Taman bermain air menjadi objek wisata yang banyak disukai orang, seperti Gumati Waterpark misalnya. Taman bermain air ini bisa menjadi salah satu alternatif yang cocok dijadikan untuk tempat liburan bersama keluarga.

Untuk warga Bogor dan juga sekitarnya, wisata air ini lumayan populer serta ramai pengunjung setiap weekend tiba. Menariknya, wisata air satu ini sedikit berbeda dengan kebanyakan waterpark yang ada.

Perbedaan menonjolnya yaitu keberadaan berbagai macam wahana outbound yang menyatu dengan waterpark. Menariknya lagi, jika kebanyakan waterpark dibangun di tengah kota, ini justru ada di pedalaman serta dikelilingi lingkungan pedesaan yang hijau.

Harga Tiket Masuk Gumati Waterpark

harga tiket masuk gumati waterpark
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104155837289223657399

Untuk bermain di kolam renang, pengunjung akan dikenai tiket masuk yang berbeda antara weekend dan weekday. Berikut harga tiket yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung:

Pada hari kerja Anda bisa memasuki waterpark dengan membeli tiket seharga Rp 40.000. Sedangkan saat hari libur, untuk memasukinya Anda harus membeli tiket dengan harga Rp 70.000 sampai Rp. 80.000.

Harga tiket masuk tersebut masih bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Akan tetapi, biasanya ketika musim libur panjang pihak pengelola mengadakan promo potongan harga tiket yang lumayan besar.

Jika Anda sedang beruntung, bisa memperoleh potongan 30 sampai 50 persen dari harga tiket normal. menarik sekali bukan?

Alamat dan Rute Lokasi

alamat dan rute lokasi gumati waterpark
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104155837289223657399

Gumati Waterpark yang mempunyai luas lahan mencapai 1,5 hektar ini berada di Jl. Babakan Tumas No. 16, Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, Kota Bogor, Jawa Barat.

Dari pusat Kota Bogor untuk sampai di lokasi Anda harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 6,7 km. Saat kondisi jalan normal hanya memerlukan waktu 30 menit.

Titik lokasi memang lumayan jauh dari jalan raya, untuk sampai Anda akan melewati jalan desa dan perumahan yang cukup sempit. Namun dari pusat perkotaan Anda bisa melalui rute tol agar lebih cepat sampai. Yaitu tol Rawangmangu – tol Jagorawi, kemudian keluar di Sentul City.

Patokan yang dapat Anda gunakan sesudah memasuki Kecamatan Sukaraja yaitu Kantor Desa dan Stadion Sukaraja. Apabila telah menemukan kedua tempat itu, maka Gumati waterboom sudah dekat.

Fasilitas

fasilitas gumati waterpark
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104155837289223657399

Fasilitas umum yang disediakan untuk menunjang layanan pengunjung di Waterpark Gumati Bogor lumayan memadai. Ada yang bisa digunakan oleh pengunjung secara gratis dan juga terdapat beberapa yang perlu membayar tersendiri.

Yang berbayar yaitu loker untuk menyimpan barang bawaan, pengunjung perlu menyewa dengan harga Rp 10.000 per loker. Fasilitas lainnya diantaranya :

  • Toilet
  • Kamar ganti
  • Kamar bilas
  • Tersedia food court
  • Lifeguard
  • Area parkir
  • gazebo

Jam Buka

jam buka gumati waterpark
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104155837289223657399

Seperti tempat wisata sejenisnya, kolam renang Gumati dibuka setiap hari yaitu full mulai Senin sampai dengan Minggu. Untuk jam operasional dibuka dari pukul 8 pagi sampai jam 6 petang.

Akan tetapi, bila ingin suasana pengunjungnya lebih sepi direkomendasikan untuk datang saat pagi hari pada jam kerja. Meskipun tidak menutup kemungkinan di hari kerja tersebut pengunjungnya akan ramai.

Datang juga ke –> Pinus Bogor yang asri.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

aktivitas yang bisa dilakukan gumati waterpark
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/104155837289223657399

Tidak hanya untuk orang dewasa saja wisata Gumati waterpark juga cocok untuk dikunjungi anak-anak. Terdapat wahana-wahana permainan air bervariasi yang cocok untuk segala usia dan bisa digunakan oleh setiap pengunjung.

Berenang

Bagi pengunjung yang gemar berenang bisa menikmati wahana kolam air di tempat wisata ini. Tersedia kolam anak dengan kedalaman 30 cm hingga 50 cm dan untuk dewasa 135 cm.

