Destinasi wisata di kota Bogor tidak akan ada habisnya, seperti Curug Leuwi Lieuk yang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Di dalam satu kawasan tersebut, juga terdapat curug lain yang disebut dengan Curug Leuwi Hejo.

“Leuwi” sendiri adalah kata dari bahasa Sunda yang memiliki arti lubuk atau bagian terdalam sungai. Keindahan air terjun ini membuatnya banyak dilirik, bahkan disandingkan dengan Green Canyon di Pangandaran.

Aliran sungai di Curug Leuwi Lieuk diapit oleh tebing bebatuan yang tingginya bisa mencapai 10 meter. Selain itu, warna airnya juga sangat jernih dan masih banyak daya tarik lainnya, Yuk simak informasi selengkapnya berikut!

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Lieuk

harga tiket masuk Curug Leuwi Lieuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115205855191341295680

Harga tiket Curug Leuwi Lieuk antara pengunjung dewasa dan anak-anak tidak ada perbedaan tarif. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka diwaibkan untuk membayar biaya parkirnya.

Setiap orang yang akan masuk ke Curug Leuwi Lieuk dikenakan harga tiket sebesar Rp15.000. Belum lagi tiket masuknya untuk ke Curug Leuwi Lieuknya yang harus dibeli secara terpisah dengan harga Rp25.000.

Namun, harga tiket masuk tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa membawa dana lebih saat akan ke Curug Leuwi Lieuk.

Alamat dan Rute Lokasi

rute lokasi dan alamat curug leuwi lieuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/102148176883739534013

Curug Leuwi Lieuk berlokasi di Jalan Gunungwangun, Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Untuk berkunjung ke sana, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Untuk rute menuju lokasi Leuwi Lieuk Bogor, salah satunya bisa Anda tempuh dari terminal Baranang Siag, Bogor. Jaraknya dengan Curug Leuwi Lieuk dan Leuwi Hajo sekitar 26 kilometer atau 1 jam perjalanan.

Ambil arah menuju Jalan Raya Bogor-Sukabumi hingga masuk ke tol Jagorawi dan keluar menuju Kota Sentul. Masuk ke Jalan MH, Thamrin hingga bundaran dan ambil jalan kedua untuk tetap dijalan tersebut. Sampai masuk lagi ke Jalan Bali.

Di Jalan Bali, Anda juga akan menemukan bundaran, ambil arah menuju Jugle Land Avenue dilanjutkan ke Jalan Wangoon hingga Cibadak. Jarak 2 kilometer selanjutnya Anda akan menemukan area parkir dair Curug Leuwi Lieuk ini.

Anda bisa meneruskan perjalanan sekitar 500 meter menuju curug dengan berjalan kaki. Hal ini dikarenakan jalanannya yang terjal.

Sebagai informasi, akses menuju tempat wisata masih berupa tanah dan tangga yang belum ada banyak pagar pembatas untuk keamanannya.

Trekking Leuwi Lieuk ini membuat Anda harus dalam kondisi prima jika ingin ke sana. Selain itu, di beberapa tempat juga tersedia penyewaan tongkat yang bisa mempermudah tracking Anda.

Fasilitas

fasilitas curug leuwi lieuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104100048561901296626

Air terjun Curug Leuwi Lieuk dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk memaksimalkan kenyamanan bagi para pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di sana, antara lain.

  • Area parkir yang luas
  • Toilet dan kamar mandi yang bersih
  • Gazebo
  • Warung makanan dan berbagai kebutuhan lainnya
  • Spot foto yang instagenic
  • Camping ground
  • Dan berbagai fasilitas lainnya.

Jam Buka

jam buka curug leuwi lieuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/109958885893995937222

Selanjutnya mengenai jam operasional Curug Leuwi Lieuk Cileungsi ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB. Anda bisa datang kapan saja ke temapt wisata air terjun ini sesuai dengan jam operasionalnya.

Sebaiknya Anda berkunjung pada musim kemarau yakini antara April hingga oktober karena akses jalan ketika musim hujan akan semakin sulit. Selain itu, arus dari air terjun dan sungainya dikhawatirkan berbahaya jika dikunjungi oleh wisatawan.

Datang juga ke –> Curug Leuwi Asih dengan view alam menakjubkan.

