug Titang Temanggung Jawa Tengah dengan latar belakang landscape alam memikat. Duduk santai, jalan-jalan, bermain air merupakan kegiatan favorit yang biasa dilakukan disini.

Bebatuan di sekitaran aliran air terjun dari kubangan menjadi salah satu spot apik untuk anda duduk santai. Ditemani oleh semilir angin yang sejuk bakal membuat anda sangat betah disini meski harus berlama-lama.

Kunjungi juga –> Curug Onje dengan view alam mempesona.

Spot Terbaik di Curug Titang

spot terbaik di curug titang
Foto : https://www.instagram.com/toemary8689/

Salah satu aktivitas yang tak boleh anda lewatkan disini adalah berfoto-foto ria memanfaatkan aneka sudut menariknya. Berswafoto sendiri tentu bertujuan untuk mengabadikan setiap momen serunya, melalui selfie, foto bersama atau rekam video.

Banyaknya panorama alam sekitar yang cantik bisa anda manfaatkan dengan baik untuk dijadikan latar belakang fotonya. Spot terbaik di Curug Titang tentu saja adalah air terjunnya yang terus mengalirkan menuju sebuah kolam kubangan.

Uniknya, Curug Titang Temanggung ini tidak memiliki tebing yang tinggi seperti air terjun pada umumnya. Bahkan, ketika musim kemarau telah tiba, anda bisa mendaki ke arah puncaknya.

Review sebelumnya –> Curug Lawe yang memikat.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug titang
Foto : https://www.instagram.com/tugurwyt/
  • Hari yang cerah merupakan syarat mutlak jika ingin liburan di Curug Titang dengan lebih maksimal.
  • Tidak direkomendasikan berwisata ke curug / air terjun ketika cuaca alam tak mendukung untuk explore lebih dalam.
  • Ikut serta dalam menjaga kebersihan area wisata Curug Titang agar selalu asri dan lestari.
  • Hati-hati dalam setiap aktivitas agar semuanya berjalan sesuai harapan dan tentunya baik-baik saja.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai Curug Titang di Temanggung Jawa Tengah dengan segudang daya tarik alaminya. Rasakan ketenangan, kesegaran serta kealamian tak terbatas di Curug Titang Temanggung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − 1 =