Bertualang

Jika Anda berkunjung dengan keluarga besar atau rombongan, wajib mencoba wahana zona petualang. Wahananya yang luas ini direkomendasikan untuk dicoba sebab mempunyai beragam jenis rekreasi yang asyik.

Beberapa yang bisa dicoba antara lain sepeda gantung, flying fox, target shooter serta panahan. Untuk melakukan aktivitas di wahana ini Anda perlu melakukan pemesanan dengan menghubungi pihak pengelola terlebih dulu.

Bermain Volley Air

Selain berenang, di sini pengunjung juga bisa bermain volley air di kolam yang telah disediakan. Kolam volley air tentunya sudah dilengkapi dengan jaring net dan juga tersedia bola volley.

Bersantai

Untuk Anda yang hanya ingin bersantai juga bisa kok, sebab di kolam renang Gumati terdapat wahana whirlpool. Di wahana ini Anda bisa bersantai sambil menikmati sensasi dipijat dengan air bertekanan ringan.

Selain itu, Anda juga bisa bersantai di kolam arus yang mempunyai panjang sekitar 250 meter. Anda bisa duduk bersantai menggunakan ban sambil mengelilingi seluruh area wahana permainan air.

Kunjungi juga –> Pemandian Air Panas Ciseeng untuk anda membuang rasa lelah.

Obyek Wisata Lainnya Sekitar Gumati Waterpark

wisata terdekat
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/115099302774638335714

Waterpark Bumi Gumati tidak jauh dari lokasi wisata lainnya yang lumayan terkenal di Bogor. Oleh karena itu, setelah berkunjung ke wisata air ini, Anda bisa mengunjungi lokasi lainnya untuk mengeksplor Kota Bogor.

Beberapa wisata terdekat berikut ini perlu Anda tempuh dengan perjalanan sejarak 6 sampai 12 km saja.

Devoyage Bogor

Lokasinya berada di Jl. Raya Bogor No. 240, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor. Anda akan disuguhkan sensasi kampung eropa dengan konsep kebarat-baratan. Melalui properti bangunan, wahana bergaya eropa klasik modern serta spot-spot foto yang menarik.

Museum Zoologi

Jarak antara Museum Zoologi dengan Gumati Waterpark juga lumayan dekat yaitu 7,7 km, dengan waktu tempuh 27 menit. Di sini Anda bisa belajar benda-benda bersejarah seperti hewan purba, gajah langka serta buaya langka yang telah dibekukan.

Kebun Raya Bogor

Wisata terdekat lainnya dengan waterpark Gumati yaitu Kebun Raya Bogor yang mempunyai jarak 7,3 km. Anda hanya memerlukan waktu kurang lebih 26 menit saja untuk mencapai Kebun Raya.

Taman Kencana

Jika ingin lebih puas eksplore Kota Bogor, kurang lengkap jika belum berkunjung ke Taman Kencana. Jaraknya hanya 6,7 km perlu Anda tempuh sekitar 23 menitan saja.

Wisata terdekat ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif liburan yang singkat dan hemat. Selain bersantai, Anda juga bisa berburu kuliner di taman kota yang hijau nan asri ini.

Review sebelumnya –> Mini Zoo Bogor yang seru.

Tips Berkunjung

tips berkunjung gumati waterpark
Foto : https://maps.google.com/maps/contrib/112910462649112995516

Terdapat beberapa tips wisata yang dapat Anda ikuti supaya liburan ke Gumati Sentul menjadi lebih irit dan pastinya menyenangkan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Pilihlah waktu berkunjung saat hari kerja apabila ingin puas menikmati semua wahana tanpa harus berdesak-desakan.
  • Bawalah pakaian ganti jika berniat untuk bermain basah-basahan.
  • Bawa juga kantong plastic sebagai tempat untuk mengamankan barang bawaan seperti handphone dan jam tangan. Agar lebih aman bisa menitipkannya ke persewaan loker.
  • Selalu menjaga kebersihan tempat wisata dan patuhi setiap peraturan yang ada.

Demikian informasi mengenai Gumati Waterpark. Nah bagi Anda yang hobinya berenang atau bermain air maka wisata ini cocok untuk dikunjungi. Supaya lebih mengasyikkan tentunya tips-tips di atas jangan sampai dilupakan ya. Semoga liburan Anda menyenangkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − 10 =