Curug Leuwi Asih adalah salah satu destinasi air terjun yang bisa Anda nikmati saat berlibur ke Bogor, Jawa Barat. Wisata dengan nuansa alam terbuka ini memiliki keindahan yang begitu eksotis dan jauh dari keramaian untuk menenangkan pikiran.

Selain menikmati kesegaran airnya, di sini Anda juga dimanjakan dengan beragam spot instagenic yang mengasyikkan. Nah, bagi Anda yang menyukai aktivitas trekking, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Asih

harga tiket masuk Curug Leuwi Asih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/100167138797972042849

Dengan beragam keindahan dan keasrian yang dimilikinya, Curug Leuwi Asih juga tidak memasang tarif mahal. Tiket masuk Curug Leuwi Asih hanya sekitar Rp20 ribuan orang dewasa dan Rp10 ribuan untuk anak-anak.

Namun, harga tiket tersebut masih bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola dan Anda juga masih harus membayar biaya parkir sendiri. Biasanya untuk mobil dikenakan tarif parkir sebesar Rp5 ribu dan motor Rp2 ribuan saja.

Alamat dan Rute Lokasi

rute lokasi dan alamat curug leuwi asih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105762790104031522487

Leuwi Asih Waterfall berlokasi di Kampung Wangun Landeuh, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya ini sangat strategis karena dekat dengan beragam tempat wisata lainnya, seperti Jungle Land Sentul dan Gunung Pancar.

Untuk rutenya, Anda bisa melewati jalan arah Gunung Pancar dan ikuti saja arus jalannya. Loket masuk destinasi wisata ini cukup dekat dengan Teras Wangun, yakni sekitar 5 menitan saja.

Namun, selama di perjalanan Anda harus waspada karena meskipun jalanannya terlihat mulus dan beraspal, tetapi medannya lumayan sempit menanjak. Sehingga, disarankan untuk naik kendaraan roda dua saja dan jangan terlalu membawa banyak muatan barang.

Fasilitas

fasilitas curug leuwi asih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105707939035348086560

Fasilitas yang tersedia di Curug Leuwi Asih Bogor tergolong lengkap dan memadai. Diantaranya, Anda bisa menikmati fasilitas mulai dari area parkir yang lapang, wahana menantang, camping ground, toilet, gazebo, outbond area, dll.

Pesona air terjun ini semakin istimewa dengan hadirnya jembatan bambu yang terkesan ramping dan sangat difavoritkan pengunjung untuk berfoto. Kemudian, di bawahnya terdapat kolam bendungan yang aman untuk anak-anak berenang menggunakan pelampung.

Jam Buka

jam buka curug leuwi asih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/110234563159059088917

Jam buka Leuwi Asih Sentul dimulai sejak pukul 08.00 hingga 17.00 WIB saja setiap harinya, Senin – Minggu. Namun, jika ingin bermalam di sekitar curug, Anda dapat melakukan reservasi terlebih dahulu yang dibuka setiap hari full 24 jam.

Datang juga ke –> Gumati Waterpark taman wisata air menyenangkan.

Daya Tarik Wisata

daya tarik wisata curug leuwi asih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104539975250157439959

Curug Leuwi Asih sangat terkenal dengan wisata air terjunnya yang tinggi. Dengan sungai lebar dan ada kolam mini khusus disediakan untuk anak-anak. Nah, berikut berbagai daya teriknya.

Suasana Berkabut di Waktu Pagi yang Sangat Lestari

Jam operasional Curug Leuwi Asih yang dibuka sejak pagi, tentu sangat menguntungkan. Untuk Anda agar bisa menikmati suasana sejuk di pagi hari. Apalagi jika Anda mau berkunjung saat subuh pasti bisa melihat kabut tebal dengan nuansa pemandangan alam dan sungai yang jernih.

Jalur Menuju Curug yang Menantang

Untuk menuju Curug Leuwi Asih Anda harus berjalan menyusuri sungai dengan jalur yang cukup ekstrim dan menguras tenaga. Sebab, Anda juga harus melewati area persawahan warga lokal. Kemudian naik turun bukit dan hutan bambu dengan medan jalan yang sedikit licin.

Perjalanan ini dilanjutkan dengan jalan setapak di bawah pepohonan yang rindang sambil melewati kendang kerbau milik warga. Namun, jika Anda membawa anak balita, maka bisa melewati pintu gerbang masuk biasa saja yang jarak tempuhnya lebih pendek.