Daya Tarik

daya tarik curug leuwi lieuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/106970509254447661814

Walaupun jalanan menuju Curug Leuwi Lieuk Jonggol terbilang terjal dan sangat sulit dilalui, tetapi banyak wisatawan yang masih ingin berkunjung. Hal ini dikarenakan Curug Leuwi Lieuk memiliki daya tarik tersendiri yang mampu membuat wisatawan terpikat.

Pesona Keindahan Alamnya

Pesona keindahan alam dari Curug Leuwi Lieuk ini sangatlah asri sehingga memanjakan mata Anda. Bahkan, keindahan alam ini membuat Curug Leuwi Lieuk disebut sebagai saudara kembara dari Green Canyon di Pangandaran.

Terdapat Tebing-Tebing Tinggi

Daya tarik lain dari Curug Leuwi Lieuk adalah adanya tebing bebatuan tinggi yang mengelilinginya. Tebing bebatuan dengan ketinggian hingga 10 meter ini banyak dihiasi oleh tumbuhan liar.

Air Sungai yang Jernih dan Bersih

Curug Leuwi Lieuk memiliki ari sungai yang sangat jernih dan bersih. Pasalnya, curug ini jauh dari polusi atau lembah dari industri sehingga warnanya alami seperti biru kehijauan,
Kedalaman air juga bervariasi. Jika Anda mengajak anak bermain air maka bawalah ke area yang jauh dari tebing karena lebih dangkal.

Terdapat Curug Leuwi Hejo di dekatnya yang bisa Anda kunjungi

Di kawasan ini, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata lain yakni Curug Leuwi Hejo yang berjarak hanya 20 menit berjalan kaki. Namun, Anda harus melewati rute jalan yang menanjak dengan anak tangga, sehingga kondisi fisik Anda harus prima.

Kunjungi juga –> Hobbit Hill wisata alam mempesona.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan curug leuwi lieuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/114605514227002119756

Setelah sampai di tujuan dari tracking yang begitu panjang, kelelahan Anda akan terbayarkan di Curug Leuwi Lieuk. Pasalnya, ada berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sana, meliputi:

Berenang atau Bermain Air

Aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang yang berada di Curug Leuwi Lieuk adalah berenang dan juga bermain air. Debit air yang terbilang rendah, pelan, dan tidak terlalu deras membuat curug ini aman untuk digunakan berenang ataupun bermain air.

Cliff Jumping

Tebing bebatuan yang tinggi mengelilingi Curug Leuwi Lieuk ini bisa digunakan untuk aktivitas yang menantang seperti cliff jumping. Bagi Anda yang suka tantangan, maka Anda wajib mencoba melompat dari tebing ke dalam air dan merasakan sensasinya.

Menikmati Pemandangannya yang Indah

Jika Anda ingin sekadar melepaskan penat dari hiruk pikuk perkotaan, maka Anda bisa datang ke Curug Leuwi Lieuk ini. Sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah akan membuat hati dan pikiran menjadi lebih damai.

Berburu Foto

Sayang rasanya jika pemandangan alam yang indah tersebut tidak diabadikan dalam sebuah foto. Anda bisa berburu foto pemandangan yang cantik dari formasi tebing, air sungai jernih dan air terjun.

Review sebelumnya –> Pasar Ah Poong destinasi wisata kuliner rekomended.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug leuwi lieuk
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112213587012118949846

Saat berkunjung ke Curug Leuwi Lieuk maka Anda harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar liburan Anda menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Berikut beberapa tips berkunjung ke Curug Leuwi Lieuk yang harus Anda perhatikan.

  • Usahakan bawa baju ganti, sebab tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan bermain air dan pakaian bisa menjadi basah.
  • Siapkan kondisi kesehatan yang prima, karena Anda harus melakukan tracking terlebih dahulu dengan jarak 500 meter.
  • Bawa makanan dan minuman jika Anda lapar di perjalanan atau saat sudah sampai tujuan.
  • Tetap patuhi protokol kesehatan yang ada dengan memakai masker, mencuci tangan, dan aktivitas lainnya.
  • Selalu jaga kebersihan di manapun Anda berada, jangan membuang sampah di sembarang tempat.
  • Jika ingin berkunjung di waktu yang tepat, maka Anda sebaiknya datang di pagi hari.

Demikianlah informasi mengenai wisata alam Leuwi Lieuk di Bogor dengan pesona keindahannya yang menakjubkan. Tidak hanya untuk menikmati air terjunnya saja, Anda juga bisa berkemah atau camping di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 4 =