Wisata alam posong kledung temanggung, merupakan sebuah tempat wisata alam di temanggung yang baru di populerkan beberapa bulan yang lalu. Tempat ini menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan yang begitu memanjakan mata karena lokasinya yang begitu strategis yaitu berada di padang safana kledung.

Padang safana kledung ini merupakan belahan tengah tengah anatar gunug sindoro dan gunung sumbing yang nampak indah jika di lihat dari dari kawasan wisata alam posong.

Apabila anda berkunjung ke tempat pada waktu sore hari dan kebetulan cuacanya cerah maka anda di suduhkan dengan pemandangan golden sunset dengan pancaran sinar yang membelah kedua gunung tersebut.

Selain menyuguhkan pemandangan khas pegunungan dan golden sunset, wisata alam ini juga menyediakan gazebo bagi pengunjung agar semkain nyaman saat menikmati indahnya panorama di sekitaran wisata alam posong.

Dan bagi anda yang ingin mencoba susana lain dari wisata ini, anda juga bisa mencoba fliying fox di sekitaran area. Anda akan menikmati sensai meluncur di sejuknya udara pegunungan yang di hiasi dengan hijaunya pepohonan dan area perkebunan masyrakat sekitar.

baca juga : Wisata Jumprit di Ngadirjo Temanggung

Selain gazebo dan fliying fox di tempat ini juga menyediakan tempat berkumpul ataupun rest area yang bisa anda manfaatkan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga ataupun kerabat dekat. Di area wisata alam ini juga di sediakan toilet sebagai fasilitas pendukung bagi pengunjung.

Harga Tiket Wisata Alam Posong Temanggung

harga tiket masuk posong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112182374127961777847

Posong merupakan salah satu destinasi wisata Temanggung yang populer dan seakan tak pernah sepi dari wisatawan. Selalu jadi incaran para pelancong untuk berwisata saat singgah di Kota Bambu Runcing Temanggung.

Apalagi untuk dapat menikmati beragam sajian menarik di Posong Temanggung para wisatawan tak perlu keluar banyak biaya. Harga tiket masuk Posong pada saat ini adalah sebesar Rp20.000 per orangnya

Sedangkan untuk retribusi parkir kendaraan seperti motor tarifnya sebesar Rp3.000. Dan untuk mobil atau kendaraan roda empat lainnya, biaya parkir mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000.

Ketika akan liburan kesini maka sebaiknya bawa uang lebih, karena tersedia beberapa keseruan lainnya. Disini anda bisa bersantap atau sekedar menikmati minuman hangat dengan ditemani view alam mempesona.

Perlu digaris bawahi juga bahwa ketentuan tiket masuk dan parkir pada wisata Posong Temmanggung bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Baca Juga : 12 Tempat Wisata Di Purwokerto Yang Paling Menarik

Jam Buka

jam buka posong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104065930577201416628

Perkirakan waktu anda untuk liburan ke Posong Temanggung dengan sebaik mungkin. Ketahui terlebih dahulu jam operasional pada wisata alam Posong sebelum berkunjung.

Jam buka Posong sendiri adalah pukul 04.00 sampai dengan 16.30 WIB. Selalu buka untuk umum setiap hari, dari Kamis hingga Rabu.

Kenapa buka terlalu pagi? Sebab Posong menjadi salah satu spot terbaik di Temanggung untuk menyaksikan matahari terbit. Anda bisa datang mulai pukul setengah 5 pagi, apabila ingin melihat sunrise yang luar biasa.

Namun jika anda hanya ingin sekedar berwisata, bisa datang ketika pagi menjelang siang sampai sore hari. Datang ketika sore hari untuk merasakan angin sejuk berbalut kabut yang biasanya mendominasi kawasan posong.

Satu yang pasti, karena Posong merupakan sebuah wisata alam outdoor maka wajib datang kesini saat hari cerah. Jangan sampai anda datang berlibur di Posong pada saat awan mendung atau bahkan sedang hujan, karena jadi tidak maksimal.

Lokasi Wisata Alam Posong

Untuk lokasi wisata alam posong berada di Raya Parakan Wonosobo Km. 9, Kec. Temanggung, Jawa Tengah 56264

Video Posong

Rute Menuju Wisata Alam Posong dari berbagai kota besar di jawa tengah

Dari Yogyakarta : apabila anda dari yogyakarta maka kota yang harusa anda lewati yaitu magelang, setlah sampai di magelang lanjutkan perjalanan menuju kabupaten temanggung. Sesampai nya di temanggung lanjutkan lagi perjalan menuju kecamatan parakan. Jalan menuju kecamatan parakan sama dengan arah jalan menuju wonosobo yang menjadi kota tujuan wisata di jawa tengah. Sesampainya di parkan, ikuti jalan menuju wonosobo sekitar 5 – 7 KM dan anda akan menemukan gerbang wisata alam posong yang berada di kanan jalan.

Dari Semarang : Apabila anda dari semarang, Kota pertama yang harus di lewati adalah magelang. Dan apabila anda sudah sampai magelang maka anda cukup menikuti panduan seperti penjelasan yang sudah di jelaskan di atas pada bagian rute dari yogyakarta.

Jarak dari pintu gerbang hingga sampai ke loaksi wisata cukup jauh, kami sarankan apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunkan jasa ojek yang berada di sekitaran pintu gerbang. Kondisi jalan menuju wisata tersebut juga belum di aspal dengan kontur jalan yang menanjak.

Tak perlu khawatir apabila anda bingung, atau memang belum tau jalannya sama sekali. Dengan petunjuk akurat via maps Google dibawah ini akan memudahkan laju kendaraan anda menuju wisata alam Posong.

Baca juga : Daftar 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta – Part 1

Fasilitas

fasilitas posong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/117515475342257019484

Masuk dalam list wisata Temanggung yang favorit, Posong telah dilengkapi oleh sarana penunjang memadai. Dibawah ini adalah fasilitas Posong yang dapat pengunjung manfaatkan dengan baik, diantaranya :

  • Area parkir luas
  • Pusat informasi
  • Jasa motor ojek
  • Toilet umum
  • Kamar mandi
  • Rumah makan
  • Warung-warung
  • Area berkemah
  • Area bermain anak
  • Gazebo
  • Gardu pandang
  • Spot foto kekinian
  • Ayunan
  • Taman
  • Dan lain-lain

Nikmari keseruan yang dihadirkan oleh wisata Posong di Temanggung untuk memberikan pengalaman liburan berkesan. Duduk santai, jalan-jalan menelusuri setiap sudut, bermain ayunan serta masih banyak lagi.

Spot Terbaik di Posong

spot terbaik di posong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102624995443401574346

Berswafoto menjadi kegiatan yang tak boleh anda lewatkan selama berwisata bahagia di Posong. Ada banyak sekal pemandangan dari ketinggian yang bisa anda jadikan latar belakang ketika foto-foto.

Kebun-kebun sayuran menjadi view alami yang akan langsung anda jumpai disini. Mulai dari kebun kopi, cabe, kacang, kobis, wortel dan masih banyak lagi macam-macam sayuran yang tertanam.

Dan yang paling utama tentu saja adalah pemandangan gunung, menjadi spot terbaik di Posong untuk dijadikan sebagai background fotonya. Serta masih banyak lagi panorama-panorama mempesona memanjakan mata yang dapat anda saksikan lebih dekat.

Tips Berkunjung

tips berkunjung posong
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112984655404515989892
  • Musim panas / kemarau adalah saat terbaik berlibur di Posong guna melihat banyak pemadangan dengan lebih leluasa.
  • Sebaiknya jangan datang kesini pada saat sedang turun hujan, karena tentu berbahaya dan areanya pun tertutup kabut.
  • Kalau anda datang ke Posong saat siang hari, bisa dengan membawa topi atau payung. Apabila tak ingin langsung terpapar oleh terik matahari yang cukup menyengat.
  • Wajib untuk mematuhi tata tertib beserta aturan yang berlaku di wisata alam Posong Temanggung.

Demikian tadi sudah anda ikuti informasi mengenai salah satu tempat wisata Temanggung paling hits yakni Posong. Posong Temanggung harus ada dalam daftar tujuan mengisi hari libur anda selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + thirteen =