Air Terjun Menawan

Curug Leuwi Asih memiliki air terjun unik dengan aliran airnya berasal dari dua tebing sisi yang berbeda. Sehingga, meskipun arusnya cukup deras, tetapi tidak akan membahayakan seluruh wisatawan yang berenang.

Penginapan yang Banyak

Wisata air terjun di Sentul Bogor ini juga menawarkan beragam pilihan menginap di villa atau bungalow. Tentunya harga sewa per harinya pun sangat terjangkau bisa disesuaikan budget yang dibawa.

Penginapan ini juga terbilang beda dibandingkan lainnya karena saat pagi hari akan diselimuti kabut. Sedangkan saat malam hari akan dibuat menggigil dengan udara dinginnya khas pegunungan.

Keindahan Sekitar yang Luar Biasa

Bukan hanya keindahan air terjunnya saja yang mampu menghipnotis para wisatawan, namun keindahan alam di sekitarnya pun sungguh memesona. Misalnya, Anda bisa menghilangkan rasa penat dengan bersandar di gazebo sambil menghirup udara segar dan mendengar gemercik air mengalir.

Kunjungi juga –> Lembah Tepus yang alami.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan curug leuwi asih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/116784974908438961951

Tidak perlu khawatir karena di Curug Leuwi Asih ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Tentunya kegiatan ini bisa Anda nikmati secara gratis tanpa perlu membayar tarif tambahan.

Menyusuri Jalur Trekking

Menyusuri jalur trekking terasa sangat menarik dilakukan, terutama bagi Anda kaum muda-mudi. Meski sangat melelahkan, tapi ini terbayarkan dengan sajian pepohonan lebat dan jalan setapak.

Merendam Kaki di Sungai

Setelah Anda berhasil menyusuri trekking air terjun Leuwi Asih, kini saatnya melepas rasa pegal dengan cara merendam kaki di sungai. Anda bisa beristirahat sejenak sambil menikmati aneka camilan yang dijual di warung hingga rasa lelah pudar untuk melanjutkan aktivitas lainnya.

Berenang di Kolam

Air terjun Curug Leuwi Asih memiliki kolam sangat luas dengan airnya yang bersih dan terasa dingin. Jika Anda tidak bisa berenang dan takut akan kedalaman kolamnya, di sini sudah disediakan pula persewaan alat pelampung.

Berfoto yang Instagramable

Mengunjungi wisata air terjun Curug Leuwi Asih, tentu pertama dicari oleh wisatawan adalah spot foto yang instagramable. Nah, di sini Anda bisa mengabadikan momen seru saat berenang di sungai curug. Atau berfoto di atas bebatuan yang berukuran besar.

Bermain di Sela-Sela Bebatuan

Bagi Anda pecinta alam jangan sampai terlewatkan mencoba aktivitas bermain di sela-sela bebatuan. Terlebih lagi, ada percikan air terjun di bebatuan ini yang menambah nikmat untuk bermain atau duduk santai.

Santai di Area Saung

Selain duduk di atas bebatuan, Anda juga bisa menjadikan saung-saung yang mirip gazebo untuk memandang aliran sungai. Tentunya, ini memberikan sensasi kepuasan dan kenyamanan tersendiri.

Review sebelumnya –> Marcopolo Waterpark yang menakjubkan.

Tips Berkunjung

tips berkunjung curug leuwi asih
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/105748705459550476267

Menghabiskan waktu liburan di wisata air terjun memang sangat menyenangkan. Nah, agar perjalanan Anda semakin nyaman, berikut terdapat beberapa tips berkunjung yang harus Anda perhatikan.

Waktu yang paling tepat mengunjungi Curug Leuwi Asih adalah ketika pagi hari karena Anda harus melewati jalanan terjal. Pastikan Anda membawa baju ganti untuk mengganti pakaian yang basah setelah berenang di air terjun.

Jangan pergi sendirian dan ajak partner berlibur. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Membawa barang-barang penting, seperti kamera terbaik untuk berfoto, jas hujan, bekal makanan, air minum, dan lainnya.

Selalu patuhi peraturan yang ditetapkan oleh pihak pengelola dan jangan pernah buang sampah seenaknya.

Itulah beberapa informasi menarik tentang wisata Curug Leuwi Asih yang lagi hits di Bogor. Yuk, ajak semua anggota keluarga dan teman-teman Anda untuk berlibur ke curug air terjun yang penuh pesona ini. Ingat, tetapi tetap harus hati-hati selama berwisata!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =